Pendaftaran Online UNPATTI 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

unpatti.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNPATTI Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, PMB UNPATTI, Pendaftaran UNPATTI Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNPATTI, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNPATTI, Informasi Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UNPATTI, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, KIP Kuliah, Pendaftaran Maba UNPATTI, Pendaftaran Kuliah UNPATTI, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, Bidikmisi, Universitas Pattimura, UNPATTI. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan infromasi tentang Pendaftaran Online UNPATTI 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan untuk para lulusan SMA / MA / SMK sederajat yang ingin kuliah di UNPATTI. Langsung saja simak informasinya.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekilas Tentang Universitas Pattimura (UNPATTI)

Universitas Pattimura atau yang disingkat dengan UNPATTI merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di kota Ambon, Maluku, Indonesia, tepatnya di Jl. Ir. M. Putuhena, Kampus Poka, Ambon 97116. Universitas Pattimura (UNPATTI) didirikan pada 8 Agustus 1962.

Pada mulanya, Universitas Pattimura (UNPATTI) merupakan sebuah Yayasan Perguruan Tinggi Maluku Irian Barat yang sekarang telah menjadi Universitas Negeri.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Pattimura (UNPATTI), yaitu :

Fakultas Ilmu Hukum, terdiri dari program studi :
  • Program Sarjana : Ilmu Hukum

Fakultas Pertanian, terdiri dari program studi :
  • Program Sarjana : Kehutanan, Agroteknologi, Ilmu Tanah, Pemuliaan Tanaman
  • Agribisnis, Penyuluhan Pertanian, Peternakan, dan Teknologi Hasil Pertanian 

Fakultas Teknik, terdiri dari program studi :
  • Program Sarjana : Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Perkapalan, Teknik Sistim Perkapalan, Teknik Sipil, dan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, terdiri dari program studi :
  • Program Sarjana : Program Studi Ekonomi Pembangunan, Program Studi Manajemen, Program Studi Akuntansi

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, terdiri dari program studi :
  • Program Sarjana : Pendidikan Fisika, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Kimia, Pendidikan Geografi, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Sejarah, Program Studi PKN, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Jerman, Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Bimbingan Konseling, PENJASKESREK, PGSD

Fakultas Perikanan dan Kelautan, terdiri dari program studi :
  • Program Sarjana : Manajemen Sumberdaya Perairan, Manajemen Ilmu Kelautan, Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Budidaya Perairan, Teknologi Hasil Perikanan, Agrobisnis Perikanan

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, terdiri dari program studi :
  • Program Sarjana : Administrasi Negara, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Komunikasi, dan Sosiologi 

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, terdiri dari program studi :
  • Program Sarjana :  Matematika, Fisika, Kimia, Biologi

Fakultas Kedokteran
  • Program Sarjana : Program Studi Pendidikan Dokter, dan program profesi.

Program Pascasarjana, terdiri dari program studi :
  • ProDi S3 Ilmu Hukum, ProDi S2 Ilmu Hukum, ProDi S2 Ilmu Adm. Publik, ProDi S2 Pendidikan Biologi, ProDi S2 Ilmu Ekonomi, ProDi S2 Manajemen, ProDi S2 Sosiologi, ProDi S2 Manajemen Hutan, ProDi S2 Pengelolaan Lahan, ProDi S2 Pend. Bahasa Inggris, ProDi S2 Bahasa Jerman, ProDi S2 Manajemen Pendidikan, ProDi S2 Mnj. Kelautan & Pulau Kecil, ProDi S2 Minat Biologi Laut & Perikanan

Itulah sekilas informasi mengenai Universitas Pattimura (UNPATTI). Semoga bisa menambah wawasan kita semua. Baiklah kita lanjukan kembali pembahasan kita tentang jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Universitas Pattimura (UNPATTI).

Seperti tahun sebelumnya, pada tahun ini Universitas Pattimura (UNPATTI) membuka beberapa jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru, baik jalur nasional maupun jalur mandiri. Jalur-jalur tersebut adalah jalur SNBP, jalur SNBT, dan jalur Mandiri. Jalur-jalur seleksi tersebutlah yang menjadi jalan pembuka untuk bisa masuk ke Universitas Pattimura (UNPATTI).

Persiapkanlah diri untuk menghadapi ujian seleksi agar keinginan untuk bisa diterima menjadi mahasiswa di Universitas Pattimura (UNPATTI) bisa terwujud. Persiapan yang bisa dilakukan misalnya belajar mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan soal masuk Universitas Pattimura (UNPATTI).

Langsung saja kita akan membahas secara rinci jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Universitas Pattimura (UNPATTI). Simaklah dengan baik.

A. Pendaftaran UNPATTI Jalur SNBP 

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi merupakan jalur seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang didasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Jalur SNBP diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang ingin melanjutkan pendidikan ke PTN yang ada di Indonesia, salah satunya masuk ke UNPATTI.

Pendaftaran di jalur SNBP dimulai dari pihak sekolah yang memberikan rekomendasinya untuk siswa-siswi berprestasi. Siswa yang telah direkomendasikan dapat melanjutkan proses pendaftaran sampai selesai.

Biaya pendaftaran SNBP gratis karena telah ditanggung oleh pemerintah.

Untuk informasi lengkap SNBP seperti syarat pendaftaran, link pendaftaran, biaya pendaftaran, proses pendaftaran, jadwal pendaftaran, ketentuan pendaftaran, proses seleksi, pilihan PTN dan program studi, dan lain-lain silahkan baca pada artikel Pendaftaran Online SNBP atau Panduan Pendaftaran Online SNBP

B. Pendaftaran UNPATTI Jalur SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi yang diadakan secara nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang didasarkan pada hasil tes dan / atau kriteria lain yang ditentukan oleh PTN.

Lulusan 3 tahun terakhir jenjang SMA / MA / SMK sederajat bisa mendaftar di jalur ini, tentunya dengan memenuhi persyaratan dan ketentuan yang telah ditentukan.

Jika ingin mendaftar, kunjungi laman resmi SNBT lalu lakukan pengisian data dengan lengkap dan benar. Link pendaftaran SNBT dapat ditemukan pada artikel di akhir bagian ini.

Biaya pendaftaran SNBT tidak gratis, artinya calon peserta perlu melakukan pembayaran biaya pendaftaran di bank yang telah bekerja sama dengan panitia SNBT.

Mengenai informasi persyaratan pendaftaran, link pendaftaran, jadwal pendaftaran, biaya pendaftaran, pilihan PTN dan program studi, dan keterangan lainnya dapat di baca pada artikel Panduan Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran Online SNBT

C. Pendaftaran UNPATTI Jalur Mandiri

Universitas Pattimura (UNPATTI) membukan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri. Jalur ini bisa menjadi jalur alternatif untuk calon mahasiswa yang tidak lulus mengikuti jalur lain.

Lulusan 3 tahun terakhir jenjang SMA / MA / SMK sederajat dengan batas umur maksimal 25 tahun bisa mendaftar dijalur mandiri, tentunya juga harus memenuhi persyaratan lainnya juga.

Kalian harus mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi seleksi yang berupa tes ujian tulis. Persiapan harus lebih baik dari sebelum-sebelumnya.

Pendaftaran jalur mandiri secara online melalui website resmi UNPATTI yaitu pmb.unpatti.ac.id. Jadwal, persyaratan serta informasi lebih lanjut bisa diakses pada website tersebut.

D. Pendaftaran Online KIP Kuliah

KIP-Kuliah merupakan pengganti dari Bidikmisi yang merupakan bantuan biaya pendidikan bagi siswa SMA / MA / SMK / sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Untuk informasi persyaratan pendaftaran KIP Kuliah, cakupan KIP Kuliah, besarnya biaya KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, jadwal atau tanggal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, dan lain sebagainya dapat di baca pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah

E. Pendaftaran Pascasarjana UNPATTI

Bagi anda yang ingin kuliah jenjang Pascasarjana di UNPATTI, maka dapat mengikuti seleksi jalur masuk Pascasarjana yang dibuka. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di web UNPATTI di alamat pasca.unpatti.ac.id


Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi masuk ke UNPATTI. Silahkan kalian pilih jalur seleksi yang diminati. Apabila ada perubahan atau perbedaan dengan informasi yang telah admin berikan di atas, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNPATTI

Baca Juga:

Demikianlah Informasi yang bisa admin berikan mengenai Pendaftaran Online UNPATTI (Universitas Pattimura). Semoga bisa memberikan panduan untuk semua. Admin turut mendoakan semoga kalian lulus seleksi. Terima kasih atas kesempatan yang diberikan ntuk membaca disini. Salam sukses untuk kita.

Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan agar mereka juga bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat, dan sukai juga halaman web kami.