Pendaftaran Online UBT 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

www.borneo.ac.id 2024 -- Pendaftaran UBT Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran UBT Online, PMB UBT / Borneo, Pendaftaran Mahasiswa Baru UBT, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UBT, Informasi Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UBT, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, KIP Kuliah, Pendaftaran Kuliah UBT, Jalur SNBP, SNBT, Jalur Mandiri, Bidikmisi, Universitas Borneo Tarakan, UBT. 2026. 2027.

Informasi yang disampaikan pada kesempatan ini yaitu tentang Pendaftaran Online UBT 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan terutama untuk para lulusan SMA / SMK sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi ke UBT.

Disini admin akan memberikan informasi yang berkaitan dengan jalur-jalur masuk UBT. Namun sebelum membahas tentang hal tersebut, admin akan memberikan informasi mengenai kampus Universitas Borneo Tarakan (UBT).
http://www.pendaftaranonline.web.id/


Sekilas Tentang Universitas Borneo Tarakan (UBT)

Universitas Borneo Tarakan atau yang disingkat dengan nama UBT merupakan sebuah Perguruan Tinggi Negeri yang berada di Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Indonesia, tepatnya di Jl. Amal Lama No.1 Tarakan.

Universitas Borneo Tarakan (UBT) didirikan pada 9 Oktober 1999. Universitas Borneo Tarakan (UBT) berubah status menjadi Universitas Negeri pada 19 November 2010 sesuai dengan Peraturan Presiden RI No. 65 Tahun 2010.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Borneo Tarakan diantaranya adalah :

Fakultas Teknik, terdiri dari prodi : 
  • S1 Teknik Elektro
  • S1 Teknik Sipil
  • S1 Teknik Sipil
  • S1 Teknik Komputer

Fakultas Ekonomi, terdiri dari prodi :
  • S1 Ekonomi Pembangunan
  • S1 Manajemen
  • S1 Akuntansi

Fakultas Hukum terdiri prodi :
  • S1 Ilmu Hukum.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, terdiri dari prodi :
  • S1 Bimbingan Konseling Sekolah
  • S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
  • S1 Pendidikan Bahasa Inggris
  • S1 Pendidikan Biologi
  • S1 Pendidikan Matematika
  • S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Pertanian terdiri dari prodi :
  • S1 Agribisnis
  • S1 Agroteknologi

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, terdiri dari :
  • S1 Aquakultur
  • S1 Manajemen Sumberdaya Perairan
  • S1 Teknologi Hasil Perikanan

Fakultas Ilmu Kesehatan, terdiri dari prodi : 
  • D3 Ilmu Keperawatan
  • D3 Ilmu Kebidanan

Pascasarjana terdiri dari :
  • S2 Hukum
  • S2 Ilmu Pertanian

Itulah sekilas tentang Universitas Borneo Tarakan (UBT). Semoga setelah membacanya bisa menambah wawasan kita semua. Baiklah kita lanjutkan kembali pembahasan kita tentang jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Universitas Borneo Tarakan (UBT).

Pada tahun ini, Universitas Borneo Tarakan (UBT) membuka beberapa jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru. Jalur-jalur tersebut diantaranya adalah jalur SNBP, jalur SNBT, jalur mandiri, dan jalur masuk pascasarjana. 

Dengan banyaknya jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru tersebut, maka kalian memiliki kesempatan yang besar untuk diterima di Universitas tersebut. Namun kalian harus melakukan persiapan yang semaksimal mungkin untuk menghadapi ujian seleksi.

Mudah-mudahan dengan persiapan yang kalian lakukan bisa membantu untuk mewujudkan keinginan untuk diterima menjadi mahasiswa Universitas Borneo Tarakan (UBT).

Langsung saja kita akan membahas jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Universitas Borneo Tarakan (UBT). Simak pembahasannya dengan baik berikut ini.

A. Pendaftaran UBT Jalur SNBP

SNBP merupakan jalur seleksi nasional yang didasarkan pada hasil penelusuran prestasi akademik siswa selama di sekolahnya dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Jalur SNBP diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA / MA / SMK sederajat kelas XII yang akan lulus di tahun ini.

Pendaftaran SNBP diawali dari pihak sekolah melakukan pengisian data siswa dan sekolah di laman PDSS. Setelah pengisian data di PDSS, siswa dapat melanjutkan proses pendaftaran sampai mencetak kartu peserta.

Biaya pendaftaran SNBP tidak ada karena biayanya telah ditanggung oleh pemerintah.

Informasi lengkap seperti persyaratan pendaftaran, link pendaftaran, jadwal pendaftaran / tanggal pendaftaran, cara pendaftaran, ketentuan pilihan program studi, jumlah pilihan PTN dan program studi, tahapan seleksi, prinsip seleksi, dan lain sebagainya dapat di baca pada artikel Pendaftaran Online SNBP atau Informasi Pendaftaran SNBP.

B. Pendaftaran UBT Jalur SNBT

SNBT merupakan jalur seleksi nasional yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia yang dilakukan melalui tes UTBK.

Jalur SNBT ini diperuntukkan bagi siswa-siswi lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Pendaftaran SNBT dilakukan secara online dengan mengisi data di laman resminya hingga mencetak kartu peserta. Link pendaftaran dapat ditemukan pada artikel lanjutan di akhir pembahasan bagian ini.

Untuk biaya pendaftaran SNBT perlu dikeluarakan karena memang biayanya tidak gratis.

Untuk informasi penting yang dibutuhkan seperti persyaratan pendaftaran, link pendaftaran, tanggal pendaftaran, proses pendaftaran SNBT, biaya pendaftaran, jadwal seleksi, pilihan PTN dan program studi, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online SNBT atau Panduan Pendaftaran SNBT

C. Pendaftaran UBT Jalur Mandiri

Jalur mandiri UBT dikenal dengan sebutan SMUBT atau Seleksi Masuk Universitas Borneo Tarakan. Jalur SMUBT seleksinya dilakukan melalui tes atau menggunakan hasil tes.

Salah satu tujuan SMUBT adalah memberikan kesempatan terhadap calon mahasiswa yang tidak sempat mengikuti jalur penerimaan nasional atau gagal dalam jalur penerimaan nasional dan ingin melanjutkan studi ke PTN khususnya UBT.

Jalur ini dibuka untuk menyeleksi calon mahasiswa jenjang Diploma dan Sarjana. Namun ketika dibuka jalurnya dibedakan antara SMUBT Program Sarjana dan SMUBT Program Diploma.

SMUBT Program Sarjana untuk menyeleksi calon mahasiswa jenjang sarjana, sedangkan SMUBT Program Diploma untuk menyeleksi calon mahasiswa jenjang Diploma.

Serta ada SMUBT Kelas Kerjasama (SMKK) yang merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru jenjang Sarjana yang dikhususkan kepada pegawai / karyawan yang ingin mengembangkan karir didunia kerja melalui peningkatan pendidikan.

Pendaftaran secara online melalui laman mandiri.ubt.ac.id

D. Pendaftaran Jalur PMDK-D3

Selain jalur SMUBT Program Diploma yang telah disebutkan di atas, ada juga jalur PMDK D3 yang dibuka untuk menyeleksi calon mahasiswa baru jenjang Diploma 3 melalui penelusuran prestasi.

Lulusan SMA / MA / Paket C / SMK sederajat yang duduk di kelas XII dengan maksimal umur 25 tahun dan akan lulus di tahun ini bisa mendaftar jalur PMDK D3 ini tentunya juga harus bisa memenuhi persyaratan dan ketentuan lainnya.

Pendaftaran secara online melalui laman pmdk.ubt.ac.id

E. Pendaftaran Online KIP Kuliah

Bidikmisi berbeda dengan beasiswa, karena beasiswa diberikan kepada mereka yang berprestasi, sedangkan bidikmisi diberikan kepada mereka (calon mahasiswa tidak mampu / miskin).

Namun, bidikmisi kini telah berubah menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau disingkat KIP-Kuliah. KIP-kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari Pemerintah untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi tetapi memiliki potensi akademik baik.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan melalui website resminya di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Keterangan lain yang perlu diketahui seperti persyaratan pendaftaran KIP Kuliah, cara pendaftaran KIP-Kuliah, tanggal pendaftaran KIP-Kuliah, tanya jawab tentang KIP-Kuliah, ketentuan pengajuan KIP-Kuliah, dan hal penting lainnya dapat ditemukan pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah

E. Pendaftaran Pascasarjana UBT

Selain menerima mahasiswa baru jenjang Diploma dan Sarjana, UBT juga menerima mahasiswa baru jenjang Pascasarjana. Bagi yang berminat kuliah Pascasarjan di UBT, silahkan daftarkan diri mengikuti jalur seleksi yang dibuka. Informasi lebih lanjut dapat dibaca di ubt.ac.id/pmb

Itulah jalur-jalur seleksi masuk UBT yang bisa dipilih ketika mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UBT. Silahkan pilih dan ikuti sesuai minat dan bakatmu.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UBT

Baca Juga Pendaftaran PTN Lainnya di Kalimantan :

Demikianlah informasi yang bisa admin berikan mengenai Pendaftaran Online UBT Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Semoga kalian mendapatkan pencerahan setelah membaca informasi ini.

Admin turut mendoakan semoga kalian lulus jalur seleksi yang diikuti. Terima kasih pula admin ucapkan untuk kalian yang telah membaca artikel di web ini. Sekian dari admin dan salam sukses selalu untuk kita semua.

Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan agar mereka juga bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat.