Pendaftaran Online UPN Veteran Jakarta 2024/2025

penmaru.upnvj.ac.id 2024 -- Pendaftaran UPNV Jakarta Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran UPNVJ, PMB UPNVJ, Pendaftaran Mahasiswa Baru UPNVJ / UPN Veteran Jakarta, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Penerimaan Mahasiswa Baru UPNVJ, Informasi Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UPNVJ, Jalur SNBT, Jalur SNBT, Jalur SMMPTN UPNVJ, Jalur Penmaru UPNVJ, Jalur Bidikmisi, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta, UPNVJ, 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online UPN Veteran Jakarta 2024/2025. Informasi ini ditujukan untuk para lulusan Sekolah Menengah Atas sederajat yang ingin mendaftar kuliah di UPN Veteran Jakarta. Langsung saja simak informasinya.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekilas Tentang Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta

Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta atau disingkat UPNVJ adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang berada di Jakarta, Indonesia. Selain Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta, masih ada Perguruan Tinggi Negeri seperti UNJ dan UIN Jakarta.

Sejarah singkat berdirinya Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta yaitu : UPNVJ didirikan pada 21 Februari 1967 sebagai Universitas Kedinasan milik Dephankam RI, kemudian pada tahun 1994 statusnya berubah menjadi milik swasta, dan pada 6 Oktober 2014 UPN "Veteran" Jakarta menjadi Perguruan Tinggi Negeri dengan Peraturan Presiden Nomor 120.

Fakultas yang ada Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta adalah sebagai berikut :
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari program studi Keuangan Perbankan D-III, Akuntansi D-III, Akuntansi S-1, dan Manajemen S-1.
  • Fakultas Teknik, dari program studi Teknik Industri S-1, Teknik Perkapalan S-1, dan Teknik Mesin S-1
  • Fakultas Ilmu Komputer dari program studi Sistem Informasi D-III, Sistem Informasi S-1, dan dan Teknik Informatika S-1
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dari program studi Ilmu Komunikasi S-1, dan Hubungan Internasional S-1,
  • Fakultas Hukum dari program studi Ilmu Hukum S-1
  • Fakultas Kedokteran dari program studi Kedokteran Umum S-1, dan Profesi Dokter
  • Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan dari program studi Keperawatan D-III, Fisioterapi D-III, Keperawatan S-1, Kesehatan Masyarakat S-1, Ilmu Gizi S-1, dan Profesi Ners
  • Pascasarjana terdiri dari :
    • Magister Manajemen
    • Magister Akuntansi
    • Magister Hukum
    • Magister Ilmu Komunikasi
    • Magister Hubungan Internasional
    • Magister Ilmu Politik

Itulah sekilas tentang UPNVJ. Sekarang langsung saja kita akan membahas tentang jalur-jalur pendaftaran online seleksi penerimaan mahasiswa baru Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta. Simak dengan baik penjelasannya berikut ini.

1. Pendaftaran UPN Veteran Jakarta Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi merupakan jalur seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang didasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Jalur SNBP diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang ingin melanjutkan pendidikan ke PTN yang ada di Indonesia, salah satunya UPN Veteran Jakarta.

Pendaftarannya dilakukan secara online yang dimulai dari pihak sekolah yang memberikan rekomendasi dengan mengisi data di PDSS. Jika siswa telah direkomendasikan, selanjutnya melengkapi dapat pendaftaran hingga mencetak kartu peserta.

Biayanya gratis karena ditanggung oleh pemerintah.

Untuk informasi lengkap SNBP seperti syarat pendaftaran, link pendaftaran, biaya pendaftaran, proses pendaftaran, jadwal pendaftaran, ketentuan pendaftaran, proses seleksi, pilihan PTN dan program studi, dan lain-lain silahkan baca pada artikel  Informasi Pendaftaran SNBP atau Pendaftaran Online SNBP

2. Pendaftaran UPN Veteran Jakarta Jalur SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi masuk ke PTN yang seleksinya dilakukan berdasarkan hasil tes dan / atau kriteria lain yang disepakati PTN.

Jalur SNBT ini diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA / MA / SMK sederajat lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini. 

Pendaftarannya dilakukan dengan mengakses situs resmi untuk pengisian data sampai mencetak kartu peserta. 

Biaya pendaftaran perlu dikeluarkan untuk bisa mengikuti jalur seleksi SNBT ini.

Untuk keterangan lain yang dibutuhkan seperti persyaratan pendaftaran, link pendaftaran, tanggal pendaftaran, proses pendaftaran, biaya pendaftaran, jadwal seleksi, pilihan PTN dan program studi, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel berikut Panduan Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran Online SNBT

3. Pendaftaran UPN Veteran Jakarta Jalur Seleksi Mandiri

Jalur Seleksi Mandiri UPN Veteran Jakarta sering disebut dengan nama SEMA. Jalur SEMA UPNVJ dibuka untuk melakukan penerimaan calon mahasiswa jenjang Diploma, Sarjana, dan program profesi.

a. Jalur Masuk SEMA S-1 UPNVJ terdiri dari:

# Jalur Akademik

Seleksi jalur ini dilakukan melalui tes.

# Jalur Prestasi

Seleksi menggunakan gabungan kriteria kelulusan jalur akademik dengan prestasi akademik dan/atau non akademik, yang meliputi prestasi bidang olimpiade sains, olahraga dan seni peringkat 1 sampai 3 tingkat provinsi, nasional, dan internasional dalam 3 (tiga) Tahun terakhir, hafiz Al-Quran minimal 20 juz, Ketua OSIS selama paling kurang satu periode, dan konten kreator youtube paling sedikit 10.000 subscribers.

Bagi konten kreator youtube dan hafiz Al-Quran akan dilakukan uji keterampilan sesuai jadwal yang ditentukan.

# Jalur Kemitraan Institusi

Seleksi yang dilakukan dalam rangka penerimaan mahasiswa baru yang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Fak-Fak Provinsi Papua Barat dengan menggunakan kriteria penelusuran prestasi akademik dan non akademik. Jalur Kemitraan Institusi diatur dalam ketentuan tersendiri.

Link pendaftaran SEMA S1 untuk jalur-jalur di atas yaitu https://pendaftaran.upnvj.ac.id/s1.html

b. Jalur Masuk SEMA Diploma

Jalur ini dibuka untuk menyeleksi calon mahasiswa jenjang Diploma melalui tes. Calon peserta adalah lulusan 3 tahun terakhir jenjang SMA / MA / SMK sederajat yang memenuhi ketentuan dan persyaratan.

Link pendaftaran SEMA Diploma yaitu https://pendaftaran.upnvj.ac.id/diii.html

c. Jalur SEMA Profesi

Pendidikan Profesi adalah pendidikan yang ditempuh setelah menyelesaikan program akademik sarjana untuk menyiapkan peserta didik dengan kemampuan untuk profesi khusus sesuai dengan bidang akademik terkait.

Link pendaftaran di pendaftaran.upnvj.ac.id

Untuk informasi lain yang diperlukan terkait jalur-jalur mandiri di stas dapat dilihat di website Penerimaaan UPNVJ pada alamat http://penmaru.upnvj.ac.id

4. Pendaftaran Online KIP Kuliah

Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau disingkat KIP-Kuliah kini telah menggantikan Bidikmisi. Sama seperti Bidikmisi bahwa KIP-Kuliah adalah pemberian bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarag kurang mampu secara ekonomi yang memiliki kemampuan akademik baik.

Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan secara daring (online) melalui laman resminya di kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Untuk informasi lebih lanjut mengenai KIP Kuliah ini seperti syarat pendaftaran KIP Kuliah, tanggal pendaftaran KIP Kuliah,  tahapan pendaftaran KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, pertanyaan & solusi seputar KIP Kuliah, dan lainnya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah

5. Pendaftaran Pascasarjana UPN Veteran Jakarta

Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Pascasarjana UPNVJ, silahkan daftarkan diri mengikuti jalur seleksi yang dibuka. Seleksi program pascasarjana dilakukan melalui ujian tertulis.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjugi alamat https://penmaru.upnvj.ac.id/id/magister.html


Itulah jalur-jalur seleksi masuk UPN Veteran Jakarta yang bisa dipilih ketika mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UPN Veteran Jakarta.

Penting!!! Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UPN Veteran Jakarta

Baca juga :

Demikianlah informasi yang bisa admin berikan tentang Pendaftaran Online UPN Veteran Jakarta. Semoga informasi yang ada di artikel ini bisa memberikan pencerahan .

Admin turut mendoakan semoga kalian lulus ujian seleksi melalui jalur yang diikuti. Terima kasih admin ucapkan atas kesempatan yang dilaungkan untuk membaca artikel ini. Semoga jalan kesuksesan dapat kita raih dengan berpendidikan. Semoga kita bisa sukses semuda mungkin. Aamiin.

Ayo turut berbagi atau share info ini pada teman lainnya yang membutuhkan.