Pendaftaran Online UNEJ 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

www.unej.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNEJ Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran UNEJ Jember, PMB UNEJ, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNEJ, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNEJ, Pendaftaran Kuliah UNEJ, Informasi Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UNEJ, Jalur SNBP, SNBT, KIP Kuliah, Bidikmisi, Jalur Mandiri, Pendaftaran Universitas Jember, UNEJ. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online UNEJ 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan untuk kalian yang ingin mendaftar kuliah di UNEJ. Admin akan menjelaskan informasi jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru UNEJ. Namun sebelum itu akan dijelasakan terlebih dahulu sekilas tentang Universitas Jember (UNEJ).

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekilas Tentang Universitas Jember (UNEJ)

Universitas Jember atau yang disingkat dengan UNEJ adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di kota Jember, Jawa Timur, Indonesia. Universitas Jember (UNEJ) telah didirikan pada 10 November 1957. Moto dari Universitas Jember (UNEJ) adalah "A Step Ahead to an Outstanding University".

Universitas Jember (UNEJ) telah memiliki beberapa fakultas dan program stud yang dikelompokkan menjadi kelompok saintek dan soshum. Berikut ini selengkapnya.

Beberapa Program Studi yang telah diselenggarakan untuk Program Sarjana (S1) UNEJ, yaitu :

Program Studi Sarjana (S1) Kelompok Saintek
  • Ilmu Keperawatan, Pendidikan Fisika, Fisika, Kimia, Matematika, Teknik Pertanian, Agroteknologi / Agroekoteknologi, Pendidikan Matematika, Sistem Informasi, Pendidikan Biologi, Agribisnis, Biologi, Farmasi, Kesehatan Masyarakat, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknologi Hasil Pertanian, Teknologi Industri Pertanian, Pendidikan Dokter dan Pendidikan Dokter Gigi 

Program Studi Sarjana (S1) Kelompok Soshum
  • Ilmu Hukum, PG PAUD, Pendidikan Luar Sekolah, Sastra Inggris, Ilmu Sejarah, Ekonomi Pembangunan, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Bahasa Inggris, Hubungan Internasional, Sastra Indonesia, Ilmu Kesejahteraan Sosial, Manajemen, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sosiologi, Pendidikan Bhs. & Sastra Indonesia, Akuntansi, Televisi & Film, Ilmu Administrasi Negara, dan Ilmu Administrasi Bisnis

Sedangkan Program Studi yang telah duselenggarakan untuk Program Diploma UNEJ, yaitu :

Program Studi Diploma Kelompok Soshum
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari Diploma III Manajemen Perusahaan, Diploma III Administrasi Keuangan, Diploma III Kesekretariatan, Diploma III Akuntansi.
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari Diploma III Perpajakan, dan Diploma III Usaha Perjalanan Wisata
Program Studi Diploma Kelompok Saintek
  • Fakultas Teknik terdiri dari Diploma III Teknik Elektro, Diploma III Teknik Mesin, dan Diploma III Teknik Sipil

Itulah sekilas tentang Universitas Jember (UNEJ). Dari beberaoa program studi yang ad di UNEJ tersebut, mungkin ada salah satu yang diminati, untuk itu silahkan daftarkan diri mengikuti jalur seleksi mahasiswa baru yang dibuka UNEJ.

Ayo sekarang kita simak pembahasan mengenai jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Universitas Jember (UNEJ) berikut ini.

1. Pendaftaran UNEJ Jalur SNBP

SNBP adalah jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang mana seleksinya didasarkan pada prestasi akademik siswa terutama dilihat dari nilai raport dan portofolio akademik.

Jalur SNBP ini hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA / MA / SMK yang akan lulus dari sekolah pada tahun ini.

Untuk bisa mengikuti seleksi SNBP, maka harus bisa memenuhi persyaratan dan juga mengikuti tahapan pendaftaran sesuai ketentuan.

Proses pendaftaran SNBP diawali oleh rekomendasi yang diberikan oleh kepala sekolah untuk siswa-siswi terbaiknya. Setelah siswa mendapatkan rekomendasi, dapat melanjutkan proses pendaftaran hingga mencetak kartu peserta.

Untuk biaya pendaftaran SNBP telah ditanggung oleh pemerintah sehingga calon peserta tidak perlu mengeluarkannya lagi.

Untuk informasi lainnya seperti informasi persyaratan pendaftaran, link pendaftaran, jadwal atau tanggal pendaftaran, prinsip seleksi, tahapan seleksi, pilihan PTN dan program studi, biaya pendaftaran, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online SNBP atau Panduan Pendaftaran Online SNBP

2. Pendaftaran UNEJ Jalur SNBT

SNBT adalah jalur seleksi masuk ke PTN yang seleksinya dilakukan melalui ujian tulis berbasis komputer (UTBK).

Jalur SNBT ini diperuntukkan bagi siswa-siswi lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini. 

Bagi yang tidak mendapatkan kesempatan mendaftar di jalur SNBP juga bisa mendaftar di jalur SNBT ini. Atau yang telah mendaftar SNBP tetapi tidak lulus bisa juga mendaftar SNBT.

Serangkaian proses pendaftaran SNBT dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengakses laman resminya.

Biaya pendaftaran perlu dikeluarkan untuk bisa mengikuti jalur SNBT ini.

Untuk keterangan lain yang dibutuhkan seperti persyaratan pendaftaran, tanggal pendaftaran, proses pendaftaran SNBT, biaya pendaftaran, jadwal seleksi, pilihan PTN dan program studi, dan lain-lain dapat dibaca artikel Panduan Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran Online SNBT

3. Pendaftaran Online UNEJ Jalur SBMPTBR

SBMPTBR atau  Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Besuki Raya adalah jalur seleksi mandiri yang dilaksanakan atas kerjasama UNEJ dengan sejumlah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se-Besuki Raya yaitu Jember, Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo, Lumajang dan Probolinggo melalui ujian tertulis yang dilaksanakan secara bersamaan.

Seleksi SBMPTBR diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK untuk lulusan 3 tahun terakhir. Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman sbmptbr.unej.ac.id . Informasi lebih lanjut dapat dilihat pada alamat web tersebut atau bisa baca di : Pendaftaran Online SBMPTBR

4. Pendaftaran Online KIP Kuliah

KIP-Kuliah merupakan pengganti dari Bidikmisi yang merupakan bantuan biaya pendidikan bagi siswa SMA / MA / SMK / sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Untuk informasi persyaratan pendaftaran KIP Kuliah, cakupan KIP Kuliah, besarnya biaya KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, jadwal atau tanggal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, dan lain sebagainya dapat di baca pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah

5. Pendaftaran UNEJ Jalur Lainnya

Selain jalur seleksi yang telah disebutkan di atas, UNEJ juga membuka jalur - jalur berikut :
  • Program Profesi
  • Program Alih Jenis
  • Program Pindah Kuliah
  • Program Mahasiswa Asing
  • PMDK Vokasi
Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui laman https://unej.ac.id/penerimaan-mahasiswa-baru/

6. Pendaftaran Pascasarjana UNEJ

Selain menerima mahasiswa baru jenjang Diploma dan Sarjana, UNEJ juga menerima mahasiswa baru untuk jenjang Magister dan Doktor. Jalur yang dibuka yaitu jalur reguler dan jalur international.

Bagi yang ingin mendaftar, maka terlebih dahulu harus memenuhi persyaratan dan ketentuannya. Informasi lebih lanjut temukan di https://unej.ac.id/penerimaan-mahasiswa-baru/


Itulah jalur-jalur seleksi yang dibuka oleh UNEJ dalam menyeleksi calon mahasiswa baru. Silahkan pilih salah satu yang diprediksikan bisa memberikan peluang besar untuk lulus seleksi.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNEJ

Baca Juga :

Demikian lah informasi yang bisa admin berikan mengenai Pendaftaran Online UNEJ (Universitas Jember). Semoga bisa memberi manfaat bagi semua.

Admin turut mendoakan semoga kalian lulus ujian seleksi melalui jalur yang diikuti. Terima kasih atas kesempatan yang diluangkan untuk membaca disini, sekian dari admin dan salam sukses.

Ayo turut berbagi atau share informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan agar mereka juga bisa mendapatkan informasi dengan capat. Jangan lupa untuk menyukai halaman web kami.