Pendaftaran Online UMRAH 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

www.umrah.ac.id 2024 -- Pendaftaran UMRAH Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, PMB UMRAH, Pendaftaran UMRAH Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru UMRAH, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UMRAH, Informasi Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UMRAH, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, KIP Kuliah, Pendaftaran Kuliah UMRAH, Jalur Masuk UMRAH, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, Bidikmisi, Universitas Maritim Raja Ali Haji, UMRAH. 2026. 2027.

Informasi yang akan admin sampaikan berjudul Pendaftaran Online UMRAH 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Infomasi ini ditujukan untuk kalian yang ingin mendaftar kuliah di UMRAH. Langsung saja simak informasinya berikut.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekilas Tentang Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH)

Universitas Maritim Raja Ali Haji atau yang disingkat dengan UMRAH adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang terletak di Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Indonesia.

Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) didirikan pada 1 Agustus 2007. Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) merupakan gabungan dari Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang dan Politeknik Negeri Batam.

Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) telah memilki beberapa fakultas dan program studi, yaitu:

Fakultas Ekonomi (FE) terdiri dari program studi  :
  • Akuntansi
  • Manajemen

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) terdiri dari program studi :
  • Ilmu Pemerintahan
  • Ilmu Administrasi Negara
  • Sosiologi
  • Ilmu Hukum
  • Ilmu Hubungan Internasional

Fakultas Teknik (FT) terdiri dari Program studi :
  • Teknik Informatika
  • Teknik Elektro
  • Teknik Perkapalan
 
Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) terdiri dari program studi :
  • Ilmu Kelautan
  • Manajemen Sumberdaya Perairan
  • Teknologi Hasil Perikanan
  • Budidaya Perairan
  • Sosial Ekonomi Perikanan

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) terdiri dari program studi :
  • Pendidikan Bahasa Indonesia
  • Pendidikan Bahasa Inggris
  • Pendidikan Matematika
  • Pendidikan Biologi
  • Pendidikan Kimia  

Program Pascasarjana terdiri dari program studi :
  • Magister Administrasi Publik
  • Magister Ilmu Lingkungan

Itulah sedikit informasi tentang Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH). Semoga bermanfaat dalam menambah pengetahuan kita semua. Kita kembali lagi untuk melanjutkan pembahasan awal kita mengenai jalur-jalur pendaftaran online penerimaan calon mahasiswa baru Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH).

Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) membuka beberapa jalur pendaftaran online penerimaan calon mahasiswa baru melalui jalur SNBP, jalur SNBT, jalur SMMPTN Barat, dan jalur Mandiri.

Adanya pembukaan jalur-jalur pendaftaran online penerimaan calon mahasiswa baru tersebut, kalian harus mempersiapkan diri akan mengikuti jalur yang mana yang kira-kira peluangnya paling besar yang bisa membuat kalian lulus seleksi. 

Untuk bisa lulus seleksi tentunya hal tersebut harus diiringi dengan doa dan usaha yang sungguh-sungguh. Semoga dengan usaha dan doa yang sungguh-sungguh tersebut harapanmu bisa tercapai.

Ayo sekarang kita simak pembahasan tentang jalur-jalur pendaftaran online masuk PTN Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH). Pahamilah penjelasannya dengan baik.

A. Pendaftaran UMRAH Jalur SNBP

Kata SNBP tentu tidak asing lagi untuk di dengar. SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang mana seleksinya didasarkan pada prestasi akademik siswa terutama dilihat dari nilai raport dan portofolio akademik.

Jalur SNBP ini diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA / MA / SMK yang akan lulus dari sekolah pada tahun ini dan berprestasi.

Proses pendaftarannya dimulai dari pihak sekolah yang memberikan rekomedasi untuk siswa-siswinya. Setelah direkomendasikan, siswa dapat melanjutkan pendaftaran sampai selesai.

Biaya pendaftaran di jalur ini tidak ada karena gratis.

Untuk informasi lainnya seperti informasi persyaratan pendaftaran, link pendaftaran, jadwal atau tanggal pendaftaran, prinsip seleksi, tahapan seleksi, pilihan PTN dan program studi, biaya pendaftaran, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Informasi Pendaftaran SNBP atau Pendaftaran Online SNBP

B. Pendaftaran UMRAH Jalur SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi yang diadakan secara nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang didasarkan pada hasil tes dan / atau kriteria lain yang ditentukan oleh PTN.

Lulusan 3 tahun terakhir jenjang SMA / MA / SMK sederajat bisa mendaftar di jalur SNBT.

Proses pendaftaran SNBT dilakukan secara online dengan mengisi formulir pendaftaran yang tersedia sampai mencetak kartu peserta SNBT.

Biaya pendaftaran dibayarkan melalui pihak bank yang telah bekerjasama dengan panitia SNBT.

Mengenai informasi persyaratan pendaftaran, link pendaftaran, jadwal pendaftaran, biaya pendaftaran, pilihan PTN dan program studi, dan keterangan lainnya dapat di baca pada artikel Informasi Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran Online SNBT

C. Pendaftaran UMRAH Jalur Mandiri

Seleksi Mandiri merupakan jalur seleksi yang diadakan oleh pihak Universitas secara mandiri. Hampir semua perguruan tinggi negeri mengadakan jalur seleksi mandiri, salah satunya Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH).

Mungkin peserta yang sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur sebelumnya tetapi dinyatakan tidak lulus, maka masih mempunyai kesempatan untuk masuk ke Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) dengan mengikuti seleksi jalur mandiri.

Ada beberapa jalur mandiri yang dibuka oleh UMRAH, yaitu :

1. Jalur Mutiara UMRAH

Jalur Mutiara UMRAH adalah jalur penerimaan mahasiswa melalui penelusuran Prestasi Non Akademik seperti : Bidang seni dan budaya, Bidang olahraga, Bidang minat dan bakat, Bidang agama dan Bidang Bahasa.

Semua kegiatan dan prestasi non-akademis tersebut akan dikelompokkan berdasarkan tingkat partisipasi siswa yaitu : tingkat Sekolah, tingkat Kabupaten / Kota, tingkat Provinsi, tingkat Nasional dan tingkat Regional / Internasional.

Jalur ini hanya dikhususkan untuk siswa lulusan tahun ini yang memiliki kriteria di atas.

2. Jalur Seleksi Mandiri Paralel

Jalur Mandiri Paralel adalah jalur masuk UMRAH melalui tes untuk lulusan SMA / SMK / sederajat 3 tahun terakhir. Biasanya yang mendaftar di jalur ini adalah mereka yang sudah bekerja.

Persyaratan : Foto copy Ijazah, surat keterangan sudah bekerja, surat ijin dari pemerintah, dan pas foto.

3. Jalur Alih Jenjang Program Sarjana

Jalur ini dibuka untuk calon mahasiswa yang ingin alih jenjang dari Diploma ke Sarjana. 

Informasi lebih lanjut mengenai jalur-jalur mandiri di atas dapat diakses melalui laman web berikut : penerimaan.umrah.ac.id

D. Pendaftaran UMRAH Jalur SMMPTN Barat

Selain jalur-jalur seleksi di atas, jalur lainnya yang bisa diikuti untuk bisa masuk ke UMRAH adalah jalur SMMPTN Barat. Penjelasan selengkapnya baca di : Pendaftaran SMMPTN Barat.

E. Pendaftaran KIP Kuliah

Bidikmisi kini telah berubah menjadi KIP-Kuliah atau Kartu Indonesia Pintar Kuliah. KIP-Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada siswa SLTA sederajat yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi tetapi terkendala atau tidak mampu secara ekonomi namun memiliki potensi akademik baik.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online melalui website resminya di kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Informasi lebih lanjut mengenai KIP Kuliah seperti keunggulan KIP Kuliah, cakupan KIP Kuliah, syarat mendaftar KIP Kuliah, tahapan pendaftaran KIP Kuliah, tanggal pendaftaran, dan lain-lain dapat ditemukan pada artikel berikut Pendaftaran KIP Kuliah.

F. Pendaftaran Pascasarjana UMRAH

Pendaftaran program pascasarjana UMRAH dapat di cek langsung di laman penerimaan.umrah.ac.id


Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi masuk ke UMRAH. Silahkan pilih jalur seleksi yang diminati. Apabila ada perubahan atau perbedaan dengan informasi yang telah admin berikan di atas, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UMRAH.

Mari Baca Juga :

Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan kali ini tentang Pendaftaran Online UMRAH Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Semoga informasi tersebut bisa membantu kalian dalam memilih jalur seleksi dan melakukan proses pendaftaran online Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH).

Admin turut mendoakan semoga kalian lulus seleksi melalui jalur yang diikuti. Disini admin juga mengucapkan terima kasih kepada pengunung setia yang telah membaca informasi disini. Sekian info dari admin dan salam sukses untuk kita semua.

Mari bantu berbagi atau share informasi ini pada rekan atau kerabat lainnya yang membutuhkan.