Pendaftaran Online UNDIP 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

pmb.undip.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNDIP Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran UNDIP Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNDIP, PMB UNDIP, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNDIP, Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UNDIP, Pendaftaran Kuliah UNDIP, Jalur SNBT, Jalur SNBT, Jalur UM UNDIP, KIP Kuliah, Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Diponegoro, UNDIP, 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi jalur Pendaftaran Online UNDIP 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan untuk kalian semua yang ingin mendaftarkan diri agar bisa kuliah di UNDIP. Langsung saja simak informasinya berikut.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

A. Sekilas Tentang Universitas Diponegoro (UNDIP)

1. Sejarah Singkat

Universitas Diponegoro atau yang disingkat dengan UNDIP merupakan salah satu Universitas Negeri yang berada di kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Universitas Diponegoro (UNDIP) didirikan pada 9 Januari 1957.

Kata "Diponegoro" diambil dari nama seorang Pahlawan Nasional Republik Indonesia yaitu pangeran Diponegoro.

Sejarah singkat pendiriannya sebagai berikut :

Sekitar awal tahun 1950-an masyarakat Jawa Tengah pada umumnya dan masyarakat Semarang khususnya, membutuhkan kehadiran sebuah universitas. Pada waktu itu di Provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta hanya memiliki Universitas Gadjah Mada yang berstatus sebagai universitas negeri.

Sementara jumlah lulusan sekolah menengah atas di Jawa Tengah bagian utara yang akan melanjutkan pendidikan tinggi di universitas makin meningkat, namun karena masih sangat terbatasnya universitas yang ada, maka tidak semua lulusan dapat tertampung.

Menyadari akan kebutuhan pendidikan tinggi yang semakin mendesak, kemudian dibentuk Yayasan Universitas Semarang dengan Akte Notaris R.M. Soeprapto No. 59 tanggal 4 Desember 1956 sebagai langkah awal didirikannya universitas di Semarang dengan nama Universitas Semarang yang secara resmi dibuka pada tanggal 9 Januari 1957, dengan Presiden Universitas yang pertama adalah Mr. Imam Bardjo.

Pada Dies Natalis ketiga Universitas Semarang pada tanggal 9 Januari 1960, Presiden Republik Indonesia, Ir. Soekarno mengganti nama Universitas Semarang menjadi Universitas Diponegoro. Perubahan nama ini merupakan penghargaan terhadap Universitas Semarang atas prestasinya dalam pembinaan bidang pendidikan tinggi di Jawa Tengah.

Keputusan Presiden ini kemudian dikukuhkan dengan Peraturan Pemerintah No 7 Tahun 1961 dan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan No 101247/UU tanggal 3 Desember 1960.

2. Motto

Motto dari Universitas Diponegoro (UNDIP) adalah Become an excellent research university.

2. Lokasi dan Kontak UNDIP

Lokasi kampus Universitas Diponegoro (UNDIP) tersebar di Kota Semarang dan Jepara. Di kota semarang beralamatkan di Jl. Prof. Soedarto, SH Tembalang, Semarang, 1269.

Kontak :
(024) 7460024 ext 101 atau 128, Fax (024) 7460027
rektor@live.undip.ac.id, sesrektor@undip.ac.id
Humas : (024) 7465403, Fax (024) 7465404
humas@undip.ac.id – humas@live.undip.ac.id

3. Fakultas dan Program Studi yang Ada di UNDIP

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Diponegoro (UNDIP) terdiri dari :
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari Program Studi Kedokteran Umum, Keperawatan, Gizi, Dokter Spesialis, Magister Biomedik, Magister Ilmu Gizi, dan Magister Keperawatan.
  • Fakultas Teknik  terdiri dari Program Studi Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Perancangan Wilayah Dan Kota, Teknik Industri, Teknik Lingkungan, Teknik Perkapalan, Teknik Geologi, Teknik Geodesi, dan Teknik Siskom.
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan terdiri dari Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Oseanografi, Manajemen Sumberdaya Perairan, Budidaya Perairan, Teknologi Hasil Perikanan, dan Ilmu Kelautan
  • Fakultas Sains dan Matematika terdiri dari Program Studi Matematika (S1, S2), Biologi (S1, S2), Kimia (S1, S2), Fisika (S1, S2), Statistika (S1), Informatika (S1), dan Insel (D3).
  • Fakultas Ekonomika dan Bisnis terdiri dari Program Studi Manajemen (S1 dan S2), IESE (S1), Akuntansi (S1), Doktor Ilmu Ekonomi (S3), MAKSI (S2), dan MIESP (S2).
  • Fakultas  Peternakan dan Pertanian. Jurusan Peternakan terdiri dari D3 MUP, S1 Peternakan, S2 MIT, dan S3 DIP. Jurusan Pertanian terdiri dari S1 Agribisnis, S1 Agroekotek, S1 Tek Pangan, dan S2 Agribisnis.
  • Fakultas Hukum terdiri dari Program Studi Ilmu Hukum (S1, S2, S3), dan Kenotariatan (S2).
  • Fakultas Ilmu Budaya terdiri dari Magister Susastra (S2), Magister Linguistik (S2), Magister Ilmu Sejarah (S2), Sastra Inggris (S1), Sastra Indonesia (S1), Sejarah (S1), Ilmu Perpustakaan (S1), Sastra Jepang (S1), Antropologi Sosial (S1), Kearsipan (D3), Bahasa Inggris (D3), Perpustakaan dan Informasi (D3), dan Bahasa Jepang (D3)
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari Doktor Administrasi Publik (S3), Doktor Ilmu Sosial (S3), Magister Ilmu Administrasi (S2), Magister Ilmu Komunikasi (S2), Magister Ilmu Politik (S2), Ilmu AdministrasiPublik (S1), Ilmu Pemerintahan, Ilmu Komunikasi (S1), Administrasi Bisnis (S1), Hubungan Internasional (S1). Hubungan Masyarakat (D3), Pertanahan (D3), Keuangan Daerah (D3), Manajemen Pemasaran (D3), Administrasi Perkantoran (D3).
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat terdiri dari Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (S1), Biostatistik dan Kependudukan (S1), Epidemiologi dan Penyakit Tropik (S1), Kesehatan Lingkungan (S1), Keselamatan dan Kesehatan Kerja (S1), Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku (S1), Magister Promosi Kesehatan (S2), Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat (S2), Magister Kesehatan Lingkungan (S2), dan Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat (S3).
  • Fakultas Psikologi terdiri dari Program Studi Psikologi.

Itulah sedikit gambaran awal mengenai Universitas Diponegoro (UNDIP). Semoga saja bisa menambah wawasan terutama yang akan kuliah di UNDIP. Kita akan melanjutkan kembali pembahasan kita mengenai jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru Universitas Diponegoro (UNDIP). 

Universitas Diponegoro (UNDIP) pada tahun ini membuka beberapa jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Ujian Mandiri (UM) S1, Jalur PSSB D3, Jalur UM D3, Jalur UM Pascasarjana UNDIP, dan lainnya. Jalur-jalur itulah yang akan menjadi jalan masuk untuk yang ingin kuliah di Universitas Diponegoro (UNDIP).

Dengan banyaknya jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru Universitas Diponegoro (UNDIP) tersebut, maka kalian memiliki peluang / kesempatan yang begitu besar untuk bisa diterima menjadi mahasiswa Universitas Diponegoro (UNDIP).

Tentu saja kalian harus mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin agar keinginan untuk diterima menjadi mahasiswa disana bisa terwujudkan. Persiapan yang bisa dilakukan misalnya mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan seleksi yang akan diikuti.

B. Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru UNDIP Jenjang Diploma, Sarjana, & Pascasarjana

Setelah membaca ulasan di atas, sekarang langsung saja kita akan membahas secara rinci jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Universitas Diponegoro (UNDIP) yang telah disebutkan di atas. Simak informasinya berikut ini.

1. Pendaftaran UNDIP Jalur SNBP

SNBP atau yang disebut juga jalur undangan nasional merupakan jalur seleksi yang diperuntukkan bagi siswa yang berprestasi di sekolah. Siswa-siswi tersebut selalu menunjukkan prestasinya di setiap semester. Prestasinya dapat dilihat dari nilai rapor dan prestasi lainnya yang relevan.

Untuk siswa-siswi yang tidak bisa mengikuti jalur SNBP, maka bisa mengikuti jalur seleksi lainnya. Misal jalur SNBT atau jalur UM UNDIP.

Proses pendaftaran SNBP diawali oleh rekomendasi yang diberikan oleh kepala sekolah untuk siswa-siswi terbaiknya. Setelah siswa mendapatkan rekomendasi, dapat melanjutkan proses pendaftaran hingga mencetak kartu peserta.

Untuk biaya pendaftaran SNBP telah ditanggung oleh pemerintah sehingga calon peserta tidak perlu mengeluarkannya lagi.

Informasi lebih terperinci mengenai tata cara pendaftaran, link pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, daftar perguruan tinggi lainnya, jumlah PTN yang bisa dipilih, serta ketentuan lain bisa dibaca pada artikel Pendaftaran SNBP atau Panduan Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran UNDIP Jalur SNBT

SNBT merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan menggunakan hasil tes saja atau hasil tes dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN.

Lulusan 3 tahun terakhir tingkatan SMA sederajat dapat mendaftar di jalur SNBT ini. Tentunya juga harus memenuhi persyaratan lainnya juga.

Pendaftaran SNBT dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengakses laman resminya.

Biaya pendaftaran perlu dikeluarkan untuk bisa mengikuti jalur SNBT ini.

Informasi lebih lanjut mengenai tata cara pendaftaran lengkap, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, kelompok ujian, materi ujian, jenis ujian, dan lain-lainnya bisa dibaca pada Panduan Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran Online SNBT

3. Pendaftaran Online KIP Kuliah

UNDIP adalah salah satu Universitas Negeri yang menyalurkan program bantuan dana pendidikan yang disebut dengan Bidikmisi. Bidikmisi merupakan bantuan dana pendidikan untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu.

Namun kini Bidikmisi telah berubah menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah). Perubahan ini tentu memberikan perubahan pula pada prosedur pendaftaran dan ketentuan lainnya.

Sama seperti Bidikmisi, KIP-Kuliah juga merupakan program bantuan biaya pendidikan bagi mahasiswa dari keluarga kurang mampu.

Untuk lebih jelasnya, pelajari lebih lanjut mengenai prosedur, persyaratan, dan lainnya terkait pendaftaran KIP-Kuliah, atau datang ke sekolah untuk menanyakan apa saja yang disyaratkan untuk bisa mendapatkan bantuan biaya pendidikan melalui KIP-Kuliah.

Bacaan selengkapnya mengenai KIP Kuliah telah dirangkum disini : Pendaftaran KIP Kuliah

4. Pendaftaran UNDIP Jalur Mandiri

Jalur Mandiri UNDIP merupakan jalur seleksi mandiri masuk UNDIP yang diselenggarakan oleh Universitas Diponegoro (UNDIP) di bawah tanggung jawab Rektor Universitas Diponegoro.

Jalur Mandiri UNDIP terdiri dari beberapa jalur, yaitu:
  1. Jalur Mandiri untuk Program Sarjana (S1) merupakan jalur seleksi mandiri untuk meneriman calon mahasiswa baru jenjang Sarjana UNDIP. Ada beberapa jalur mandiri S1, yaitu :
    • Jalur UM UNDIP, jalur SBUB, jalur IUP, jalur LD3 Kemenkes
  2. Jalur Mandiri untuk Program Diploma III (D-III) merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru jenjang Diloma UNDIP. Jalur Mandiri untuk Program D-III terdiri dari :
    • Jalur PSSB, jalur UM Vokasi, jalur PDSKU, jalur SBUB, dan jalur kerja sama PT PLN.
  3. Seleksi Program Pascasarjana (S2 / S3) UNDIP dilakukan untuk menerima calon mahasiswa baru jenjang pascasarja UNDIP. 
  4. Seleksi Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) UNDIP, dilakukan dengan 1 gelombang di Semester (Bulan November-Desember) dan Semester Ganjil (Februari-Maret) melalui Jalur Ujian Mandiri PPDS.

Semua pendaftaran dilakukan secara online dengan mengakses situs resmi pendaftaran jalur mandiri UNDIP yaitu pmb.undip.ac.id . Berikut penjelasan terkait jalur mandiri UNDIP.

# Jalur Mandiri UNDIP Program Sarjana

1. Jalur SBUB UNDIP

Universitas Diponegoro (UNDIP) membuka peluang menjadi calon mahasiswa baru program Sarjana S1 dan S1 Terapan melalui Jalur Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB).

a. Persyaratan Mengikuti Seleksi :
  1. Lulusan 3 tahun terakhir dari SMA / MA / SMK / MAK
  2. Memiliki nilai rata-rata rapor per semester 7 (Skala 10).
  3. Lulus Ujian Nasional bagi lulusan tahun ini
  4. Tidak pernah tinggal kelas
  5. Pilihan program studi sesuai persyaratan asal SMA / MA / SMK / MAK

b. Tata Cara Mendaftar :
  1. Peserta membuat user pendaftaran menggunakan email di https://pendaftaran.undip.ac.id/
  2. Peserta mengisi data diri dan memilih jalur pilihan SBUB
  3. Peserta mengisi data prestasi / sertifikat dan upload dalam format pdf
  4. Membayar biaya pendaftaran pada bank yang ditunjuk (Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, Bank Mandiri) 
  5. Peserta mencetak kartu pendaftaran,
  6. Melihat pengumuman hasil seleksi berkas secara online,
  7. Datang ke lokasi ujian bagi peserta yang lolos seleksi berkas / administrasi

c. Persyaratan berkas yang harus dikumpulkan bagi yang lolos berkas / administrasi :
  1. Pas Foto terakhir berwarna (latar belakang warna biru), ukuran 4×6, sebanyak 1 lembar
  2. Fotokopi Ijazah / SKL yang dilegalisir (bagi lulusan 3 tahun terakhir)
  3. Fotokopi SKHUN yang dilegalisir (bagi lulusan tahun kemarin dan tahun kemarinnya lagi)
  4. Fotokopi Identitas diri KTP / SIM / Kartu Pelajar
  5. Fotokopi Rapor :
    • bagi lulusan tahun kemarin dan tahun kemarinnya lagi, fotokopi rapor semester 1 - 6 yang dilegalisir 
    • bagi lulusan tahun ini fotokopi rapor semester 1 - 4
  6. Kartu Tanda Peserta Pendaftaran
  7. Fotokopi sertifikat prestasi yang dilegalisir oleh Lembaga Penyelenggara Kegiatan / Dinas Provinsi / Dinas Kabupaten / Kepala Sekolah
  8. Berkas dimasukkan dalam stofmap dengan warna:
    • Merah (Jalur Olahraga),
    • Biru (Jalur Seni),
    • Hijau (Jalur Tahfidz),
    • Kuning (Jalur Sains dan Teknologi),
    • Kuning (Jalur Sosial Humaniora)
  9. Stofmap bagian depan ditempeli kartu tanda peserta yang bisa diperoleh saat cetak kartu pendaftaran

d. Pilihan Kelompok Program Studi :
  • Peserta dapat memilih 2 program studi sesuai bidang Jurusan dari SMA / MA jurusan IPA / IPS / Bahasa dan SMK Setara IPA, IPS atau Bahasa

e. Tingkat / Level Kejuaraan :
  • Kejuaraan Tingkat Internasional = Juara 1, Juara 2, Juara 3
  • Kejuaraan Tingakt Nasional = Juara 1, Juara 2, Juara 3
  • Kejuaraan Tingkat Provinsi = Juara 1

f. Lembaga Penyelenggara
  • Jalur Olah Raga : Komite Olah Raga Nasional seperti : BOPI, PSSI, PBSI, PERPANI, FORKI, PERBASI, BAPOMI, BAPOPSI, IPSI, PELTI, PRSI, PTMSI, PB TI,
  • Jalur Seni, Saintek, Sosial dan Humaniora: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, Kementerian Pariwisata, Kementerian Pemuda dan Olah Raga, Kementerian lain yang relevan, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) serta Kompetisi Santek, Soaial dan Humaniora yang dilaksanakan oleh UNDIP,
  • Jalur Tahfidz: Pondok Pesantren

2. Jalur Ujian Mandiri UNDIP (UM-UNDIP)

Universitas Diponegoro (UNDIP) membuka peluang menjadi calon mahasiswa baru program Sarjana S1 melalui Jalur Seleksi Ujian Mandiri (UM).

a. Persyaratan mengikuti seleksi ini :
  1. Siswa lulusan SMA / SMK / MA atau yang sederajat, lulus ujian persamaan, atau yang setara lainnya (paket C) yang telag lulus 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.
  2. Memenuhi persyaratan sesuai program studi yang dituju,
  3. Usia maksimal 22 tahun,

b. Tata Cara Mendaftar :
  1. Registrasi pendaftaran menggunakan email di https://pendaftaran.undip.ac.id/
  2. Peserta mengisi data diri dan memilih jalur pilihan UM S1
  3. Membayar biaya pendaftaran pada bank yang ditunjuk (Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, Bank Mandiri)
  4. Datang ke lokasi ujian sesuai tanggal pelaksanaan dengan membawa identitas diri dan FC ijazah yang dilegalisir / ijazah asli (hanya ditunjukkan kepada pengawas saat ujian)

c. Pilihan Kelompok Program Studi :
  • SAINTEK : 2 pilihan program studi
  • SOSHUM : 2 pilihan program studi

d. Materi Ujian :

Materi Ujian Saintek :
  • Umum (Logika, Verbal, Numerik, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia), Akademik (Matematika Saintek, Fisika, Kimia dan Biologi)
Materi Ujian Soshum :
  • Umum (Matematika Dasar, Logika, Verbal, Numerik, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia), Akademik (Sejarah, Sosiologi, Ekonomi, Geografi dan Kewarganegaraan)

e. Pilihan Lokasi Ujian :
  • Semarang
  • Jepara
  • Yogyakarta
  • Jakarta
  • Bekasi
  • Tangerang
  • Cibubur
  • Bandung
  • Surabaya
  • Medan
  • Pekanbaru
  • Palembang
  • Banjarbaru
  • Batam
  • Bandar Lampung
  • Balikpapan
  • Denpasar
  • Makasar
  • Padang
  • Banda Aceh

3. Seleksi Jalur IUP

Universitas Diponegoro membuka Kelas Internasional (International Undergraduate Program-IUP) Jalur Sarjana S1.

a. Persyaratan 
  1. Siswa lulusan SMA / SMK / MA atau yang sederajat, lulus ujian persamaan, atau yang setara lainnya (paket C) yang merupakan lulusan 3 tahun terakhir
  2. Memenuhi persyaratan kesehatan fisik dan tidak buta warna yang ditetapkan oleh program studi,
  3. Usia maksimal 20 tahun,

b. Tata Cara Mendaftar 
  1. Peserta membuat user pendaftaran menggunakan email di https://pendaftaran.undip.ac.id/
  2. Peserta mengisi data diri dan memilih jalur pilihan UM IUP
  3. Membayar biaya pendaftaran pada bank yang ditunjuk (Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, Bank Mandiri)
  4. Datang ke lokasi ujian sesuai tanggal pelaksanaan dengan membawa identitas diri dan FC ijazah yang dilegalisir / ijazah asli

c. Pilihan Program Studi
  • SMA / MA / SMK jurusan IPA : Teknik Kimia, Kimia, Biologi, Manajemen, Ekonomi, Akuntansi, Ilmu komunikasi, Administrasi Bisnis, Hukum, dan Sastra Inggris
  • SMA / MA / SMK jurusan IPS / Bahasa : Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi, Ilmu komunikasi, Administrasi Bisnis, Hukum, dan Sastra Inggris

d. Materi Ujian
  • Tes Potensi Skolastik (TPS) : Figural, Verbal, Logika, Numerik
  • Diponegoro English Test (Prediction Toefl)
  • Wawancara dalam bahasa inggris

4. Seleksi Jalur Lanjutan D3 Kerjasama Kemenkes RI

Pembukaan Pendaftaran Ujian Mandiri S1 dari Lanjutan Diploma III Kerjasama Kementerian Kesehatan RI dan RSUP dr. Kariadi Semarang, dengan tata cara sebagai berikut :

1. Peserta menyerahkan berkas ke Prodi / Fakultas yang dituju, meliputi :
  1. Pengumuman SK Kemenkes tentang peserta lolos seleksi,
  2. Ijazah D3 dan Transkrip yang dilegalisir sebanyak rangkap 2,
  3. Pas foto 4x6 sebanyak 2 lembar,
  4. Surat Usulan / Rekomendasi dari pimpinan bekerja,
  5. Berkas pendaftaran untuk Keperawatan dikumpulkan ke Program Studi Keperawatan Fakultas Kedokteran, dan untuk kesehatan masyarakat dikumpulkan ke Bag Akademik Fakultas Kesehatan Masyarakat Kampus Undip Tembalang

2. Peserta mendapatkan kode PIN dari Panitia Universitas

3. Peserta melakukan pembayaran pendaftaran melalui Bank yang ditunjuk meliputi : Bank BNI, Bank BTN, Bank BRI, Bank Mandiri dengan tata cara pembayaran sesuai pada aturan pembayaran, cek tata cara pembayaran

4. Peserta melakukan pengisian data online dan pencetakan kartu ujian

5. Peserta datang ke lokasi ujian di Gedung ICT sesuai jadwal


Itulah informasi mengenai jalur mandiri jenjang S1 UNDIP. Informasi lengkap yang dibutuhkan bisa dilihat di situs tersebut atau baca pada artikel berikut :

# Jalur Mandiri UNDIP Program Diploma

1. Seleksi Jalur PSSB Vokasi

Penerimaan Seleksi Siswa Berpotensi (PSSB) adalah jalur penerimaan Sarjana Terapan pada Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro melalui prestasi nilai raport.

a. Persyaratan mengikuti seleksi
  1. Siswa siswi yang lulus tahun kemarin dan yang akan lulus tahun ini
  2. Akreditasi sekolah minimal B
  3. Mengikuti persyaratan sesuai pada program studi tertentu

b. Tata Cara Pendaftaran
  1. Peserta membuat user pendaftaran menggunakan email di https://pendaftaran.undip.ac.id/
  2. Peserta mengisi data diri dan memilih jalur pilihan PSSB
  3. Membayar biaya pendaftaran pada bank yang ditunjuk (Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, Bank Mandiri)
  4. Peserta mengisi data raport dan prestasi lain melalui sistem
  5. Peserta mencetak hasil formulir pendaftaran online,
  6. Peserta mengumpulkan berkas pendaftaran ke panitia berupa :
    • Nilai raport semester 1 - 5 (yang akan lulus tahun ini) dan raport semester 1 - 6 (lulusan tahun kemarin)
    • Formulir hasil isian pendaftaran online,
    • Daftar prestasi peringkat kelas,
    • Sertifikat kejuaran atau prestasi lainnya jika ada,
    • Semua dokumen dimasukkan dimasukkan kedalam stofmap biru (SMA / MA IPA), stofmap merah (SMA / MA IPS), stofmap kuning (SMA / MA bahasa) dan stofmap hijau (SMK),
    • Pada lembar stofmap masin-masing individu ditempel Alamat Pelamar / Siswa,
    • Semua dokumen dikirim secara kolektif oleh pihak sekolah ke sekretariat PMB UNDIP disertai Alamat Sekolah

2. Seleksi Jalur Ujian Mandiri (UM) Vokasi

Universitas Diponegoro (UNDIP) membuka peluang menjadi calon mahasiswa baru program Sarjana Terapan melalui Jalur Seleksi Ujian Mandiri (UM) Vokasi.

a. Persyaratan mengikuti seleksi
  1. Siswa lulusan SMA / SMK/  MA atau yang sederajat, lulus ujian persamaan, atau yang setara lainnya (paket C) yang merupakan lulusan 3 tahun terakhir
  2. Memenuhi persyaratan sesuai program studi yang dituju,
  3. Usia maksimal 22 tahun

b. Tata Cara Pendaftaran
  1. Peserta membuat user pendaftaran menggunakan email di laman pendaftaran.undip.ac.id
  2. Peserta mengisi data diri dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti
  3. Membayar biaya pendaftaran pada bank yang ditunjuk (Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, Bank Mandiri) 
  4. Peserta mengisi data portofolio (Raport Smt 1-5 dan atau Prestasi lain) melalui aplikasi,
  5. Peserta wajib melakukan upload Surat Pernyataan setelah ditandatangai oleh peserta dan orang tua (dalam format pdf)
  6. Cetak kartu peserta dan mengikuti ujian sesuai jadwal

            c. Pilihan Kelompok Program Studi
            1. SAINTEK : 2 pilihan program studi (7 Prodi Sarjana Terapan Saintek)
            2. SOSHUM : 2 pilihan program studi (4 Prodi Sarjana Terapan Soshum)

            3. Seleksi Jalur Ujian Mandiri PSDKU Program Vokasi

            Program Studi Di luar Kampus Utama Universitas Diponegoro merupakan Program Studi yang dilaksanakan di luar kampus utama dan akan dibuka melalui Seleksi Ujian Mandiri PSDKU Program Vokasi. Program ini akan dilaksanakan di Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Batang, Kabupaten Demak dan Kabupaten Rembang.

            a. Persyaratan mengikuti seleksi 
            1. Siswa lulusan SMA / SMK / MA atau yang sederajat, lulus ujian persamaan, atau yang setara lainnya (paket C) 
            2. Memenuhi persyaratan kesehatan fisik dan tidak buta warna yang ditetapkan oleh program studi,
            3. Usia maksimal 25 tahun,

            b. Tata Cara Mendaftar 
            1. Mendaftar online di alamat pendaftaran.undip.ac.id
            2. Membayar biaya pendaftaran pada bank yang ditunjuk (Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, Bank Mandiri), 
            3. Mengisi formulir pendaftaran online dan mencetak kartu ujian

            c. Pilihan Kelompok Program Studi
            1. SAINTEK : 2 pilihan program studi (ada 2 prodi Vokasi Saintek)
            2. SOSHUM : 2 pilihan program studi (ada 5 prodi Vokasi Soshum)

            d. Pilihan Program Studi

            1. Kampus Kabupaten Pekalongan : Jl. Mandurejo Kajen (sebelah timur alun alun Kantor Bupati) Pekalongan
            • D3 Akuntansi 
            • D3 Perencanaan Wilayah dan Kota

            2. Kampus Kabupaten Batang : Eks Gedung Kantor Dinas Pertanian Batang, Kota Batang Jl. Dr. Wachidin No.56, 03, Kauman, Kec. Batang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah
            • D3 Hubungan Masyarakat
            • D3 Administrasi Pajak

            3. Kampus Kabupaten Demak : Jl. Sultan Trenggono Demak Jawa Tengah 59511 (eks Akademi Komunitas Negeri Demak) 
            • Sarjana Terapan / D4 Akuntansi Perpajakan
            • Sarjana Terapan / D4 Rekayasa Perancangan Mekanik

            4. Kampus Kabupaten Rembang : Jl. Panglima Sudirman No.2, Pandean, Tasikagung, Kec. Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah 
            • D3 Manajemen 

             e. Pilihan Lokasi Ujian
            • Lokasi Ujian Pekalongan di Kampus Undip Pekalongan 
              • Jl. Mandurejo Kajen (sebelah timur alun alun Kantor Bupati) Pekalongan
            • Lokasi Ujian Batang di Kampus Undip Batang
              • Eks Gedung Kantor Dinas Pertanian Batang, Kota Batang Jl. Dr. Wachidin No.56, 03, Kauman, Kec. Batang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah 
            • Lokasi Ujian Demak di Kampus Undip Demak
              • Jl. Sultan Trenggono Demak Jawa Tengah 59511 (eks Akademi Komunitas Negeri Demak)
            • Lokasi Ujian Rembang di Kampus Undip Rembang
              • Jl. Panglima Sudirman No.2, Pandean, Tasikagung, Kec. Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah
            • Lokasi Ujian Semarang akan dilaksanakan di Gedung ICT Kampus Undip Tembalang, Jl Prof Sudarto SH Tembalang Semarang

            4. Seleksi Jalur Ujian Mandiri D-IV Kerjasama PT PLN

            Program kerjasama ini diselenggarakan dengan ketentuan :
            • Program pendidikan jenjang Diploma IV dengan pilihan program studi Teknik Listrik Industri (akan menangani sistem kontrol, distribusi, transmisi, gardu induk, dll). Jumlah mahasiswa yang diterima 35 orang.
            • Pendidikan dilaksanakan maksimal 8 semester dengan sistem gugur, evaluasi dilaksanakan secara periodik.
            • Bagi mahasiswa yang tidak lulus evaluasi dinyatakan gugur haknya sebagai mahasiswa program kerjasama dan dapat disertakan di kelas / perkuliahan reguler dengan ketentuan tidak ada pengembalian biaya pendidikan yang telah dibayarkan.
            • Mahasiswa wajib melaksanakan praktek kerja (OJT) di instalasi milik PT. PLN (Persero) maksimal selama 6 bulan dengan memperoleh uang saku per bulan.
            • Biaya seluruh program pendidikan ditanggung oleh mahasiswa.
            • Diberikan Beasiswa dan bantuan penyusunan Tugas Akhir / Skripsi untuk Mahasiswa berprestasi.
            • Mahasiswa program ini setelah lulus pendidikan, langsung DITERIMA SEBAGAI PEGAWAI PT. PLN (Persero) dengan jabatan Assistant Engineer di seluruh unit PT. PLN seluruh indonesia setelah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh PT. PLN (Lolos tes kesehatan, IPK lebih besar atau sama dengan 2,75 dan lain-lain) serta menjalani Diklat Prajabatan.

            a. Pendaftaran
            1. Mendaftaran online di alamat pendaftaran.undip.ac.id
            2. Membayar biaya pendaftaran pada bank yang ditunjuk (Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, Bank Mandiri), 
            3. Mengisi formulir pendaftaran online dan mencetak kartu ujian

            b. Persyaratan 
            1. Lulusan SMA / MA jurusan IPA dan SMK setara IPA tahun kemarin atau yang akan lulus pada tahun ini.
            2. Usia maksimal 21 tahun.
            3. Belum menikah dan sanggup tidak menikah selama pendidikan
            4. Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna total maupun sebagian dan bebas narkoba.

            c. Tahapan Seleksi
            1. TKA Saintek : Matematika IPA, Fisika, Kimia
            2. Tes Potensi Skolastik : Bhs Indonesia, Bhs Inggris, Verbal, Numerik, Figural
            3. Tes Psikologi (PT PLN),
            4. Tes Kesehatan dan Wawancara (PT PLN)

            d. Lokasi Ujian : Kampus UNDIP Tembalang Semarang

            5. Seleksi Jalur Ujian Mandiri SBUB

            Universitas Diponegoro (UNDIP) membuka peluang menjadi calon mahasiswa baru program Sarjana S1 Terapan melalui Jalur Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB).

            Informasi ini sudah dijelaskan di bagian Jalur Mandiri UNDIP Program Sarjana di atas. Silahkan cek kembali.

            Itulah informasi mengenai pendaftaran program vokasi UNDIP. Infomasi lebih lanjut cek di website resmi.

            # Pendaftaran Program Pasca Sarjana dan Program Profesi

            Seleksi / Ujian Mandiri Pasca Sarjana (S2 / S3) dan Program Profesi UNDIP diselenggarakan secara terpadu di sistem pendaftaran UM yang dikelola oleh Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2MP) Universitas Diponegoro.

            a. Tata Cara Mendaftar
            1. Peserta menyiapkan dokumen ijazah, transkrip dan berkas lain dalam format pdf
            2. Peserta membuat akun menggunakan email di alamat https://pendaftaran.undip.ac.id/
            3. Peserta mengisikan data diri dan upload dokumen dalam format pdf
            4. Membayar biaya pendaftaran menggunakan Billkey / Kode bayar yang diperoleh saat daftar online pada bank yang ditunjuk (Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, Bank Mandiri) 
            5. Peserta melakukan cetak kartu ujian
            6. Datang ke lokasi ujian sesuai tanggal pelaksanaan dengan membawa identitas diri dan fotokopi ijazah / ijazah asli dan transkrip yang dilegalisir (hanya ditunjukkan kepada pengawas saat ujian)

            b. Materi Ujian
            1. Tes Potensi Akademik (TPA),
            2. Tes Bahasa Inggris,
            3. Tes Substansi Keilmuan (berupa wawancara / tes tertulis prodi)

            c. Persyaratan Mengikuti Program Magister 
            1. Lulusan Sarjana Strata 1
            2. IPK Minimal 2,75 dari perguruan tinggi terakreditasi (kecuali Magister Kenotariatan dan Linguistik yang mensyaratkan IPK 3,0)
            3. Ijazah dan transkrip
            4. Rekomendasi Akademik dari 2 orang (boleh pembimbing S1, D4 / atasan langsung dengan kualifikasi min. S2) (format sdh disediakan)
            5. Surat Penyataan kesanggupan menyelesaikan studi (format sdh disediakan)
            6. Surat keterangan jaminan pembayaran biaya studi (bermaterai 6000) (format sdh disediakan)
            7. Surat ijin dari instansi kerja (bagi yang sudah bekerja) (format sdh disediakan)
            8. Proyeksi / Gambaran umum tentang penelitian tesis yang akan diambil

            * Ketentuan Syarat Tambahan untuk masing-masing Program Studi dapat dilihat di pmb.undip.ac.id 

            d. Persyaratan mengikuti Program Doktor
            1. Lulusan Perguruan tinggi terakreditasi
            2. Ijazah dan transkrip S1 dan S2 terakreditasi B (lulusan luar negeri ijazah harus disetarakan oleh Ditjen DIKTI)
            3. Surat izin dari lembaga / instansi kerja untuk melanjutkan studi doktor, bagi yang sudah bekerja (format sdh disediakan)
            4. Surat Penyataan kesanggupan menyelesaikan studi (format sdh disediakan)
            5. Surat keterangan jaminan pembayaran biaya studi (bermaterai 6000) (format sdh disediakan)

            * Ketentuan Syarat Tambahan untuk masing-masing Program Studi dapat dilihat di pmb.undip.ac.id

            #Penerimaan Program PMDSU-UNDIP

            Program Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul Universitas Diponegoro (PMDSU-UNDIP), bertujuan untuk mengembangkan mutu pendidikan dan menghasilkan lulusan doktor bermutu tinggi serta meningkatkan kualitas dan sitasi publikasi internasional dari Universitas Diponegoro.

            a. Persyaratan Promotor dan Co-Promotor


            1. Bidang STEM (Sains, Teknologi, Engineering, dan Matematika):
            • Promotor : h-index minimal 5, Lektor Kepala
            • Co-Promotor : h-index minimal 3, Lektor
            2. Bidang Sosial Ekonomi Humanoria:
            • Promotor  : h-index minimal 2, Lektor Kepala
            • Co-Promotor : h-index minimal 1, Lektor

            b. Persyaratan Calon Mahasiswa
            1. Lulusan S1 Universitas Diponegoro;
            2. IPK ≥ 3,25;
            3. TOEFL ≥ 500;
            4. Masa Studi Maksimum 4,5 tahun.

            Pendaftaran secara online dilakukan di alamat https://pendaftaran.undip.ac.id/


            Itulah informasi mengenai pendaftaran program pascasarjana UNDIP. Infomasi lebih lanjut cek di website resmi.

            Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNDIP di atas.


            Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Online UNDIP Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Mudah-mudahan informasi tersebut bisa memberi pencerahan untuk kalian semua dalam mendapatkan informasi jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru Universitas Diponegoro (UNDIP).

            Admin turut mendoakan semoga kalian bisa lulus seleksi melalui jalur yang diikuti. Admin juga mengucapkan terima kasih kepada pengunjung setia web ini yang telah memberikan waktunya untuk membaca artikel disini. 

            Mari kita berdoa semoga jalan menuju kesuksesan bisa terbuka selebar-lebarnya. Aamiin. Ayo turut berbagi atau share info ini pada teman lainnya.