Pendaftaran Online POLINELA 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

pmb.polinela.ac.id 2024 -- Pendaftaran Polinela Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, PMB Polinela, Pendaftaran Mahasiswa Baru Polinela, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Polinela, Informasi Pendaftaran Online Polinela, Pendaftaran D3/D4 Polinela, Jalur Masuk Polinela, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur SMBP-PAN, Jalur SMBP-T, KIP Kuliah. 2026. 2027.

Pada kesempatan yang baik ini, admin akan membahas tentang Pendaftaran Online POLINELA 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan untuk para lulusan SMA sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke POLINELA. Namun sebelum membahas lebih lanjut, admin akan  memberikan ulasan singkat mengenai Politeknik Negeri Lampung (POLINELA).
http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekilas Tentang Politeknik Negeri Lampung (POLINELA)

Politeknik Negeri Lampung atau yang disingkat dengan POLINELA merupakan Politeknik Negeri yang berada di lingkungan Universitas Lampung yang berlokasi di Kota Bandar Lampung, Indonesia, tepatnya di Jl. Soekarno-Hatta, No.10, Rajabasa, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia. 35141. 

Politeknik Negeri Lampung (POLINELA) telah didirikan pada 7 April 1984 dengan nama Politeknik Pertanian Universitas Lampung. Seiring berjalannya waktu telah berubah seperti saat ini.

Jurusan dan Program Studi yang ada di Politeknik Negeri Lampung (POLINELA) yaitu :

Jurusan Budidaya Tanaman Pangan, terdiri dari Program Studi :
  • D2. Teknik Produksi Tanaman Organik
  • D3. Produksi Tanaman Pangan
  • D3. Hortikultura
  • S1.Tr. Teknologi Perbenihan
  • S1.Tr. Teknologi Produksi Tanaman Hortikultura

Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan, terdiri dari Program Studi :
  • D3. Produksi Tanaman Perkebunan
  • S1.Tr. Produksi dan Manajemen Industri Perkebunan
  • S1.Tr. Pengelolaan Perkebunan Kopi

Jurusan Teknologi Pertanian, terdiri dari Program Studi :
  • D2. Pengolahan Patiseri
  • D3. Teknik Sumberdaya Lahan dan Lingkungan
  • D3. Mekanisasi Pertanian
  • D3. Teknologi Pangan
  • S1.Tr. Teknologi Rekayasa Kimia Industri
  • S1.Tr. Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan
  • S1.Tr. Pengembangan Produk Agroindustri

Jurusan Peternakan, terdiri dari Program Studi :
  • D3. Produksi Ternak
  • D3. Budidaya Perikanan
  • D3. Perikanan Tangkap
  • S1.Tr. Teknologi Produksi Ternak
  • S1.Tr. Teknologi Pembenihan Ikan

Jurusan Ekonomi dan Bisnis, terdiri dari Program Studi :
  • D2. Administrasi Perpajakan
  • D3. Manajemen Informatika
  • D3. Perjalanan Wisata
  • S1.Tr. Agribisnis Pangan
  • S1.Tr. Pengelolaan Agribisnis
  • S1.Tr. Akuntansi Perpajakan
  • S1.Tr. Akuntansi Bisnis Digital
  • S1.Tr. Pengelolaan Perhotelan
  • S1.Tr. Teknologi Rekayasa Internet

Itulah sedikit informasi tentang Politeknik Negeri Lampung (POLINELA). Dari beberapa program studi yang ada di Politeknik Negeri Lampung (POLINELA), mungkin ada salah satu yang diminat, untuk itu silahkan daftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru Politeknik Negeri Lampung (POLINELA).

Pada tahun ini, Politeknik Negeri Lampung (POLINELA) membuka beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru melalui Jalur SNBP Jalur SNBT, Jalur SMBP-PAN, Jalur SMBP-T, KIP Kuliah, Jalur masuk Pascasarjana. Jalur-jalur tersebutlah yang menjadi jalur penerimaan mahasiswa baru POLINELA. 

Agar bisa diterima menjadi mahasiswa baru POLINELA, persiapkan diri untuk menghadapi ujian seleksi. Lakukan persiapan semaksimal mungkin agar memperoleh hasil yang sesuai harapan. Jangan  lupa untuk mengiringi usaha yang dilakukan dengan berdoa.

Langsung saja sekarang kita akan membahas jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru POLINELA. 

1. Pendaftaran Online POLINELA Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah jalur seleksi nasional yang didasarkan pada nilai raport dan prestasi-prestasi siswa ketika di sekolah. Biaya pendaftaran gratis karena telah ditanggung oleh pemerintah. untuk itu, peserta tidak perlu lagi membayar biaya seleksi.

Pendaftaran diawali oleh sekolah yang merekomendasikan siswanya dengan mengisi data sekolah dan diri siswa pada laman PDSS SNBP. Setelah itu, akan mendapat Username dan Password untuk pendaftaran siswa.

Siswa menggunakan Usename dan Password yang telah didapatkan dari kepala sekolah untuk login lalu melengkapi data pendaftaran. Setelah login, kemudian isilah formulir pendaftaran online yang tersedia.

Saat memilih Politeknik, anda bisa memilih POLINELA sebagai Politeknik yang diminati. Setelah selesai mengisi data, jangan lupa untuk mencetak bukti pendaftaran online.

Informasi selengkapnya tentang jadwal pelaksanaan, persyaratan, mekanisme seleksi, nama-nama Politeknik Negeri lainnya, dan hal terkait lain bisa dibaca pada artikel sebelumnya yang berjudul Pendaftaran Online SNBP atau Informasi Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran Online POLINELA Jalur SMBP-PAN

Seleksi Mahasiswa Baru Polinela berdasarkan prestasi akademik dan non akademik (SMBP-PAN) adalah jalur seleksi mandiri yang dibuka oleh Polinela untuk menyeleksi calon mahasiswa baru sarjana terapan (D4/S1) dan Diploma Tiga (D3) melalui penelusuran portofolio, baik portofolio dari prestasi akademik ataupun non akademik.

Jalur ini dibuka hampir berbarengan dengan jalur SNBP.

Persyaratan Siswa

Berikut ini merupakan persyaratan siswa peserta pendaftaran, antara lain:
  1. Siswa SMA / MA / SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun ini
  2. Umur maksimal 22 tahun pada1 September
  3. Memiliki prestasi unggul dibidang akademik dan non akademik
  4. Memiliki NISN dan terdaftar di DAPODIK
  5. Memiliki nilai rapor semester 1 s.d. 5
  6. Memiliki surat rekomendasi yang dikeluarkan oleh pihak sekolah
  7. Peserta tidak perlu membayar biaya pendaftaran SMBP-PAN (gratis)
  8. Memiliki Akun SMBP-PAN

Persyaratan Sekolah

Berikut ini merupakan persyaratan sekolah peserta pendaftaran, antara lain:
  • Sekolah SMA / MA / SMK yang memiliki NPSN

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat website pmb.polinela.ac.id lalu pilih menu pendaftaran SMBP-PAN dan ikuti petunjukknya. Informasi selengkapnya bisa anda baca pada alamat tersebut.

3. Pendaftaran Online POLINELA Jalur SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes merupakan salah satu jalur seleksi nasional untuk masuk ke PTN / Politeknik / PTKIN yang seleksinya diadakan melalui ujian tertulis.
 
Polinela adalah salah satu politeknik negeri yang turut serta dalam jalur seleksi SNBT ini. Jalur SNBT ini juga disebut jalur UTBK SNBT. 

Pendaftaran UTBK SNBT dilakukan sendiri oleh calon peserta tanpa melalui pihak sekolah. 

Calon peserta UTBK SNBT merupakan lulusan 3 tahun terakhir jenjang SMA / MA / SMK sederajat yang memenuhi persyaratan.

Informasi lebih lanjut mengenai UTBK SNBT seperti persyaratan, jadwal, biaya, cara mendaftar, pilihan PTN / Politeknik, dan ketentuan lain bisa dibaca pada artikel Pendaftaran UTBK SNBT atau Informasi Pendaftaran Online UTBK.

4. Pendaftaran Online POLINELA Jalur SMBP-T

Seleksi Mahasiswa Baru Polinela berdasarkan Tes Ujian Tulis (SMBP-T) adalah jalur seleksi masuk yang dibuka oleh POLINELA untuk menyeleksi calon mahasiswa jenjang sarjana terapan (D4/S1)  dan Diploma Tiga (D3) melalui tes UTBK.

Ketentuan Umum

Berikut ini merupakan ketentuan SMBP-T, yaitu:
  1. Peserta SMBP-T hanya diperbolehkan mengikuti UTBK sebanyak satu kali
  2. Hasil UTBK tahun ini hanya untuk mendaftar pendaftaran SMBP-T tahun ini
  3. SMBP-T tahun ini dilakukan berdasarkan hasil UTBK dan dapat ditambah dengan kriteria lain sesuai dengan ketentuan Politeknik Negeri Lampung
 
Persyaratan Siswa peserta

Berikut ini merupakan persyaratan peserta pendaftaran, antara lain:
  1. Memiliki Akun SMBP-T.
  2. Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  3. Siswa SMA/MA/SMK/sederajat calon lulusan tahun ini harus memiliki Surat Keterangan Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 atau peserta didik Paket C tahun ini dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli). Catatan: Surat Keterangan Siswa Kelas 12 disertai dengan: • foto terbaru (berwarna), • stempel/cap sekolah, • tanda tangan Kepala Sekolah
  4. Siswa lulusan SMA/MA/SMK/ sederajat atau lulusan Paket C tahun kemaren dan kemarennya lagi harus memiliki ijazah dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli). Bagi lulusan SMA sederajat dari luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan.
  5. Tidak lulus jalur SMBP-PAN tahun ini.
  6. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.

Informasi pendaftaran dan keterangan lainnya dapat diakses melalui laman pmb.polinela.ac.id

5. Pendaftaran Online POLINELA Jalur SMBP-D2FT

Jalur Seleksi Mahasiswa Baru Polinela (SMBP) - D2 Fasttrack merupakan jalur khusus Pilihan Program Studi Jenjang Diploma Dua (D2) di POLINELA. Informasi pendaftaran di laman pmb.polinela.ac.id

6. Pendaftaran Online POLINELA Jalur Mandiri

Jalur mandiri adalah jalur seleksi yang diselenggarakan oleh Politeknik Negeri Lampung untuk memberikan kesempatan para calon peserta untuk mengikuti tes tertulis masuk ke Polinela.

Informasi lanjutan dan pendaftaran di laman pmb.polinela.ac.id

7. Pendaftaran Online KIP Kuliah

KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada siswa yang berasal dari keluarga yang memiliki ekonomi rendah dan siswa tersebut juga memiliki kemampuan akademik yang unggul.

Pendaftaran dilakukan melalui alamat website kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Lengkapi semua persyaratan pendaftaran dan ikuti prosedur yang telah ditentukan.

Informasi lengkap tentang jadwal pelaksanaan, persyaratan lengkap, mekanisme seleksi, tata cara pendaftaran, dan hal-hal terkait lainnya bisa anda baca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah 

8. Pendaftaran Pascasarjana POLINELA

Polinela juga membuka jalur Seleksi Masuk Pascasarjana Magister Terapan Polinela (SMPT Polinela).

Jalur ini terbuka untuk masyarakat umum / PNS / Swasta yang memiliki ijazah sarjana D4/S1, serta WNA. Untuk WNA harus ada ijin Direktorat Jenderal Kelembagaan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2007 tanggal 19 Juli 2007 tentang Persyaratan dan Prosedur bagi Warga Negara Asing untuk menjadi Mahasiswa pada Perguruan Tinggi di Indonesia.

Informasi pendaftaran di laman pascasarjana.polinela.ac.id


Itulah informasi mengenai jalur-jalur pendaftaran dan ketentuannya yang ada di Polinela. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka ikuti yang ada di website resmi Polinela.

Baca juga :

Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan tentang jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Pendaftaran Online POLINELA Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Semoga informasi tersebut bisa memberikan pencerahan untuk kalian semua.

Admin turut mendoakan semoga kalian bisa lulus ujian seleksi. Terima kasih atas kesempatan yang diluangkan untuk membaca artikel ini, cukup sekian dan salam sukses untuk kita semua. Mari sukai halaman web kami dan bagikan untuk artikel ini.