Pendaftaran Online UNAIR 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

ppmb.unair.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNAIR Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran UNAIR Online, PMB UNAIR, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNAIR, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNAIR, Informasi Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UNAIR, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Pendaftaran KIP Kuliah, UM UNAIR, Jalur PPMB UNAIR, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri, Jalur Bidikmisi, Pendaftaran Universitas Airlangga, UNAIR. 2026. 2027.

Pada kesempatan yang baik ini, admin akan memberikan informasi mengenai Pendaftaran Online UNAIR 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Infomasi ini ditujukan terutama bagi lulusan SMA sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke UNAIR. Langsung saja simak informasinya.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekilas Tentang Universitas Airlangga (UNAIR)

Universitas Airlangga (UNAIR) adalah Universitas Negeri yang terletak di kota Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Universitas Airlangga  (UNAIR) didirikan pada 10 November 1954. Moto dari Universitas Airlangga  (UNAIR) adalah Excellence with Morality.

Selain UNAIR, ada pula Perguruan Tinggi Negeri lainnya yang ada di Surabaya seperti UINSBY, UM, UB, UNESA, ITS dan lainnya.

Kampus Universitas Airlangga  (UNAIR) tersebar di beberapa kota, yaitu :
  1. Kampus A terletak di Jl Prof. Dr. Moestopo 47, Surabaya, Indonesia.
  2. Kampus B terletak di Jl. Dharmawangsa Dalam 4-6, Surabaya, Indonesia.
  3. Kampus C terletak di Mulyorejo, Surabaya Timur, Indonesia.
  4. Kampus Banyuwangi, kampus PDD (Pendidikan Di luar Domisili) yang sementara menempati Gedung SMAN 1 Giri, Banyuwangi, Surabaya, Indonesia.
  5. Kampus Jakarta terletak di Graha STR Kemang, Jakarta Selatan, Indonesia.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Airlangga  (UNAIR) adalah sebagai berikut :
  • Fakultas Kedokteran (FK) terdiri dari Program Studi S1 Pendidikan Dokter, dan S1 Pendidikan Bidan.
  • Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) terdiri dari S1 Pendidikan Dokter Gigi.
  • Fakultas Hukum (FH) terdiri dari S1 Ilmu Hukum.
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) terdiri dari S1 Ilmu Ekonomi, S1 Ekonomi Syariah, S1 Manajemen, S1 Akuntansi, dan Pendidikan Profesi Akuntansi.
  • Fakultas Farmasi (FF) terdiri dari S1 Pendidikan Apoteker, S2 Farmasi Klinik, S2 Ilmu Farmasi, S3 Ilmu Farmasi.
  • Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) terdiri dari S1 Kedokteran Hewan
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) terdiri dari S1 Sosiologi, S1 Antropologi Sosial, S1 Ilmu Komunikasi, S1 Ilmu Politik, S1 Ilmu Hubungan Internasional, S1 Ilmu Administrasi Negara, S1 Ilmu Informasi dan Perpustakaan.
  • Fakultas Sains dan Teknologi (FST) terdiri dari S1 Ilmu dan Teknologi Lingkungan, S1 Sistem Informasi, S1 Statistika, S1 Tekno Biomedik, S1 Matematika, S1 Fisika, S1 Kimia, S1 Biologi, S2 Biologi, S2 Kimia, dan S3 Matematika dan IPA.
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) terdiri dari S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat, S1 Ilmu Gizi, S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat, S2 Kesehatan dan Keselamatan Kerja, S2 Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, S2 Kesehatan Lingkungan, S2 Epidemiologi, dan S3 Ilmu Kesehatan.
  • Fakultas Psikologi (FPsi) terdiri dari S1 Psikologi, dan S2 Profesi Psikologi.
  • Fakultas Ilmu Budaya (FIB) terdiri dari S1 Sastra Indonesia, S1 Sastra Inggris, S1 Sastra Jepang, dan S1 Ilmu Sejarah
  • Fakultas Keperawatan (FKP) terdiri dari S1 Ilmu Keperawatan
  • Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) terdiri dari S1 Budidaya Perairan, dan S1 Teknologi Industri Hasil Perikanan.
  • Fakultas Vokasi terdiri dari D3 Analis Medis, D3 Rehabilitasi Medik/Fisioterapi, D3 Radiologi, D4 Radiologi, D3 Pengobat Tradisional, D4 Pengobat Tradisional, D3 Kesehatan Gigi dan Mulut, D3 Akuntansi, D3 Perpajakan, D3 Manajemen Pemasaran, D3 Manajemen Perhotelan, D3 Manajemen Perbankan, D3 Manajemen Kesekretariatan dan Perkantoran, D3 Kesehatan Ternak Terpadu, D3 Teknisi Perpustakaan (PSTP), D3 Pariwisata Perhotelan, D3 Industri Pariwisata, D3 Sistem Informasi, D3 Otomasi Sistem Instrumentasi, D3 Higiene Perusahaan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja, D3 Bahasa Inggris, D4 Perawat Pendidikan (kerja sama dengan Depkes), dan D3 Budidaya Perikanan.
  • Pascasarjana terdiri dari Ilmu Kedokteran Dasar, Ilmu Kesehatan Gigi, Ilmu Kesehatan Olahraga, Ilmu Kesehatan Reproduksi, Biologi Reproduksi, Imunologi, Ilmu Hukum, Ilmu Manajemen, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu-ilmu Sosial, Ilmu Forensik, Pengembangan SDM, Ilmu Kedokteran Tropis, Magister Manajemen, Magister Akuntansi, Magister Hukum, dan Magister Notariat.
  • Program Doktor terdiri dari Ilmu Kedokteran, Ilmu Kesehatan, Matematika dan IPA, Ilmu Hukum, Ilmu Ekonomi, Ilmu Sosial, dan Ilmu Farmasi

Itulah sekilas informasi tentang Universitas Airlangga (UNAIR). Semoga bermanfaat dalam menambah informasi tentang Universitas Airlangga (UNAIR). Baiklah kita kembali kepembahasan awal untuk membahas tentang jalur pendaftaran online masuk Universitas Airlangga  (UNAIR).

Pada tahun ini, Universitas Airlangga (UNAIR) membuka beberapa jalur masuk atau jalur seleksi, diantaranya adalah jalur SNBP, jalur SNBT, jalur mandiri, dan jalur masuk pascarjana.

Bagi kalian yang ingin kuliah di UNAIR, kalian bisa mengikuti jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru tersebut. Agar bisa lulus seleksi, maka kalian harus mempersiapkan diri semaksimal mungkin, dengan cara belajar dan berlatih mengerjakan soal-soal, serta kegiatan lain yang menunjang penambahan ilmu.

Langsung saja kita akan membahas mengenai jalur-jalur seleksi masuk Universitas Airlangga (UNAIR). Simak pembahasannya dengan baik berikut ini.

1. Pendaftaran UNAIR Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi merupakan jalur seleksi nasional untuk siswa yang mempunyai prestasi akademik yang baik di Sekolah yang dapat dilihat dari nilai rapor dan dan portofolio akademik lain yang relevan.

Jalur SNBP ini hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA / MA / SMK yang akan lulus dari sekolah pada tahun ini.

Untuk bisa mengikuti seleksi SNBP, maka harus bisa memenuhi persyaratan dan juga mengikuti tahapan pendaftaran sesuai ketentuan. 

Informasi lengkap tentang SNBP seperti tata cara pendaftaran, persyaratan, jadwal pendaftaran, tahapan seleksi, jumlah pillihan program studi, biaya seleksi, nama-nama PTN, dan lainnya bisa ditemukan dengan membaca artikel Panduan Pendaftaran Online SNBP atau Pendaftaran Online SNBP

2. Pendaftaran UNAIR Jalur SNBT

SNBT atau Seleksi Nasioal Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi nasional untuk menjaring calon mahasiswa baru melalui seleksi yang didasarkan pada hasil tes dan / atau hasil tes dengan kriteria lain yang ditentukan oleh PTN.

Calon peserta yang dapat mengikuti jalur SNBT tidak diharuskan mempunyai prestasi yang tinggi di sekolah. Calon peserta yang memiliki kemampuan biasa-bisa saja juga boleh mendaftar SNBT. Tentunya setelah memenuhi persyaratan dan ketentuan lainnya.

Informasi lengkap mengenai SNBT seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pendaftaran, pilihan program studi, nama-nama PTN lain, dan lainnya, silahkan baca pada artikel Panduan Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran Online SNBT
3. Pendaftaran Online KIP Kuliah

Seperti pada Perguruan Tinggi Negeri lainnya, UNAIR juga merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang menyalurkan program Bantuan kepada calon mahasiswa baru yang disebut dengan program Bidikmisi.

Program Bidikmisi merupakan program bantuan dana pendidikan yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi akademik yang baik di sekolah dan calon mahasiswa tersebut diharuskan yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.

Namun kini Bidikmisi telah berubah menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah). Perubahan tersebut tentu memberikan perubahan pula pada prosedur pendaftaran dan ketentuan lainnya.

Keterangan lain seperti persyaratan pendaftaran KIP Kuliah, cara pendaftaran KIP-Kuliah, tanggal pendaftaran KIP-Kuliah, tanya jawab tentang KIP-Kuliah, ketentuan pengajuan KIP-Kuliah, dan hal penting lainnya dapat ditemukan pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah

4. Pendaftaran Jalur SMUA

Seleksi Mandiri Universitas Airlangga (SMUA) merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh pihak Universitas Airlangga secara mandiri untuk menyeleksi calon mahasiswa jenjang Sarjana dan Vokasi / Diploma.

Jalur SMUA diperuntukkan bagi siswa lulusan SMA / MA /  sederajat lainnya yang lulus tiga tahun terakhir dihitung dari tahun ini untuk lulusan dari dalam ataupun lulusan dari luar negeri.

Ada 2 jenis jalur SMUA yang bisa diikuti yaitu jalur reguler dan jalur kemitraan. Jalur ini diselenggarakan untuk menjaring calon mahasiswa melalui ujian tertulis.

Informasi lainnya berkaitan dengan jalur mandiri UNAIR bisa dibaca di situs resminya yaitu ppmb.unair.ac.id
5. Pendaftaran Alih Jenis dan Alih Jenjang

UNAIR juga membuka jalur untuk calon mahasiswa alih jenis dan alih jenjang yang seleksinya melalui tes. Informasi pendaftaran lebih lanjut cek di laman ppmb.uniar.ac.id

7. Pendaftaran Kelas Internasional

Kelas Internasional merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru  yang ada di UNAIR untuk calon mahasiswa jenjang Sarjana, Sarjana - Double Degree, dan Pascasarjana. Jalur ini diperuntukkan bagi warga negara Indonesia dan juga warga negara asing.

Informasi lengkap dapat dilihat di laman UNAIR ppmb.uniar.ac.id

8. Pendaftaran Program Profesi

UNAIR juga membuka jalur penerimaan mahasiswa baru untuk program profesi. Informasi lebih lanjut lihat di laman ppmb.uniar.ac.id

9. Pendaftaran Mahasiswa Asing Masuk UNAIR

Mahasiswa dari luar negeri yang ingin kuliah di UNAIR untuk jenjang Sarjana dapat mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur masuk mahasiswa asing. Info lebih lanjut lihat di laman ppmb.uniar.ac.id

10. Pendaftaran Program Spesialis UNAIR

Program spesialis merupakan program keahlian khusus, biasanya berkaitan dengan dunia kesehatan. UNAIR membuka jalur penerimaan mahasiswa baru untuk program spesialis.Informasi lebih lanjut dapat dilihat di web UNAIR. Infomrasi lanjutannya cek di laman ppmb.uniar.ac.id

11. Pendaftaran Pascasarjana UNAIR

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Pascasarjana UNAIR, silahkan daftarkan diri anda mengikuti jalur seleksi jenjang Magister atau Doktor yang dibuka oleh UNAIR.

Untuk bisa mendaftar, maka anda harus memenuhi beberapa persyaratan umum dan persyaratan khusus yang telah ditentukan oleh UNAIR. Selengkapnya dapat diliat di web UNAIR di ppmb.uniar.ac.id


Itulah beberapa jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru di UNAIR. Silahkan pilih salah satu jalur yang diprediksikan mampu memberikan peluang besar untuk kelulusanmu.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNAIR

Baca Juga :

Demikianlah yang bisa admin sampaikan kali ini tentang Pendaftaran Online UNAIR Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Semoga informasi tersebut bisa memberi pencerahan kepada kalian semua. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi seleksi.

Admin turut mendoakan semoga kalian lulus seleksi melalui jalur yang diikuti. Ucapan terima kasih admin sampaikan kepada pengunjung setia web ini yang setiap hari selalu berkunjung untuk menemukan informasi terbaru. Sekian info dari admin, salam sukses untuk kita semua. Aamiin.

Ayo turut berbagi informasi ini atau share pada teman lainnya yang membutuhkan.