Pendaftaran Online UNSIL 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

pmb.unsil.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNSIL Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran UNSIL Online, PMB UNSIL, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNSIL, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNSIL, Informasi Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UNSIL, Pendaftaran Kuliah UNSIL, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Tes Mandiri, Bidikmisi, Universitas Siliwangi Tasikmalaya, UNSIL, 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online UNSIL 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Disini admin akan memberikan informasi penting tersebut untuk kalian. Namun terlebih dahulu admin akan memberikan sedikit informasi sebagai gambaran awal tentang Universitas Siliwangi (UNSIL).

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekilas Tentang Universitas Siliwangi (UNSIL)

Universitas Siliwangi atau yang disingkat dengan UNSIL adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia. Moto dari Universitas Siliwangi (UNSIL) adalah Tri Gatra Citra.

Sejarah singkat berdirinya Universitas Siliwangi (UNSIL) yaitu pada tahun 1978 didirikan sebagai ADSUP Siliwangi, kemudian pada tahun 1980 sebagai Universitas Siliwangi, dan pada tahun 2014 sebagai Universitas Negeri Siliwangi (UNSIL).

Fakultas dan Program Studi yang telah ada di Universitas Siliwangi (UNSIL) adalah :

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Prodi Pend. Masyarakat
  • Prodi Pend. Bahasa Indonesia
  • Prodi Pend. Bahasa Inggris
  • Prodi Pend. Matematika
  • Prodi Pend. Biologi
  • Prodi Pend. Ekonomi
  • Prodi Pend. Geografi
  • Prodi Pend. Jasmani
  • Prodi Pend. Sejarah
  • Prodi Pend. Fisika

Fakultas Ekonomi
  • Prodi Ekonomi Pembangunan
  • Prodi Ekonomi Manajemen
  • Prodi EkonomiAkuntansi
  • Prodi Ekonomi Keuangan dan Perbankan (D3)

Fakultas Teknik
  • Prodi Teknik Sipil
  • Prodi Teknik Elektro
  • Prodi Informatika
  • Prodi Sistem Informasi

Fakultas Pertanian
  • Program Studi
  • Prodi Agribisnis
  • Prodi Agroteknologi

Fakultas Ilmu Kesehatan
  • Prodi Kesehatan Masyarakat
  • Prodi Gizi

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Prodi Ilmu Politik

Fakultas Agama Islam
  • Prodi Ekonomi Syariah

Program Pascasarjana
  • Prodi Magister Manajemen
  • Prodi Magister Pendidikan Matematika
  • Prodi Magister Pendidikan Geogarafi
  • Prodi Magister Agribisnis
  • Prodi Magister Agroteknologi

Setelah memahami sedikit tentang Universitas Siliwangi (UNSIL), sekarang kita akan melanjutkan pembahasan kita tentang jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Universitas Siliwangi (UNSIL).

Pada tahun ini Universitas Siliwangi (UNSIL) membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional dan jalur Mandiri (PMB UNSIL). Persiapkanlah diri untuk menghadapi ujian seleksi. Semoga dengan persiapan yang dilakukan bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Sekarang kita akan membahas jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Universitas Siliwangi (UNSIL). Pahami penjelasannya berikut ini.

1. Pendaftaran UNSIL Jalur SNBP

SNBP merupakan jalur seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang seleksinya didasarkan pada hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Jalur SNBP diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini dan berkeinginan melanjutkan pendidikan ke PTN yang ada di Indonesia salah satunya UNSIL.

Pendaftaran SNBP diawali oleh pihak sekolah dengan memberikan rekomendasinya untuk siswa yang berprestasi. Setelah direkoendasikan, siswa dapat melanjutkan proses pendaftaran sampai selesai.

Biaya pendaftarannya gratis karena telah ditanggung oleh pemerintah.

Untuk informasi lengkap SNBP seperti syarat pendaftaran, biaya pendaftaran, proses pendaftaran, jadwal pendaftaran, ketentuan pendaftaran, proses seleksi, pilihan PTN dan program studi, dan lain-lain silahkan baca pada artikel Pendaftaran Online SNBP atau Panduan Pendaftaran Online SNBP

2. Pendaftaran UNSIL Jalur SNBT

SNBT adalah jalur seleksi masuk ke PTN yang seleksinya dilakukan berdasarkan hasil tes serta kriteria lain yang disepakati PTN.

Jalur SNBT ini diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA / MA / SMK sederajat lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini. 

Jika kalian ingin mendaftar di jalur SNBT ini, kunjungi laman resminya dan lakukan pengisian data sesuai formulir online yang tersedia. Link pendaftaran dapat ditemukan pada artikel lanjutan diakhir bagian ini.

Pembayaran biaya pendaftaran dapat dilakukan di bank yang telah bekerja sama dengan panitia SNBT.

Untuk keterangan lain yang dibutuhkan seperti persyaratan pendaftaran, link pendaftaran, tanggal pendaftaran, proses pendaftaran SNBT, biaya pendaftaran, jadwal seleksi, pilihan PTN dan program studi, dan lain-lain dapat dibaca artikel Panduan Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran Online SNBT

3. Pendaftaran UNSIL Jalur SMMPTN Barat

Jalur SMMPTN Barat bisa menjadi alternatif untuk kalian yang tidak lulus dari jalur SNBP atau SNBT. Jalur ini seleksinya melalui tes. Oleh karena itu kalian perlu mempersiapkan diri agar bisa lulus seleksi.

Pada saat pendaftaran, pilih UNSIL sebagai PTN yang diminati.

Informasi lengkap mengenai jalur SMMPTN Barat telah dirangkum pada artikel : Pendaftaran SMMPTN Barat. Silahkan kunjungi artikelnya untuk menemukan informasi persyaratan, link pendaftaran, cara daftar, biaya, jadwal, daftar PTN, dan lain-lain.

4. Pendaftaran UNSIL Jalur Mandiri

Pada tahun ini UNSIL membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri. Jalur mandiri ini dibuka untuk menerima mahasiswa baru jenjang Diploma, Sarjana, Pascasarjana.

Untuk bisa lulus seleksi jalur mandiri UNSIL, Tentunya harus mempersiapkan diri lebih maksimal agar bisa diterima menjadi mahasiswa Universitas Siliwangi (UNSIL). Persiapan yang dapat dilakukan yaitu memperlajari materi-materi yang diperkirakan akan diujikan saat ujian masuk UNSIL.

Alur pendaftaran jalur mandiri UNSIL
  1. Buka alamat website pmb.unsil.ac.id
  2. Pilih program D3, S1, atau S2.
  3. Isilah formulir pendaftaran online
  4. Cetak slip pembayaran biaya seleksi
  5. Pada slip pembayaran tertera kode pembayaran / nomor formulir
  6. Membayar biaya seleksi di Bank BTN atau Bank Mandiri di seluruh Indonesia
  7. Login kembali ke alamat pmb.unsil.ac.id untuk melengkapi formulir pendaftaran online
  8. Login menggunakan user dan password yang telah didapatkan dari Bank
  9. Mencetak kartu tanda peserta
  10. Mengikuti ujian dengan membawa kartu peserta ujian, foto copy ijazah yangtelah dilegalisir atau tanda lulus / SKHUN, dan kartu identitas.

Informasi pendaftaran lainnya dapat diakses melalui alamat pmb.unsil.ac.id

3. Pendaftaran Online KIP Kuliah

KIP-Kuliah merupakan pengganti dari Bidikmisi yang merupakan bantuan biaya pendidikan bagi siswa SMA / MA / SMK / sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Untuk informasi persyaratan pendaftaran KIP Kuliah, cakupan KIP Kuliah, besarnya biaya KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, jadwal atau tanggal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, dan lain sebagainya dapat di baca pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah.

Selain KIP Kuliah, masih banyak bantuan atau beasiswa di UNSIL yaitu PT Djarum Kudus, Yayasan Super Semar, Ikatan Orang Tua Mahasiswa (IOTM), PT Bank Pikiran Rakyat, Beasiswa Pemerintah Provinsi Jawa barat, Bank BNI, dan Bank Syariah Mandiri.


Itulah jalur-jalur seleksi masuk UNSIL yang bisa dipilih ketika mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UNSIL. Silahkan pilih dan ikuti sesuai minat dan bakatmu.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNSIL

Silahkan Baca Juga Pendaftaran PTN di Jawa Barat :

Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan kali ini tentang Pendaftaran Online UNSIL Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Semoga setelah membaca artikel ini kalian akan mendapat pencerahan tentang jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Universitas Siliwangi (UNSIL).

Admin turut mendoakan semoga kalian lulus ujian seleksi melalui jalur yang diikuti. Terima kasih telah membaca artikel ini. Sekian dari admin dan salam sukses untuk kita semua. Ayo turut berbagi info ini pada teman lainnya yang membutuhkan.