Pendaftaran Online UTM 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

pmb.trunojoyo.ac.id 2024 -- Pendaftaran UTM Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, PMB UTM Madura, Pendaftaran UTM / Unijoyo Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru Unijoyo / UTM, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Trunojoyo, Informasi Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana Trunojoyo, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, KIP Kuliah, Kuliah UTM, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri SMMUTM, Jalur Bidikmisi, Universitas Trunojoyo, UTM. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online UTM 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan khususnya untuk kalian yang ingin kuliah di UTM. Langsung saja simak informasi selengkapnya.
http://www.pendaftaranonline.web.id/


Sekilas Tentang Universitas Trunojoyo Madura (UTM)

Universitas Trunojoyo atau disingkat Unijoyo atau UTM adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri berada di Kabupaten Bangkalan (Madura), Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Universitas Trunojoyo Madura (UTM) telah didirikan pada 23 Juli 2001 dan diresmikan pada 23 Juli 2001 oleh Presiden Abdurrahman Wahid.

Berikut akan di informasikan beberapa fakultas dan program studi di Universitas Trunojoyo Madura (UTM).
  • Fakultas Hukum : Prodi Ilmu Hukum (S1)
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis : Prodi Manajemen (S2), Prodi Akuntansi Forensik (S2), Prodi Manajemen (S1), Prodi Akuntansi (S1), Prodi Ekonomi Pembangunan (S1),  Prodi Akuntansi Sektor Publik (D3), dan Prodi Enterpreneurship (D3), 
  • Fakultas Pertanian : Prodi Teknologi Industri Pertanian (S1), Prodi Agribisnis (S1), Prodi Agroekoteknologi (S1), dan Prodi Ilmu Kelautan (S1).
  • Fakultas Teknik :  Prodi Teknik Industri (S1), Prodi Teknik Informatika (S1), Prodi Teknik Elektro (S1), Prodi Manajemen Informatika (D3),  Prodi Mekatronika (D3), Prodi Teknik Multimedia dan Jaringan (D3)
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) : Prodi Sosiologi (S1), Prodi Sastra Inggris (S1), Prodi Ilmu Komunikasi (S1), dan Prodi Psikologi (S1).
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) : Prodi PGSD (S1), Prodi Pendidikan Informatika (S1), Prodi Pendidikan IPA, Prodi Pendidikan Anak Usia Dini, serta Prodi Pendidikan bahasa dan sastra indonesia.
  • Fakultas Ilmu-Ilmu Keislaman (FIK) : Prodi Hukum Bisnis Syariah (S1) dan Prodi Ekonomi Syariah (S1).

Itulah ulasan singkat mengenai Universitas Trunojoyo Madura (UTM). Semoga bermanfaat untuk menambah wawasan.

Kita lanjutkan kembali pembahasan kita mengenai jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Universitas Trunojoyo Madura (UTM).

Universitas Trunojoyo Madura (UTM) membuka beberapa jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional maupun jalur mandiri. Jalur-jalur tersebut adalah Jalur SNBP, Jalur SNBT, dan Jalur Mandiri.

Jalur penerimaan mahasiswa baru tersebut merupakan jalan bagi anda untuk bisa masuk ke Universitas Trunojoyo Madura (UTM). Anda harus mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk bisa memenangkan persaingan agar bisa diterima menjadi mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM). 

Mudah-mudahan dengan persiapan yang telah anda lakukan sejak dari sekarang bisa membawa anda lulus ujian seleksi.

Selanjutnya kita akan langsung membahas masing-masing jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Universitas Trunojoyo Madura (UTM). Pahami penjelasannya berikut ini.

A. Pendaftaran UTM Jalur SNBP 

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi merupakan jalur seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang didasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Jalur SNBP diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus dari sekolah pada tahun ini dan ingin melanjutkan pendidikan ke PTN yang ada di Indonesia, salah satunya UTM.

Pendaftaran di jalur SNBP ini dimulai dari pihak sekolah yang merekomendasikan siswa-siwi berprestasinya dengan melakukan pengisian data di PDSS. Setelah diberikan rekomendasi, siswa dapat melanjutkan proses pendaftaran hingga selesai.

Biaya pendaftaran SNBP tidak ada, alias gratis.

Untuk informasi lengkap SNBP seperti syarat pendaftaran, link pendaftaran, biaya pendaftaran, proses pendaftaran, jadwal pendaftaran, ketentuan pendaftaran, proses seleksi, pilihan PTN dan program studi, dan lain-lain silahkan baca pada artikel Pendaftaran Online SNBP atau Panduan Pendaftaran Online SNBT

B. Pendaftaran UTM Jalur SNBT 

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi nasional masuk ke PTN yang seleksinya dilakukan berdasarkan hasil tes dan / atau hasil tes dengan kriteria lain yang disepakati PTN.

Jalur SNBT ini diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA sederajat lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini. 

Jalur ini bisa menjadi kesempatan untuk kalian yang tidak bisa mengikuti jalur SNBP. Atau juga untuk kalian yang telah mengikuti jalur SNBP tetapi tidak lulus bisa mengikuti jalur SNBT ini.

Pendaftaran di jalur SNBT dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengunjungi situs resminya. Link situs resmi pendaftaran SNBT dapat ditemukan dengan mengunjungi artikel lanjutan diakhir pembahasan bagian ini.

Untuk biaya pendaftaran SNBT tidak gratis, artinya calon peserta harus membayar biaya pendaftaran di bank yang telah bermitra dengan panitia SNBT.

Untuk keterangan lain yang dibutuhkan seperti persyaratan pendaftaran, link pendaftaran, tanggal pendaftaran, proses pendaftaran SNBT, biaya pendaftaran, jadwal seleksi, pilihan PTN dan program studi, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Panduan Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran Online SNBT

C. Pendaftaran UTM Jalur Mandiri

Selain menerima mahasiswa baru melalui jalur nasional di atas, UTM juga membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Mandiri. Jalur ini bisa menjadi jalur alternatif bagi kalian yang mungkin saja telah mengikuti seleksi jalur nasional tetapi tidak lulus.

Penerimaan mahasiswa baru UTM melalui jalur mandiri ini disebut dengan SMMUTM atau Seleksi Mandiri Masuk Universitas Trunojoyo Madura.

SMMUTM adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru yang berdasarkan Nilai Rapor Bidang Studi SLTA (Peminatan), yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Trunojoyo Madura.

Jalur ini dapat diikuti oleh siswa SMA / MA / SMK / Sederajat lulusan 3 tahun terakhir yang memenuhi persyaratan dan ketentuan pendaftaran.

Alur Pendaftaran SMMUTM :
  1. Lakukan pembayaran melalui teller Bank BRI. Setelah membayar akan memperoleh Nomor Identitas dan PIN Seleksi Jalur Mandiri.
  2. Buka laman http://pmb.trunojoyo.ac.id bacalah petunjuk yang tertera dengan teliti.
  3. Tuliskan Nomor Identitas dan PIN Pendaftaran yang diperoleh pada point 1 dari Bank BRI pada kolom yang tersedia.
  4. Tekan / klik Login.
  5. Apabila Nomor Pendaftaran dan PIN pendaftaran yang diisikan tersebut benar, maka akan tampak formulir pendaftaran.
  6. Unggah pasfoto berwarna terbaru (foto resmi), berformat JPG atau PNG, dengan ukuran maksimum 200 KB.
  7. Isikan data Anda pada formulir pendaftaran yang tersedia.
  8. Akhir pengisian formulir dengan mengisikan kata / huruf yang tertera pada gambar untuk validasi pengisian.
  9. Klik Simpan / Cetak Kartu Peserta yang muncul setelah melakukan pengisian formulir pendaftaran.
  10. Anda dapat mencetak ulang Kartu Peserta dengan mengisikan Nomor Identitas dan PIN di halaman Login.
  11. Menunggu pengumuman hasil seleksi (rapor) SMMUTM

Kalian dapat mengakses laman pmb.trunojoyo.ac.id untuk melengkapi informasi yang dibutuhkan.

D. Pendaftaran KIP Kuliah

Bidikmisi kini telah berubah menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau disingkat KIP-Kuliah. KIP-kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari Pemerintah untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi tetapi memiliki potensi akademik baik.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan melalui website resminya di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Keterangan lain seperti persyaratan pendaftaran KIP Kuliah, cara pendaftaran KIP-Kuliah, tanggal pendaftaran KIP-Kuliah, tanya jawab tentang KIP-Kuliah, ketentuan pengajuan KIP-Kuliah, dan hal penting lainnya dapat ditemukan pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah

E. Pendaftaran Program Pascasarjana UTM

Selain menerima mahasiswa baru jenjang Diploma dan Sarjana, UTM juga menerima mahasiswa mahasiswa baru jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang berminat, silahkan daftarkan diri anda. Informasi lebih lanjut dapat anda baca di alamat pmb.trunojoyo.ac.id atau www.trunojoyo.ac.id

Itulah jalur-jalur seleksi masuk UTM yang bisa anda pilih ketika mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UTM. Silahkan pilih jalur yang diminati.


Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UTM.


Demikianlah Informasi yang bisa admin berikan kali ini tentang Pendaftaran Online UTM Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Semoga bisa memberikan pencerahan kepada anda dalam mendapatkan informasi jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Universitas Trunojoyo Madura (UTM).

Admin turut mendoakan semoga anda lulus seleksi melalui jalur yang anda ikuti. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca informasi disini. Sekian info dari admin dan salam sukses selalu.

Mari bantu berbagi informasi ini pada rekan atau kerabat anda lainnya yang membutuhkan.