Pendaftaran Online ISBI Aceh 2024/2025

isbiaceh.ac.id 2024 -- Pendaftaran ISBI Aceh Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Penerimaan Mahasiswa Baru ISBI Aceh, PMB ISBI Aceh, Pendaftaran PMB ISBI Aceh, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ISBI Aceh, Pendaftaran Maba Diploma / Sarjana / Pascasarjana ISBI Aceh, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, Jalur Pendaftaran Mahasiswa Baru ISBI Aceh, Pendaftaran Kuliah Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh. 2026. 2027. 

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran Online ISBI Aceh 2024/2025. Informasi ini ditujukan terutama untuk siswa-siswi lulusan SLTA sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan di bidang seni budaya di ISBI Aceh. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

ISBI Aceh atau Institut Seni Budaya Indonesia Aceh adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan program Vokasi dan Sarjana di bidang Seni dan Budaya.

ISBI Aceh diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono kala itu pada tanggal 6 Oktober 2014 di Surabaya.

Alamat dan Kontak :
Alamat ISBI Aceh : Jln. Transmigrasi, Gampong Bukit Meusara, Kec. Kota Jantho, Kab. Aceh Besar, Aceh 23911
Website : isbiaceh.ac.id
Telepon :065192023
Jurusan di ISBI Aceh :

# Jurusan Seni Pertunjukan terdiri dari :
  • Prodi Seni Karawitan, Prodi Seni Tari, Prodi Seni Teater
# Jurusan Seni Rupa & Desain terdiri dari :
  • Prodi Seni Rupa Murni, Prodi Kriya Seni, Prodi Desain Komunikasi Visual

Itulah daftar program studi di ISBI Aceh yang nantinya bisa dipilih pada saat melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru ISBI Aceh. Setelah mengetahui beberapa informasi tersebut, selanjutnya kita simak pembahasan utama tentang penerimaan mahasiswa baru masuk ISBI Aceh. Simak dengan baik ulasan selengkapnya berikut ini.

Penerimaan Mahasiswa Baru ISBI Aceh

1. Pendaftaran ISBI Aceh Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi merupakan pola seleksi nasional yang seleksinya dilakukan melalui penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio serta memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN.

Jalur seleksi ini diperuntukkan bagi siswa / siswi SMA / SMK / MA / MAK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun ini yang memiliki prestasi unggul dan konsisten menunjukkan prestasinya sehingga layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Rekomendasi kepala sekolah diharuskan agar siswa berprestasi bisa mendaftar di jalur SNBP ini. Setelah direkomendasikan, siswa calon peserta dapat melanjutkan pendaftaran sampai selesai.

Informasi lengkap seperti persyaratan pendaftaran, link pendaftaran, jadwal pendaftaran / tanggal pendaftaran, cara pendaftaran, ketentuan pilihan program studi, jumlah pilihan PTN dan program studi, tahapan seleksi, prinsip seleksi, dan lain sebagainya dapat di baca pada artikel Pendaftaran Online SNBP atau Informasi Pendaftaran Online SNBP.

2. Pendaftaran ISBI Aceh Jalur SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi yang diadakan secara nasional masuk ke PTN, salah satunya yaitu ISBI Aceh. Seleksi calon mahasiswa baru pada jalur SNBT dilakukan melalui tes dan / atau kriteria lain yang ditentukan oleh PTN.

Lulusan 3 tahun terakhir jenjang SMA / MA / SMK sederajat dapat mendaftar di jalur SNBT ini.

Pendaftaran jalur SNBT dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan membuka situs resmi untuk mengisi formulir secara online dan juga melakukan pembayaran biaya pendaftaran.

Mengenai panduan informasi persyaratan pendaftaran lainnya seperti link pendaftaran, jadwal pendaftaran, cara pendaftaran, biaya pendaftaran, pilihan PTN dan program studi, daftar PTN, dan keterangan lainnya dapat di baca pada artikel Informasi Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran Online SNBT

3. Pendaftaran ISBI Aceh Jalur SMMPTN Barat

SMMPTN Barat adalah jalur seleksi ujian tertulis masuk ke PTN yang ada di wilayah Barat Indonesia, ISBI salah satunya.

Hampir sama seperti pada jalur SNBT, seleksi jalur SMMPTN Barat juga dilakukan melalui ujian tertulis bagi semua peserta dan untuk peserta yang memilih program studi bidang seni atau keolahragaan ada ujian tambahan berupa ujian keterampilan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai SMMPTN Barat dapat dibaca langsung pada artikel berikut ini : Pendaftaran Online SMM-PTN Barat

4. Pendaftaran ISBI Aceh Jalur Mandiri Khusus

Jalur Mandiri Khusus adalah jalur seleksi yang dikelola oleh ISBI Aceh untuk menyeleksi calon mahasiswa baru melalui ujian tertulis.

Syarat Pendaftaran Jalur Mandiri Khusus, yaitu :
  1. Lulusan SMA / SMK / MA Sederajat yang lulus 10 tahun terakhir
  2. Lulusan yang berijazah paket C maksimal berusia 35 tahun
  3. Khusus seniman, pelaku seni dan pengurus organisasi seni usia maksimal 40 tahun.

Pendaftaran dan informasi lain dapat diakses secara online di laman pmb.isbiaceh.ac.id

5. Pendaftaran Online KIP Kuliah

ISBI Aceh turut membantu calon mahasiswa baru untuk bisa kuliah di kampus ini dengan memberikan bantuan biaya pendidikan yang disebut dengan KIP Kuliah.

Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau disingkat KIP-Kuliah kini telah menggantikan Bidikmisi. Sama seperti Bidikmisi bahwa KIP-Kuliah adalah pemberian bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi yang memiliki kemampuan akademik baik.

Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan secara daring (online) melalui laman resminya di kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Informasi lebih lanjut mengenai KIP Kuliah seperti keunggulan KIP Kuliah, cakupan KIP Kuliah, syarat mendaftar KIP Kuliah, tahapan pendaftaran KIP Kuliah, tanggal pendaftaran, dan lain-lain dapat ditemukan pada artikel berikut Pendaftaran KIP Kuliah

Informasi Tambahan : Biaya Pendidikan

Berdasarkan keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi No.22 tahun 2015 tentang biaya kuliah tunggal dan uang kuliah tunggal pada PTN Kemenristekdikti. Uang Kuliah Tunggal bagi mahasiswa Institut Seni Budaya Indonesia Aceh dibedakan menjadi 3 kelompok yaitu :
  • Kelompok I : Rp. 500.000.,-
  • Kelompok II : Rp. 750.000.,-
  • Kelompok III : Rp. 1.000.000.,-

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi tersebut.


Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran Online ISBI Aceh. Semoga apa yang telah admin sampaikan tersebut dapat memberikan manfaat dan gambaran untuk kamu yang ingin kuliah di kampus ISBI Aceh.

Admin turut mendoakan semoga kamu bisa diterima menjadi mahasiswa baru ISBI Aceh melalui jalur seleksi yang kamu ikuti. Terima kasih telah membaca artikel ini, cukup sekian dan salam sukses. Please share this article to your friends and don't forget for comeback.