Pendaftaran Online UHO 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

www.uho.ac.id 2024 -- Pendaftaran UHO Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, PMB UHO, Pendaftaran UHO Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru UHO, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UHO, Informasi Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UHO, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, KIP Kuliah, Pendaftaran Kuliah UHO, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri, Jalur Bidikmisi, Universitas Haluoleo, UHO, 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online UHO 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan untuk kalian yang ingin kuliah di UHO. Disini admin akan memberikan semua informasi mengenai jalur-jalur pendaftaran. Namun terlebih dahulu admin akan memberi gambaran awal mengenai UHO.


Sekilas Tentang Universitas Halu Oleo (UHO)

Universitas Halu Oleo atau yang disingkat dengan UHO adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri yang berada di Kendari, Sulawesi Tenggara, Indonesia, tepatnya di Kampus Hijau Bumi Tridarma, Anduonuhu, Kendari.

Universitas Halu Oleo (UHO) didirikan pada 19 Agustus 1981. Pada mulanya, Universitas Halu Oleo (UHO) merupakan Perguruan Tinggi Swasta yang bernama Universitas Haluoleo, yang disingkat UNHOL yang sekarang sudah menjadi Perguruan Tinggi Negeri.

Beberapa fakultas dan program studi di Universitas Halu Oleo (UHO) untuk jenjang Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana dijelaskan berikut ini :

Program Diloma UHO
  • Agroindustri Konsentrasi Aneka Palma D3, Kesekretariatan D3, Statistika D3, Agroindustri D3, Teknik Mesin D3, Teknik Elektro Konsentrasi Teknik Peralatan Medis D3, Teknik Sipil Konsentrasi Pertambangan D3, Teknik Mesin Konsentrasi Mesin-Mesin Pertanian D3, Agroindustri Konsentrasi Tata Boga D3, Teknik Mesin Konsentrasi Alat Berat D3, Agroindustri Konsentrasi Aneka Mete D3, Teknik Sipil Kosentrasi Survey Dan Pengukuran D3, Agroindustri Konsentrasi Kakao D3, Perpustakaan D3, Teknik Elektro D3, Agroindustri Konsentrasi Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian D3, Teknik Arsitektur D3, Teknik Elektro Konsentrasi Teknik Komputer D3, Teknik Sipil D3, Teknik Mesin Konsentrasi Perkapalan D3, Agroindustri Konsentrasi Kopi D3, Teknik Arsitektur Konsentrasi Tata Laksana Bangunan D3.

Program Sarjana UHO
  • Fakultas Pertanian terdiri dari Jurusan Agribisnis, Agroekoteknologi, dan Teknologi Pangan.
  • Fakultas Farmasi terdiri dari Program Studi Farmasi
  • Fakultas Ilmu Budaya terdiri dari Program Studi Antropologi, Sastra Inggris, Sastra Indonesia, Tradisi Lisan, Ilmu Sejarah, Arkeologi,
  • Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik (FISIP) : Jurusan Sosiologi terdiri dari Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial. Jurusan Administrasi Negara.  Jurusan Ilmu Komunikasi.
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis terdiri dari Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (IESP),  Jurusan Manajemen, dan Jurusan Akuntansi.
  • Fakultas Peternakan terdiri dari Program Studi Peternakan dengan 4 pilihan konsentrasi yaitu : Ilmu dan Teknologi Produksi Ternak (ITPT), Ilmu Nutrisi dan Teknologi Pakan (INTP), Agribisnis Peternakan, dan Ilmu dan Teknologi Hasil Ternak (ITHT).
  • Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) :Jurusan Matematika terdiri dari Program Studi Matematika dan D3 Statistika.  Jurusan Fisika. Jurusan Kimia. Jurusan Biologi.
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari Program Studi Pendidikan Dokter
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan : (a) Jurusan Budidaya Perairan. (b) Jurusan Manajemen Sumberdaya Perairan.
  • Fakultas Teknik terdiri dari Jurusan S1 Teknik Mesin, Jurusan S1 Teknik Elektro, Jurusan S1 Teknik Sipil, Jurusan S1 Teknik Arsitektur, Jurusan S1 Teknik Informatika
  • Fakultas Hukum terdiri dari Program Studi Hukum
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat : (a) Jurusan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan. (b) Jurusan Epidemiologi. (c) Jurusan Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Kerja. (e) Jurusan Promosi Kesehatan.
  • Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan terdiri dari Program Studi Ilmu Lingkungan, dan Ilmu Kehutanan.
  • Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (FKIP) :  (a) Jurusan Pendidikan MIPA terdiri dari Program Studi Pendidikan Matematika, Fisika, Biologi, dan Kimia. (b) Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial terdiri dari Program Studi Pendidikan Ekonomi, PPKN, Sejarah, dan Geografi. c) Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra terdiri dari Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra, Bahasa Inggris. (d) Jurusan Ilmu Pendidikan terdiri dari Program Studi Bimbingan Konseling, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Guru PAUD, Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi

Program Pascasarjana UHO
  • Ilmu Ekonomi S3, Ilmu Manajemen S3, Ilmu Pertanian S3, Administrasi Pembangunan S2, Agribisnis S2, Agronomi S2, Fisika S2, Ilmu Ekonomi S2, Ilmu Manajemen S2, Ilmu Perikanan S2, Kajian Budaya S2, Kimia S2, Magister Keguruan Bahasa S2, Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia S2, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial S2, Pendidikan IPA S2, Pendidikan Matematika S2, Pendidikan Seni S2, Perencanaan Dan Pembangunan Wilayah S2, Peternakan S2, dan Studi Manajemen S2

Itulah sedikit ulasan tentang Universitas Halu Oleo (UHO). Semoga bermanfaat untuk kita dalam menambah wawasan tentang Universitas Halu Oleo (UHO).

Baiklah kita lanjutkan kembali pembahasan kita tentang jalur-jalur pendaftaran online penerimaan calon mahasiswa baru Universitas Halu Oleo (UHO).

Pada tahun ini, Universitas Halu Oleo (UHO) membuka beberapa jalur pendaftaran online penerimaan calon mahasiswa baru. Jalur-jalur tersebut adalah jalur SNBP, jalur SNBT, dan jalur Mandiri. Melalui salah satu dari jalur tersebutlah kalan bisa masuk dan diterima menjadi mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO).

Dengan banyaknya jalur pendaftaran online penerimaan calon mahasiswa baru Universitas Haluoleo (UHO) tersebut, maka kalian mempunyai peluang yang cukup terbuka untuk bisa diterima di Universitas Halu Oleo (UHO). Tentunya harus lulus seleksi terlebih dahulu.

Untuk itu, kalian harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya dengan cara belajar bersama mengerjakan soal-soal seleksi masuk Universitas Halu Oleo (UHO) atau mengikuti try out bila ada.

Admin juga turut mendoakan kelancaran untuk kalian dalam mengerjakan soal seleksi pada waktu yang ditentukan. Semoga berhasil.

Sekarang, ayo kita simak pembahasan inti tentang jalur-jalur pendaftaran online penerimaan calon mahasiswa baru Universitas Halu Oleo (UHO) berikut ini.

A. Pendaftaran UHO Jalur SNBP

SNBP merupakan jalur seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang didasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Jalur SNBP diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang ingin melanjutkan pendidikan ke PTN yang akan lulus sekolah di tahun ini.

Proses pendaftaran SNBP diawali oleh rekomendasi yang diberikan oleh kepala sekolah untuk siswa-siswi terbaiknya. Setelah siswa mendapatkan rekomendasi, dapat melanjutkan proses pendaftaran hingga mencetak kartu peserta.

Untuk biaya pendaftaran SNBP telah ditanggung oleh pemerintah sehingga calon peserta tidak perlu mengeluarkannya lagi.

Untuk informasi lengkap SNBP seperti syarat pendaftaran, link pendaftaran, biaya pendaftaran, proses pendaftaran, jadwal pendaftaran, ketentuan pendaftaran, proses seleksi, pilihan PTN dan program studi, dan lain-lain silahkan baca pada artikel Pendaftaran Online SNBP atau Panduan Pendaftaran Online SNBP.

B. Pendaftaran UHO Jalur SNBT

UHO adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang membuka jalur seleksi SNBT. Seperti yang telah dijelaskan bawah SNBT merupakan jalur seleksi yang seleksinya didasarkan pada hasil tes dan / atau hasil tes dengan kriteria lain yang ditentukan PTN.

Bagi kalian siswa-siswi lulusan SMA / MA / SMK sederajat yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti jalur SNBP, maka dapat mengikuti seleksi jalur SNBT dengan mengikuti semua prosedur dan harus persyaratan yang ditentukan.

Jalur SNBT ini dibuka untuk para lulusan SMA / MA / SMK / sederajat yang telah lulus maksimal 3 tahun terakhir.

Serangkaian proses pendaftaran SNBT dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengakses laman resminya.

Biaya pendaftaran tidak gratis alias berbayar. Pembayaran dilakukan di bank yang telah bermitra dengan panitia SNBT.

Keterangan lain mengenai syarat pendaftaran, link pendaftaran, biaya pendaftaran SNBT, tanggal pendaftaran, jadwal seleksi, jumlah pilihan PTN dan program studi, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Panduan Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran Online SNBT

C. Pendaftaran UHO Jalur Mandiri

Jalur mandiri UHO dikenal dengan sebutan jalur SMMPTN yang merupakan jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang diadakan secara mandiri oleh UHO untuk menyeleksi calon mahasiswa baru melalui tes. 

Informasi mengenai tata cara pendaftaran, persyaratan, ketentuan lainnya dan lainnya bisa diakses pada situs resmi UHO yaitu spmb.uho.ac.id

D. Pendaftaran Online KIP Kuliah

KIP-Kuliah merupakan pengganti dari Bidikmisi yang merupakan bantuan biaya pendidikan bagi siswa SMA / MA / SMK / sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Untuk informasi persyaratan pendaftaran KIP Kuliah, cakupan KIP Kuliah, besarnya biaya KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, jadwal atau tanggal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, dan lain sebagainya dapat di baca pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah

E. Pendaftaran Online Diploma UHO

UHO juga menerima calon mahasiswa baru melalui jalur seleksi mandiri. Bagi yang akan kuliah jenjang Diploma di UHO, silahkan dapatkan informasinya di spmb.uho.ac.id 

F. Pendaftaran Pascasarjana UHO

Selain menerima mahasiswa baru jenjang Diploma dan Sarjana, UHO juga menerima mahasiswa baru jenjang Pascasarjana. Bagi yang ingin kuliah jenjang Pascasarjana di UHO, silahkan daftarkan diri mengikuti jalur seleksi yang dibuka. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di spmb.uho.ac.id


Itulah jalur-jalur seleksi masuk UHO yang bisa dipilih ketika mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UHO. Silahkan pilih dan ikuti sesuai minat dan bakatmu.

Penting!!! Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UHO

Silahkan Baca Juga Pendaftaran PTN di Sulawesi :

Demikianlah Informasi yang bisa admin berikan tentang Pendaftaran Online UHO (Universitas Halu Oleo). Semoga Informasi di atas bisa memberi pencerahan untuk semua. Admin turut mendoakan semoga lulus seleksi dan diterima menjadi mahasiswa Universitas Haluoleo (UHO). 

Terima kasih telah membaca artikel disini. Sekian dari admin dan salam sukses untuk kita semua. Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya dan sukai halaman web kami.