Pendaftaran Online PNM 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

pmb.pnm.ac.id 2024 -- Pendaftaran PNM Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, PMB PNM, Pendaftaran PNM, Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Madiun (PNM), Panduan Pendaftaran Online Politeknik Negeri Madiun (PNM), Pendaftaran Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Madiun (PNM), Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri Prestasi, Mandiri Tes CBT. Bidikmisi. KIP Kuliah. 2026. 2027.

Pada kesempatan admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online PNM 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan untuk kalian yang ingin menempuh pendidikan tinggi di Politeknik Negeri Madiun. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, mari kita ikuti pembahasannya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/2015/08/pendaftaran-online-pnm.html

Politeknik Negeri Madiun atau yang disingkat PNM adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang berupa Politeknik yang terdapat di Kota Madiun, Jawa Timur, Indonesia.

Kampus Politeknik Negeri Madiun (PNM) terletak tepat di Jalan Serayu No. 84, Pandean, Madiun, Jawa Timur 63133. Politeknik Negeri Madiun (PNM) telah didirikan pada tahun 2000.

Program pendidikan Politeknik Negeri Madiun didesain dengan menekankan pada Practical Application On Industrial Technology dan berbasis kompetensi (Competency Base Education), khususnya dalam bidang rekayasa dan ketataniagaan.

Pada saat ini, Program Studi yang ada di Politeknik Negeri Madiun (PNM) terdiri dari :

Jurusan Administrasi Bisnis, terdiri dari program studi :
  • D-III Administrasi Bisnis
  • D-III Bahasa Inggris

Jurusan Teknik, terdiri dari program studi :
  • D-IV Perkeretaapian
  • D-III Mesin Otomotif
  • D-III Teknik Komputer Kontrol
  • D-III Teknik Listrik
  • D-III Teknologi Informasi
  • D-II Jalur Cepat Pembentukan Logam

Jurusan Komputer Akuntansi, terdiri dari program studi :
  • D-III Komputerisasi Akuntansi
  • D-III Akuntansi

Bagi kalian yang berminat menjadi mahasiswa di Politeknik Negeri Madiun (PNM), ayo daftarkan diri dengan mengikuti seleksi jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka.

Politeknik Negeri Madiun (PNM) membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur berikut yaitu jalur SNBP, jalur SNBT, dan jalur mandiri.

Selanjutnya akan kita bahas masing-masing jalur penerimaan mahasiswa baru Politeknik Negeri Madiun. Simak dengan baik informasinya berikut ini.

1. Pendaftaran Online PNM Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi merupakan jalur seleksi nasional tanpa tes yang diadakan dengan tujuan untuk menyeleksi calon mahasiswa baru dengan melihat nilai rapor selama 5 semester.

Jalur SNBP dapat diikuti oleh calon lulusan sekolah tahun ini.

Jalur SNBP ini merupakan jalur masuk ke PTN / PTKIN / Politeknik Negeri di Indonesia yang salah satunya adalah PNM ini.

Biaya pendaftaran SNBP gratis karena telah ditanggung oleh pemerintah sehingga peserta tidak perlu lagi mengeluarkan biaya pendaftaran.

Peserta yang ingin mengikuti seleksi SNBP harus mendapatkan rekomendasi dari kepala sekolah. Pihak sekolah melakukan pengisian data siswa dan data sekolah di PDSS SNBP. Setelah mendapatkan rekomendasi, kemudian melanjutkan pendaftaran untuk melengkapi data pendaftaran hingga finish.

Keterangan lebih lanjut tentang SNBP seperti persyaratan, jadwal, cara mendaftar, biaya, pilihan program studi, kriteria penerimaan, daftar perguruan tinggi, dan lain-lain telah admin rangkum secara khusus pada artikel sebelumnya yang berjudul: Pendaftaran Online SNBP atau Informasi Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran Online PNM Jalur SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes merupakan jalur seleksi nasional untuk melakukan penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan melalui ujian tulis berbasis komputer (UTBK).

Jalur SNBT dibuka untuk para lulusan SMA sederajat yang lulus maksimal 3 tahun terakhir.

Mengenai biaya SNBT bahwa biaya ditanggung oleh calon peserta.

Pendaftaran SNBT dilakukan secara online yang dilakukan sendiri oleh calon peserta melalui laman resmi SNBT. Namun jika mengalami kesulitan, biasanya pihak sekolah akan membantu para lulusannya.

Penjelasan lebih rinci mengenai SNBT seperti persyaratan pendaftaran, laman pendaftaran, biaya pendaftaran, cara mendaftar, kriteria penerimaan, pilihan program studi dan perguruan tinggi pilihan, dan lain sebagainya telah admin rangkum pada artikel : Pendaftaran Online SNBT atau Informasi Pendaftaran SNBT.

3. Pendaftaran Online PNM Jalur Mandiri

Jalur Mandiri PNM adalah jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang diselenggarakan secara mandiri oleh PNM, selain dari jalur nasional di atas.

Bagi yang sebelumnya telah mengikuti jalur SNBP atau SNBT tetapi tidak lulus, maka jalur mandiri ini bisa coba diikuti.

Ada 2 jalur mandiri di PNM yang bisa diikuti, yaitu :
  • Jalur Mandiri Prestasi
  • Jalur Mandiri Tes
Berikut ini penjelasan masing-masing jalur :

# Jalur Mandiri Prestasi (Seleksi Mahasiswa Jalur Pertama)

Jalur mandiri prestasi dibuka untuk para lulusan SMA sederajat lulusan 3 tahun terakhir yang memiliki prestasi di bidang Prestasi Akademik ataupun Non-Akademik.

Seleksi jalur mandiri  prestasi ini hampir serupa dengan jalur seleksi SNBP yang sebelumnya diselenggarakan secara nasional. Seleksi Jalur Mandiri Prestasi PNM ini berbasis portofolio (menggunakan nilai Rapot SMA/SMK/MA, prestasi akademik dan/atau prestasi non-akademik.

Pendaftaran Jalur Mandiri di PNM dapat diakses melalui laman pmb.pnm.ac.id

# Jalur Mandiri Tes (Seleksi Mahasiswa Jalur CBT)

Jalur mandiri tes (CBT) dibuka untuk para lulusan SMA sederajat lulusan 3 tahun terakhir yang seleksinya dilakukan melalui tes berbasis komputer.

Jalur inipun hampir serupa dengan jalur SNBT yang seleksinya menggunakan tes berbasis komputer.

Pendaftaran dilakukan secara online dengan mengakses laman pmb.pnm.ac.id

Untuk keterangan lain yang dibutuhkan dapat ditemukan langsung pada laman tersebut.

4. Pendaftaran Online KIP Kuliah PNM

KIP Kuliah adalah program pemberian bantuan berupa biaya pendidikan dan biaya hidup pada calon mahasiswa baru yang memiliki kekurangan dari segi ekonomi untuk membiayai pendidikannya serta memiliki prestasi yang baik.

Pendaftaran dilakukan hampir bersamaan dengan jalur seleksi masuk yang diikuti, misalnya jalur SNBP atau SNBT.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online melalui alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Informasi selengkapnya bisa ditemukan pada artikel kami yang berjudul Pendaftaran KIP Kuliah


Itulah jalur-jalur seleksi masuk ke PNM yang bisa dipilih. Ikuti saja jalur seleksi yang diprediksikan bisa memberi peluang besar untuk lulus.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi

Baca juga :

Demikianlah informasi yang bisa admin berikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Online PNM (Politeknik Negeri Madiun). Semoga informasi tersebut bisa memberikan pencerahan untuk kalian.

Admin mengucapkan terima kasih karena telah membaca artikel ini. Sekian dari admin dan salam sukses untuk kita semua. Mari bantu bagikan informasi ini pada teman lain yang membutuhkan dan sukai juga halaman web kami.