Pendaftaran Online POLNEP 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

pmb.polnep.ac.id 2024 -- Pendaftaran Polnep Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP), Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru POLNEP, SPMB POLNEP, Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru POLNEP, Jalur Masuk POLNEP, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri, Jalur SMMPN, Bidikmisi, KIP Kuliah, jalur Undangan Khusus / Kerja sama. 2026. 2027.

Pada kesempatan yang baik ini, admin akan membahas tentang Pendaftaran Online POLNEP 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Infomasi ini ditujukan untuk kalian terutama lulusan SMA sederajat yang ingin menempuh pendidikan tinggi di kampus POLNEP. Sebelum membahas lebih jauh, admin akan memulainya dengan memberikan sedikit gambaran mengenai Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP). Langsung saja simak informasinya berikut.

Sekilas Tentang Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP)

Politeknik Negeri Pontianak atau disingkat dengan POLNEP adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri yaitu Politeknik Negeri yang terletak di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.

Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP) merupakan sistem Pendidikan Tinggi jalur profesional yang menekankan penguasaan dan pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP) didirikan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi nomor 80/DIKTI/KEP/1985 dengan nama Politeknik Universitas Tanjungpura. Kemudian terus berkembang hingga kini bernama Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP).

Adapun jurusan dan program studi yang ada di Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP), yaitu sebagai berikut :

# Jurusan Teknik Mesin terdiri dari Program Studi :
  • D3 Teknik Mesin
  • D4 Teknik Mesin
  • D1 Operator dan Perawatan Alat Berat

# Jurusan Teknik Sipil terdiri dari Program Studi :
  • D3 Teknik Sipil
  • D4 Perencanaan Perumahan dan Pemukiman

# Jurusan Teknik Elektro terdiri dari Program Studi :
  • D3 Teknik Listrik
  • D3 Teknik Elektronika
  • D3 Teknik Informatika

# Jurusan Administrasi Bisnis terdiri dari Program Studi :
  • D3 Administrasi Bisnis
  • D4 Administrasi Negara
  • D4 Administrasi Bisnis Otomotif

# Jurusan Akuntansi terdiri dari Program Studi :
  • D3 Akuntansi 
  • D4 Akuntansi 
  • D3 Akuntansi PSDKU Sanggau

# Jurusan Teknologi Pertanian terdiri dari Program Studi :
  • D4 Pengolahan Hasil Perkebunan Terpadu (PHPT)
  • D4 Manajemen Perkebunan (MP)
  • D4 Budidaya Tanaman Perkebunan (BTP)

# Jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan terdiri dari Program Studi :
  • D3 Pengelolahan Hasil Perikanan
  • D3 Teknologi Penangkapan Ikan
  • D3 Budidaya Perikanan

# PDD Politeknik Negeri Pontianak Kapuas Hulu

# Jurusan Teknik Arsitektur terdiri dari Program Studi :
  • D3 Arsitektur
  • D4 Arsitektur Bangunan Gedung
  • D4 Desain Kawasan Binaan

Itulah sedikit informasi tentang Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP). Dari beberapa program studi yang ada di POLNEP tersebut mungkin ada salah satu yang diminati, untuk itu silahkan daftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru POLNEP.

Ketika ingin mendaftar menjadi calon mahasiswa baru di POLNEP, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu jalur seleksi apa saja yang dibuka.

Adapun jalur seleksi yang biasanya dibuka oleh POLNEP yaitu jalur seleksi nasional SNBP dan SNBT serta jalur seleksi mandiri.

Melalui jalur-jalur seleksi tersebut, POLNEP akan menyeleksi calon mahasiswa barunya sesuai dengan kriteria masing-masing jalur.

Jalur SNBP merupakan jalur prestasi tanpa adanya tes yang hanya bisa diikuti oleh siswa-siswi berprestasi semasa di sekolah.

Sedangkan jalur SNBT aan jalur mandiri merupakan jalur seleksi menggunakan tes. Untuk bisa lolos seleksi tersebut, kalian harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Mudah-mudahan dengan usaha yang dilakukan bisa mendapatkan hasil yang sesuai harapan.

Langsung saja kita akan membahas masing-masing jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP). Simak dengan baik informasinya berikut ini.

1. Pendaftaran Online POLNEP Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru masuk perguruan tinggi negeri yang seleksinya didasarkan pada nilai rapor dan prestasi lain yang relevan, tanpa tes tertulis.

Jalur SNBP hanya bisa diikuti oleh siswa berprestasi lulusan sekolah di tahun ini. Untuk lulusan tahun sebelumnya bisa mengikuti jalur seleksi lainnya. misalnya jalur SNBT atau jalur mandiri (SMMPN).

Pendaftaran di jalur ini tidak dipungut biaya (gratis) karena biaya telah ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak perlu mengeluarkan biaya pendaftaran.

Pendaftaran diawali oleh sekolah yang merekomendasikan siswa-siswinya dengan mengisi data sekolah dan data siswa di PDSS SNBP. Setelah itu siswa akan diberikan Username dan Password untuk login sendiri ke laman web resmi untuk melakukan pengisian data juga.

Siswa pendaftar bisa memilih POLNEP sebagai politeknik pilihan pertama yang diminati. Setelah selesai mengisi data diri, jangan lupa untuk mencetak kartu tanda peserta SNBP. 

Informasi selengkapnya mengenai SNBP yang berupa persyaratan, jadwal pelaksanaan, nama Politeknik / PTN lain, tata cara pendaftaran, mekanisme, dan hal-hal lainnya bisa dibaca pada artikel sebelumnya yang berjudul Pendaftaran Online SNBP atau Informasi Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran Online POLNEP Jalur SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan secara nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa melalui tes tertulis berbasis komputer (UTBK).

Pendaftaran dilakukan sendiri oleh calon peserta tanpa melalui pihak sekolah. Namun apabila mengalami kesulitas, biasanya pihak sekolah akan membantu untuk mendaftarkan. Pendaftarnnya secara online melalui laman resmi SNBT.

Untuk pendaftaran SNBT adanya biayanya. Beda dengan jalur SNBP gratis karena telah disubsidi oleh pemerintah.

Jalur ini bisa diikuti oleh lulusan SMA sederajat yang lulus 3 tahun terakhir (lulusan tahun ini, tahun kemaren, dan tahun kemarennya lagi).

Untuk keterangan lebih rinci seperti persyaratan, jadwal, biaya, cara mendaftar, daftar PTN / Politeknik, dan lain sebagainya dapat ditemukan pada artikel berikut : Pendaftaran Online SNBT atau Informasi Pendaftaran SNBT.

3. Pendaftaran Online POLNEP Jalur Mandiri (SMMPN)

Seleksi Mandiri Masuk Politeknik Negeri (SMMPN) merupakan jalur seleksi mandiri yang dibuka oleh POLNEP untuk menyeleksi calon mahasiswa baru melalui tes tertulis UTBK.

Jalur ini bisa menjadi kesempatan terakhir untuk kalian yang mungkin telah mencoba mengikuti kedua jalur seleksi di atas tetapi belum lulus.

Maksimalkan kesempatan ini agar bisa lulus dan bisa belajar di kampus POLNEP. Persiapkan diri sebaik mungkin.

Persyaratan Pendaftaran :
  1. Memiliki NISN
  2. Lulusan SMA, MA. SMK, dan Paket C
  3. Memiliki Ijazah / Surat Keterangan Lulus
  4. Usia tidak lebih dari 25 tahun di akhir Agustus

Alur Pendaftaran Secara Umum :
  1. Membuat akun di laman pmb.polnep.ac.id
  2. Melakukan pembayaran
  3. Mencetak formulir dan melengkapi data pendaftaran

Admin ingatkan !!! Isilah data-data pendaftaran secara cermat, teliti, dan jujur. Jangan buru-buru agar tidak ada data yang salah. Diakhir setelah data terisi, cetaklah kartu peserta. Selanjutnya melihat jadwal untuk mengikuti ujian seleksi.

Untuk informasi lain terkait jalur mandiri bisa di cek di laman pmb.polnep.ac.id

4. Pendaftaran Online KIP Kuliah POLNEP

KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan oleh pemerintah kepada calon mahasiswa yang memiliki prestasi ketika masih di Sekolah namun terkendala masalah ekonomi untuk pembiayaan pendidikan.

Calon peserta yang ingin mendaftar KIP Kuliah terlebih dahulu harus mengikuti jalur seleksi masuk ke POLNEP. Apakah itu jalur SNBP atau SNBT atau jalur mandiri.

Pendaftaran KIP Kuliah dapat dilakukan secara online melalui alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Biasanya pendaftarannya hampir bersamaan dengan jalur seleksi yang akan diikuti.

Koordinasikan dengan pihak sekolah terkait pendaftaran KIP Kuliah ini agar lebih jelas.

Untuk mengetahui informasi mengenai persyaratan pendaftaran, prosedur pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan  lainnya bisa dibaca pada artikel yang telah admin bahas sebelumnya yang berjudul Pendaftaran KIP Kuliah


Itulah beberapa jalur seleksi masuk ke POLNEP yang bisa diikuti. Pilih saja jalur seleksi yang diprediksikan bisa memberikan peluang besar untuk lulus.

Jika tidak lulus disatu jalur, maka bisa mengikuti jalur seleksi lainnya yang masih dibuka, tentunya dengan mengikuti syarat dan ketentuannya.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi.

Sumber : https://pmb.polnep.ac.id/
Demikianlah informasi yang bisa admin berikan kali ini tentang jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Pendaftaran Online POLNEP Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian yang membutuhkan.

Admin turut mendoakan semoga kalian bisa diterima menjadi mahasiswa Politeknik Negeri Pontianak (POLNEP). Terima kasih telah membaca artikel ini. Salam sukses untuk kita semua. Ayo bagikan dan sukai juga halaman web kami.