Pendaftaran Online POLBAN 2019/2020 (Politeknik Negeri Bandung)

www.polban.ac.id 2019 -- PMDK POLBAN, SMB POLBAN, PMB POLBAN, Pendaftaran POLBAN Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru POLBAN, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru POLBAN, Jalur Masuk POLBAN, Jalur PMDK-PN / PMDK Akademik, Jalur SMB / Jalur Ujian Tertulis, Jalur PMDK Bidikmisi, Politeknik Negeri Bandung (POLBAN). 2021. 2022.

Informasi yang akan diberikan pada kesempatan ini adalah tentang Pendaftaran Online POLBAN 2019/2020 (Politeknik Negeri Bandung). Disini admin akan menjelaskan informasi tersebut kepada anda. Namun akan dimulai dengan sedikit menceritakan tentang Kampus Politeknik Negeri Bandung (POLBAN)

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekilas Tentang Politeknik Negeri Bandung (POLBAN)

Politeknik Negeri Bandung atau yang disingkat dengan POLBAN adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri yaitu Politekniknik Negeri yang berada di Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia, tepanya di Jl. Gegerkalong Hilir, Ciwaruga, Parongpong, Bandung Barat.

Pada mulanya, POLBAN bernama Politeknik Institut Teknologi Bandung karena berada di bawah naungan Institut Teknologi  Bandung, namun sejak tahun 1999 menjadi Institusi tersendiri sehingga namanya berubah menjadi Politeknik Negeri Bandung (POLBAN).

Politeknik Negeri Bandung (POLBAN) telah didirikan sejak 24 April 1982 sebagai Politeknik ITB. Moto  yang dimiliki Politeknik Negeri Bandung (POLBAN) yaitu Assuring Your Future.

Politeknik Negeri Bandung (POLBAN) memiliki 36 program studi terbagi ke dalam dua bidang, yaitu Bidang Rekayasa dan Bidang Tata Niaga, berikut uraiannya.

Bidang Rekayasa terdiri dari 12 Program Ahli Madya, 12 Program Sarjana Sains Terapan dan 1 Magister Terapan. Berikut akan diuraikan bidang Rekayasa :
  • Program Ahli Madya (D-III) terdiri dari Teknik Konstruksi Gedung, Teknik Konstruksi Sipil, Teknik Mesin, Aeronautika, Teknik Pendingin dan Tata Udara, Teknik Energi, Teknik Elektronika, Teknik Listrik, Teknik Telekomunikasi, Teknik Kimia, Analisis Kimia, Teknik Informatika.
  • Program Sarjana Sains Terapan (D-IV) terdiri dari Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan, Teknik Perawatan dan Perbaikan Gedung, Teknik Perancangan dan Konstruksi Mesin, Proses Manufaktur, Teknik Pendingin dan Tata Udara, Teknologi Pembangkit Tenaga Listrik, Teknologi Konservasi Energi, Teknik Elektronika, Teknik Otomasi Industri, Teknik Telekomunikasi, Teknik Kimia Produksi Bersih, dan Teknik Informatika.
  • Program Magister Terapan terdiri dari Magister Terapan Rekayasa Infrastruktur.

Bidang Tata Niaga terdiri dari 6 Program Ahli Madya dan 6 Program Sarjana Sains Terapan.
  • Program Ahli Madya (D-III) terdiri dari Akuntansi, Keuangan dan Perbankan, Administrasi Bisnis, Usaha Perjalanan Wisata, Manajemen Pemasaran, dan Bahasa Inggris.
  • Program Sarjana Sains Terapan (D-IV) terdir dari Akuntansi Manajemen Pemerintahan, Keuangan Syariah, Akuntansi, Administrasi Bisnis, Manajemen Aset, dan Manajemen Pemasaran.

Itulah sekilas informasi tentang Politeknik Negeri Bandung (POLBAN). Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda semua, terutama yang akan kuliah di Politeknik Negeri Bandung (POLBAN). Baiklah kita lanjutkan kembali pembahasan uatam kita tentang jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru  Politeknik Negeri Bandung (POLBAN).

Pada tahun ini, Politeknik Negeri Bandung (POLBAN) membuka jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui berbagai jalur, baik jalur nasional maupun jalur mandiri. Jalur yang dimaksud adalah jalur PMDK Akademik, jalur SMB / jalur Ujian, dan jalur PMDK Bidikmisi.

Persiapkan diri anda untuk sebaik mungkin agar siap menghadapi ujian seleksi pada waktunya nanti. Semoga dengan persiapan yang maksimal, nantinya anda akan mendapatkan hasil yang sesuai harapan anda.

Langsung saja kita akan membahas masing-masing jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru masuk Politeknik Negeri Bandung. Simak pembahasannya berikut ini.

A. Pendaftaran Online POLBAN Jalur PMDK-PN

POLBAN adalah salah satu politeknik negeri yang tergabung dalam jalur seleksi PMDK-PN. Bagi calon mahasiswa yang ingin masuk ke POLBAN, maka bisa mengikusi seleksi jalur PMDK-PN.

Pendaftaran PMDK-PN di POLBAN kemudian terbagi menjadi 2 yaitu PMDK Akademik dan PMDK Bidik Misi.

Pendaftaran dimulai oleh kepala sekolah yang memberikan rekomendasi untuk siswa-siswi terbaiknya. Lalu mendistribusikan nomor pendaftaran kepada siswa.

Kemudian, Bagi Peserta dengan Pilihan PERTAMA ADALAH POLITEKNIK NEGERI BANDUNG (POLBAN), wajib mempersiapkan softcopy file yang akan diunggah pada aplikasi PMDKPN:
  1. Pas Photo terbaru
  2. Kartu keluarga, ukuran file < 200 KB dan type file adalah .jpg atau .png
  3. Slip Gaji / Surat keterangan penghasilan orang tua/wali dari kelurahan, , ukuran file <200 KB dan type file adalah .jpg atau .png . 
    • Catatan: orangtua = Ayah + Ibu (apabila ibu bekerja)
    • Catatan: Slip gaji / Surat Keterangan penghasilan Ayah dan Ibu, serta Surat keterangan Tidak Mampu (SKTM) di scan menjadi satu file (digabungkan) dengan type file .jpg atau .png dengan ukuran file <200 KB
  4. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), ukuran file <200 KB type file adalah .jpg atau .png khusus bagi peserta Bidik Misi
  5. Raport ukuran file < 2 MB type file pdf

Siswa login ke web PMDK PN melalui https://pmdk.politeknik.or.id/daftar/siswa menggunakan nomor pendaftaran dari sekolah dan ikuti petunjuk pengisian form pendaftaran dengan baik dan benar

Kondisi :
  1. Apabila siswa bukan peserta Bidik Misi maka FORM isian KAP dan PIN dikosongkan
  2. Apabila siswa adalah peserta Bidik Misi maka :
    1. Pastikan siswa telah mendaftar sebelumnya pada web Bidikmisi dengan pilihan politeknik yang tergabung pada PMDKPN, sehingga telah memiliki KAP dan PIN
    2. Pastikan isian pilihan program studi dan politeknik sama dengan yang diisikan pada web Bidikmisi apabila berbeda maka tidak akan diproses.
    3. Pastikan form KAP dan PIN telah diisi sebelum finalisasi data.
Untuk informasi pendaftaran Bidikmisi baca pada artikel Panduan Pendaftaran Bidikmisi atau Penndaftaran Online Bidikmisi
Setelah mengisi semua data-data yang diperlukan, siswa wajib melakukan finalisasi dan mencetak bukti pendaftaran.

Bagi Peserta dengan Pilihan PERTAMA ADALAH POLITEKNIK NEGERI BANDUNG (POLBAN), Berkas yang harus disiapkan oleh siswa untuk dikirim ke panitia seleksi POLBAN adalah:

1. Berkas bagi Pendaftar PMDK Akademik

Semua berkas disusun rapi dan diurutkan (mulai dari depan):
  1. Printout bukti pendaftaran dari PMDK-PN
  2. Pas Foto 4x6 sebanyak 2 buah diberi identitas (nama dan asal sekolah) masukkan kedalam plastik
  3. Surat Keterangan Sehat
  4. Surat Keterangan Tidak Buta warna (Jika Memilih Prodi Teknik/Rekayasa)
  5. Fotokopi akte kelahiran
  6. Fotokopi rapor semester 1 s.d. 5 yang telah dilegalisir (untuk masa belajar 3 maupun 4 tahun). Perhatian: tiap halaman fotokopi rapor wajib dilegalisir
  7. Fotokopi Sertifikat Bukti Prestasi yang sudah dilegalisir (jika ada, apabila lebih dari satu urut berdasarkan prioritas)
  8. Fotokopi slip gaji/ bukti penghasilan ayah (wali) dan atau ibu (jika Ada)
  9. Fotokopi Kartu Keluarga
  10. Fotokopi KTP Orang Tua dan KTP Pendaftar (jika pendaftar sudah memiliki KTP)
  11. Fotokopi Rekening listrik 1 bulan terakhir atau bukti lain yang menyatakan besar daya listrik yang terpasang pada rumah peserta (surat pemasangan KWH meter atau bukti pembelian token listrik)
  12. Surat keterangan masih kuliah dari perguruan tinggi apabila kakaknya masih kuliah dan usia di atas 21 tahun

2. Berkas bagi Pendaftar PMDK Bidik Misi

Semua berkas disusun rapi dan diurutkan (mulai dari depan):
  1. Printout bukti pendaftaran dari PMDKPN
  2. Pas Foto 4x6 sebanyak 2 buah diberi identitas (nama dan asal sekolah) masukkan kedalam plastik
  3. Fotokopi KTP Orang Tua dan KTP Pendaftar (jika pendaftar sudah memiliki KTP)
  4. Surat keterangan masih kuliah dari perguruan tinggi apabila kakaknya masih kuliah dan usia di atas 21 tahun
  5. Foto Kondisi tempat tinggal tinggal (minimal 2 lembar) ukuran 4R berwarna tampak depan dan dalam rumah, dimasukkan ke dalam plastik, berikan status kepemilikan rumah (sendiri / saudara / kontrak)
  6. Fotokopi slip gaji/ bukti penghasilan ayah (wali) dan atau ibu (jika Ada)
  7. Fotokopi Rekening listrik 1 bulan terakhir atau bukti lain yang menyatakan besar daya listrik
  8. yang terpasang pada rumah peserta (surat pemasangan KWH meter atau bukti pembelian token listrik)
  9. Surat Keterangan Sehat
  10. Surat Keterangan Tidak Buta warna (Jika Memilih Prodi Teknik/Rekayasa)
  11. Fotokopi Kartu Identitas KIP (Kartu Indonesia Pintar)/BSM (Beasiswa Siswa Miskin) atau Surat
  12. Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kelurahan
  13. Fotokopi Kartu Keluarga
  14. Fotokopi akte kelahiran
  15. Fotokopi rapor semester 1 s.d. 5 yang telah dilegalisir (untuk masa belajar 3 maupun 4 tahun). Perhatian: tiap halaman fotokopi rapor wajib dilegalisir
  16. Fotokopi Sertifikat Bukti Prestasi yang sudah dilegalisir (jika ada, apabila lebih dari satu urut berdasarkan prioritas)
  17. Surat pernyataan bersedia dilakukan peninjauan/survei ke lapangan (rumah tinggal sesuai foto dan alamat), bisa diunduh di https://pmdk.polban.ac.id
  18. Peta lokasi rumah/tempat tinggal dari jalan utama digambar tangan / menggunakan komputer dan dicetak pada kertas A4 dengan menyertakan informasi bangunan besar / fasilitas umum / atau petunjuk lainnya untuk mempermudah survey.

Seluruh berkas yang sudah terurut dan tersusun dimasukkan kedalam amplop tertutup dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Untuk bidang rekayasa : amplop kabinet warna coklat polos.
  • Untuk bidang non rekayasa : amplop kabinet warna coklat bergaris-garis merah biru di bagian pinggir (amplop air mail).
  • Untuk setiap satu amplop kabinet berisi hanya untuk satu orang berkas pendaftar saja

Pada bagian depan amplop cabinet tempel salinan form halaman 1 (satu) ber BARCODE (yang ada foto diri) hasil cetak bukti pendaftaran PMDK-PN

Catatan :
  • Pengiriman / Penyerahan berkas bisa dilakukan secara mandiri atau kolektif melalui sekolah
  • Pengiriman dapat dilakukan via pos tercatat, jasa pengiriman, atau dikirim langsung ke Panitia PMDK POLBAN.

Alamat pengiriman berkas:
Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK)
UP. SEKRETARIAT PMDK TA ... / ...
POLITEKNIK NEGERI BANDUNG
JL. GEGERKALONG HILIR, DESA CIWARUGA
BANDUNG 40012
Info : Tahun akademik diisi dengan tahun ajaran ini.

B. Pendaftaran Online POLBAN Jalur SMB

SMB atau Seleksi Masuk Bersama merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang seleksinya didasarkan pada nilai hasil ujian tertulis. Jalur SMB diperuntukan bagi semua lulusan SMA / MA / Sederajat.

Perlu diketahui bahwa, selain untuk menyeleksi calon mahasiswa baru jenjang Diploma, jalur SMB juga dibuka untuk menerima calon mahasiswa baru jenjang Pascasarjana.

Bagi yang sebelumnya tidak mendapat kesempatan mengikuti seleksi jalur PMDK atau yang telah mengikuti jalur seleksi di atas tetapi telah dnyatakan tidak lulus seleksi, maka dapat mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur SMB.

Informasi lainnya berkaitan dengan pendaftaran SMB POLBAN dapat anda baca pada alamat smb.polban.ac.id , untuk SMB Pasca baca di smbpasca.polban.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi

Demikianlah informasi yang bisa admin berikan tentang jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru Politeknik Negeri Bandung (POLBAN). Semoga informasi yang admin berikan bisa memberikan pencerahan kepada anda.

Baca Juga :

Admin juga turut mendoakan agar anda bisa lulus ujian seleksi melalui jalur yang anda ikuti. Ucapan terima kasih admin berikan atas kesempatan yang anda luangkan untuk membaca artikel ini. Sekian informasi dari admin dan salam sukses untuk kita semua. Ayo sukai halaman web kami dan berikan G+1 untuk apresiasi anda terhadap artikel ini.