Selamat datang di web pendaftaranonline.web.id . Temukan dan baca informasi yang anda butuhkan di web ini. Temukan informasi anda dengan mengetik kata kunci pada kolom search yang tersedia. Sebagai contoh ketik saja "SNMPTN, SBMPTN, Bidikmisi, Dikti, PMDK-PN, SPMB, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, TNI-POLRI, Siswa Baru, dll". Jangan lupa untuk share informasi yang ada pada teman-teman yang membutuhkan dan sukai juga halaman web kami yang ada di sebelah kanan. Terima kasih atas kunjungan anda.

Pendaftaran Online UNSRI 2017/2018

usm.unsri.ac.id 2017 -- Info PMB UNSRI, Pendaftaran UNSRI Online, Pendaftaran Mahasiwa Baru UNSRI, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNSRI, Pendaftaran Diploma / Sarjana  / Pascasarjana UNSRI, Pendaftaran Kuliah UNSRI, Jalur Pendaftaran Mahasiswa Baru UNSRI, Jalur SNMPTN, SBMPTN, USM UNSRI, Bidikmisi, Universitas Sriwijaya, UNSRI. 2019. 2020.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran Online UNSRI 2017/2018. Admin akan membahas secara rinci masing-masing jalur seleksi yang telah disebutkan di atas. Namun sebelum membahas tentang hal tersebut, admin akan memberikan informasi mengenai Universitas Sriwijaya (UNSRI).

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekilas Tentang Universitas Sriwijaya (UNSRI)

Universitas Sriwijaya (UNSRI) merupakan salah satu universitas terbaik di pulau Sumatera. Universitas Sriwijaya (UNSRI) didirikan pada 29 Oktober 1960. Moto dari Universitas Sriwijaya (UNSRI) adalah  "Ilmu Alat Pengabdian" .

Universitas Sriwijaya (UNSRI) mempunyai dua lokasi kampus. Kampus utama beralamatkan di Jl. Raya Palembang-Prabumulih, Kabupaten Ogan Ilir, Inderalaya, Sumatera Selatan dan Kampus Lainnya berada di Kota Palembang tepatnya di Bukit Besar Palembang.

Universitas Sriwijaya (UNSRI) telah memiliki beberapa Fakultas dan Program Studi, baik untuk jenjang Diploma, Sarjana, Magister, ataupun Doktor. Berikut selengkapnya.

Fakultas dan Program Studi Jenjang Sarjana (S1)
  • Fakultas Ekonomi (FE) terdiri dari Program Studi : Ekonomi Pembangunan (S1), Manajemen (S1), Akuntansi (S1), Akuntansi (D3), Kesekretariatan (D3)
  • Fakultas Hukum (FH) terdiri dari Program Studi : Ilmu Hukum (Kekhususan pada bidang Pidana, Perdata, Administrasi, Tata Negara, Internasional) (S1)
  • Fakultas Teknik (FT) terdiri dari Program Studi : Teknik Sipil (S1), Teknik Pertambangan (S1), Teknik Kimia (S1), Teknik Elektro (S1), Teknik Mesin (S1), Arsitektur (S1), dan Teknik Geologi (S1)
  • Fakultas Kedokteran (FK) terdiri dari Program Studi : Pendidikan Dokter (S1), Ilmu Keperawatan (S1), Kedokteran Gigi (S1), Psikologi (S1), Teknik Gigi (D3)
  • Fakultas Pertanian (FP) terdiri dari Program Studi : Agronomi (S1), Ilmu Tanah (S1), Penyuluhan Dan Komunikasi Pertanian (S1), Sosial Ekonomi Pertanian (Agribisnis) (S1), Ilmu Hama Dan Penyakit Tumbuhan (S1), Teknik Hasil Pertanian (S1), Teknik Pertanian (S1), Peternakan (S1), Budidaya Perairan (S1), Teknologi Hasil Perikanan (S1), Agroekoteknologi (S1)
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) terdiri dari Program Studi : Pendidikan Matematika (S1), Pendidikan Biologi (S1), Pendidikan Kimia (S1), Pendidikan Fisika (S1), Pendidikan Teknik Mesin (S1), Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (S1), Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan (S1), Pendidikan Sejarah (S1), Bimbingan & Konseling (S1), Pendidikan Ekonomi (S1), Pendidikan Bahasa Indonesia, Sastra Indonesia dan Daerah (S1), Pendidikan Bahasa Inggris (S1), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) (S1), Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak (D2), Program Kependidikan Guru dalam Jabatan (S1), Pendidikan Luar Sekolah (S1), Pendidikan Geografi (S1)
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) terdiri dari Program Studi : Ilmu Administrasi Negara (S1), Sosiologi (S1), Ilmu Komunikasi (S1)
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)  terdiri dari Program Studi : Matematika (S1), Fisika (S1), Kimia (S1), Biologi (S1), Ilmu Kelautan (S1), Farmasi (S1), Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM), Teknik Informatika (S1), Teknik Informatika (Bilingual S1), Sistem Komputer (S1), Sistem Komputer (Profesional S1), Sistem Informasi (S1), Sistem Informasi (Bilingual S1), Sistem Informasi (Profesional S1), Teknik Komputer (D3), Manajemen Informatika (D3), Komputerisasi Akuntansi (D3), Teknik Komputer dan Jaringan (D3).
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) terdiri dari Program Studi : Ilmu Kesehatan Masyarakat (S1)

Program Magister (S2) terdiri dari Program Studi Magister :
  • Ilmu Tanaman, Teknik informatika, Agribisnis, Ilmu Ekonomi, Ilmu Hukum, Pendidikan Bahasa, Teknik Kimia, Ilmu Biomedik, Teknik Sipil, Pengelolaan Lingkungan, Administrasi Publik, Pendidikan Matematika, Teknologi Pendidikan, Kependudukan, Ilmu Manajemen, Sosiologi, Teknik Mesin, Teknik Pertambangan, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fisika, Manajemen, Kenotariatan.

Program Double Degree S2 terdiri dari Program Studi :
  • Double Master Degree Integrated Lowland Development And Management Planning (Dd-Ildm), Double Master Degree On Integrated Food Production And Management Planning (Dd-Ifp), Master of Management And Master of Business Administration

Program Doktor (S3) terdiri dari Program Studi Doktor :
  • Ilmu Pertanian, Ilmu Lingkungan, Ilmu Hukum, Ilmu Ekonomi, Ilmu Manajemen, MIPA, Ilmu Teknik,

Program Pendidikan Profesi terdiri dari Program Studi :
  • Profesi Dokter (dr.), Profesi Dokter Gigi (drg.), Keperawatan (Ners.), Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk)

Program Pendidikan Dokter Spesialis terdiri dari Program Studi :
  • Ilmu Kesehatan Anak (SpA), Ilmu Bedah (SpB), Ilmu Penyakit Mata (SpM), Ilmu Penyakit Dalam (SpPD), Ilmu Kebidanan dan Penyakit Kandungan (SpOG), Ilmu Patologi Anatomi (SpPA), Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin (SpKK), Ilmu Penyakit Syaraf (SpPS), Ilmu Penyakit THT-KL (SpTHT-KL), Ilmu Anestesiologi dan Reanimasi (SpAn), Ilmu Penyakit Dalam Sp2 Konsultan Hematologi (SpPD-KHOM), Ilmu Penyakit Dalam Sp2 Konsultan Alergi (SpPD-KAI), Ilmu Penyakit Dalam Sp2 Konsultan Kardiovaskuler (SpPD-KKV).

Itulah sekilas informasi mengenai Universitas Sriwijaya.  Dari beberapa program studi yang telah disebutkan mungkin ada salah satu yang anda minati. Untuk itu, silahkan daftarkan diri anda mengikuti jalur seleksi masuk Univeristas Sriwijaya.

Untuk bisa mendaftar menjadi calon mahasiswa baru UNSRI, terlebih dahulu calon peserta harus dinyatakan lulus Ujian Nasional (UN), setelah itu baru bisa mendaftarkan diri mengikuti seleksi masuk UNSRI melalui jalur yang dibuka.

Pada tahun ini, UNSRI akan membuka beberapa jalur seleksi mahasiswa baru yaitu jalur SNMPTN, jalur SBMPTN, dan jalur USM, serta Bidikmisi. Penjelasan dari masing-masing jalur pendaftaran tersebut dikutip dari situs resmi UNSRI yaitu unsri.ac.id, situs resmi pendaftaran online SNMPTN yaitu www.snmptn.ac.id, situs resmi SBMPTN yaitu www.sbmptn.ac.id, dan situs resmi BIDIKMISI yaitu bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id

Jalur pendaftaran yang pertama kali dibuka tentu saja jalur SNMPTN yang merupakan jalur seleksi undangan yang dilakukan tanpa tes tertulis. Setelah jalur SNMPTN berakhir, maka dibuka jalur berikutnya yaitu jalur SBMPTN yang merupakan jalur ujian tertulis. Setelah ujian SBMPTN berakhir, jalur terakhir yang dibuka yaitu jalur USM UNSRI.

Langsung saja kita akan membahas secara rinci jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Universitas Sriwijaya (UNSRI). Simak pembahasannya dengan baik berikut ini.

1. Pendaftaran SNMPTN UNSRI

SNMPTN merupakan salah satu jalur seleksi untuk masuk ke perguruan tinggi negeri melalui penelusuran prestasi akademik siswa yang dilihat dari nilai rapor dan prestasi lainnya. SNMPTN ini diperuntukkan bagi siswa yang mendapatkan undangan dari sekolahnya untuk mengikuti SNMPTN.

Siswa yang mengikuti SNMPTN merupakan siswa yang secara konsisten selalu berprestasi di Sekolahnya. Untuk siswa yang tidak mendapat jalur undangan tidak bisa mendaftarkan diri mengikuti seleksi SNMPTN. Bagi siswa yang tidak bisa mengikuti seleksi SNMPTN, siswa bisa mengikuti seleksi jalur SBMPTN atau USM UNSRI.

Ada tiga tahapan untuk bisa mengikuti seleksi jalur SNMPTN yaitu: (1) pengisian PDSS oleh sekolah dan verifikasi oleh siswa, (2) pemeringkatan oleh panitia, (3) pendaftaran snmptn oleh siswa.

Pengisian PDSS pada laman pdss.snmptn.ac.id dan pendaftaran SNMPTN oleh siswa calon peserta SNMPTN pada laman web.snmptn.ac.id. Calon peserta login ke alamat SNMPTN dengan menggunakan NISN dan Password yang telah diberikan oleh kepala sekolah. Calon mahasiswa harus mengisi data dengan lengkap dan benar. Kemudian diakhiri dengan mencetak kartu tanda peserta.

Penjelasan lebih lengkap bisa dibaca artikel Pendaftaran Online SNMPTN. Pada artikel tersebut telah dijelaskan mengenai cara pendaftaran, jumlah pilihan PTN dan program studi, persyaratan, tahapan seleksi, jadwal seleksi, biaya seleksi dan lain-lain mengenai Pendaftaran SNMPTN.

2. Pendaftaran SBMPTN UNSRI

SBMPTN adalah jalur kedua setelah SNMPTN yang merupakan jalur seleksi yang dilakukan secara bersamaan oleh PTN di Indonesia. Calon peserta mendaftarkan dirinya sendiri ke situs pendaftaran.sbmptn.ac.id. Lakukan pendaftaran tahap awal pada alamat tersebut.

Setelah melakukan pendaftaran tahap awal, kemudian membayar biaya pendaftaran. Biaya pendaftaran dibayar melalui Bank BNI atar Bank Mandiri. Setelah membayar di Bank akan mendapatkan KAP dan PIN yang digunakan untuk login pendaftaran selanjutnya.

Selanjutnya calon peserta login ke laman resmi SBMPTN yaitu pendaftaran.sbmptn.ac.id menggunakan nomor KAP (Kode Akses Pendaftaran) dan PIN yang telah didapatkan setelah membayar biaya pendaftaran di Bank BNI

Kemudian calon peserta mengisi data-data lengkap dan benar sesuai formulir pendaftaran yang tersedia. Calon peserta bisa memilih perguruan tinggi UNSRI sebagai Universitas yang diminati.

Setelah selesai mengisi data secara online, kemudian cetaklah kartu tanda peserta ujian dan jangan lupa untuk dibawa saat ujian berlangsung.


Ada dua macam ujian SBMPTN, yaitu ujian tertulis dan ujian keterampilan. Ujian tertulis diperuntukan bagi seluruh peserta SBMPTN yang terdiri dari tiga kelompok ujian, yaitu saintek, soshum, dan campuran.

Sedangkan ujian tambahan berupa ujian keterampilan yang diperuntukkan bagi peserta yang memilih program studi bidang seni atau keolahragaan. Untuk bidang seni terdiri dari Tes Menggambar menari, musik, drama, dan lain-lainnya. Untuk bidang Keolahragaan terdiri dari Tes Kesehatan, Tes Kemampuan Fisik, dan sebagainya.

Anda bisa mengikuti ujian seleksi jalur SBMPTN di PTN terdekat dengan tempat tinggal anda dengan ketentuan bahwa PTN tersebut memiliki program studi sesuai yang anda pilih.

Penjelasan lebih lengkap mengenai SBMPTN dapat anda baca pada artikel Panduan Pendaftaran SBMPTN. Silahkan kunjungi artikel tersebut.

3. Pendaftaran Jalur USM UNSRI

USM UNSRI atau Ujian Saringan Masuk UNSRI merupakan jalur seleksi mandiri masuk ke Universitas Sriwijaya yang dilakukan melalui ujian tertulis.

Perlu diketahui bahwa jalur USM UNSRI ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa berikut ini :
  • Calon Mahasiswa Baru yang berasal dari SMA/SMK/MA yang melanjutkan studi ke jenjang Sarjana (S1)
  • Calon Mahasiswa Baru yang berasal dari Jenjang D-3 yang melanjutkan studi ke jenjang Sarjana (S1)
  • Calon Mahasiswa Baru yang berasal dari SMA/SMK/MA yang melanjutkan studi ke jenjang Diploma (D3)
  • Calon Mahasiswa Baru yang berasal dari jenjang S1 ke jenjang Pascasarjana (S2/S3)

Bagi calon mahasiswa yang telah mengikuti SNMPTN atau SBMPTN tetapi belum berhasil, jalur USM bisa dijadikan alternatif bagi anda yang tetap ingin kuliah di UNSRI. Persiapkan diri anda sebaik mungkin agar bisa lulus ujian seleksi. 

Biasanya jika anda lulus jalur USM ini, maka anda akan kuliah di kampus UNSRI Palembang yang beralamatkan di Bukit Besar Palembang.

Untuk Perkuliahan Program Pascasarjana (PPs) UNSRI, Anda bisa memilih mengikuti perkuliahan secara reguler atau weekend. Perkuliahan reguler dimulai dari hari senin hingga kamis, sedangkan perkuliahan weekend dilaksanakan pada hari jum'at dan sabtu.

Berikut ini akan diberikan alur registrasi / pendaftaran online jalur USM UNSRI yang dapat anda ikuti saat melakukan pendaftaran.

Alur Registrasi Online Jalur USM UNSRI
  1. Melakukan pengisian slip pembayaran biaya pendaftaran secara online di usm.unsri.ac.id
  2. Mencetak slip tersebut lalu baca ke BNI saat melakukan pembayaran
  3. Setelah membayar, anda akan mendapatkan nomor pembayaran yang akan digunakan untuk login ke alamat usm.unsri.ac.id dengan memilih menu pendaftaran online USM
  4. Sebelum melakukan pendaftaran online, anda diharuskan :
    • Menyiapkan slip tanda bukti pembayaran
    • Menyiapkan Fotokopi Ijazah/Surat Keterangan Lulus.
    • Menyiapkan File pas foto berwarna terbaru, berformat JPG atau PNG berukuran maksimum 600 KB dengan resolusi minimum 200 x 300 pixels.
  5. Silahkan login ke alamat tersebut lalu lengkapi data registrasi secara online. Jika sudah selesai, print out tanda bukti pendaftaran.
  6. Lengkapi persyaratan lainnya yang diminta.
  7. Mengikuti ujian ditempat yang telah ditentukan. Datang ke lokasi ujian 1 hari sebelumnya untuk mengetahui tempat duduk.
  8. Melihat pengumuman di website : usm.unsri.ac.id
  9. Jika dinyatakan lulus, lakukan registrasi ulang dengan melengkapi berkas-berkas yang sesuai ketentuan. Ikuti petunjuk seperti yang ada di web UNSRI.

Untuk anda yang diterima melalui jalur USM Program Pascasarjana UNSRI, maka anda akan kuliah di kampus yang beralamatkan di Jln. Padang Selasa, Bukit Besar Palembang, tidak jauh dari kampus utama Unsri Palembang yang berada di Bukit Besar Palembang.

Biaya Pendaftaran USM UNSRI

Biaya Pendaftaran USM UNSRI Jenjang Diploma dan Sarjana UNSRI
  • Untuk Kelompok Ujian SAINTEK dan SOSHUM (Dari SLTA Ke S1, Dari SLTA Ke Diploma, Dari Diploma ke S1) sebesar Rp. 300.000,00.
  • Untuk Kelompok Ujian CAMPURAN (Dari SLTA Ke S1, Dari SLTA Ke Diploma) sebesar Rp. 400.000,00
  • Khusus untuk calon peserta yang memilih Program Penjaskes dikenakan biaya tambahan (test keterampilan) sebesar Rp.150.000,00
  • Khusus peserta warga negara asing, dikenakan biaya ujian $ 100 (seratus US dollar).
  • Peserta ujian yang berminat memilih program studi S1 dan juga berminat memilih program studi Diploma (DIII) harus melakukan pembayaran biaya ujian masing-masing.
Biaya Pendaftaran USM UNSRI Jenjang Pascasarjana UNSRI
  • Kelompok I : Untuk 1 pilihan program studi S2 (Magister), sebesar Rp. 1.000.000,-
  • Kelompok II: Untuk 2 pilihan program studi S2 (Magister), sebesar Rp. 1.500.000,-
  • Kelompok III: Untuk program studi S3 (Doktor) sebesar Rp. 1.500.000

Penting !! Informasi lengkap mengenai pendaftaran jalur USM UNSRI dapat dibaca pada artikel Pendaftaran USM UNSRI. Untuk jadwal jalur USM silahkan klik disini.
4. Pendaftaran Bidikmisi UNSRI

Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang mempunyai prestasi yang baik di sekolah dan juga berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi yang ingin melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi. Calon mahasiswa yang akan mengikuti seleksi jalur Bidikmisi ini harus melengkapi persyaratan-persyaratan yang diminta.

UNSRI merupakan salah satu Universitas yang menyalurkan program bantuan Bidikmisi. Pendaftaran Bidikmisi dilakukan melalui alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Informasi lengkap lainnya mengenai jadwal, tata cara pendaftaran, persyaratan, dan lain-lain bisa dibaca pada artikel Panduan Pendaftaran Bidikmisi atau Pendaftaran Online Bidikmisi

Silahkan Baca Juga :

Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan kali ini tentang Pendaftaran Online UNSRI. Semoga informasi tersebut bisa memberikan pencerahan untuk anda semua. Persiapkanlah segala sesuatu yang berkaitan dengan seleksi yang akan anda ikuti.

Admin turut mendoakan semoga anda lulus seleksi dari jalur yang anda ikuti. dmin juga mengucapkan terima kasih kepada pengunjung setia web ini yang setiap hari selalu berkunjung. 

Sekian info dari admin dan salam sukses untuk kita semua. Ayo turut berbagi (G+1) informasi ini atau share (FB) pada teman lainnya yang membutuhkan dan sukai juga halaman web kami.