Pendaftaran Online UBB 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

pmb.ubb.ac.id 2024 -- Pendaftaran UBB Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran UBB Online, PMB UBB, Pendaftaran Mahasiswa Baru UBB, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UBB, Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UBB, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, KIP Kuliah, Pendaftaran Kuliah UBB, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur PMB Mandiri, Jalur Bidikmisi, Universitas Bangka Belitung, UBB. 2026. 2027.

Informasi yang akan admin sampaikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran Online UBB 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan untuk kalian yang ingin mendaftar kuliah di UBB. Langsung saja simak informasinya berikut.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekilas Tentang Universitas Bangka Belitung (UBB)

Universitas Bangka Belitung yang disingkat dengan UBB adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di kota Bangka Belitung, Indonesia.

Lokasi Universitas Bangka Belitung (UBB) tepatnya di Kampus Terpadu Balun Ijuk Merawang Kabupaten Bangka, Bangka Belitung, Indonesia.

Universitas Bangka Belitung (UBB) resmi didirikan pada 12 April 2006 dan diresmikan menjadi Perguruan Tinggi Negeri pada 21 November 2010. 

Fakultas dan Program Studi di Universitas Bangka Belitung (UBB), yaitu :

Fakultas Teknik :
  • Prodi Teknik Mesin
  • Prodi Teknik Elektro
  • Prodi Teknik Pertambangan
  • Prodi Teknik Sipil
  • Prodi Kimia
  • Prodi Fisika
  • Prodi Matematika
  • Prodi Teknologi Informasi
  • Prodi Arsitektur
  • Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota
  • Prodi D-III Keperawatan

Fakultas Ekonomi :
  • Magister (S2) Manajemen
  • Prodi Akuntansi
  • Prodi Manajemen
  • Prodi Ekonomi
  • Prodi Bisnis Digital

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik :
  • Prodi Sosiologi
  • Prodi Ilmu Politik
  • Prodi Sastra Inggris

Fakultas Pertanian Perikanan dan Biologi :
  • Magister (S2) Ilmu Pertanian
  • Prodi Agroteknologi
  • Prodi Agribisnis
  • Prodi Biologi
  • Prodi Akuakultur
  • Prodi Manajemen Sumber Daya Perairan
  • Prodi Ilmu Kelautan

Fakultas Hukum :
  • Magister (S2) Hukum
  • Prodi Ilmu Hukum

Fasilitas yang ada di Universitas Bangka Belitung (UBB) diantaranya adalah Laboratorium, Gedung Perkuliahan, Perpustakaan, Sarana Olah Raga, Gedung Serba Guna, Teknologi Informasi, Laboratorium Bahasa, Kantin, dan Bus Kampus.

Itulah sekilas tentang Universitas Bangka Belitung (UBB). Semoga bisa memberi tambahan pengetahuan kepada kita semua. Baiklah kita kembali lagi kepembahasan awal yang akan membahas tentang jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Universitas Bangka Belitung (UBB).

Pada tahun ini, Universitas Bangka Belitung (UBB) membuka beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru untuk menjaring calon mahasiswa yang memang benar-benar memiliki kualitas yang baik yang diprediksikan dapat menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik pula.

Jalur penerimaan mahasiswa baru di Universitas Bangka Belitung (UBB) yang dibuka adalah jalur SNBP, jalur SNBT, dan jalur PMB Mandiri.

Anda bisa mengikuti salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru tersebut untuk bisa diterima menjadi mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB).

Namun sebelum itu harus melewati tahapan seleksi terlebih dahulu yang harus bersaing dengan para peserta lainnya yang tentu saja semuanya mempunyai keinginan yang sama yaitu diterima menjadi mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB).

Anda harus mempersiapkan diri sebaik mungkin agar bisa memenangkan persaingan tersebut dan harus dinyatakan lulus. Admin turut mendoakan semoga harapan anda bisa terkabulkan.

Untuk bisa mengikuti ujian seleksi, tentu saja anda harus diawali dengan mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB) yang pendaftarannya dilakukan secara online melalui situs resmi Universitas Bangka Belitung (UBB). Berikut ini akan dijelaskan jalur-jalur pendaftaran online masuk PTN Universitas Bangka Belitung (UBB).

1. Pendaftaran UBB Jalur SNBP

Seperti perguruan tinggi negeri lainnya, UBB juga membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP. SNBP adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang diperuntukkan bagi siswa yang ketika di sekolah siswa tersebut mempunyai prestasi akademik yang baik.

Jalur SNBP diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA / MA / SMK kelas XII yang akan lulus di tahun ini.

Pendaftarannya diawali oleh kepala sekolah yang merekomendasikan siswa-siswinya dengan mengisi data di PDSS. Setelah itu siswa dapat melanjutkan pendaftaran hingga mencetak kartu peserta.

Biaya pendaftaran gratis karena telah ditanggung oleh pemerintah.

Informasi mengenai tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, tahapan seleksi, jumlah PTN pilihan, nama-nama PTN, serta keterangan lainnya bisa dibaca pada artikel yang berjudul Pendaftaran SNBP atau Panduan Pendaftaran SNBP

2.  Pendaftaran UBB Jalur SNBT

UBB adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang membuka jalur seleksi SNBT. Seperti yang telah dijelaskan bawah SNBT merupakan jalur seleksi yang seleksinya didasarkan pada hasil tes dan / atau kriteria lain yang ditentukan PTN.

Bagi kalian siswa-siswi lulusan SMA / MA / SMK sederajat yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti jalur SNBP, maka dapat mengikuti seleksi jalur SNBT dengan mengikuti semua prosedur dan harus persyaratan yang ditentukan.

Jalur SNBT ini dibuka untuk para lulusan SMA / MA / SMK / sederajat yang telah lulus maksimal 3 tahun terakhir.

Pendaftaran dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengakses laman resminya.

Biaya pendaftaran perlu dikeluarkan untuk bisa mengikuti jalur SNBT ini.

Untuk penjelasan lainnya seperti jadwal ujian, alur pendaftaran lengkap, pilihan program studi, biaya, dan keterangan lainnya bisa dibaca pada artikel kami yang berjudul Panduan Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran Online SNBT

3.  Pendaftaran KIP Kuliah

KIP-Kuliah merupakan pengganti dari Bidikmisi yang merupakan bantuan biaya pendidikan bagi siswa SMA / MA / SMK / sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Untuk informasi persyaratan pendaftaran KIP Kuliah, cakupan KIP Kuliah, besarnya biaya KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, jadwal atau tanggal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, dan lain sebagainya dapat di baca pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah

4. Pendaftaran UBB Jalur PMB Mandiri

Jalur PMB Mandiri merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang diadakan secara mandiri oleh pihak Universitas penyelenggara, dalam hal ini adalah panitia Universitas Bangka Belitung (UBB).

Jalur ini dibuka untuk menyeleksi calon mahasiswa jenjang Diploma dan Pascasarjana.

Calon mahasiswa harus melengkapi persyaratan pendaftaran untuk bisa mendaftar. Calon mahasiswa bisa melakukan pendaftaran dengan mengakses situs resmi Universitas Bangka Belitung (UBB) yaitu ubb.siakadcloud.com . Keterangan lainnya dan apabila ada perubahan bisa dibaca pada situs tersebut.

5. Pendaftaran UBB Jalur SMMPTN Barat

UBB turut serta dalam jalur SMMPTN Barat. Calon mahasiswa yang ingin masuk ke UBB maka dapat mengikuti jalur SMMPTN Barat ini. Informasi lebih lanjut dapat dibaca pada artikel : Pendaftaran SMMPTN Barat.


Itulah jalur-jalur masuk ke UBB yang bisa diikuti. Silahkan pilih salah satu yang kalian minati.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di website resmi.

Baca Juga :

Demikianlah informasi yang bisa admin berikan pada kesempatan kali ini tentang Pendaftaran Online UBB (Universitas Bangka Belitung). Mudah-mudahan informasi tersebut bisa memberikan bantuan kepada anda semua dalam melakukan pendaftaran online Universitas Bangka Belitung (UBB).

Admin turut mendoakan semoga anda lulus seleksi. Terima kasih sudah membaca artikel disini. Salam sukses untuk kita semua. Ayo turut berbagi atau share info ini pada teman lainnya.