Pendaftaran Online Politanikoe 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

pmb.politanikoe.ac.id 2024 --  Pendaftaran Politanikoe Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran Online Politanikoe, PMB Politanikoe, Pendaftaran Mahasiswa Baru Politeknik Pertanian Negeri Kupang, Penerimaan Maba Politanikoe, Pendaftaran D3/D4 Politanikoe, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, Bidikmisi, KIP Kuliah, Politeknik Pertanian Negeri Kupang. 2026. 2027.

Informasi yang akan admin berikan kali ini berjudul Pendaftaran Online Politanikoe 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini disampaikan terutama untuk kalian yang ingin kuliah di Politeknik Pertanian Negeri Kupang. Informasi selengkapnya dapat dibaca berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Politeknik Pertanian Negeri Kupang sering disebut dengan singkatan Politanikoe. Politeknik Pertanian Negeri Kupang (Politanikoe) adalah salah satu Politeknik Negeri yang ada di Indonesia yang terletak di Jl.Prof. Dr. Herman Yohanes Penfui-Kupang, provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Politeknik Pertanian Negeri Kupang (Politanikoe) telah didirikan pada 6 Oktober 1997. Pada saat ini, Politanikoe telah memiliki jurusan dan program studi seperti berikut ini:

Jurusan Peternakan terdiri dari program studi :
  • Produksi Ternak - D.III
  • Kesehatan Hewan - D.III
  • Teknologi Pakan Ternak - D.IV

Jurusan Manajemen Pertanian Lahan Kering terdiri dari program studi :
  • Manajemen Pertanian Lahan Kering - D.III
  • Manajemen Agribisnis - D.III
  • Penyuluhan Pertanian Lahan Kering - D.IV

Jurusan Tanaman Pangan & Hortikultura terdiri dari program studi :
  • Teknologi Pangan - D.III
  • Tanaman Pangan & Hortikultura - D.III
  • Teknologi Industri Hortikultura - D.IV
  • Teknologi Rekayasa Pangan - D.IV

Jurusan Kehutanan terdiri dari program studi :
  • Manajemen Sumber Daya Hutan - D.III
  • Pengelolaan Hutan - D.IV

Jurusan Perikanan & Kelautan terdiri dari program studi :
  • Teknologi Budidaya Perikanan - D.III
  • Agribisnis Perikanan - D.IV

Itulah jurusan dan program studi yang ada di Politeknik Pertanian Negeri Kupang (Politanikoe). Mungkin kalian tertarik untuk mendaftar kuliah di Politanikoe.

Setelah mengetahui informasi di atas, selanjutnya kalian perlu mengetahui jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh Politanikoe pada tahun ini. Berikut informasinya.

1. Pendaftaran Online Politanikoe Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah jalur seleksi nasional masuk ke perguruan tinggi negeri di Indonesia yang salah satunya yaitu Politanikoe yang mana seleksinya dilakukan berdasarkan prestasi siswa terutama dilihat dari nilai raport.

Jalur SNBP ini hanya diperuntukkan bagi siswa SMA / SMK yang berprestasi khusus lulusan tahun ini.

Proses pendaftaran SNBP diawali oleh Kepala Sekolah yang merekomendasaikan siswanya dengan mengisi data di PDSS. Setelah itu akan mendapatkan username dan password untuk masing-masing siswa.

Selanjutnya siswa melanjutkan proses pendaftaran dengan login ke laman pendaftaran dengan memilih fitur siswa. Setelah login silahkan lengkapi data pendaftaran yang diperlukan hingga mencetak kartu peserta.

Biaya pendaftaran tidak perlu dikeluarkan oleh calon peserta karena biaya pendaftaran SNBP gratis.

Untuk informasi lebih lanjut seperti persyaratann pendaftaran, tata cara pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, mekanisme seleksi, daftar Politeknik se-Indonesia dan lain sebagainya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online SNBP atau Informasi Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran Online Politanikoe Jalur SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes merupakan jalur seleksi nasional masuk ke peruguruan tinggi negeri di Indonesia yang seleksinya dilakukan melalui ujian tulis berbasis komputer (UTBK). Jalur ini menjadi salah satu jalur masuk ke Politanikoe.

Jalur SNBT diperuntukkan bagi lulusan SMA / SMK / sederajat lulusan maksimal 3 tahun terakhir, yaitu lulusan tahun ini, lulusan tahun kemaren, dan lulusan tahun kemarennya lagi.

Pendaftaran SNBT dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengakses laman resminya. Namun jika mengalami kesulitan silahkan meminta bantuan pada pihak sekolah atau kakak tingkat yang telah berpengalaman.

Biaya pendaftaran SNBT tidak gratis seperti pada jalur SNBP. Artinya, calon peserta harus membayar biaya pendaftaran SNBT melalui bank yang telah bekerjasama dengan panitia SNBT.

Untuk keterangan lebih lanjut seperti persyaratan pendaftaran, cara mendaftar, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan program studi, daftar perguruan tinggi, dan lain sebagainya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online SNBT atau Informasi Pendaftaran SNBT.

3. Pendaftaran Online Politanikoe Jalur Mandiri

Selain turut serta dalam jalur seleksi SNBP dan SNBT yang merupakan jalur nasional, Politanikoe juga membuka jalur seleksi mandiri yang dikelola secara langsung oleh panitia Politanikoe.

Seleksi jalur mandiri ini dilakukan melalui ujian tulis / UTBK. Jadi bagi yang ingin lulus seleksi jalur mandiri, maka harus memiliki hasil ter tertulis yang tinggi.

Jalur mandiri ini dibuka untuk Lulusan SMA / SMK / MA / Paket C yang telah lulus tahun ini ataupun lulusan tahun-tahun sebelumnya.

Biaya pendaftaran jalur mandiri harus dibayarkan oleh calon peserta melalui pihak bank yang telah bekerjasama dengan panitia.

Jalur Seleksi Mandiri di Politanikoe dibedakan menjadi 2, yaitu :
  • Seleksi Mandiri Politani Kupang
  • Seleksi Mandiri Bersama Seluruh Politeknik Negeri Se-Indonesia

Apa Bedanya?
  • Jalur Seleksi Mandiri Bersama Seluruh Politeknik Negeri Se-Indonesia, pendaftar dapat memilih 3 (tiga) pilihan Program Studi. Pilihan Program Studi ke 1 dan 2 berasal dari POLITANI KUPANG, Pilihan Program Studi ke 3 dapat berasal dari Politeknik Negeri yang lain.
  • Jalur Seleksi Mandiri Politani Kupang, pendaftar dapat memilih 3 (tiga) pilihan Program Studi, semua Program Studi berasal dari POLITANI KUPANG.

Dilihat dari keterangan tersebut bahwa bedanya hanya pada pemilihan program studinya saja. Untuk persyaratan, jadwal, alur dan lain sebagainya dilaksanakan sama untuk  kedua jalur mandiri di atas.

Untuk informasi pendaftaran dapat dibaca secara langsung di laman resmi PMB Politanikoe di alamat http://pmb.politanikoe.ac.id/

4. Pendaftaran Online KIP Kuliah Politanikoe

Politanikoe juga menyalurkan bantuan biaya pendidikan kepada calon mahasiswa yang mengalami kendala masalah biaya pendidikan karena berasal dari keluarga tidak mampu. Bantuan biaya pendidikan yang dimaksud adalah KIP Kuliah.

Proses pengajuan KIP Kuliah dilakukan bersamaan dengan proses pendaftaran calon mahasiswa baru melalui jalur yang diikuti misal jalur SNBP atau SNBT atau jalur mandiri Politanikoe.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online melalui laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Untuk persyaratan pendaftaran, cara mendaftar, jadwal pelaksanaan, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah

Info : Istilah KIP Kuliah dulunya bernama Bidikmisi. Informasi selengkapnya bisa dibaca di  Pendaftaran Online Bidikmisi atau Panduan Pendaftaran Bidikmisi.


Itulah jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh Politeknik Pertanian Negeri Kupang (Politanikoe). Silahkan anda ikuti salah satu jalur seleksi mana yang anda inginkan.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi.

Sumber : http://pmb.politanikoe.ac.id/

Demikian informasi tentang Pendaftaran Online Politanikoe Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Mudah-mudahan bermanfaat untuk kalian semua terutama yang ingin kuliah di Politeknik Pertanian Negeri Kupang (Politanikoe).

Admin turut mendoakan semoga kalian bisa lulus seleksi melalui jalur seleksi yang diikuti. Mari bantu untuk membagikan informasi ini pada teman atau kerabat lainnya. Terima kasih dan sampai jumpa kembali.