Selamat datang di web pendaftaranonline.web.id . Temukan dan baca informasi yang anda butuhkan di web ini. Temukan informasi anda dengan mengetik kata kunci pada kolom search yang tersedia. Sebagai contoh ketik saja "SNMPTN, SBMPTN, Bidikmisi, Dikti, PMDK-PN, SPMB, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, TNI-POLRI, Siswa Baru, dll". Jangan lupa untuk share informasi yang ada pada teman-teman yang membutuhkan dan sukai juga halaman web kami yang ada di sebelah kanan. Terima kasih atas kunjungan anda.

Pendaftaran Online UI 2017/2018

Pendaftaran Maba UI 2016/2017

penerimaan.ui.ac.id 2017 -- PMB UI, Pendaftaran UI Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru UI, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UI, Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascarjana UI, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur PPKB, Jalur Talentscouting, Jalur SIMAK UI, Jalur SIMAK - Kelas Internasional, Jalur Bidikmisi, Universitas Indonesia. UI, 2019. 2020.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online UI 2017/2018. Admin akan membahas satu per satu jalur-jalur masuk UI yang dibuka tahun ini. Namun sebelumnya, admin akan memberikan sedikit gambaran tentang Universitas Indonesia (UI).
http://www.pendaftaranonline.web.id/2015/03/pendaftaran-online-ui.html

Sekilah Tentang Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia (UI) adalah salah satu universitas terbaik di Indonesia. Kampus Universitas Indonesia (UI) terletak di perbatasan Depok dan Jakarta Selatan dan kampus lainnya terletak di Selamba, Jakarta Pusat, Indonesia.

Moto Universitas Indonesia (UI) dalam bahasa latin yaitu "Veritas, Probitas, Iustitia", sedangkan dalam bahasa Indonesia yaitu "Kebenaran, Kejujuran, Keadilan"

Pada awalnya, Universitas Indonesia (UI) didirikan oleh kolonial Belanda tahun 1849 dengan nama Universiteit Indonesia (UI). Pada tahun 1955, Undang-Undang No.10 tentang pengubahan kata universiteit, universitet, dan universitit disyahkan, sehingga sejak itu, Universiteit Indonesia secara resmi diubah namanya menjadi Universitas Indonesia (UI).

Fakultas dan Program Studi di Universitas Indonesia (UI) untuk semua program pendidikan yaitu :


Fakultas dan Program Studi di UI untuk Program Sarjana (S1)
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari Program Studi Pendidikan Dokter (Kedokteran)
  • Fakultas Kedokteran Gigi terdiri dari Program Studi Pendidikan Dokter Gigi (Kedokteran Gigi)
  • Fakultas Farmasi terdiri dari Program Studi Farmasi
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat terdiri dari Program Studi Kesehatan Masyarakat, Kesehatan Lingkungan, Gizi, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
  • Fakultas Ilmu Keperawatan terdiri dari Program Studi Keperawatan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam terdiri dari Program Studi Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Geografi, Geofisika, Geologi, dan Statistik
  • Fakultas Teknik terdiri dari Program Studi Teknik Metalurgi dan Material, Teknik Mesin, Teknik Perkapalan, Teknik Komputer, Teknik Kimia, Teknologi Bioproses, Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, Teknik Industri, Teknik Elektro, Arsitektur, dan Arsitektur Interior.
  • Fakultas Ilmu Komputer terdiri dari Program Studi Ilmu Komputer, dan Sistem Informasi
  • Fakultas Hukum terdiri dari Program Studi Ilmu Hukum
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis terdiri dari Program Studi Ilmu Ekonomi, Ilmu Ekonomi Islam, Bisnis Islam, Akuntansi, dan Manajemen
  • Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya terdiri dari Program Studi Sastra Arab, Sastra Jepang, Sastra Cina, Sastra Daerah Untuk Sastra Jawa, Bahasa dan Kebudayaan Korea, Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Belanda, Sastra Perancis, Sastra Jerman, Sastra Rusia, Arkeologi, Ilmu Sejarah, Filsafat, dan Ilmu Perpustakaan.
  • Fakultas Psikologi terdiri dari Program Studi Psikologi
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari Program Studi Kriminologi, Sosiologi, Kesejahteraan Sosial, Antropologi Sosial, Ilmu Komunikasi, Ilmu Politik, dan Ilmu Hubungan Internasional.
  • Fakultas Ilmu Administrasi terdiri dari Program Studi Administrasi Niaga (Bisnis), Administrasi Fiskal, dan Administrasi Negara

Fakultas dan Program Studi di UI untuk Program Magister (S2)
  • Fakultas Ilmu Komputer terdiri dari Program Studi Magister Ilmu Komputer, dan Magister Teknologi Informasi.
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis terdiri dari Program Studi Pascasarjana Ilmu Manajemen (PPIM), Pascasarjana Ilmu Akuntansi (PPIA), Magister Perencanaan dan Kebijakan Publik (MPKP), Magister Manajemen (MM), Magister Akuntansi - Pendidikan Profesi Akuntansi (MAKSI-PPAk),
  • Fakultas Farmasi terdiri dari Program Studi Magister Ilmu Farmasi, dan Magister Herbal.
  • Fakultas Hukum terdiri dari Program Studi Magister Ilmu Hukum, dan Magister Kenotariatan.
  • Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya terdiri dari Program Studi Magister Arkeologi, Magister Asia Tenggara, Magister Ilmu Filsafat, Magister Ilmu Perpustakaan & Informasi, Magister Ilmu Sejarah, Magister Ilmu Susastra, dan Magister Linguistik.
  • Fakultas Ilmu Keperawatan terdiri dari Program Studi Magister Manajemen dan Kepemimpinan Keperawatan, Magister Keperawatan Komunitas, Magister Keperawatan Maternitas, Magister Keperawatan Medikal Bedah, Magister Keperawatan Jiwa, dan Magister Keperawatan Anak.
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari Program Studi Magister Ilmu Biomedik, Magister Ilmu Gizi, Magister Ilmu Kedokteran Kerja, dan Magister Ilmu Pendidikan Kedokteran
  • Fakultas Kedokteran Gigi terdiri dari Program Studi Magister Ilmu Kedokteran Gigi Dasar, dan Magister Ilmu Kedokteran Gigi Komunitas.
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat terdiri dari Program Studi Magister Epidemiologi, Magister Kajian Administrasi Rumah Sakit, Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Magister Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam terdiri dari Program Studi Magister Matematika, Magister Ilmu Fisika, Magister Ilmu Bahan-Bahan/Material, Magister Ilmu Kimia, Magister Biologi, Magister Ilmu Kelautan, Magister Ilmu Geografi,
  • Fakultas Psikologi terdiri dari Program Studi Magister Sains terdiri dari Program Studi, Magister Terapan
  • Fakultas Teknik terdiri dari Program Studi Magister Ilmu Teknik Mesin, Magister Ilmu Teknik Metalurgi dan Material, Magister Ilmu Teknik Elektro, Magister Ilmu Teknik Sipil, Magister Ilmu Teknik Industri, Magister Ilmu Teknik Kimia, dan Magister Arsitektur

Fakultas dan Program Studi di UI untuk Program Doktoral (S3)
  • FASILKOM terdiri dari Program Studi Doktoral Ilmu Komputer
  • FE terdiri dari Program Studi Doktoral Ilmu Ekonomi (PPIE), Doktoral Ilmu Manajemen (PPIM), dan Doktoral Ilmu Akuntansi (PPIA).
  • FF terdiri dari Program Studi Doktoral Ilmu Farmasi
  • FH terdiri dari Program Studi Doktoral Ilmu Hukum
  • FIB terdiri dari Program Studi Doktoral Arkeologi, Doktoral Ilmu Filsafat, Doktoral Ilmu Sejarah, Doktoral Ilmu Susastra, Doktoral Linguistik.
  • FIK terdiri dari Program Studi Doktoral Keperawatan.
  • FK terdiri dari Program Studi Doktoral Kedokteran, Doktoral Gizi, Doktoral Biomedik.
  • FKG terdiri dari Program Studi Doktoral Kedokteran Gigi
  • FKM terdiri dari Program Studi Doktoral Epidemiologi, Doktoral Ilmu Kesehatan Masyarakat
  • FMIPA terdiri dari Program Studi Doktoral Ilmu Bahan-Bahan/Material, Doktoral Ilmu Kimia, dan Doktoral Ilmu Biologi.
  • FPsi terdiri dari Program Studi Doktoral Psikologi
  • FT terdiri dari Program Studi Doktoral Ilmu Teknik Mesin, Doktoral Ilmu Teknik Elektro, Doktoral Ilmu Teknik Metalurgi dan Material, Doktoral Ilmu Teknik Sipil, Doktoral Ilmu Teknik Kimia, Doktoral Ilmu Teknik Industri, dan Doktoral Arsitektur.

Program Vokasi/DIII di UI
  • Terdiri dari Program Studi Administrasi Asuransi dan Aktuaria, Administrasi Keuangan dan Perbankan, Administrasi Perpajakan, Administrasi Perkantoran dan Sekretari, Akuntansi, Komunikasi, Manajemen Perumahsakitan, Fisioterapi, Okupasi Terapi, Manajemen Informasi dan Dokumen, dan Pariwisata.

Fasilitas dan sarana olahraga yang dimiliki oleh UI antara lain:
  1. Stadion terdiri dari :  Lapangan sepak bola & futsal, Lompat jangkit, dan Atletik.
  2. Indoor (gymnasium) terdiri dari : Lapangan bulu tangkis, Lapangan bola voli, dan Lapangan bola basket.
  3. Outdoor terdiri dari : Lapangan hoki, 4 Lapangan tenis , 3 Lapangan basket , 3 Lapangan voli, dan 1 Lapangan bulu tangkis.

Itulah sekilas tentang Universitas Indonesia (UI), semoga bisa memberikan sedikit gambaran bagi anda yang berminat kuliah di Universitas Indonesia (UI). Oke langsung saja admin akan melanjutkan pembahasan tentang jalur-jalur seleksi masuk ke Universitas Indonesia (UI).

Pada tahun ini, UI membuka beberapa jalur seleksi yaitu jalur SNMPTN, jalur SBMPTN, jalur PPKB, jalur Talentscouting, jalur SIMAK UI, dan jalur SIMAK - Kelas Internasional dan Jalur Bidikmisi.

Kalian harus mempersiapkan diri dalam menghadapi persaingan untuk masuk ke Universitas Indonesia (UI) dengan cara belajar, mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan soal masuk UI tahun sebelumnya, dan jangan lupa berdoa. Admin juga turut mendoakan kelancaran untuk kalian dalam mengerjakan soal seleksi pada waktu yang ditentukan. Semoga berhasil.

Jalur masuk Universitas Indonesia (UI) yang berbeda-beda tidak akan mempengaruhi biaya selama menempuh pendidikan. Yang membedakan adalah program pendidikan. Perbedaan biaya antar program studi pada umumnya yaitu untuk program S1 Reguler bebas uang pangkal sedangkan untuk program vokasi (D3), S1 paralel dan S1 kelas paralel dibebankan uang pangkal ketika pertama kali diterima di UI. 

Ada beberapa bank yang bekerja sama dengan UI sehingga mahasiswa bisa melakukan pembayaran di bank. Bank-bank tersebut adalah BNI, Bank BRI, Bank Mandiri, Bank CIMB NIAGA, Bank Bukopin, Bank Permata, dan Bank BTN.

Baiklah, sekarang ayo simak pembahasan tentang jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru masuk Universitas Indonesia (UI) selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran UI Jalur SNMPTN

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan jalur seleksi nasional yang diperuntukkan bagi siswa yang mendapatkan undangan dari sekolah, tentunya siswa yang mendapatkna undangan adalah siswa yang berprestasi unggul.

Berikut ini Alur pendaftaran SNMPTN: 
  • Pengisian PDSS oleh kepala sekolah dan verifikasi oleh siswa di pdss.snmptn.ac.id
  • Selanjutnya Siswa login ke web.snmptn.ac.id untuk mendaftar SNMPTN
  • Siswa login menggunakan NISN dan Password yang telah diberikan oleh kepala sekolah.
  • Kemudian melakukan pengisian data pendaftaran, saat memilih Universitas, Pilih UI.
  • Setelah selesai, cetaklah kartu tanda peserta SNMPTN
  • Calon mahasiswa membawa kartu tersebut saat ujian.

Informasi lebih lengkap mengenai Pendaftaran SNMPTN seperti mekanisme pendaftaran, persyaratan, biaya, panduan pendaftaran, jumlah PTN yang dipilih, nama-nama PTN, serta jadwal pelaksanaan, dan lain-lain pada artikel berikut ; Pendaftaran SNMPTN atau Pendaftaran Online SNMPTN atau Panduan Pendaftaran Online SNMPTN

2. Pendaftaran UI Jalur SBMPTN

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah jalur seleksi nasional yang seleksinya dilakukan secara bersamaan di Indonesia. Semua siswa bisa mengikuti jalur seleksi ini dengan ketentuan bahwa siswa paling lama lulus 3 tahun terakhir dihitung dari tahun ini.

Berikut ini tata cara pendaftaran online SBMPTN
  • Calon peserta membuka alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id untuk melakukan pengisian data pendaftaran awal
  • Kemudian cetak bukti pendaftaran awal dan bawa bukti tersebut untuk membayar biaya pendaftaran di Bank BNI
  • Setelah membaya akan mendapatkan KAP dan PIN.
  • Calon peserta login kembali ke alamat SBMPTN menggunakan KAP dan PIN yang didapatkan setelah membayar di Bank.
  • Selanjutnya melakukan pengisian data lengkap, saat memilih Universitas, Pilih UI.
  • Setelah selesai, cetak kartu tanda peserta SBMPTN
  • Kemudian membawa kartu tersebut dan perlengkapan lainnya saat ujian berlangsung.

Informasi.!!! Calon mahasiswa pendaftar bidikmisi SNMPTN tidak harus membayar di Bank untuk mendapatkan KAP dan PIN, karena KAP dan PIN bisa didapatkan setelah mengisi data pendaftaran Bidikmisi di laman bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id

Informasi lebih lanjut mengenai panduan pendaftaran lengkap, persyaratan, kriteria penerimaan, kelompok ujian, materi ujian, nama-nama PTN pilihan lainya, jadwal pelaksanaan, serta ketentuan lainnya dapat anda baca pada artikel Panduan Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran Online SBMPTN

3. Pendaftaran UI Jalur PPKB

PPKB adalah jalur undangan yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan ke program pendidikan Vokasi dan S1 Paralel. Hanya sekolah yang mendapat undangan dari Universitas Indonesia (UI) yang bisa mendaftarkan siswanya.

Calon peserta hanya bisa memilih satu program studi Vokasi atau satu program S1 Paralel pada jalur PPKB UI. Calon peserta yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti jalur ini, maka  masih memiliki kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa UI dengan mendaftarkan diri melalui jalur ujian tertulis SIMAK UI.

4. Pendaftaran UI Jalur Talentscouting

Talentscouting sama seperti jalur PPKB yang merupakan jalur undangan. Talentscouting yaitu jalur undangan yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke program S1 Kelas Internasional.

Hanya sekolah yang mendapat undangan dari Universitas Indonesia (UI) yang bisa mendaftarkan siswanya. Calon mahasiswa hanya bisa memilih satu program S1 Kelas Internasional yang ada di Universitas Indonesia (UI) melalui jalur Talentscouting ini.

Calon peserta lain yang tidak mendapat kesempatan mengikuti jalut Talentscouting masih bisa mendaftarkan diri melalui jalur ujian tertulis SIMAK UI Kelas Internasional. Pendaftaran dilakukan secara online melalui website UI. 

5. Pendaftaran UI Jalur SIMAK UI

SIMAK adalah jalur masuk UI melalui ujian tertulis. Jalur ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang ingin memilih program pendidikan S1 Reguler, S1 Paralel dan Vokasi.

Ada persyaratan batasan tahun lulus untuk calon mahasiswa S1 Reguler, sedangkan untuk calon mahasiswa S1 Paralel dan Vokasi tidak ada batasan tahun lulus.

Calon mahasiswa bisa memilih jurusan/program studi yang ada di S1 Reguler, S1 Paralel dan Vokasi sekaligus hanya dengan satu kali ujian. Penjelasan selengkapnya bisa dibaca di website UI.

6. Pendaftaran UI Jalur SIMAK-Kelas Internasional

SIMAK-Kelas Internasional adalah jalur masuk UI yang dilaksanakan melalui ujian tertulis. Materi yang diujikan menggunakan bahasa inggris. Tidak ada persyaratan berupa batasan tahun lulus untuk calon mahasiswa yang mendaftar jalur ini. Info lebih lengkap bisa didapatkan di website UI.

7. Pendaftaran UI Jalur Bidikmisi

Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi. Pendaftaran dilakukan secara online melalui situs resmi bidikmisi yaitu bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id

Informasi lebih lanjut seperti panduan pendafyatan, persyaratan, jadwal, dan lain-lain bisa di baca pada situs tersebut atau bisa dibaca pada Panduan Pendaftaran Bidikmisi atau Pendaftaran Online Bidikmisi

8. Pendaftaran Mahasiswa Baru Jenjang S2, S3, dan Profesi

Pada tahun ini, UI kembali membuka pendaftaran mahasiswa baru jenjang S2, S3, dan Profesi melalui jalur SIMAK UI. Pendaftaran dilakukan secara online di web UI dengan membuat akun pada website tersebut.

Dokumen Pendaftaran
  • Dokumen persyaratan pendaftaran yang harus dilengkapi pada akun pendaftaran adalah:
  • Salinan (copy) ijasah yang telah dilegalisir.*pdf 
  • Salinan (copy) transkrip nilai yang telah dilegalisir.*pdf
  • Dokumen tambahan untuk pendaftar lulusan perguruan tinggi luar negeri adalah :
  • Surat penyetaraan ijasah dari Dikti.*pdf
  • Dokumen tambahan untuk pendaftar jenjang S3
  • Rekomendasi dari 2 guru besar atau ahli bidang ilmu terkait.*pdf 
  • Praproposal/Statement of Intent/Abstrak/Rencana Penelitian.

Untuk calon mahasiswa S3 (Doktor), diharapkan agar mengkonsultasikan program studi yang dipilih mengenai kedua hal tersebut.

Penting !!! Semua pendaftaran penerimaan mahasiswa baru UI jalur mandiri, baik jenjang Diploma, Sarjana, Pascasarjana, Program Spesialis, dilakukan secara online melalui website resmi Universitas Indonesia (UI) yaitu https://penerimaan.ui.ac.id/ . Untuk jadwal lengkap jalur SIMAK UI dapat dilihat disini.

Silahkan Baca Juga :

Demikianlah Informasi yang dapat admin sampaikan kali ini tentang Pendaftaran Online UI. Semoga informasi tersebut bisa membantu anda dalam mendapatkan informasi jalur pendaftaran online masuk UI.

Admin turut mendoakan semoga anda lulus seleksi melalui jalur yang anda ikuti. Terima kasih admin ucapkan karena anda telah membaca di web ini. Jangan lupa untuk selalu berkunjung setiap hari. Sekian dari admin, dan salam sukses untuk kita semua. 

Ayo turut berbagi info ini pada teman lainnya dan ayo sukai juga halaman web kami.