Pendaftaran Online PPNS 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

pmb.ppns.ac.id 2024 -- Pendaftaran PPNS Jalur SNBP - UTBK SNBT - Mandiri, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS), Pendaftaran Mahasiswa Baru PPNS, Penerimaan Mahasiswa Baru PPNS, Informasi Penerimaan Calon Mahasiswa Baru PPNS, Panduan Pendaftaran Online PPNS, Jalur SNBP, Jalur SNBT, KIP Kuliah, Jalur Mandiri, Jalur Masuk D3- D4- S2 PPNS, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya. 2026. 2027.

Pada kesempatan yang baik ini, admin akan membahas tentang Pendaftaran Online PPNS 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Sebelum membahas lebih lanjut, admin akan mengajak kalian untuk mengulas sekilas informasi tentang Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS).
http://www.pendaftaranonline.web.id/


Sekilas Tentang Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS)

Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya atau yang disingkat dengan PPNS adalah Politeknik Negeri yang berada di Kota Surabaya, Jawa Timur, Indonesia, tepatnya di Jl. Teknik Kimia, Kampus ITS Sukolilo Surabaya 60111, Jawa Timur, Indonesia.

Jarak Lokasi PPNS dari Wilayah Sekitar :
  • 2.9 KM dari Hotel Swiss-Belinn
  • 3 KM dari Galaxy Mall
  • 5.1 KM dari East Coast Mall
  • 5.2 KM dari Stasiun Gubeng
  • 6.1 KM dari Hotel Santika Gubeng
  • 11 KM dari Stasiun Semut
  • 15.1 KM dari bandara Juanda terminal 1

Lokasi dan Kontak :
Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
Shipbuilding Institute of Polytechnic Surabaya
Alamat : Jl. Teknik Kimia, Kampus ITS Sukolilo – Surabaya
Telp. 031-5947186 ; Fax. 031 5942887
Email : humas@ppns.ac.id

Jurusan dan Program Studi :

Jurusan dan program studi yang ada di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) yaitu :

Jurusan Teknik Bangunan Kapal (TBK) terdiri dari program studi :
  • D4 Teknik Pengelasan
  • D4 Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal
  • D3 Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal
  • D3 Teknik Bangunan Kapal
  • D4 Manajemen Bisnis

Jurusan Teknik Permesinan Kapal (TPK) terdiri dari program studi :
  • D4 Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja
  • D4 Teknik Desain dan Manufaktur
  • D4 Teknik Perpipaan
  • D4 Teknik Permesinan Kapal
  • D3 Teknik Permesinan Kapal

Jurusan Teknik Kelistrikan Kapal (TKK) terdiri dari program studi :
  • D4 Teknik Otomasi
  • D4 Teknik Kelistrikan Kapal
  • D3 Teknik Kelistrikan Kapal

Program Magister terdiri dari program studi :
  • S2 Teknik Keselamatan dan Resiko

Itulah sekilas informasi tentang Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS). Semoga bisa menambah wawasan, terutama yang ingin melanjutkan kuliah ke Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS). 

Baiklah kita lanjutkan kembali pembahasan awal kita tentang jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS).

Pada tahun ini, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) membuka beberapa jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP, jalur SNBT, jalur mandiri, dan jalur masuk S2. 

Persiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi ujian seleksi. Persiapan yang bisa dilakukan misalnya mempelajari soal-soal ujian masuk PPNS. Mungkin bisa membaca soal-soal tahun sebelumnya atau prediksi soal tahun ini. Semoga dengan usaha yang sungguh-sungguh dan diiringin doa bisa memberikan hasil yang sesuai harapan.

Langsung saja kita akan membahas jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS). Simak dengan baik pembahasannya berikut ini.

1. Pendaftaran Online PPNS Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi merupakan jalur seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru melalui seleksi nilai rapor dan prestasi lainnya yang dimiliki siswa ketika masih mengikuti pendidikan di Sekolah. 

Pendaftaran dimulai oleh Kepala Sekolah yang merekomendasikan siswa-siswi terbaiknya dengan menunjungi laman resmi SNPMB. Lakukan pengisian data sekolah dan data siswa. Setelah itu akan mendapatkan Username dan password yang harus diberikan kepada siswa. 

Kemudian siswa juga login ke laman resmi SNPMB untuk melakukan pengisian data diri dengan lengkap. Ketika memilih Politeknik, maka bisa memilih PPNS sebagai Politeknik yang diminati.

Biaya seleksi gratis karena telah ditanggung oleh pemerintah. Oleh karena itu, peserta tidak perlu lagi membayar biaya pelaksanaan. Hal ini bisa memberikan sedikit keringanan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Informasi tentang jadwal pelaksanaan, persyaratan, link pendaftaran, tata cara pendaftaran, nama-nama Politeknik, dan hal terkait lainnya telah admin rangkum secara khusus pada artikel yang berjudul : Pendaftaran Online SNBP atau Informasi Pendaftaran SNBP

2. Pendaftaran Online PPNS Jalur SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru masuk ke PTN atau Politeknik yang seleksinya dilakukan melalui tes. Tes yang dimaksud adalah tes tertulis berbasis komputer (UTBK). 

Jalur ini diperuntukkan bagi lulusan 3 tahun terakhir jenjang SMA / MA / SMK sederajat yang ingin menempuh pendidikan jenjang Diploma atau Sarjana di PTN atau di Politeknik Negeri di Indonesia yang salah satunya di PPNS ini.

Pendaftaran dilakukan secara mandiri oleh calon peserta dengan mengakses situs resmi SNPMB.

Calon peserta harus membayar biaya pendaftaran untuk bisa mengikuti seleksi jalur SNBT ini.

Pada saat pengisian data, silahkan isikan PPNS sebagai perguruan tinggi pilihan pertamamu, dan pilih lagi yang lain sebagai pilihan kedua.

Informasi seperti persyaratan, jadwal, link pendaftaran, biaya pendaftaran, alur pendaftaran, pilihan perguruan tinggi dan program studinya, serta keterangan penting lainnya silahkan kunjungi artikel berikut :

3. Pendaftaran Online PPNS Jalur Mandiri

Jalur mandiri merupakan jalur seleksi yang diadakan oleh PPNS untuk menerima mahasiswa baru melalui ujian tulis dan/atau wawancara.

Calon peserta yang sebelumnya telah mengikuti jalur-jalur di atas, tetapi pada saat pengumuman telah dinyatakan tidak lulus, maka bisa kembali mendaftar mengikuti seleksi jalur mandiri PPNS.

Calon peserta jalur mandiri merupakan lulusan SMA/MA jurusan IPA/IPS, dan SMK jurusan teknik untuk sekolah Negeri ataupun Swasta yang memenuhi persyaratan-persyaratan.

Jalur mandiri PPNS ada 2 yaitu :

# SMPPNS-Reguler

Seleksi Masuk Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (SMPPNS-Reguler) merupakan pola penerimaan mahasiswa baru D3 dan D4 yang khusus diadakan di PPNS dengan proses seleksi melalui ujian tulis skolastik dan rekayasa.

# SMPPNS-Mandiri

Seleksi Masuk Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (SMPPNS-Mandiri) merupakan pola penerimaan mahasiswa baru D3 dan D4 yang khusus diadakan di PPNS, dengan proses seleksi melalui ujian tulis skolastik dan rekayasa.

Adapun perbedaan SMPPNS Reguler dan SMPPNS Mandiri terletak pada biaya UKT per semester.

Bagi yang ingin mendaftar SMPPNS Reguler dan SMPPNS Mandiri, silahkan saja daftarkan diri dengan mengujungi laman pmb.ppns.ac.id

4. Pendaftaran Online KIP Kuliah

KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan calon mahasiswa baru tersebut juga memiliki kemampuan atau prestasi yang baik saat masuk duduk di bangku Sekolah.

Untuk bisa mengikuti seleksi KIP Kuliah, maka calon peserta harus terdaftar di salah satu jalur seleksi masuk yang dibuka oleh PPNS yaitu jalur seleksi SNBP, SNBT, atau mandiri.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Semua informasi seperti persyaratan, jadwal pelaksanaan, tata cara pendaftaran dan lain-lain bisa dilihat pada alamat website tersebut atau bisa langsung dibaca pada artikel : Pendaftaran KIP Kuliah

5. Pendaftaran SMPPNS-S2

Selain menerima caloon mahasiswa baru jenjang D4 dan D3, PPNS juga membuka jalur penerimaan mahasiswa baru jenjang S2. Informasi lebih lanjut kunjungi laman pmb.ppns.ac.id


Itulah jalur-jalur seleksi masuk ke PPNS, untuk informasi lain yang belum disampaikan disini maka silahkan lihat langsung di website resmi PPNS di alamat pmb.ppns.ac.id. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi tersebut.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan tentang jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Pendaftaran Online PPNS Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Semoga informasi yang admin berikan bermanfaat bagi kalian dan bisa memberikan pencerahan.

Admin turut mendoakan semoga kalian lulus ujian seleksi. Terima kasih atas waktu yang diluangkan untuk membaca artikel ini. Sekian info dari admin dan salam sukses untuk semua.