Pendaftaran Online UNSYIAH 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

pmb.unsyiah.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNSYIAH Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, PMB UNSYIAH, Pendaftaran UNSYIAH Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNSYIAH, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNSYIAH, Informasi Penerimaan Diploma / Sarjana / Pascasarjana UNSYIAH, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri, Jalur SPMB, Jalur SMMPTN, Jalur Bidikmisi, Pendaftaran KIP Kuliah, Universitas Syiah Kuala, UNSYIAH. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online UNSYIAH 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan untuk calon mahasiswa baru yang ingin menuntut ilmu di kampus UNSYIAH. Langsung saja siak informasinya di bawah ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekilas Tentang Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH)

Universitas Syiah Kuala atau disingkat dengan UNSYIAH adalah salah satu perguruan tinggi negeri di Banda Aceh, Indonesia, tepat di Jln. Teuku Nyak Arief, Darussalam 23111 Banda Aceh, Aceh, Indonesia. Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH) telah didirikan 2 September 1961.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH) terdiri dari :
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari Prodi : Ekonomi Akuntansi, Ekonomi Manajemen, Ekonomi Studi Pembangunan, Program Diploma Pendidikan Kesekretariatan / PDPK, Program Diploma Pemasaran, Program Diploma Perbankan, Program Diploma Perpajakan, Program Diploma Akuntansi, Program Diploma Koperasi.
  • Fakultas Kedokteran Hewan terdiri dari Prodi : Klinik Veteriner.
  • Fakultas Hukum terdiri dari Prodi : Hukum.
  • Fakultas Teknik terdiri dari Prodi : Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Arsitektur, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Geofisika, Teknik Pertambangan, Teknik Otomotif, Teknik Geologi, Teknik Perminyakan, Program Diploma Teknik Sipil, Program Diploma Teknik Mesin, Program Diploma Teknik Kimia, Program Diploma Teknik Elektro.
  • Fakultas Pertanian terdiri dari Prodi : Agribisnis, Produksi Ternak, Teknologi Hasil Pertanian, Teknik Pertanian, Agroteknologi, Ilmu Tanah, Program Diploma Manajemen Agribisnis, Program Diploma Peternakan.
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdiri dari Prodi : Ilmu PKK, Ilmu Pendidikan Matematika, Ilmu Pendidikan Fisika, Ilmu Pendidikan Biologi, Ilmu Pendidikan Kimia, Ilmu Pendidikan Sejarah, Ilmu Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia, Ilmu Pendidikan Bahasa Inggris, Ilmu Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik, Ilmu PPKn, Ilmu Pendidikan Ekonomi, Ilmu Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Ilmu Pendidikan Bimbingan dan Konseling, Ilmu Pendidikan Geografi, dan Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar/PGSD.
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari Prodi : Pendidikan Dokter, Ilmu Keperawatan, Kedokteran Gigi, Psikologi.
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam terdiri dari Prodi : Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Informatika, Farmasi, Program Diploma Manajemen Informatika, Program Diploma Instrumentasi Komputasi.
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Politik terdiri dari Prodi : Ilmu Politik, Sosiologi, Ilmu Komunikasi, Ilmu Pemerintahan
  • Fakultas Kedokteran Gigi Hewan terdiri dari Prodi : Ilmu Kesikatan.
  • Fakultas Kelautan dan Perikanan terdiri dari Prodi : Ilmu Kelautan, Budidaya Perairan, Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan.
  • Program Studi Magister : Magister Ilmu Ekonomi, Magister Manajemen, Magister Ilmu Keperawatan, Magister KSDL, Magister Ilmu Hukum, Magister Akutansi, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, Magister Pendidikan dan Sastra Indonesia, Magister Teknik Kimia, Magister Teknik Sipil, Magister Teknik Elektro, Magister Teknik Mesin, Magister Pendidikan Olahraga, Magister Kesehatan Masyarakat Veteriner, Magister PSPT, Magister Ilmu Kebencanaan, Magister Pendidikan Biologi, Magister Matematika, Magister Pendidikan IPA, Magister Pendidikan Matematika, Magister Administrasi Pendidikan, Magister Agroekoteknologi, Magister Agribisnis, Magister Kimia, Magister Teknik Industri, Magister Biologi, dan Magister Fisika.
  • Program Studi Doktor : Doktor Ilmu Ekonomi, Doktor Ilmu Hukum, Doktor Ilmu Manajemen, Doktor Ilmu Pertanian, Doktor Ilmu Teknik, Doktor Ilmu Pendidikan IPS, Doktor Matematika dan Aplikasi Sains (DMAS)

Melihat banyaknya program studi yang ada di UNSYIAH, mungkin salah satunya ada yang diminati. Untuk itu daftarkan diri kalian menjadi calon mahasiswa baru UNSYIAH melalui jalur seleksi yang dibuka.

Adapun jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru UNSYIAH yang bisa diikuti dan setiap tahunnya dibuka adalah sebagai berikut.

1. Pendaftaran UNSYIAH Jalur SNBP

SNBP adalah jalur seleksi undangan nasional untuk menjaring calon mahasiswa baru yang didasarkan pada nilai rapor dan prestasi akademik lainnya yang relevan.

Jalur ini hanya diperuntukkan untuk lulusan SMA / SMK / sederajat lulusan tahun ini yang berprestasi terutama dilihat dari nilai rapor.

Pendaftarannya dimulai dari pihak sekolah yang memberikan rekomendasi dengan mengisi data di PDSS. Kemudian dilanjutkan oleh siswa hingga finish.

Biaya pendaftaran SNBP gratis sehingga calon peserta tidak perlu lagi mengeluarkannya.

Informasi lebih lanjut seperti link pendaftaran, pengisian data di PDSS, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, tata cara pendaftaran, jumlah pilihan PTN dan program studi, daftar PTN lengkap, dan lain sebagainya dapat dibaca pada Pendaftaran SNBP atau Panduan Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran UNSYIAH Jalur SNBT

SNBT merupakan jalur seleksi nasional untuk menjaring calon mahasiswa baru yang mana seleksinya dilakukan melalui tes UTBK.

Jalur ini dibuka untuk lulusan SMA / SMK / sederajat yang lulus maksimal 3 tahun terakhir.

Pendaftarannya dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengakses laman resminya.

Biaya pendaftaran perlu dikeluarkan untuk bisa mengikuti jalur seleksi SNBT ini.

Informasi lainnya seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, alur pendaftaran, jumlah pilihan PTN dan program studi, daftar PTN se-Indonesia, dan lain sebagainya dapat dibaca pada Panduan Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran Online SNBT.

3. Pendaftaran KIP Kuliah UNSYIAH

KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang memiliki kekurangan secara finasial untuk membiayai pendidikannya. 

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online melalui website resminya. Calon mahasiswa yang berminat dan memenuhi persyaratan maka bisa mendaftar.

Informasi lebih lanjut mengenai KIP Kuliah seperti keunggulan KIP Kuliah, cakupan KIP Kuliah, syarat mendaftar KIP Kuliah, tahapan pendaftaran KIP Kuliah, dan lain-lain dapat ditemukan pada artikel berikut Pendaftaran KIP Kuliah

4. Pendaftaran UNSYIAH Jalur SMM-PTN Barat

UNSYIAH adalah salah satu PTN yang tergabung dalam jalur seleksi mandiri nasional yang diselenggarakan oleh PTN-PTN di wilayah barat Indonesia yang dikena dengan nama SMM PTN Barat.

Seleksi pada jalur SMM PTN Barat dilakukan secara tertulis. Bagi calon mahasiswa yang ingin masuk ke UNSYIAH, maka dapat mengikuti jalur SMM-PTN Barat ini. Informasi lebih lanjut silahkan baca pada artikel : Pendaftaran SMM-PTN Barat.

5. Pendaftaran UNSYIAH Jalur Mandiri

Selain menerima mahasiswa baru melalui jalur-jalur di atas, UNSYIAH juga melakukan penerimaan mahasiswa baru jenjang Sarjana melalui jalur mandiri. Jalur Mandiri UNSYIAH disingkat dengan nama JMU.

Bagi kalian yang telah mengikuti seleksi SNBP, SNBT, SMM PTN Barat tetapi telah dinyatakan tidak lulus, atau bagi yang belum sama sekali mengkuti seleksi, maka dapat mengikuti seleksi jalur mandiri UNSYIAH.

Informasi lebih lanjut dapat dilihat di website resmi UNSYIAH di alamat berikut : pmb.unsyiah.ac.id

6. Pendaftaran Pascasarjana UNSYIAH

UNSYIAH kembali melakukan penerimaan mahasiswa baru jenjang Pascasarjana (S2 dan S3). Bagi kalian yang ingin kuliah jenjang Pascasarjana di UNSYIAH, silahkan daftarkan diri dengan mengikuti jalur seleksi yang dibuka. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di alamat pps.unsyiah.ac.id


Itulah jalur-jalur seleksi masuk ke UNSYIAH. Silahkan ikuti jalur seleksi mana yang diinginkan. Keterangan lain yang belum disampaikan disini silahkan baca di web resmi UNSYIAH.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNSYIAH

Silahkan Baca Juga Pendaftaran PTN di Aceh :

Demikianlah informasi yang bisa admin berikan mengenai Pendaftaran Online UNSYIAH (Universitas Syiah Kuala). Semoga setelah membaca artikel ini, kalian mendapat pencerahan dan penjelasan yang dibutuhkan. 

Terima kasih telah membaca artikel di web ini. Sekian dari admin dan salam sukses. Ayo turut berbagi info ini pada teman lainnya dan ayo sukai juga halaman web kami.