Pengumuman SBMPTN hari ini tanggal 28 Juni 2016 mulai pukul 14.00 WIB. Admin mengucapkan selamat kepada para peserta SBMPTN yang dinyatakan lulus SBMPTN, segera lakukan pendaftaran ulang di PTN penerima. Ucapan tetap semangat admin sampaikan untuk peserta yang dinyatakan tidak lulus SBMPTN. Silahkan coba ikuti jalur mandiri atau kuliah di PTS ternama. Terus kunjungi web ini untuk mendapatkan informasi-informasi penting yang anda butuhkan. Terima kasih atas kunjungan anda.

Pendaftaran Online SBMPTN 2016/2017

Pendaftaran Online SBMPTN 2016/2017

www.sbmptn.or.id 2016 -- PMB Jalur SBMPTN, Pendaftaran SBMPTN Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru jalur SBMPTN, Pembukaan Penerimaan Mahasiswa Baru jalur SBMPTN, Cara Mendaftar online SBMPTN, Jalur Seleksi Nasional (SBMPTN), Jalur Ujian Tertulis (SBMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, www.sbmptn.ac.id

Pada kesempatan yang baik ini, admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online SBMPTN 2016/2017. Informasi ini diberikan agar bisa memberikan panduan kepada anda dalam melakukan proses pendaftaran SBMPTN. Disini admin akan memberi penjelasan mengenai tata cara pendaftaran SBMPTN, jadwal pelaksanaan SBMPTN, kelompok ujian, materi ujian, nama-nama PTN, dan keterangan lainnya.

http://pendaftaranmptn.blogspot.com/2015/04/pendaftaran-online-sbmptn.html

Banyak jalur untuk masuk ke perguruan tinggi negeri, diantaranya adalah SNMPTN, SBMPTN, Bidikmisi, SPMB, Jalur Mandiri PTN, jalur kerjasama dan lainnya. 

SBMPTN atau dengan kepanjangan yaitu Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru yang diadakan secara nasional untuk menjaring calon mahasiswa yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri. 

Seleksi SBMPTN dilakukan melalui ujian tertulis atau ujian menggunakan komputer yang diikuti oleh semua peserta SBMPTN dan ujian tambahan berupa ujian keterampilan yang diikuti oleh peserta yang memilih program studi bidang Seni atau Olahraga.

Pelaksanaan SBMPTN pada tahun ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, jika pada tahun sebelumnya pelaksanaan ujian SBMPTN dilakukan melalui ujian tertulis, maka pada tahun ini ada opsi lainnya yaitu menggunakan komputer atau yang dikenal dengan Computer Based Testing (CBT).

Selain itu, website resmi SBMPTN yang sebelumnya adalah www.sbmptn.or.id, pada tahun ini berubah menjadi www.sbmptn.ac.id. Namun saat ini kedua website tersebut sama-sama bisa diakses. Jadi silahkan akses yang mana saja karena informasi yang tersedia juga sama.

Jadwal pelaksanaan untuk tes tertulis dan tes yang menggunakan komputer juga berbeda dijadwalkan berbeda. Pelaksanaan tes menggunakan komputer dilaksanakan terlebih dahulu sedangkan tes tertulis dilaksanakan setelahnya.

Kita berharap bahwa panitia dapat menyusun soal sedemikian rupa sehingga akan beda antara soal yang diujikan menggunakan komputer dan menggunakan tes tertulis, tapi harus sama dalam hal tingkat kesukaran soal.


Sebelum membahas lebih lanjut mengenai SBMPTN, admin ingin memberikan sedikit kata-kata motivasi yang semoga bisa menjadi inspirasi bagi kita semua.

Bacalah dengan seksama berikut ini. 
Kata-kata motivasi : Ketika kita dinyatakan lulus dari SMA/MA/SMK atau sederajat lainnya, maka banyak orang telah bangga akan hal itu. Tetapi, kita akan lebih bangga apabila kita bisa masuk ke perguruan tinggi yang selama ini kita impikan dan bisa memilih jurusan favorit kita di perguruan tinggi tersebut. Untuk itu, kita harus terus belajar semampu kita dan sepanjang hayat kita. Raihlah cita-citamu dengan usaha yang sungguh-sungguh, karena menurut agama bahwa barang siapa yang bersungguh-sungguh, maka ia kan berhasil. Yakinlah tidak akan ada sesuatu yang sia-sia dengan usaha dan kebaikan yang telah kita lakukan. Suatu saat pasti akan memetik hasilnya. Teruslah belajar dan berusaha semampunya.
Itulah sedikit tentang kata-kata motivasi yang semoga bisa menginspirasi kita semua.

Baiklah, kita lanjutkan lagi membahas tentang SBMPTN. Pendaftaran SBMPTN ini sedikit berbeda dengan Pendaftaran SNMPTN. 

Kalau untuk mengikuti seleksi SNMPTN, pesertanya adalah hanya siswa-siswi berpretasi, namun untuk mengikuti SBMPTN, pesertanya bukan hanya siswa-siswi berprestasi, namun siswa lain yang tidak berprestasi pun bisa mengikuti SBMPTN. Untuk lebih jelasanya dapat dilihat pada persyaratan SBMPTN. 

Dengan kata lain bahwa untuk mendaftarkan diri mengikuti SBMPTN, siswa tidak harus mempunyai prestasi akademik yang unggul, siswa yang dalam kategori biasa-biasa saja pun bisa mendaftar. Untuk siswa yang dinyatakan tidak lulus SNMPTN bisa juga mendaftarkan diri mengikuti SBMPTN. 

Ujian seleksi SBMPTN dilaksanakan di masing-masing Perguruan Tinggi Negeri dan tempat lain yang telah ditunjuk oleh PTN. 

Peserta bisa mengikuti ujian SBMPTN di PTN terdekat dengan tempat tinggalnya dengan ketentuan bahwa PTN tersebut memiliki program studi sesuai yang anda pilih. Misalnya anda tinggal di Sumatera Selatan dan anda ingin mendaftarkan diri di UGM serta memilih program studi matematika. Maka anda bisa mengikuti seleksi di kampus UNSRI karena UNSRI dekat dengan rumah anda dan ada program studi matematika.

Baiklah, langsung saja kita akan membahas tentang Pendaftaran Online SBMPTN. Bacalah dengan cermat, teliti, dan jangan sampai ada yang terlewatkan.

Calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi, maka bisa mendaftarkan diri mengikuti seleksi Bidikmsi jalur SBMPTN. Untuk bisa mendaftar, terlebih dahulu anda harus mendapatkan rekomendasi dari kepala sekolah.

Kepala sekolah mendaftarkan calon peserta Bidikmisi di alamat bidikmisi.ristekdikti.go.id dengan memilih menu sekolah dan selanjutnya mengisi data pendaftaran.

Admin hanya akan memberikan informasi tata cara pendaftaran Bidikmisi SBMPTN untuk siswa. Untuk tata cara pendaftaran Bidikmisi oleh Kepala Sekolah bisa dibaca pada artikel Pendaftaran Bidikmisi. Berikut informasi tata cara pendaftaran Bidikmisi oleh siswa peserta Bidikmisi.

Tata Cara Pendaftaran Bidikmisi Jalur SBMPTN Oleh Peserta
  • Buka situs resmi pendaftaran Bidikmisi, yaitu bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
  • Lalu klik pada laman pendaftaran siswa
  • Login menggunakan nomor pendaftaran dan kode akses yang telah diberikan oleh sekolah
  • Setelah login, isilah biodata diri anda serta data pendaftaran online yang dibutuhkan.
  • Jika telah selesai, cetak kartu peserta Bidikmisi
  • Setelah mendaftar Bidikmisi, anda akan mendapatkan Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan Personal Indentification Number (PIN) untuk mendaftar SBMPTN.
Untuk bisa mengikuti seleksi SBMPTN, maka anda diharuskan melakukan pendaftaran tahap awal SBMPTN agar bisa mencetak slip pembayaran biaya pendaftaran. Khusus peserta Bidikmisi SBMPTN, langsung saja melakukan proses pendaftaran, tidak perlu mendaftar tahap awal SBMPTN. Tata cara pendaftaran tahap awal SBMPTN adalah sebagai berikut : 

Tata Cara Pendaftaran Tahap Awal SBMPTN
  • Buka situs pendaftaran SBMPTN, yaitu pendaftaran.sbmptn.or.id , buka disini , alur daftar
  • Isilah nama dan tanggal lahir anda
  • Kemudian cetak bukti pendaftaran tahap awal tersebut
  • Bawa kartu bukti pendaftaran tersebut untuk melakukan pembayaran biaya pendaftaran di Bank Mandiri atau Bank BNI
  • Biaya pendaftaran berjumlah Rp 200.000,00 (dua ratus ribu rupiah).
  • Setelah membayar di Bank Mandiri atau Bank BNI, calon mahasiswa akan mendapatkan nomor PIN dan KAP yang digunakan login ke situs SBMPTN dan bisa langsung melengkapi proses pendaftaran tahap selanjutnya.
Tata Cara Pendaftaran SBMPTN
  • Calon mahasiswa login kembali ke laman resmi SBMPTN yaitu pendaftaran.sbmptn.or.id menggunakan nomor KAP (Kode Akses Pendaftaran) dan PIN yang telah didapatkan Untuk siswa pendaftar Bidikmisi bisa menggunakan KAP dan PIN yang sudah ada saat mendaftar Bidikmisi.  buka disini , alur daftar
  • Kemudian calon mahasiswa mengisi biodata dengan lengkap, memilih perguruan tinggi, program studi, serta kelompok ujian, dan data lainnya.
  • Anda juga diminta untuk mengupload pas foto berwarna
  • Setelah mengisi data diri anda, jangan lupa untuk memeriksa kembali data tersebut.
  • Jika semuanya telah terisi lengkap dan benar, kemudian anda bisa mencetak kartu tanda peserta
  • Bawalah kartu tanda peserta tersebut saat ujian berlangsung.
Persyaratan Pendaftaran SBMPTN
  1. Lulusan SMA/MA/SMK/MAK atau sederajat lainnya termasuk paket C
  2. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran
  3. Lulus pada tahun 2016, 2015, dan 2014 dengan ketentuan :
    • Siswa yang telah lulus tahun 2014 dan 2015 sudah harus memiliki ijazah
    • Siswa yang lulus tahun 2016 ini telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, atau sekurang-kurangnya memiliki informasi jati diri dan foto terbaru yang telah diberi cap yang sah.
Jadwal Resmi Pelaksanaan SBMPTN 2016/2017
  1. Pendaftaran Online :
    • Computer Based Testing (CBT) pada 25 April pukul 08.00 WIB sampai 20 Mei Pukul 22.00 WIB
    • Paper Based Test (PBT) pada 25 April pukul 08.00 WIB sampai 20 Mei Pukul 22.00 WIB
    • Khusus peserta Bidikmisi yang mengikuti SNMPTN 2016, pendaftaran SBMPTN 2016 dibuka mulai tanggal 11 Mei 2016 pukul 08.00
  2. Pelaksanaan Ujian Tertulis :
    • Computer Based Testing (CBT) pada 31 Mei
    • Paper Based Test (PBT) pada 31 Mei
  3. Pelaksanaan Ujian Keterampilan pada hari Rabu atau Kamis tanggal 1 s.d 2 Juni
  4. Pengumuman SBMPTN pada hari Selasa, 28 Juni pukul 14.00 WIB. Cara melihat pengumuman SBMPTN silahkan lihat disini / disini / disini / disini / disini / disini. Silahkan kunjungi link artikel tersebut. 
Jenis Ujian, Kelompok Ujian dan Materi Ujian SBMPTN

Ujian untuk SBMPTN terdiri atas dua jenis yaitu Paper Based Test (PBT) / Computer Based Testing (CBT) dan ujian keterampilan. PBT / CBT diperuntukkan bagi semua peserta SBMPTN, sedangkan ujian keterampilan merupakan ujian tambahan yang dilaksanakan untuk peserta yang mengambil program studi bidang seni dan keolahragaan.

# Ujian Tertulis (CBT / PBT)

Ujian tertulis terdiri dari tiga kelompok ujian, yaitu saintek, soshum, dan campuran. Berikut ini penjelasannya.

Kelompok Ujian Saintek 
  • Materi ujian terdiri dari materi TKPA (Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Verbal, Numerikal, dan Figural) dan materi TKD Saintek (Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika).
Kelompok Ujian Soshum
  • Materi ujian terdiri dari materi TKPA (Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Verbal, Numerikal, dan Figural) dan materi TKD Soshum (Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi).
Kelompok Ujian Campuran
  • Materi ujian terdiri dari materi TKPA (Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Verbal, Numerikal, dan Figural), materi TKD Saintek (Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika), dan materi TKD Soshum (Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi).
"Keterangan"
TKPA : Tes Kemampuan dan Potensi Akademik
TKD Saintek   : Tes Kemampuan Dasar Saint dan Teknologi
TKD Soshum : Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora

# Ujian Keterampilan

Ujian keterampilan Bidang Seni mencakup tes pengetahuan dan keterampilan bidang Ilmu Seni terkait. Sebagai prediksi, tes yang akan diberikan adalah seperti berikut ini yang diambil pada tahun sebelumnya.
  • Bidang Ilmu Seni rupa berupa Tes Menggambar (Bentuk dan Suasana/Ekspresi) serta Tes Pengetahuan dan Wawasan Seni.
  • Bidang Ilmu Seni Tari berupa Tes Tari Bentuk, Tes Kreativitas Tari, imitasi gerak, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan Seni (dalam bentuk wawancara).
  • Bidang Ilmu Seni Musik berupa Tes Musikalitas, Tes Praktik Instrumen, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan Seni (dalam bentuk wawancara)
  • Bidang Ilmu Seni Drama berupa Tes Praktik Monolog, Tes Kreativitas Drama, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan Seni (dalam bentuk wawancara).
Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Keolahragaan terdiri dari:
  • Pemeriksaan kesehatan
  • Tes keterampilan motorik
Kelompok, Jumlah Pilihan PTN dan Program Studi pada SBMPTN
  1. Program Studi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek  dan kelompok Soshum.
  2. Peserta dapat memilih program studi sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Saintek, maka peserta mengikuti kelompok ujian Saintek.
    • Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian Soshum.
    • Jika program studi yang dipilih terdiri dari kelompok Saintek dan Soshum, maka peserta mengikuti kelompok ujian Campuran.
  3. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan
  4. Peserta ujian yang hanya memilih 1 (satu) program studi dapat memilih program studi di PTN manapun
  5. Peserta ujian yang memilih 2 (dua) program studi atau lebih, salah satu pilihan program studi tersebut harus di PTN yang berada dalam satu wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian, sedangkan pilihan program studi yang lain dapat di PTN di luar wilayah tempat peserta mengikuti ujian.
Daftar Nama-nama PTN pada SBMPTN

Perguruan Tinggi Negeri yang mengadakan SBMPTN adalah perguruan tinggi yang berada di seluruh Indonesia. Berikut ini admin memberikan nama-nama Perguruan Tinggi Negeri Favorite SBMPTN yang direkomendasikan untuk pendaftaran online SBMPTN, selengkapnya berikut ini:

Pendaftaran Online SBMPTN Wilayah 1
Pendaftaran Online SBMPTN Wilayah 2
Pendaftaran Online SBMPTN Wilayah 3
Pendaftaran Online SBMPTN Wilayah 4
Demikianlah informasi yang bisa admin berikan kali ini. Semoga informasi tersebut bisa memberi pencerahan dan panduan untuk anda semua dalam mendaftar SBMPTN. 

Jangan lupa untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin agar keinginan anda untuk lulus SBMPTN bisa terwujudkan. Admin juga disini turut mendoakan yang terbaik untuk anda. 

Mari bantu bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhakan dengan cara klik tombol G+1 yang tersedia, atau ajak mereka secara langsung. Admin mengucapkan terima kasih telah membaca informasi disini. Cukup sekian dan salam sukses untuk kita semua. Amin.

Selanjutnya Baca :
Cara Melihat Pengumuman SBMPTN
Pengumuman Hasil SBMPTN
Situs Alternatif Pengumuman SBMPTN
Pengumuman Hasil CBT / PBT SBMPTN

Mungkin Anda Ingin Membaca:

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.