Pendaftaran Online USU 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

www.usu.ac.id 2024 -- Pendaftaran USU Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, PMB USU, Pendaftaran USU Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru USU, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana USU, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, KIP Kuliah, Pendaftaran Kuliah USU, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri, Bidikmisi, Universitas Sumatera Utara, USU, 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online USU 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan untuk kalian yang ingin mendaftar kuliah di USU. Langsung saja simak informasinya.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekilas Tentang Universitas Sumatera Utara (USU)

Universitas Sumatera Utara (USU) adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang berada di Kota Medan, Indonesia, tepatnya  di jl dr. T. Mansur No. 9 Kampus USU Medan 20155 Sumatera Utara. Pada tahun 2003, Universitas Sumatera Utara (USU) resmi didirikan pada 20 November 1957.

Moto dari Universitas Sumatera Utara (USU) adalah "Toward Excellence as University for Industry" atau dalam bahasa Indonesia adalah Menuju Keunggulan sebagai Universitas untuk Industri.

Fakultas dan Program Studi di Universitas Sumatera Utara (USU) yaitu sebagai berikut :
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari program studi Pendidikan Dokter, Biomedik, Ilmu Kedokteran Tropis, Ilmu Kedokteran, Ilmu Anastesi, Ilmu Bedah, Ilmu Kebidanan dan Penyakit Kandungan, Ilmu Kehakiman Kedokteran, Ilmu Kesehatan Anak, Ilmu Patologi Anatomi, Ilmu Patologi Klinik, Ilmu Pencintraan (Radiologi), Ilmu Penyakit Dalam, Ilmu Penyakit Jiwa, Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin, Ilmu Penyakit Mata, Ilmu Penyakit Paru, Ilmu Penyakit Syaraf, dan Ilmu Penyakit T.H.T.
  • Fakultas Hukum terdiri dari program studi Ilmu Hukum, dan Kenotariatan
  • Fakultas Pertanian terdiri dari program studi Agribisnis, Agroekoteknologi, Ilmu Peternakan, Ilmu dan Teknologi Pangan, Kehutanan, Manajemen Sumberdaya Perairan, dan Ilmu Pertanian
  • Fakultas Teknik terdiri dari program studi Arsitektur, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Mesin, dan Teknik Sipil
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari program studi Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Keuangan, dan Kesekretariatan.
  • Fakultas Kedokteran Gigi terdiri dari program studi Pendidikan Dokter Gigi, Ilmu Kedokteran Gigi, dan Ortodontik
  • Fakultas Sastra terdiri dari program studi Sastra Arab, Sastra Batak, Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Jepang, Sastra Melayu, Etnomusikologi, Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Ilmu Sejarah, Pariwisatan, Sastra Cina, Penciptaan dan Pengkajian Seni, dan Linguistik.
  • Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahui Alam (MIPA) terdiri dari program studi Biologi, Fisika, Fisika Instrumentasi, Kimia, Matematika, Statistik, Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Metrologi
  • Ilmu-ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari program studi Antropologi Sosial, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Kesejahteraan Sosial, Ilmu Komunikasi, Ilmu Politik, Ilmu Administrasi Niaga, Sosiologi, Perpajakan, dan Studi Pembangunan.
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat terdiri dari program studi Ilmu Kesehatan Masyarakat.
  • Fakultas Psikologi terdiri dari program studi Psikologi
  • Fakultas Farmasi terdiri dari program studi Ilmu Farmasi, dan Analisis Farmasi
  • Fakultas Keperawatan terdiri dari program studi Pendidikan Keperawatan, Profesi NERS, dan Bidan Pendidik
  • Sekolah Pascasarjana terdiri dari program studi Magister Manajemen, Pengembangan Wilayah, dan Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan

Itulah sedikit ulasan tentang Universitas Sumatera Utara (USU). Semoga bisa menambah wawasan terutama yang akan kuliah di USU. Dari beberapa fakultas dan program studi yang ada di USU, mungkin ada salah satu yang diminati, untuk itu silahkan daftarkan diri mengikuti jalur seleksi yang dibuka di USU.

Pada tahun ini, Universitas Sumatera Utara (USU) membuka beberapa jalur pendaftaran online penerimaan calon mahasiswa baru untuk program Diploma, Sarjana, Magister, dan Doktor. Jalur-jalur tersebut terdiri dari jalur nasional dan jalur mandiri.

Dengan dibukanya jalur-jalur pendaftaran online penerimaan calon mahasiswa baru tersebut, kalian harus mempersiapkan diri akan mengikuti jalur yang mana yang peluangnya lebih besar yang bisa membuat lulus seleksi.

Tentunya hal tersebut harus diiringi dengan doa dan usaha yang maksimal. Usaha yang bisa dilakukan misalnya mengerjakan soal-soal masuk Universitas Sumatera Utara (USU). Dengan usaha  tersebut, mudah-mudahan keinginan untuk lulus seleksi bisa terwujudkan.

Langsung saja admin akan memberikan penjelasan mengenai jalur-jalur pendaftaran online penerimaan calon mahasiswa baru Universitas Sumatera Utara (USU). Simak ulasannya berikut ini.

A. Pendaftaran USU Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah jalur seleksi nasional masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang didasarkan pada hasil penelusuran prestasi akademik siswa dengan menggunakan nilai raport dan portofolio akademik lainnya.

Jalur SNBP diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA / MA / SMK kelas 12 di tahun ini (siswa yang akan lulus di tahun ini).

Pendaftaran SNBP dimulai dari pihak sekolah yang memberikan rekomendasi untuk siswa-siswi terbaiknya. Setelah direkomendasikan, siswa dapat melanjutkan proses pendaftaran hingga selesai.

Biaya pendaftaran SNBP tidak perlu dikeluarkan karena gratis.

Informasi lengkap mengenai persyaratan pendaftaran, link pendaftaran, jadwal pendaftaran / tanggal pendaftaran, cara pendaftaran, ketentuan pilihan program studi, jumlah pilihan PTN dan program studi, tahapan seleksi, prinsip seleksi, dan lain sebagainya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online SNBP atau Panduan Pendaftaran Online SNBP.

B. Pendaftaran USU Jalur SNBP

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes merupakan jalur seleksi nasional untuk masuk ke PTN yang seleksi dilakukan melalui tes. Jalur ini juga bisa menjadi jalur alternatif bagi siswa yang tidak bisa mengikuti atau tidak lulus jalur SNBP.

Jalur SNBT ini diperuntukkan bagi siswa-siswi lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Serangkaian proses pendaftaran SNBT dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengakses laman resminya.

Biaya pendaftaran tidak gratis alias berbayar. Pembayaran dilakukan di bank yang telah bermitra dengan panitia SNBT.

Untuk keterangan lain yang dibutuhkan untuk dipahami juga seperti link pendaftaran, persyaratan pendaftaran, tanggal pendaftaran, proses pendaftaran SNBT, biaya pendaftaran, jadwal seleksi, pilihan PTN dan program studi, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Panduan Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran Online SNBT

C. Pendaftaran Online KIP Kuliah

Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP-Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada siswa SLTA sederajat yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi tetapi terkendala atau tidak mampu secara ekonomi namun memiliki potensi akademik baik.

Biaya bantuan atau dana bantuan pendidikan ini dulunya adalah bernama Bidikmisi.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online melalui website resminya di kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Informasi lebih lanjut mengenai KIP Kuliah seperti keunggulan KIP Kuliah, cakupan KIP Kuliah, syarat mendaftar KIP Kuliah, tahapan pendaftaran KIP Kuliah, tanggal pendaftaran, dan lain-lain dapat ditemukan pada artikel berikut Pendaftaran KIP Kuliah

D. Pendaftaran Program Diploma USU

USU membuka penerimaan mahasiswa baru untuk program Diploma yang seleksinya dilakukan secara tersendiri. Bagi yang berminat, silahkan daftarkan diri. Informasi lebih lanjut silahkan kunjungi alamat spmbd.usu.ac.id

E. Pendaftaran Program Ekstensi USU

Selain membuka program reguler, USU juga membuka penerimaan mahasiswa baru untuk program ekstensi. Program ini hanya dibuka untuk beberapa program studi tertentu di USU. Informasi lebih lanjut silahkan kunjungi alamat http://usu.ac.id/id/article/13/program-ekstensi 

F. Pendaftaran Mahasiswa Internasional USU

Selain meneriman mahasiswa baru dari dalam negeri, USU juga menerima mahasiswa baru dari luar negeri melalui seleksi penerimaan. Informasi lebih lanjut dapat dilihat pada : https://isa.usu.ac.id

G. Pendaftaran Program Pascasarjana USU

Pada tahun ini Universitas Sumatera Utara (USU) kembali melakukan penerimaan mahasiswa baru program pascasarjana (S2 dan S3). Bagi yang berminat melanjutkan pendidikan jenjang pascasarjana, maka dapat memilih USU.

Perlu diketahui bahwa penerimaan progam pascasarjana USU dibuka untuk 2 jalur, yaitu jalur mandiri dan jalur kemenpora.
Sebelum melakukan pendaftaran, kalian harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh Universitas Sumatera Utara (USU). Berikut persyaratan yang harus dipenuhi.

Persyaratan Pendaftaran Jalur Mandiri
  1. Fotocopy KTP
  2. Legalisir Ijazah dan Transkrip S1
  3. Legalisir Ijazah dan Transkrip S1 dan S2 (bagi pendaftar S3)
  4. Mendaftar secara online pada Sekolah Pascasarjana USU dan membayar uang pendaftaran pada Bank yang ditunjuk.
  5. Melengkapi berkas sesuai ketentuan
Catatan: Persyaratan Jalur Beasiswa ditentukan oleh pemberi Beasiswa.

Persyaratan Pendaftaran Jalur Kemenpora
  1. Lulus Sarjana S1 dari perguruan tinggi yang terakreditasi minimal B dengan IPK minimal 2,75.
  2. Umur pada saat menerima Dukungan Peningkatan Kapasitas Pendidikan (beasiswa) Tenaga Kepemudaan maksimal 30 tahun
  3. Aktif di organisasi kepemudaan atau PNS dari instansi yang menangani kepemudaan baik tingkat pusat maupun tingkat daerah
  4. Mendaftar secara on-line pada Sekolah Pascasarjana USU dan membayar uang pendaftaran pada Bank yang ditunjuk. Tata cara pendaftaran dapat dilihat pada laman www.sps.usu.ac.id/pendaftaran
  5. Melengkapi berkas sesuai ketentuan

Tata Cara Pendaftaran
  1. Peserta mengakses alamat www.sps.usu.ac.id/pendaftaran
  2. Kemudian pilih menu pendaftaran program studi, klik "create"
  3. Akan muncul nomor tagihan / nomor ujian
  4. Cetak / print billing statement dan lakukan pembayaran di Bank yang telah ditunjuk
  5. Masukkan nomor tagihan / nomor ujian ke bs.sps.usu.ac.id
  6. Setelah membayar di Bank, login kembali ke situs pendaftaran untuk mengupload foto
  7. Klik menu pendaftaran program studi dan cetak "kartu ujian, surat rekomendasi, dan biodata diri"
  8. Silahkan mengikuti ujian.

Informasi tambahan :
  1. Calon peserta melakukan pendaftaran secara online di laman http://sps.usu.ac.id/pendaftaran
  2. Calon Peserta BPPS diwajibkan mendaftar secara online ke http://beasiswa.dikti.go.id/bppdn
  3. Calon Peserta Beasiswa Unggulan diwajibkan mendaftar secara online ke http://beasiswa.dikti.go.id/bu
  4. Calon peserta diperkenankan untuk meminta brosur sesuai dengan program studi yang akan diambil.
  5. Calon peserta untuk beasiswa terlebih dahulu menanyakan ke Bagian Informasi dan Pendaftaran, apakah program studi yang dituju dibuka untuk beasiswa.

Penting!!!
Informasi yang tidak disampaikan disini silahkan lihat langsung di web resmi USU. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi USU

Silahkan Baca Juga :

Demikianlah Informasi yang bisa admin berikan tentang Pendaftaran Online USU (Universitas Sumatera Utara). Semoga informasi tersebut bisa memberikan pencerahan untuk kalian dalam mendapatkan informasi jalur-jalur pendaftaran online penerimaan calon mahasiswa baru Universitas Sumatera Utara (USU).

Admin  turut mendoakan semoga kalian lulus ujian seleksi melalui jalur yang diikuti. Terima kasih admin ucapkan kepadda pengunjung setia web ini yang setiap hari selalu berkunjung dan telah membaca disini.

Semoga kita bisa menjadi orang yang sukses semuda mungkin. Aamiin. Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan.