Pendaftaran Online Polman Babel 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

www.polman-babel.ac.id 2024 -- Pendaftaran Polman Babel Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran Online Polman Babel, PMB Polman Babel, Pendaftaran Mahasiswa Baru Politeknik Manufaktur Negeri Babel, Penerimaan Maba Polman Babel, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, Bidikmisi, KIP Kuliah, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung, 2026. 2027.

Kali ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online Polman Babel 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini disampaikan terutama untuk lulusan SMA / MA / SMK / sederajat yang ingin kuliah di Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung. Mari simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung dikenal juga dengan sebutan Polman Babel merupakan Politeknik Negeri yang menyelenggarakan pendidikan yang utamanya bergerak di bidang Pertimahan.

Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung (Polman Babel) bermula dari Politeknik Manufaktur Timah yang didirikan pada tahun 1994 oleh PT. Timah Tbk. melalui Yayasan Polman Timah dengan asistensi dari Politeknik Manufaktur Bandung.

Telah diketahui bahwa di Bangka Belitung merupakan tempat pertambangan timah. Maka untuk itu, bagi masyarakat di sekitar yang ingin mengembangkan kemampuan dirinya dan hal mengelolan pertambangan timah dan lain-lain, maka bisa menuntut ilmu di Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung.

Pada saat ini Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung (Polman Babel) telah memiliki 2 jurusan dan 3 program studi seperti berikut ini :

Jurusan Teknik Mesin terdiri dari program studi :
  • D3 Teknik Perawatan dan Perbaikan Mesin
  • D3 Teknik Perancangan Mekanik
  • D4 Teknik Mesin dan Manufaktur
  • D4 Teknologi Rekayasa Perancangan Manufaktur

Jurusan Teknik Elektro dan Informatika terdiri dari program studi :
  • D3 Teknik Elektonika
  • D4 Teknik Elekronika
  • D4 Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak

Itulah jurusan dan program studi yang ada di Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung (Polman Babel) yang dapat dipilih ketika mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru disana.

Ketika kalian ingin mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru Polman Babel, maka perlu mengetahui terlebih dahulu jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh Polman Babel. Berikut admin berikan informasinya.

A. Pendaftaran Online Polman Babel Jalur SNBP

Polman Babel turut berpartisipasi dalam jalur seleksi SNBP. Calon mahasiswa yang ingin kuliah di Polman Babel dapat mengikuti jalur seleksi SNBP.

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah jalur seleksi nasional masuk ke perguruan tinggi negeri yang seleksinya didasarkan pada prestasi siswa terutama dilihat dari nilai rapor.

Jalur SNBP hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA / MA / SMK / sederajat yang berprestasi yang dan akan lulus dari sekolah pada tahun ini.

Proses pendaftaran SNBP dimulai dari pihak sekolah yang merekomendasikan siswa-siswinya dengan mengisi data siswa dan data sekolah di PDSS. Setelah itu akan diberi username dan password untuk masing-masing siswa. Siswa pun dapat login ke laman resmi untuk menyelesaikan proses pendaftaran.

Untuk biaya pendaftaran SNBP gratis sehingga calon peserta tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tersebut.

Calon peserta dari keluarga kurang mampu dapat mengajukan diri untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan yaitu KIP Kuliah.

Informasi pendaftaran lengkap seperti persyaratan, cara mendaftar, jadwal pendaftaran, mekanisme seleksi, jumlah pilihan program studi, daftar perguruan tinggi, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel yang telah admin rangkum tersendiri yang berjudul Pendaftaran Online SNBP atau Inforamsi Pendaftaran SNBP.

B. Pendaftaran Online Polman Babel Jalur SNBT

Selain SNBP, Polman Babel juga membuka jalur seleksi nasional lainnya yaitu jalur SNBT.

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi nasional masuk ke perguruan tinggi negeri yang mana seleksinya dilakukan melalui ujian tulis berbasis komputer (UTBK).

Jalur SNBT ini dibuka untuk lulusan SMA / MA / SMK / sederajat yang lulus dari bangku sekolah maksimal 3 tahun terakhir.

Proses pendaftaran SNBT dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengakses laman resmi. Namun apabila mengalami kesulitan, dapat meminta bantuan pada pihak sekolah atau kakak senior yang telah berpengalaman.

Mengenai biaya pendaftaran SNBT bahwa calon peserta harus membayar biaya tersebut melalui bank yang telah bekerjasama dengan panitia.

Calon peserta dari keluarga kurang mampu dapat mengajukan diri untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan yaitu KIP Kuliah.

Keterangan lainnya seperti persyaratan, jadwal, cara mendaftar, jumlah pilihan program studi, daftar perguruan tinggi, dan lain sebagainya dapat ditemukan pada artikel berikut : Pendaftaran Online SNBT atau Informasi Pendaftaran SNBT.

C. Pendaftaran Online Polman Babel Jalur Mandiri

Selain jalur SNBP dan jalur SNBT, Polman Babel juga membuka jalur seleksi mandiri.

Jalur mandiri adalah jalur seleksi yang dibuka oleh Polman Babel untuk menyeleksi calon mahasiswa barunya melalui tes.

Jalur mandiri ini dibuka untuk lulusan SMA / MA / SMK / sederajat atau Lulusan Paket C yang dibuktikan dengan Ijazah atau Surat Keterangan Lulus dengan maksimal umur 25 tahun.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman https://pmb.polman-babel.ac.id.

Calon peserta harus membayar biaya pendaftaran melalui bank.

Bagi calon peserta dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan yang dikenal dengan nama KIP Kuliah.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai jalur mandiri ini dapat dibaca secara langsung di laman resmi Polman Babel di alamat pmb.polmanbabel.ac.id

D. Pendaftaran Online KIP Kuliah Polman Babel

KIP Kuliah adalah pemberian bantuan biaya pendidikan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik yang baik.

Calon peserta KIP Kuliah diharuskan mengikuti salah satu jalur seleksi yang diselenggarakan Polman Babel yaitu jalur SNBP, SNBT, atau Mandiri. Proses pengajuan KIP Kuliah bersamaan dengan proses pendaftaran jalur seleksi yang diikuti.

Laman resmi pendaftaran KIP Kuliah yaitu kip-kuliah.kemdukbud.go.id

Informasi seperti cara mendaftar pendaftaran, persyaratan, jadwal pelaksanaan, dan lain sebagainya dapat dibaca secara lengkap pada artikel yang berjudul Pendaftaran KIP Kuliah

Info : Istilah KIP Kuliah dulunya bernama Bidikmisi. Silahkan baca informasinya di  Pendaftaran Online Bidikmisi atau Panduan Pendaftaran Online Bidikmisi.


Itulah jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung (Polman Babel). Silahkan ikuti jalur mana saja yang disukai tentunya disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku,

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi

Sumber : https://pmb.polman-babel.ac.id/

Baca juga :

Demikian informasi tentang Pendaftaran Online Polman Babel Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Mudah-mudahan apa yang telah admin sampaikan tersebut dapat memberikan pencerahan untuk kalian semua.

Mari bantu bagikan informasi ini pada teman atau kerabat yang membutuhkan. Cukup sekian info dari admin dan semoga kalian bisa diterima di Polman Babel. Aamiin.