Pendaftaran Online ITK 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

itk.ac.id 2024 -- Pendaftaran ITK Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran ITK Online, PMB ITK, Pendaftaran Mahasiswa Baru ITK, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ITK, Informasi Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana ITK, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, KIP Kuliah, Pendaftaran Maba ITK, Pendaftaran Kuliah ITK, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, SMITek ITK, Bidikmisi, Institut Teknologi Kalimantan, ITK. 2026. 2027.

Infomasi yang akan admin sampaikan pada kesempatan ini berjudul Pendaftaran Online ITK 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan bagi para calon peserta yang ingin kuliah di ITK. Langsung saja simak informasinya berikut.
 
 http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekilas Tentang Institut Teknologi Kalimantan (ITK)

Institut Teknologi Kalimantan atau yang disingkat dengan ITK merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia. Institut Teknologi Kalimantan (ITK) telah resmi didirikan pada 6 Oktober 2014 oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Beberapa Jurusan dan Program Studi yang ada di Institut Teknologi Kalimantan (ITK) antara lain : 

Jurusan Matematika dan Teknologi Informasi, terdiri dari program studi :
  • Matematika
  • Informatika
  • Sistem Informasi
  • Ilmu Aktuaria
  • Statistika
  • Bisnis Digital

Jurusan Sains, Teknologi Pangan, dan Kemaritiman, terdiri dari program studi :
  • Fisika
  • Teknik Perkapalan
  • Teknik Kelautan
  • Teknologi Pangan

Jurusan Teknologi Industri dan Proses, terdiri dari program studi :
  • Teknik Mesin
  • Teknik Elektro
  • Teknik Kimia
  • Teknik Industri
  • Rekayasa Keselamatan
  • Teknik Logistik

Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan, terdiri dari program studi :
  • Teknik Sipil
  • Perencanaan Wilayah dan Kota
  • Arsitektur

Jurusan Ilmu Kebumian dan Lingkungan, terdiri dari program studi :
  • Teknik Lingkungan
  • Teknik Material dan Metalurgi

Setelah membaca sedikit ulasan tentang Institut Teknologi Kalimantan (ITK) di atas, semoga wawasan kita semakin bertambah. 

Mari sekarang kita lanjutkan pembahasan kita yang akan membahas jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Institut Teknologi Kalimantan (ITK). Perhatikan dan pahami dengan baik pembahasannya berikut ini.

A. Pendaftaran ITK Jalur SNBP

SNBP adalah jalur seleksi nasional masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang seleksinya dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Jalur SNBP diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA / MA / SMK kelas XII berprestasi yang akan lulus di tahun ini dan memenuhi persyaratan.

Proses pendaftaran SNBP dimulai dari rekomendasi kepala sekolah untuk siswa-siswi terbaiknya. Setelah itu siswa melanjutkan proses pendaftaran hingga akhir (mencetak kartu peserta)

Informasi lengkap seperti biaya, persyaratan pendaftaran, jadwal pendaftaran / tanggal pendaftaran, cara pendaftaran, ketentuan pilihan program studi, jumlah pilihan PTN dan program studi, tahapan seleksi, prinsip seleksi, dan lainnya sebagainya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online SNBP atau Panduan Pendaftaran Online SNBP.

B. Pendaftaran ITK Jalur SNBT

SNBT adalah jalur seleksi masuk ke PTN yang seleksinya dilakukan berdasarkan hasil tes serta kriteria lain yang disepakati PTN.

Jalur SNBT ini diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA sederajat lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini yang memenuhi persyaratan.

Pendaftaran dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengakses laman resminya. Biaya pendaftaranpun perlu dikeluarkan karena tidak gratis.

Untuk keterangan lain yang dibutuhkan seperti persyaratan pendaftaran, tanggal pendaftaran, proses pendaftaran SNBT, biaya pendaftaran, jadwal seleksi, pilihan PTN dan program studi, dan lain-lain dapat dibaca artikel Panduan Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran Online SNBT

C. Pendaftaran ITK Jalur Mandiri

Penerimaan mahasiswa baru Institut Teknologi Kalimantan (ITK) melalui jalur mandiri disebut dengan SUMMIT ITK (Seleksi Ujian  Mandiri Masuk Institut Teknologi Kalimantan).

Jalur SUMMIT ITK ini diperuntukkan bagi peserta yang telah lulus jenjang SMA / sederajat untuk lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini. Jalur ini bisa dijadikan jalur alternatif bagi kalian yang tidak lulus SNBP atau SNBT.

Ada 2 jalur yang dibuka melalui jalur SUMMIT ITK yaitu :

# Jalur Reguler

Jalur ini diperuntukkan bagi siswa SMA / MA / SMK dan Paket C atau sederajat lulusan 3 tahun terakhir yang memenuhi persyaratan.

# Jalur Kemitraan

Jalur ini diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK dan Paket C atau sederajat lulusan 3 tahun terakhir yang memenuhi persyaratan, dan merupakan utusan instansi mitra yang dibuktikan dengan undangan kemitraan dari ITK dan surat keterangan dari Mitra ITK.

Tahap Pendaftaran Jalur SUMMIT ITK :
  • Membuat akun summit dan verifikasi email di laman https://summit.itk.ac.id/
  • Login dan melakukan pembayaran sesuai dengan bank yg dipilih
  • Mengisi formulir pendaftaran online
  • Memilih program studi dengan ketentuan bahwa pendaftar dapat memilih paling banyak tiga program studi
  • Mengunggah dokumen-dokumen lain sesuai dengan isian formulir online

D. Pendaftaran KIP Kuliah

KIP-Kuliah merupakan pengganti dari Bidikmisi yang merupakan bantuan biaya pendidikan bagi siswa SMA / MA / SMK / sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Untuk informasi persyaratan pendaftaran KIP Kuliah, cakupan KIP Kuliah, besarnya biaya KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, jadwal atau tanggal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, dan lain sebagainya dapat dibaca pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah


Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi masuk ke ITK. Silahkan pilih jalur seleksi yang diminati. Apabila ada perubahan atau perbedaan dengan informasi yang telah admin berikan di atas, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi ITK.

Baca Juga Pendaftaran PTN di Kalimantan :

Demikianlah informasi yang bisa admin berikan tentang Pendaftaran Online ITK (Institut Teknologi Kalimantan). Semoga informasi tentang jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Institut Teknologi Kalimantan (ITK) bisa memberi penjelasan sesuai yang dibutuhkan.

Admin turut mendoakan semoga kalian bisa lulus ujian seleksi yang diikuti. Terima kasih atas waktu yang diluangkan untuk membaca disini. Sekian dari admin dan salam sukses untuk semua.

Mari bantu berbagi informasi ini pada rekan atau kerabat lainnya yang membutuhkan.