Pendaftaran Online UIN Imam Bonjol Padang 2024/2025 (UIN IB Padang)

uinib.ac.id 2024 -- Pendaftaran UIN IB Padang, PMB UIN Imam Bonjol Padang, Cara Pendaftaran UIN Imam Bonjol Online, Pendaftaran SPAN-PTKIN / UM-PTKIN, SPMB Reguler Mandiri UIN Imam Bonjol, KIP Kuliah, Bidikmisi, Penerimaan Mahasiswa Baru UIN Imam Bonjol, Informasi Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UIN Imam Bonjol Pasang, Pendaftaran Kuliah UIN Imam Bonjol Padang. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi yang berjudul Pendaftaran Online UIN Imam Bonjol Padang 2024/2025 (UIN IB Padang). Informasi ini ditujukan terutama untuk siswa-siswi lulusan SLTA yang ingin melanjutkan pendidikan ke UIN Imam Bonjol Padang. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.
http://www.pendaftaranonline.web.id/

UIN Imam Bonjol Padang atau UIN IB Padang adalah salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang terletak di Jl. Prof. Mahmud Yunus Lubuk Lintah, Anduring, Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat 25153

Sebelum berstatus sebagai UIN Imam Bonjol Padang, sebelumnya berstatus sebagai IAIN Imam Bonjol, Perubahan status tersebut didasarkan pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 35 tahun 2017. IAIN Imam Bonjol sendiri didirikan pada 29 Nopember 1966 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama R.I No. 77/1966 tertanggal 21 Nopember 1966.

UIN Imam Bonjol telah memiliki beberapa fakultas dan program studi seperti berikut ini :
  • Fakultas Adab dan Humaniora terdiri dari program studi : Bahasa dan Sastra Arab (S1), Sejarah dan Kebudayaan Islam (S1), Jurusan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi (Diploma III)
  • Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi terdiri dari program studi : Komunikasi dan Penyiaran Islam (S1), Bimbingan Konseling Islam (S1), Manajemen Dakwah (S1), Pengembangan Masyarakat Islam/  Islamic Community Development (S1)
  • Fakultas Syari'ah terdiri dari program studi : Al-Ahwal asy-Syakhshiyyah (Hukum Keluarga, S1), Perbandingan Mazhab dan Hukum (S1), Jinayah dan Siyasah (Pidana dan Politik Islam, S1)
  • Fakultadan Tarbiyah dan Keguruan terdiri dari program studi : Pendidikan Agama Islam (S1), Pendidikan Bahasa Arab (S1), Manajemen Pendidikan Islam (S1), Tadris Bahasa Inggris (S1), Tadris Matematika (S1), Tadris IPA/konsentrasi Fisika (S1), Tadris IPS/konsentrasi Sejarah (S1), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
  • Fakultas Ushuluddin terdiri dari program studi : Aqidah dan Filsafat (S1), Tafsir Hadits (S1), Program Khusus Tafsir Hadits (S1), Perbandingan Agama (S1), Psikologi Islam (S1)
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam terdiri dari program studi : Mu’amalah (Bisnis Islam, S1), Ekonomi Islam (S1), Managemen dan Perbankan Syari’ah (MPS, Program Diploma III)
  • Program Magister (S2) terdiri dari program studi : Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Ilmu Hadits, Sejarah dan Kebudayaan Islam, Pengembangan Masyarakat Islam, Hukum Keluarga (Ahwal Syahsiyyah), Ekonomi Syari’ah
  • Program Doktor (S3) terdiri dari program studi : Prodi Pendidikan Islam, dan Prodi Hukum Islam

Itulah beberapa fakultas dan program studi yang dapat dipilih pada saat kamu mendaftarkan diri di UIN Imam Bonjol. Silahkan pilih salah satu program studi tersebut sesuai dengan kemampuan, minat, atau bakat yang kamu miliki.

Selanjutnya kamu harus mengetahui jalur-jalur seleksi apa saja yang dibuka oleh UIN Imam Bonjol dalam rangka menyeleksi calon mahasiswa baru. Berikut informasinya.

UIN Imam Bonjol membuka jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, SPMB Reguler Mandiri, jalur seleksi mahasiswa asing, serta penerimaan mahasiswa program pascasarjana.

A. Pendaftaran UIN Imam Bonjol Jalur SPAN-PTKIN 

SPAN-PTKIN atau Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur seleksi undangan nasional untuk siswa-siswi berprestasi yang akan lulus pada tahun ini dan berkeinginan untuk kuliah di UIN / IAIN / STAIN. 

SPAN-PTKIN merupakan salah satu jalur masuk ke UIN Imam Bonjol. Bagi kamu yang berminat, silahkan melakukan pendaftaran yang diawali oleh rekomendasi kepala sekolah. Rekomendasi dan pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat website www.span-ptkin.ac.id

Untuk informasi seperti persyaratan, tata cara pendaftaran, jadwal, ketentuan, jumlah pilihan PTKIN dan program studi, daftar PTKIN, dan lain sebagainya dapat dibaca pada artikel berikut :
B. Pendaftaran UIN Imam Bonjol Jalur UM-PTKIN 

UM-PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri adalah jalur seleksi nasional masuk ke UIN / IAIN / STAIN yang mana seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis. Jalur ini merupakan jalur kedua yang dibuka oleh UIN Imam Bonjol

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat www.um-ptkin.ac.id dan dilakukan secara mandiri oleh calon peserta, tanpa melalui pihak sekolah.

Penjelasan mengenai persyaratan, jadwal, ketentuan, jumlah pilihan program studi dan PTKIN, daftar PTKIN pilihan, dan lain sebagainya dapat dibaca pada artikel berikut :
C. Pendaftaran KIP Kuliah UIN Imam Bonjol

KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi. 

UIN Imam Bonjol adalah salah satu perguruan tinggi yang turut menyalurkan KIP Kuliah untuk calon mahasiswa yang layak mendapatkannya. 

Penjelasan lebih lanjut, silahkan baca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah Kemenag

Beasiswa Lainnya

Selain Bidikmisi atau KIP Kuliah, adapula beasiswa yang ditawarkan oleh UIN Imam Bonjol. Beasiswa yang dimaksud diantaranya yaitu Beasiswa Tahfidzul Quran, DIPA, Beasiswa Unggulan Supersemar (BUS), Beasiswa Supersemar, Beasiswa Bank Indonesia, Beasiswa Mandiri Prestasi, Beasiswa Madrasah Aliyah, Beasiswa Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Beasiswa PT. Semen Padang, dll.

D. Pendaftaran SPMB Reguler Mandiri UIN Imam Bonjol

SPMB Regular Mandiri adalah jalur seleksi masuk ke UIN Imam Bonjol yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis.  Jalur ini dibuka untuk menerima calon mahasiswa program D3 dan S1.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman pmb.uinib.ac.id. Untuk informasi lain yang dibutuhkan dapat dilihat langsung di website resmi UIN Imam Bonjol.
Baca juga : Pendaftaran Jalur Mandiri PTKIN
E. Pendaftaran UIN Imam Bonjol Jalur Seleksi Mahasiswa Asing

Untuk calon mahasiswa dari luar negeri (calon mahasiswa asing) yang ingin kuliah di UIN Imam Bonjol bisa mengikuti jalur seleksi khusus untuk menerima calon mahasiswa asing.

F. Pendaftaran Program Pascasarjana UIN Imam Bonjol

Selain melakukan penerimaan mahasiswa baru jenjang Sarjana dan Diploma, UIN Imam Bonjol juga melakukan penerimaan mahasiswa baru program Pascasarjana.

Jalur masuk pascasarjana yaitu jalur prestasi akademik, jalur mandiri tertulis, jalur kerjasama, serta jalur untuk mahasiswa asing. Informasi lebih lanjut dapat dibaca langsung di alamat website ps.uinib.ac.id


Untuk informasi lain yang dibutuhkan mengenai penerimaan mahasiswa baru semua jenjang dan jalur dapat dibaca langsung di website resmi UIN Imam Bonjol di alamat uinib.ac.id. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi tersebut.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran Online UIN Imam Bonjol Padang (UIN IB Padang). Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk kamu semua terutama yang ingin kuliah di kampus ini.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Ayo ajak juga telah lainnya untuk membaca artikel yang ada di web ini. Sekali lagi terima kasih dan salam sukses untuk semua.