Pendaftaran Online ISBI Bandung 2024/2025

pmb.isbi.ac.id 2024 -- Pendaftaran ISBI Bandung Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Penerimaan Mahasiswa Baru ISBI Bandung, PMB ISBI Bandung, Pendaftaran PMB ISBI Bandung, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ISBI Bandung, Pendaftaran Maba Diploma / Sarjana / Pascasarjana ISBI Bandung, Pendaftaran D3 - D4 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, Jalur Pendaftaran Mahasiswa Baru ISBI Bandung, Pendaftaran Kuliah Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung. 2026. 2027. 

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran Online ISBI Bandung 2024/2025. Informasi ini ditujukan untuk siswa-siswi lulusan SLTA sederajat yang berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan di bidang seni budaya di ISBI Bandung. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

ISBI Bandung atau Institut Seni Budaya Indonesia Bandung adalah Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan program Vokasi, Sarjana dan Pascasarjana di bidang Seni dan Budaya.

Lokasi ISBI Bandung yaitu terletak di Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40265. Website resmi yaitu www.isbi.ac.id , Email : isbi@isbi.ac.id , Telp. : (022)-7314982

Pada awal berdirinya, lembaga pendidikan ini bernama Konservatori Tari (KORI) yang didirikan pada 1968, Kemudian beralir status pada tahun 1971 menjadi Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI) Bandung, selanjutnya berubah lagi pada tahun 1995 menjadi Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung, dan pada tahun 2014 menjadi Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung.

Fakultas dan Program Studi di ISBI Bandung :

Fakultas Seni Pertunjukan :
  • Program Studi S1 Seni Tari
  • Program Studi S1 Seni Karawitan
  • Program Studi S1 Seni Teater
  • Program Studi D4 Angklung dan Musik Bambu
  • Program Studi D4 Seni Tari Sunda

Fakultas Seni Rupa dan Desain :
  • Program Studi S1 Seni Rupa Murni
  • Program Studi D4 Tata Rias dan Busana
  • Program Studi D3 Kriya Seni

Fakultas Budaya dan Media :
  • Program Studi S1 Antropologi Budaya
  • Program Studi D4 Televisi dan Film

Program Pascasarjana :
  • Program Studi S2 Penciptaan dan Pengkajian Seni

Itulah beberapa program studi yang ada di ISBI Bandung yang nantinya dapat kamu pilih pada saat mendaftar sebagai calon mahasiswa baru ISBI Bandung. Pilihkan program studi yang sesuai dengan kemampuan, minat, atau bakat yang kamu miliki. Dengan begitu, maka kamu bisa nyaman dalam menjalani kuliahmu.

Selanjutnya admin akan menginformasikan jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru ISBI Bandung. Informasi ini penting untuk kamu yang kuliah di ISBI Bandung agar kamu bisa memilih satu jalur dengan tepat dan langsung bisa diterima di ISBI Bandung melalui jalur yang dipilih tersebut. 

Berikut admin sampaikan selengkapnya mengenai jalur penerimaan mahasiswa baru ISBI Bandung. Baca dan pahami.

I. Penerimaan Mahasiswa Baru ISBI Bandung Program Sarjana dan Diploma

Ada beberapa jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang bisa diikuti oleh calon peserta. Berikut informasi selengkapnya.

A. Pendaftaran ISBI Bandung Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah jalur seleksi nasional masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang seleksinya dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan portofolio akademik.

Jalur SNBP diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA / MA / SMK kelas 12 berprestasi dan akan lulus di tahun ini.

Pengisian data di PDSS yang dilakukan pihak sekolah menjadi langkah awal dari serangkaian proses pendaftaran SNBP. Siswa yang direkomendasikan akan diberi kode akses untuk login ke laman SNBP untuk melengkapi data pendaftaran.

Untuk informasi lainnya seperti informasi persyaratan pendaftaran, link pendaftaran, jadwal atau tanggal pendaftaran, prinsip seleksi, tahapan seleksi, pilihan PTN dan program studi, biaya pendaftaran, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online SNBP atau Informasi Pendaftaran SNBP.

B. Pendaftaran ISBI Bandung Jalur SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah salah satu jalur seleksi masuk ke PTN yang ada di Indonesia. Salah satunya untuk kuliah di ISBI Bandung.

Seperti yang telah dijelaskan bahwa SNBT merupakan jalur seleksi nasional yang mana seleksinya dilakukan melalui tes UTBK dan / atau kriteria lain yang ditentukan PTN.

Bagi kalian siswa-siswi lulusan SMA / MA / SMK sederajat yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti jalur SNBP, maka dapat mengikuti seleksi jalur SNBT sesuai dengan persyaratan yang ditentukan. Lulusan yang dimaksud adalah lulusan 3 tahun terakhir.

Pendaftaran SNBT dilakukan sendiri tanpa melalui pihak sekolah. Calon peserta mengakses laman resmi SNBT untuk melakukan pengisian data sampai mencetak kartu peserta dan juga membayar biaya pendaftaran.

Jangan lupa untuk membayar biaya pendaftaran di bank yang telah bermitra dengan panitia SNBT.

Mengenai informasi persyaratan pendaftaran, link pendaftaran, jadwal pendaftaran, biaya pendaftaran, pilihan PTN dan program studi, dan keterangan lainnya dapat di baca pada artikel Informasi Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran Online SNBT

C. Pendaftaran Online ISBI Bandung Jalur Mandiri

Jalur mandiri ISBI Bandung merupakan jalur seleksi yang diselenggarakan oleh ISBI Bandung untuk menyeleksi calon mahasiswa baru.

1. Persyaratan dan Berkas Pendaftaran

Persyaratan pendaftaran dan berkas untuk calon mahasiswa yang ingin mendaftar ke ISBI Bandung yaitu sebagai berikut :
    1. Tidak diterima sebagai calon mahasiswa ISBI Bandung melalui jalur seleksi SNBP / SNBT tahun ini.
    2. Memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional).
    3. Foto Formal (berpakaian resmi).
    4. Ijazah / Surat Keterangan Lulus bagi lulusan tahun ini yang belum memiliki ijazah.
    5. Surat Keterangan Kelakuan Baik (lulusan tahun ini cukup dengan Surat Keterangan dari Sekolah dan bagi lulusan tahun-tahun sebelumnya menggunakan Surat Keterangan dari Kepolisian).
    6. Akta Kelahiran.
    7. Ukuran Jas Almamater.
    8. Surat Keterangan Sehat.
    9. Surat keterangan khusus untuk beberapa program studi yaitu Tidak Buta Warna / sehat THT
    10. Surat Keterangan Beban Listrik / Bukti Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).
    11. Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kedua Orang tua.
    12. Slip Gaji Kedua Orang Tua atau Wali.
    13. Surat/Kartu Peserta KIP Kuliah bagi yang memiliki, dapat juga KIP/ K artu Pra Sejahtera / SKTM sebagai bahan pertimbangan.
    14. Surat Keterangan / Rekomendasi dari instansi tempat bekerja, bagi pendaftar usia di atas 23 tahun.
    15. Surat Peryataan Sanggup Menaati Peraturan, Tidak Terlibat Narkoba dan Kesanggupan Membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT)

    2. Alur Pendafaran Jalur Mandiri

    Alur PMB Mandiri Online ISBI Bandung :
    1. Pendaftar melakukan pengisian Formulir secara online di laman https://pmb.isbi.ac.id untuk mendapatkan Akses Login Pendaftaran
    2. Setelah menyelesaikan pengisian Formulir, pendaftar akan mendapatkan Nomor Tagihan dan Nominal Pembayaran yang harus dibayarkan pada Bank dengan Nomor Rekening yang telah ditentukan.
    3. Selanjutnya pendaftar dapat membayarkan tagihan tersebut kepada Bank dengan Nomor Rekening yang telah ditentukan, dengan wajib menyertakan Nama Lengkap Pendaftar dan Nomor Invoice sebagai remaks/catatan saat melakukan transaksi pembayaran di Bank (Teller / Intenet Banking).
    4. Pembayaran telah selesai dilakukan, maka pendaftar wajib melakukan Konfirmasi Pembayaran secara online di laman https://pmb.isbi.ac.id, Konfirmasi Pembayaran akan diverifikasi oleh Petugas Keuangan dengan jangka waktu paling lambat 3 Hari Kerja.
    5. Pendaftar dapat memperhatikan email pada jangka waktu tersebut untuk melihat apakah sudah terkirimnya Akses Login Pendaftaran, bila setelah 3 Hari Kerja belum tersedia Akses Login Pendaftaran silahkan dapat menghubungi kontak Sekretariat PMB Jalur Mandiri. 
    6. Bila telah mendapatkan Akses Login Pendaftaran, pendaftaran dapat melalukan Pengisian Data Pendaftaran di laman https://pmb.isbi.ac.id. Mohon dapat diperhatikan Panduan Pengisian Data Pendaftaran untuk kelancaran dalam pengisiannya, lakukan dengan teliti dan memberikan data yang benar.
    7. Pendaftaran peserta Seleksi Mandiri ISBI Bandung dinyatakan selesai setelah calon peserta melakukan cetak Kartu Peserta Seleksi Mandiri ISBI Bandung
    8. Pendaftar wajib mengikuti Tes dengan kriteria yang diberikan oleh masing-masing Program Studi diiinformasikan pada laman http://pmb.isbi.ac.id. 
    9. Melihat pengumuman hasil seleksi di laman http://pmb.isbi.ac.id

    Untuk informasi lain yang dibutuhkan dapat diakses secara online melalui laman pmb.isbi.ac.id

    D. Pendaftaran KIP Kuliah

    Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan juga memiliki prestasi yang baik. Namun, Bidikmisi kini telah berubah menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau disingkat KIP-Kuliah.

    Bagi calon pendaftar dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan KIP Kuliah.

    Pendaftaran KIP Kuliah dapat dilakukan melalui website resminya di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id

    Informasi lebih lanjut mengenai KIP Kuliah seperti keunggulan KIP Kuliah, cakupan KIP Kuliah, syarat mendaftar KIP Kuliah, tahapan pendaftaran KIP Kuliah, tanggal pendaftaran, dan lain-lain dapat ditemukan pada artikel berikut Pendaftaran KIP Kuliah

    II. Penerimaan Mahasiswa Baru ISBI Bandung Program Pascasarjana

    Selain melakukan penerimaan calon mahasiswa baru jenjang Diploma dan Sarjana, ISBI Bandung juga melakukan penerimaan calon mahasiswa baru jenjang Pascasarjana.

    A. Pendaftaran, Seleksi dan Penerimaan
    1. Pendaftaran dilakukan secara online melalui web: pmb-pasca.isbi.ac.id
    2. Membayar biaya pendaftaran melalui BJB Cabang Buahbatu Bandung, a.n. Pascasarjana ISBI Bandung 0031012011001
    3. Test (seleksi) meliputi:
      • Kelengkapan persyaratan dan formulir
      • Tes Kemampuan Akademik (TPA), Bahasa Inggris, Wawasan Seni dan Budaya, serta wawancara
    4. Hasil seleksi diumumkan secara online melalui web: pmb-pasca.isbi.ac.id
    5. Pembayaran SPP mahasiswa baru dilakukan sesuai jadwal

    B. Syarat Pendaftaran
    1. Mengisi Formulir pendaftaran secara online.
    2. Salinan Ijazah S1 dan Transkrip (nilai) akademik yang dilegalisir oleh Fakultas/Universitas asal bagi lulusan perguruan tinggi negeri, dan oleh kopertis (atau yang berwenang) bagi lulusan perguruan tinggi swasta.
    3. Surat Keterangan Sehat dan Bebas Narkoba dari Dokter.
    4. Surat Keterangan Kelakuan Baik dari Kepolisian.
    5. Surat Keterangan Lulus Nilai TOEFL.
    6. Surat Rekomendasi dari Program Studi asal (S1) untuk melanjutkan ke Jenjang S2 seperti terlampir dalam formulir pendaftaran.
    7. Mengisi proyeksi keinginan, daftar riwayat hidup, dan portofolio seperti terlampir dalam formulir pendaftaran.
    8. Proposal rencana tesis.

    Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru ISBI Bandung. Untuk informasi lainnya silahkan lihat langsung di website resmi ISBI Bandung di alamat isbi.ac.id

    Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi ISBI Bandung

    Baca juga :

    Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran Online ISBI Bandung. Semoga informasi yang telah admin sampaikan tersebut dapat memberikan pencerahan dan gambaran bagi kamu yang ingin kuliah di kampus ini.

    Admin turut mendoakan semoga kamu bisa diterima di ISBI Bandung melalui jalur seleksi yang kamu ikuti. Ayo turut berbagi info kepada teman-temanmu. Terima kasih telah membaca artikel ini, cukup sekian dan salam sukses.