Pendaftaran Online UNJA 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

slm.unja.ac.id 2024 -- PMB UNJA, Pendaftaran UNJA Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNJA, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNJA, Informasi Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UNJA, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, KIP Kuliah, Pendaftaran Kuliah UNJA, Jalur SNBP, SNBT, SLM UNJA, Jalur Mandiri, Jalur SPMB / UMB PT, Bidikmisi, Universitas Jambi, UNJA, 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online UNJA 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Disini admin akan memberikan informasi yang penting tersebut. Namun sebelumnya, admin terlebih dahulu akan memberikan sedikit informasi mengenai Universitas Jambi (UNJA).

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekilas Tentang Universitas Jambi (UNJA)

Universitas Jambi atau yang disingkat UNJA adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang terletak di kota Jambi, Jambi, Indonesia.

Universitas Jambi (UNJA) didirikan pada 23 Maret 1963 yang dikukuhkan dengan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 25 Tahun 1963 tanggal 23 Maret 1963. Jenjang pendidikan yang dapat ditempuh di Universitas Jambi adalah jenjang Diploma, Sarjana, Magister, Doktor, dan Profesi.

Universitas Jambi (UNJA) pada saat ini telah memiliki beberapa fakultas dan program studi, yaitu :
Program Diploma dan Sarjana
  • Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan terdiri dari Program Studi Pendidikan Dokter, Keperawatan, Psikologi, Ilmu Kesehatan Masyarakat.
  • Fakultas Hukum terdiri dari Program Studi Ilmu Hukum
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis terdiri dari Program Studi IESP, Manajemen, Akuntansi, Ekomoni Islam
  • Fakultas Pertanian terdiri dari Agribisnis, Agroekoteknologi, Agribisnis, Agroekoteknologi, Agrobisnis
  • Fakultas Peternakan terdiri dari Ilmu Peternakan (S2), Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan, Peternakan, Kesehatan Hewan, eknologi Hasil Perikanan
  • Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdiri dari Program Studi Administrasi Pendidikan, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Pendidikan Guru Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - Unggulan, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Ekonomi, Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendididkan Biologi, Pendidikan Kimia , Pendidikan Fisika, dan Pendidikan Matematika
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari Program Studi Ilmu Pemerintah, Manajeman, Pemerintah (D-IV), Ilmu Politik
  • Fakultas Ilmu Budaya terdiri dari Arkeologi, Bahasa Arab, Ilmu Sejarah, Sastra Indonesia, Seni Drama Tari dan Musik.
  • Fakultas Sains dan Teknologi terdiri dari Biologi, Farmasi, Fisika, Kimia, Matematika, Sistem Informasi, Teknik Geofisika, Teknik Geologi, Teknik Pertambangan, Analis Kimia, Kimia Industri
  • Fakukultas Teknologi Pertanian terdiri dari Teknologi Industri Pertanian, Teknologi Hasil Pertanian, Teknik Pertanian
  • Fakultas Teknik terdiri dari Teknik Sipil, Teknik Elektro, dan Teknik Kimia
  • Fakultas Sains dan Teknologi terdiri dari Program Studi Analisis Kimia, Biologi, Farmasi, Fisika, Kimia, Kimia Industtri, Matematika, Sistem Informasi, Teknik Geofisika, Teknik Geologi, Teknik Pertambangan.

Program Pascasarjana UNJA
  • Doktor Ilmu Hukum, Doktor Ilmu Ekonomi, Doktor Kependidikan, Doktor Pendidikan MIPA, Magister Managemen, Magister Ilmu Ekonomi, Magister Ilmu Akutansi, Magister Ilmu Hukum, Magister Agribisnis, Magister Ilmu Peternakan, Magister Teknologi Pendidikan, Magister Pendidikan IPA, Magister Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Manajemen Pendidikan, Magister Ilmu Lingkungan, Magister Ilmu Kenotariatan, Magister Pendidikan Dasar, Magister Pendidikan Kimia, Magister Pendidikan Matematika, Magister Pendidikan  Ekonomi, Magister Agroekoteknologi, Magister Kependudukan dan Ketenaga Kerjaan

Program Profesi
  • Profesi Dokter, dan Profesi Ners

Itulah sedikit informasi tentang Universitas Jambi (UNJA). Semoga bisa memberikan gambaran awal serta bisa menambah wawasan kita semua. Baik kita kembali melanjutkan pembahasan kita tentang jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Universitas Jambi (UNJA).

Pada tahun ini, Universitas Jambi (UNJA) membuka beberapa jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP, jalur SNBT, jalur SMM PTN Barat, jalur mandiri UNJA, dan jalur masuk pascasarjana.  Jalur-jalur tersebutlah yang akan menjadi jalan bagi kalian untuk bisa masuk ke UNJA.

Dengan jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru tersebut, maka kalian mempunyai kesempatan yang besar untuk bisa diterima menjadi mahasiwa Universitas Jambi (UNJA). 

Namun, perlu diingat bahwa harus mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi agar bisa masuk dengan lancar sesuai harapan. Persiapan yang bisa dilakukan bisa berupa belajar mengerjakan soal-soal seleksi masuk Universitas Jambi (UNJA).

Ayo kita simak pembahasan masing-masing jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Universitas Jambi (UNJA) berikut ini.

A. Pendaftaran UNJA Jalur SNBP

SNBP adalah jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang mana seleksinya didasarkan pada prestasi akademik siswa terutama dilihat dari nilai raport dan portofolio akademik.

Selain harus berprestasi, jalur SNBP ini hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA / MA / SMK yang akan lulus dari sekolah pada tahun ini.

Untuk bisa mengikuti seleksi SNBP, maka harus bisa memenuhi persyaratan dan juga mengikuti tahapan pendaftaran sesuai ketentuan.

Pendaftaran SNBP secara online yang dimulai oleh kepala sekolah yang melakukan pengisian data siswa dan sekolah di PDSS. Setelah siswa diajukan oleh kepala sekolah, siswa dapat melanjutkan proses pendaftaran SNBP sampai selesai (mencetak kartu peserta).

Biaya pendaftaran SNBP tidak perlu dipikirkan karena biayanya gratis.

Untuk informasi lainnya seperti informasi persyaratan pendaftaran, link pendaftaran, jadwal atau tanggal pendaftaran, prinsip seleksi, tahapan seleksi, pilihan PTN dan program studi, biaya pendaftaran, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online SNBP atau Panduan Pendaftaran Online SNBP.

B. Pendaftaran UNJA Jalur SNBT 

UNJA adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang membuka jalur seleksi SNBT. Seperti yang telah dijelaskan bawah SNBT merupakan jalur seleksi yang seleksinya didasarkan pada hasil tes dan / atau hasil tes dengan kriteria lain yang ditentukan PTN.

Bagi kalian siswa-siswi lulusan SMA / MA / SMK sederajat yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti jalur SNBP, maka dapat mengikuti seleksi jalur SNBT dengan mengikuti semua prosedur dan harus persyaratan yang ditentukan.

Lulusan SMA / MA / SMK / sederajat yang bisa mengikuti jalur SNBT ini adalah lulusan 3 tahun terakhir.

Biaya pendaftaran perlu dikeluarakan karena tidak gratis.

Proses pendaftaran SNBT dilakukan sendiri oleh calon peserta. Link pendaftaran SNBT dapat di cek pada artikel lanjutan dibawah ini.

Keterangan lain mengenai syarat pendaftaran, biaya pendaftaran SNBT, tanggal pendaftaran, jadwal seleksi, jumlah pilihan PTN dan program studi, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Panduan Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran Online SNBT

3. Pendaftaran UNJA Jalur SMMPTN Barat

UNJA juga membuka jalur SMMPTN Barat untuk menyeleksi calon mahasiswa barunya. Jalur SMM-PTN Barat ini hampir sama dengan jalur SNBT dari segi persyaratan dan pola seleksinya. Untuk mengetahui lebih jelas, silahkan baca pada artikel berikut : Pendaftaran SMMPTN Barat.

4. Pendaftaran KIP Kuliah

Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau disingkat KIP-Kuliah kini telah menggantikan Bidikmisi. Sama seperti Bidikmisi bahwa KIP-Kuliah adalah pemberian bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarag kurang mampu secara ekonomi yang memiliki kemampuan akademik baik.

Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan secara daring (online) melalui laman resminya di kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Untuk informasi lebih lanjut mengenai KIP Kuliah ini seperti syarat pendaftaran KIP Kuliah, tanggal pendaftaran KIP Kuliah,  tahapan pendaftaran KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, pertanyaan & solusi seputar KIP Kuliah, dan lainnya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah

5. Pendaftaran UNJA Jenjang Vokasi

Bagi kalian yang ingin di kuliah pada program Vokasi, maka bisa memilih jalur yang dibuka, yaitu jalur undangan dan jalur ujian tulis

Jalur undangan hanya bisa diikuti oleh siswa yang pernah berprestasi saat masih di bangku sekolah, baik itu prestasi akademik ataupun prestasi non akademik.

Sedangkan jalur ujian tulis bisa diikuti oleh semua calon peserta asalkan memenuhi persyaratan.

Informasi lebih lanjut mengenai jalur masuk vokasi dapat diakses melalui pmb.unja.ac.id

6. Pendaftaran Program Pascasarjana UNJA

Bagi yang ingin mendaftarkan diri di jenjang pascasarjana UNJA maka bisa memilih jalur ini saat pendaftaran dibuka.

Calon peserta membaca persyaratan dan ketentuan pendaftaran serta melakukan pendaftaran online dengan membuka laman pmb.unja.ac.id. Ikuti instruksi pendaftaran dengan cermat.


Itulah jalur-jalur seleksi masuk UNJA yang bisa dipilih ketika mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UNJA. Silahkan pilih dan ikuti sesuai minat dan bakatmu.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNJA

Baca juga :

Demikian Informasi yang bisa admin berikan kali ini tentang Pendaftaran Online UNJA (Universitas Jambi). Semoga informasi tersebut bisa memberikan panduan dalam melakukan pendaftaran online Universitas Jambi (UNJA). Jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan baik.

Admin turut mendoakan semoga kalian lulus seleksi melalui jalur yang diikuti. Terima kasih admin ucapkan untuk kalian yang selalu setia untuk mengunjungi web ini dan membaca informasi yang tersedia disini. 

Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan. Sekian dari admin dan salam sukses untuk kita semua.