Pendaftaran Online UNTIDAR 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

www.untidar.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNTIDAR Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran UNTIDAR Online, PMB UNTIDAR, Pendaftaran MahasiswavBaru UNTIDAR, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNTIDAR, Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pacasarjana UNTIDAR, Pendaftaran Kuliah UNTIDAR, Jalur SNBP, SNBT, SM-UNTIDAR, SMM-UNTIDAR, Bidikmisi, Universitas Tidar, UNTIDAR Magelang / UTM. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi Pendaftaran Online UNTIDAR 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Disini admin akan memberikan informasi lengkap berkaitan dengan jalur pendaftaran online masuk Universitas Tidar (UNTIDAR). Namun sebelumnya, admin akan memberikan sekilas informasi mengenai Universitas Tidar (UNTIDAR).
http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekilas Tentang Universitas Tidar (UNTIDAR)

Universitas Tidar atau yang disingkat dengan UNTIDAR atau UTM adalah Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia.

Universitas Tidar (UNTIDAR) diresmikan menjadi Perguruan Tinggi negeri berdasarkan Peraturan Presiden No. 23 Tahun 2014 tanggal 1 April 2014 dan diproklamasikan dengan penandatangan prasasti oleh Presiden RI ke-6 yaitu Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara pada 2 April 2014.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Tidar (UNTIDAR) diantaranya adalah :
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari : Program Studi Ekonomi Pembangunan (S1), Program Studi Akuntansi (DIII).
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Politik terdiri dari : Program Studi Administrasi Niaga (S1)
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdiri dari : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1), Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
  • Fakultas Pertanian terdiri dari : Program Studi Agroteknologi (S1)
  • Fakultas Teknik terdiri dari : Program Studi Teknik Mesin Konsentrasi Teknik Otomotif (DIII), Program Studi Teknik Sipil (S1), Program Studi Teknik Elektro (S1)

Itulah sekilas tentang Universitas Tidar (UNTIDAR). Semoga bisa menambah wawasan kita setelah membacanya. Baiklah sekarang kita akan melanjutkan pembahasan kita tentang jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Universitas Tidar (UNTIDAR).

Pada tahun ini, Universitas Tidar (UNTIDAR) membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur nasional yaitu SNBP, SNBT dan jalur mandiri.

Melalui jalur tersebut kalian akan bisa masuk ke Universitas Tidar (UNTIDAR). Persiapkanlah diri untuk menghadapi ujian seleksi yang akan segera berlangsung. Semoga dengan persiapan tersebut bisa membantu mewujudkan keinginan.

Langsung saja kita akan membahas jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Universitas Tidar (UNTIDAR). Simak pembahasannya berikut ini.

1. Pendaftaran UNTIDAR Jalur SNBP

SNBP adalah jalur seleksi nasional masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang seleksinya dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Jalur SNBP diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA / MA / SMK kelas XII di tahun ini (siswa yang akan lulus di tahun ini) dan berprestasi.

Apabila ingin mendaftar di jalur SNBP, terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari kepala sekolah. Pihak sekolah melakukan pengisian data di PDSS. Setelah direkomendasikan dapat melanjutkan pengisian data sampai mencetak kartu peserta.

Biaya pendaftaran gratis karena telah ditanggung oleh pemerintah.

Informasi lengkap seperti persyaratan pendaftaran, link pendaftaran, jadwal pendaftaran / tanggal pendaftaran, cara pendaftaran, ketentuan pilihan program studi, jumlah pilihan PTN dan program studi, tahapan seleksi, prinsip seleksi, dan lainnya sebagainya dapat di baca pada artikel Pendaftaran Online SNBP atau Informasi Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran UNTIDAR Jalur SNBT

SNBT adalah jalur seleksi masuk ke PTN yang seleksinya dilakukan melalui tes serta kriteria lain yang disepakati PTN.

Jalur SNBT ini diperuntukkan bagi siswa-siswi lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Pendaftaran SNBT dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan melakukan pengisian formulir pendaftaran online secara lengkap dan benar sampai mencetak kartu peserta. Jika mengalami kesulitan, mintalah bantuan pada pihak sekolah atau kakak senior yang paham dengan pendaftaran ini.

Mengenai biaya pendaftaran SNBT perlu dikeluarkan karena biayanya tidak gratis.

Untuk keterangan lain yang dibutuhkan seperti persyaratan pendaftaran, link pendaftaran, tanggal pendaftaran, proses pendaftaran SNBT, biaya pendaftaran, jadwal seleksi, pilihan PTN dan program studi, dan lain-lain dapat dibaca artikel Informasi Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran Online SNBT

3. Pendaftaran Online UNTIDAR Jalur Mandiri

Penerimaan calon mahasiswa baru UNTIDAR melalui jalur mandiri terdiri dari dua jalur yaitu jalur SMUT-UNTIDAR dan SMJP-UNTIDAR.

Jalur tersebut bisa menjadi jalur alternatif bagi kalian yang tidak lulus SBMPTN. Kalian harus mempersiapkan diri lebih maksimal untuk menghadapi ujian seleksi. Penjelasan dari kedua jalur tersebut adalah sebagai berikut.

a. Jalur SMUT UNTIDAR

Seleksi Mandiri Ujian Tertulis Universitas Tidar (SMUT-UNTIDAR) adalah penerimaan mahasiswa baru secara mandiri dengan jalur ujian tertulis yang diselenggarakan oleh UNTIDAR.

Calon peserta harus memiliki Ijazah Lulusan SMA, MA, SMK, MAK  atau yang setara yang lulus paling lama 3 tahun terakhir.

Pendaftaran dilakukan secara online dengan pengisian formulir pendaftaran pada laman https://smart.untidar.ac.id

b. Jalur SMJP-UNTIDAR

Seleksi Mandiri Jalur Prestasi Universitas Tidar (SMJP-UNTIDAR) merupakan penerimaan mahasiswa baru secara mandiri yang dilakukan oleh Universitas Tidar pada program pendidikan Sarjana dan Diploma melalui jalur prestasi berdasarkan pada nilai rapor siswa SMA/SMK/MA/MAK mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) untuk lulusan tahun ini.

Bagi lulusan tahun kemaren dan tahun kamarennya lagi nilai rapor siswa dihitung mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 6 (enam).

Seleksi ini mempertimbangkan :
  • Nilai akreditasi sekolah
  • Prestasi akademik
  • Prestasi non akademik tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, Nasional, dan Internasional

Pendaftaran dilakukan secara online dengan pengisian formulir pendaftaran pada laman: https://smart.untidar.ac.id

4. Pendaftaran Online KIP Kuliah

Bidikmisi kini telah berubah menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau disingkat KIP-Kuliah. KIP-kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari Pemerintah untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi tetapi memiliki potensi akademik baik.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan melalui website resminya di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Keterangan lain seperti persyaratan mendaftar, cara mendaftar, tanggal mendaftar, tanya jawab tentang, ketentuan pengajuan, dan hal penting lainnya dapat ditemukan pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah

5. Pendaftaran Pascasarjana UNTIDAR

Selain menerima mahasiswa baru jenjang Diploma dan Sarjana, UNTIDAR  juga menerima calon mahasiswa baru untuk jenjang Pascasarjana. Informasi lebih lanjut cek di pps.untidar.ac.id

Itulah jalur-jalur seleksi masuk UNTIDAR yang bisa dipilih ketika mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UNTIDAR. Silahkan pilih dan ikuti sesuai minat dan bakatmu.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNTIDAR


Demikianlah informasi yang bisa admin bagikan tentang Pendaftaran Online UNTIDAR Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Semoga setelah membaca artikel ini, kalian mendapat pencerahan.

Terima kasih admin ucapkan atas waktu yang diluangkan untuk membaca disini. Semoga kalian lulus ujian seleksi melalui jalur yang diikuti. Sekian dari admin dan salam sukses untuk kita semua.

Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan agar mereka juga bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat, dan sukai juga halaman web kami.