Pendaftaran Online UNAND 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

pmb.unand.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNAND Online, PMB UNAND, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNAND, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNAND, Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UNAND, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, Pendaftaran Kuliah UNAND, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri, Kelas Berbahasa Inggris, Pendaftaran Universitas Andalas, UNAND, 2026. 2027.

Pada kesempatan ini, admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online UNAND 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri Disini admin akan memberikan informasi berkaitan dengan hal tersebut. Namun sebelumnya, admin akan memberikan sekilas informasi tentang Universitas Andalas (UNAND) .

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekilas Tentang Universitas Andalas (UNAND)

Universitas Andalas atau yang disingkat dengan UNAND adalah salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia yang terletak di Kota Padang, Sumatera Barat, Indonesia. Universitas Andalas (UNAND) ini merupakan universitas tertua di luar Pulau Jawa. 

Universitas Andalas (UNAND) didirikan pada 23 Desember 1955 yang di resmikan oleh Wakil Presiden Mohammad Hatta. Motto dari Universitas Andalas (UNAND) adalah Untuk Kedjajaan Bangsa.

Universitas Andalas (UNAND) mempunyai beberapa Fakultas dan Program Studi, yaitu :
  • Fakultas Hukum terdiri dari Program Studi Ilmu Hukum, Pendidikan Profesi Kenotariatan
  • Fakultas Pertanian terdiri dari Program Studi Agribisnis, Agroekoteknologi, ilmu tanah
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari Program Studi Pendidikan Dokter Umum, Psikologi, Kebidanan
  • Fakultas MIPA terdiri dari Program Studi Kimia, Matematika, Fisika, Biologi
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari Program Studi Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi, program DIII (Pemasaran, Akuntansi, Kesekretariatan & Manajemen Perkantoran, Keuangan Perbankan, Keuangan Negara & Daerah), Kampus II Payakumbuh (Manajemen, Ekonomi Pembangunan)
  • Fakultas Peternakan terdiri dari Program Studi Ilmu Peternakan, Ilmu Peternakan (Kampus III Dharmasraya)
  • Fakultas Ilmu Budaya terdiri dari Program Studi Ilmu Sejarah, Sastra Inggris, Sastra Indonesia, Sastra Jepang, Sastra Minangkabau
  • Fakultas Teknik terdiri dari Program Studi Teknik Industri, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Lingkungan, Teknik Sipil
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari Program Studi Ilmu Politik, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi
  • Fakultas Farmasi terdiri dari Program Studi Farmasi, Pendidikan Profesi Apoteker
  • Fakultas Teknologi Pertanian terdiri dari Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Teknik Pertanian 
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat terdiri dari Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat
  • Fakultas Teknologi Informasi terdiri dari Program Studi Sistem Komputer, Sistem Informasi
  • Fakultas Keperawatan terdiri dari Program Studi Ilmu Keperawatan
  • Fakultas Kedokteran Gigi terdiri dari Program Studi Pendidikan Dokter Gigi

Itulah sekilas tentang Universitas Andalas (UNAND). Semoga bisa menambah pengetahuan anda tenang Universitas Andalas (UNAND). Baiklah kita kembali kepembahasan awal membahas jalur-jalur masuk Universitas Andalas (UNAND).

Pada tahun ini, Universitas Andalas (UNAND) membuka beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP, SNBT, jalur Mandiri, dan jalur masuk pascasarjana.

Dengan adanya beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru tersebut, maka anda mempunyai kesempatan yang besar untuk bisa diterima menjadi mahasiswa Universitas Andalas (UNAND). Namun perlu diingat, untuk mencapai harapan tersebut harus melewati proses seleksi yang cukup kompetitif. Oleh karena itu, anda harus mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi seleksi.

Langsung saja kita akan membahas satu per satu jalur masuk atau jalur penerimaan mahasiswa baru Universitas Andalas (UNAND). Simak pembahasannya dengan baik berikut ini.

1. Pendaftaran Online UNAND Jalur SNBP

SNBP adalah jalur seleksi nasional yang merupakan jalur undangan untuk menjaring siswa yang mempunyai prestasi akademik yang baik menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Jalur SNBP ini diperuntukkan bagi siswa-siswi lulusan SMA / MA / SMK / sederajat yang akan lulus dari sekolah pada tahun ini. Bagi yang berminat silahkan daftarkan diri.

Pendaftarannya diawali oleh kepala sekolah yang merekomendasikan siswa-siswinya dengan mengisi data di PDSS. Setelah itu siswa dapat melanjutkan pendaftaran hingga mencetak kartu peserta.

Biaya pendaftaran gratis karena telah ditanggung oleh pemerintah.

Informasi mengenai persyaratan, link pendaftaran, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah PTN, mekanisme seleksi, jumlah PTN pilihan, kriteria penerimaan, nama-nama PTN, dan lainnya bisa dibaca pada artikel Panduan Pendaftaran SNBP atau Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran Online UNAND Jalur SNBT

UNAND adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang membuka jalur seleksi SNBT. Seperti yang telah dijelaskan bawah SNBT merupakan jalur seleksi yang seleksinya didasarkan pada hasil UTBK dan / atau kriteria lain yang ditentukan PTN.

Calon peserta yang ingin mendaftar SNBT tidak harus berprestasi unggul. Dengan kata lain bahwa siswa yang tidak mempunyai kemampuan akademik yang baik pun bisa mengikuti seleksi jalur ini.

Jalur SNBT ini dibuka untuk para lulusan SMA / MA / SMK / sederajat yang telah lulus maksimal 3 tahun terakhir.

Pendaftaran dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengakses laman resminya.

Biaya pendaftaran perlu dikeluarkan untuk bisa mengikuti jalur SNBT ini.

Informasi mengenai persyaratan, jadwal pelaksanaan, link pendaftaran, tata cara pendaftaran, kriteria penerimaan, jumlah pilihan PTN, jumlah pilihan program studi, nama-nama PTN lain, dan lainnya bisa dibaca pada Panduan Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran Online SNBT

3. Pendaftaran Kelas Berbahasa Inggris (KBI) UNAND

Kelas Berbahasa Inggris (KBI) Universitas Andalas adalah kelas khusus yang dirancang sesuai kurikulum program regular yang proses pembelajarannya dilakukan menggunakan bahasa Inggris kecuali untuk mata kuliah tertentu seperti Agama, Bahasa Indonesia, dan Kewarganegaraan (Pancasila).

Proses pembelajaran dilaksanakan dalam kelas kecil sehingga memungkinkan pembelajaran interaktif yang berpusat pada mahasiswa.

Persyaratan yang harus dipenuhi:
  1. Jika dinyatakan lulus wawancara harus bersedia mengikuti KBI, bila tidak lulus wawancara akan ditempatkan di kelas regular.
  2. Calon mahasiswa bersedia membayar UKT (uang kuliah tunggal) level 7 (tertinggi) pada masing-masing Program studi.

Untuk mengisi formulir pendaftaran bisa di lihat di akses di laman http://pmb.unand.ac.id/. Dengan mengisi, melengkapi dan mengirimkan formulir tersebut, maka anda tunduk kepada peraturan dan persyaratan pelaksanaan kelas Berbahasa Inggris di Universitas Andalas.

4. Pendaftaran Online KIP Kuliah

Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan memiliki prestasi akademik yang baik.

Namun kini Bidikmisi telah berubah menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah). Sama seperti Bidikmisi, KIP-Kuliah juga merupakan program bantuan biaya pendidikan bagi mahasiswa dari keluarga kurang mampu dan memiliki prestasi akademik yang baik.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Keterangan lain seperti persyaratan pendaftaran KIP Kuliah, cara pendaftaran KIP-Kuliah, tanggal pendaftaran KIP-Kuliah, tanya jawab tentang KIP-Kuliah, ketentuan pengajuan KIP-Kuliah, dan hal penting lainnya dapat ditemukan pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah.

5. Pendaftaran UNAND Jalur SMMPTN Barat

Bagi calon mahasiswa yang ingin masuk ke UNAND, maka dapat menempuh jalur seleksi SMMPTN Barat. Jalur ini hampir sama dengan jalur SNBT dari segi persyaratan dan pola seleksinya. Untuk mengetahui lebih rinci, silahkan baca langsung pada artikel berikut : Pendaftaran SMMPTN Barat.

6. Pendaftaran Online Program Pascasarjana UNAND

Seperti tahun sebelumnya, UNAND kembali membuka seleksi Program Pascasarjana. Babgi anda yang berminat kuliah jenjang pascasarjana di UNAND, silahkan daftarkan diri anda sesuai dengan prosedur pendaftaran yang dijelaskan berikut ini.

Prosedur Pendaftaran :
  1. Calon mahasiswa membayar biaya pendaftaran sesuai ketentian di Bank Syariah Mandiri untuk mendapatkan PIN pendaftaran Program Pascasarjana Universitas Andalas.
  2. Calon mahasiswa login ke alamat http://pmb.unand.ac.id mengunakan Nama Pengguna (username) dan PIN yang sudah diperoleh dari Bank Syariah Mandiri untuk mengisi formulir pendaftaran online.
  3. Calon mahasiswa wajib mengunggah (upload) hasil scan dokumen dalam format PDF yang diperlukan untuk proses seleksi yaitu: Ijazah dan Transkrip Akademik S1 (untuk S2), Ijazah dan Transkrip Akademik S1 dan S2 (untuk S3), Sertifikat TOEFL bagi calon mahasiswa yang pernah mengikuti test (bersifat opsional).
  4. Setelah melengkapi formulir, calon mahasiswa akan memperoleh Nomor Ujian dengan informasi lokasi dan jadwal seleksi.
  5. Bukti pendaftaran harus dicetak sebanyak 3 rangkap dan dibawa saat ujian.
  6. Selain itu, calon mahasiswa wajib mengirimkan dokumen pengisian formulir berikut ini melalui pos atau diantar langsung dalam satu amplop yang diberi kode Nomor Ujian di bagian pojok kanan atas amplop ke Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Pascasarjana, Gedung Pascasarajana – Kampus Universitas Andalas Limau Manis – Padang 25163
  7. Pengiriman berkas paling lambat 5 hari setelah melakukan selesai proses pendaftaran online yang berupa :
    • Formulir A (hasil cetakan formulir online) untuk yang sudah melengkapi data (asli dan foto copy).
    • Dokumen Formulir Permohonan BPPDN (asli dan foto copy) – untuk calon penerima beasiswa BPPDN.
    • Dokumen Formulir Permohonan NON-BPPDN (Asli dan Photo Copy) – untuk calon mahasiswa dengan biaya sendiri atau beasiswa institusi lainnnya selain BPPDN.
    • Surat Rekomendasi dari 3 nama pemberi rekomendasi (asli dan foto copy).
    • Foto copy Ijazah dan Transkrip yang sudah dilegalisir sebanyak 2 Rangkap.
    • Proposal lengkap, Formulir By Research (rencana studi paripurna, surat kesediaan promotor), foto copy publikasi ilmiah (khusus untuk program doktor jalur penelitian) (asli dan foto copy).
    • Khusus untuk Program Studi S2 Kebidanan agar menyertakan Nilai TOEFL.375 dan melampirkan Surat Keterangan sudah bekerja sebagai dosen tetap Minimal 2 tahun masa kerja.
  8. Pengumuman hasil seleksi dikirim melalui e-mail dan juga bisa diihat di laman http://pmb.unand.ac.id
  9. Jika data dan dokumen pendaftaran yang diberikan tidak lengkap dan tidak sesuai dengan dokumen asli pada saat proses registrasi, maka Pendaftar dianggap gugur, serta uang pendaftaran tidak bisa dikembalikan.
  10. Untuk pelamar melalui jalur beasiswa dikti, dipersilahkan untuk mendaftar di http://beasiswa.dikti.go.id/bppdn

Itulah jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh UNAND. Silahkan anda ikuti salah satu jalur yang anda minati.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNAND

Baca juga :

Demikianlah informasi yang bisa admin berikan kali ini tentang Pendaftaran Online UNAND (Universitas Andalas). Semoga bermanfaat dalam memberi pencerahan untuk anda semua. Semoga anda lulus seleksi melalui jalur yang anda pilih.

Terima kasih admin ucapkan kepada pengunjung setia web ini yang telah meluangkan waktu untuk membaca artikel disini. Semoga kesuksesan dapat kita raih semuda mungkin. Aamiin. 

Ayo turut berbagi informasi ini atau share pada teman lainnya yang membutuhkan dan sukai juga halaman web kami.