Pendaftaran Online UNRAM 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

pmb.unram.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNRAM Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran UNRAM Mataram, PMB UNRAM, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNRAM, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNRAM, Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UNRAM, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, KIP Kuliah, Pendaftaran Kuliah UNRAM, Jalur SNBP, SNBT, Jalur Mandiri, Bidikmisi, Universitas Mataram, UNRAM, 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online UNRAM 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan untuk para lulusan SMA sederajat yang ingin mendaftar di UNRAM. 

Disini admin akan memberikan informasi berkaitan dengan jalur-jalur pendaftaran mahasiswa baru UNRAM. Namun sebelumnya, admin akan memberikan sedikit informasi mengenai kampus UNRAM.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekilas tentang Universitas Mataram (UNRAM)

Universitas Mataram atau disingkat UNRAM adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri yang diselenggarakan di bawah Kementerian Pendidikan Nasional yang terletak di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Universitas Mataram (UNRAM) didirikan pada 1 Oktober 1962. Universitas Mataram (UNRAM) memiliki dua lokasi kampus yaitu kampus lama yang terletak di jalan Pendidikan Mataram dan kampus baru terletak  di jalan Majapahit.

Program-program pendidikan yang diselenggarakan di Universitas Mataram (UNRAM) terdiri dari program Diploma, Sarjana, Magister, Doktor, dan Vokasi.

Pada saat ini, Universitas Mataram (UNRAM) telah memiliki banyak Fakultas yang terdiri dari :
  • Fakultas, Jurusan, dan Program Studi yang ada di Universitas Mataram (UNRAM), yaitu :
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Ekonomi Manajemen, Kepariwisataan, Akuntansi, Perpajakan
  • Fakultas Hukum terdiri dari program studi Ilmu Hukum
  • Fakultas Teknik terdiri dari jurusan Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Informatika
  • Fakultas Pertanian terdiri dari beberapa jurusan. Jurusan Teknologi Pertanian mempunyai 2 program studi PS Teknik Pertanian (Agricultural Engineering) dan Teknologi Hasil Pertanian (Food Technology), Jurusan Ilmu Tanah memiliki 1 Program Studi Ilmu Tanah (Soil Science), Jurusan Budidaya Pertanian memiliki 4 Program Studi : Hortikultura (Horticulture), Agronomi (Agronomy), Hama dan Penyakit Tanaman (Plant Protection), Pemuliaan Tanaman (Plant Breeding) serta Jurusan Sosial Ekonomi memiliki PS Agribisnis (Agribusiness) dan Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (Agricultural Extension).
  • Fakultas Peternakan tediri dari jurusan Produksi Ternak, Nutrisi dan makanan ternak
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan memiliki beberapa jurusan. Jurusan MIPA terdiri dari Program Studi Biologi, Fisika, Kimia, Matematika. Jurusan Bahasa dan Sastra terdiri dari Program Studi Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan IPS terdiri dari Program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurusan Ilmu Pendidikan terdiri dari Program Studi Pendidikan Guru SD (PGSD), Pendidikan Guru AUD (PGAUD)
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari program studi Pendidikan Dokter
  • Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri terdiri dari Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan : Minat Studi Teknologi Pangan, Minat Studi Mikrobiologi Pangan, Minat Studi Nutrisi Pangan. Program Studi Teknik Pertanian : Minat Studi Daya dan Mesin Pertanian, Minat Studi Teknik Bioproses, Minat Studi Teknik dan Konservasi Lingkungan Pertanian
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Jurusan Biologi, Jurusan Fisika, Jurusan Kimia, Jurusan Matematika.
  • Program Magister : Magister Manajemen, Magister Ilmu Hukum, Magister Pengelolaan Sumberdaya Lahan Kering, Magister Manajemen Sumberdaya Peternakan, Magister Pendidikan IPA, Magister Akuntansi, Magister Ilmu Ekonomi, Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Magister Teknik Sipil, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Administrasi Pendidikan, Magister Kenotariatan
  • Program Doktor : Doktor Ilmu Hukum
  • Program Diploma dan Vokasi

Itulah sekilas tentang Universitas Mataram (UNRAM). Baiklah kembali lagi ke pembahasan awal yang akan membahas tentang jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru Universitas Mataram (UNRAM) yang tentu saja pendaftarannya dilakukan secara online.

Pada tahun ini, Universitas Mataram (UNRAM) membuka beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru yaitu melalui jalur SNBP, jalur SNBT, jalur Mandiri, dan jalur masuk pascasarjana.

Melalui jalur-jalur tersebut, calon mahasiswa baru akan diterima di Universitas Mataram (UNRAM). Untuk bisa diterima menjadi mahasiswa disana, tentunya kalian harus mempersiapkan diri sebaik mungkin agar bisa lulus seleksi dengan lancar. Tanpa persiapan yang matang, maka akan sulit memenangkan persaingan dengan peserta lain yang berjumlah banyak.

Langsung saja kita akan membahas jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru Universitas Mataram (UNRAM). Simak pembahasannya dengan baik berikut ini.

1. Pendaftaran UNRAM Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah jalur seleksi nasional yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi ungguli dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut di setiap semester.

Dengan kemampuan prestasinya tersebut, maka diprediksi siswa tersebut saat telah menjadi mahasiswa  akan mampu menyelesaikan studinya di perguruan tinggi yang dipilihnya dengan tepat waktu.

Seleksi jalur SNBP didasarkan pada hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Pendaftarannya diawali oleh kepala sekolah yang merekomendasikan siswa-siswinya dengan mengisi data di PDSS. Setelah itu siswa dapat melanjutkan pendaftaran hingga mencetak kartu peserta.

Biaya pendaftaran gratis karena telah ditanggung oleh pemerintah.

Penjelasan penting lainnya tentang tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, tahapan seleksi, jadwal pelaksanaan, jumah PTN pilihan, nama-nama PTN dan lainnya bisa dibaca pada Panduan Pendaftaran SNBP atau Pendaftaran SNBP.

2Pendaftaran UNRAM Jalur SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi yang diadakan secara nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang didasarkan pada hasil tes dan / atau kriteria lain yang ditentukan oleh PTN.

Bagi kalian siswa-siswi lulusan SMA / MA / SMK sederajat yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti jalur SNBP, maka dapat mengikuti seleksi jalur SNBT dengan mengikuti semua prosedur dan harus persyaratan yang ditentukan.

Jalur SNBT ini dibuka untuk para lulusan SMA / MA / SMK / sederajat yang telah lulus maksimal 3 tahun terakhir.

Pendaftaran dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengakses laman resminya.

Biaya pendaftaran perlu dikeluarkan untuk bisa mengikuti jalur SNBT ini.

Keterangan mengenai tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, pilihan program studi, nama-nama PTN dan lainnya bisa dibaca pada artikel Panduan Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran Online SNBT

3. Pendaftaran Online KIP Kuliah 

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dalam segi ekonomi dan calon mahasiswa tersebut juga memiliki prestasi akademik yang baik.

Namun kini Bidikmisi telah berubah menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah). Perubahan tersebut tentu memberikan perubahan pula pada prosedur pendaftaran dan ketentuan lainnya.

Sama seperti Bidikmisi, KIP-Kuliah juga merupakan program bantuan biaya pendidikan bagi mahasiswa dari keluarga kurang mampu dan juga memiliki prestasi akademik yang baik.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Keterangan lain seperti persyaratan pendaftaran KIP Kuliah, cara pendaftaran KIP-Kuliah, tanggal pendaftaran KIP-Kuliah, tanya jawab tentang KIP-Kuliah, ketentuan pengajuan KIP-Kuliah, dan hal penting lainnya dapat ditemukan pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah

Bagi mahasiswa yang tidak mendapatkan bantuan biaya melalui KIP Kuliah, tenang saja masih banyak beasiswa lain di UNRAM, diantaranya adalah :
4. Pendaftaran Jalur Mandiri UNRAM

Selain menerima mahasiswa baru melalui jalur nasional seperti SNBP dan SNBT, UNRAM juga menerima mahasiswa baru melalui jalur mandiri.

Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri ini diperuntukkan bagi yang ingin memilih program studi jenjang S1, Diploma III dan Vokasi.

Calon peserta jalur mandiri adalah lulusan SMA / MA / SMK / Paket C yang lulus 3 tahun terakhir, serta memiliki kesehatan jasmani dan rohani sehingga tidak mengganggu proses belajar.

Pendaftaran jalur mandiri secara online melalui laman mandiri.pmb.unram.ac.id

5. Pendaftaran Online Pascasarjana UNRAM

Selain menerima mahasiswa baru program Sarjana dan Diploma, UNRAM juga menerima mahasiswa baru jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang berminat kuliah jenjang Pascasarjana di UNRAM, silahkan daftarkan diri mengikuti jalur yang dibuka.

Untuk informasi pendaftaran Pascasarjana UNRAM dapat dibaca lansung di website resmi PPS UNRAM di alamat pasca.unram.ac.id


Itulah jalur-jalur seleksi masuk UNRAM yang bisa dipilih ketika mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UNRAM. Silahkan pilih dan ikuti sesuai minat dan bakatmu.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNRAM

Baca juga :

Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan tentang Pendaftaran Online UNRAM  (Universitas Mataram). Semoga informasi di atas bisa memberi pencerahan untuk semua dalam melakukan pendaftaran online Universitas Mataram (UNRAM).

Admin turut mendoakan semoga kalian lulus seleksi melalui jalur yang diikuti. Ucapan terima kasih admin berikan kepada pengunjung setia web ini yang selalu membaca informasi di web disini. Sekian dari admin dan salam sukses untuk kita semua.

Ayo turut berbagi atau share informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan.