Pendaftaran Online UNTAN 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

scmb.untan.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNTAN Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran UNTAN Online, SCMB UNTAN, PMB UNTAN, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNTAN, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNTAN, Informasi Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UNTAN, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, KIP Kuliah, Pendaftaran Kuliah UNTAN, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri, Jalur Bidikmisi, Universitas Tanjungpura, UNTAN. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online UNTAN 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan untuk kalian yang ingin kuliah di UNTAN. Disini admin akan memberikan semua informasi jalur pendaftaran maba UNTAN. Namun sebelumnya, admin akan memberi gambaran awal tentang Universitas Tanjungpura (UNTAN).
http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekilas Tentang Universitas Tanjungpura (UNTAN)

Universitas Tanjungpura atau sering disingkat dengan UNTAN adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di kota Pontianak, Kalimantan Timur, Indonesia.

Universitas Tanjungpura (UNTAN) telah didirikan pada 20 Mei 1959. Salah satu ciri Universitas Tanjungpura (UNTAN) adalah adanya Tugu Digulis atau yang disebut juga sebagai Bundaran UNTAN yang berada di bagian depan kampus.

Beberapa Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Tanjungpura (UNTAN) yaitu
  • Fakultas Hukum terdiri dari Program Studi Ilmu Hukum
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari Program Studi Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi,
  • Fakultas Pertanian terdiri dari Program Studi Manajemen Agribisnis, Agroteknologi, Sosial Ekonomi Pertanian, Budidaya Tanaman Perkebunan, Ilmu Teknologi Pangan, Peternakan, Ilmu Tanah, Manejemen Sumber Daya Perairan,
  • Fakultas Teknik terdiri dari Program Studi Teknik Elektro S1, Teknik Informatika S1, Teknik Industri S1, Teknik Sipil S1, Arsitektur S1, Teknik Lingkungan S1, Teknik Mesin S1, Teknik Kimia S1, Teknik Kelautan S1, Teknik Pertambangan S1, Perencanaan Wilayah dan Kota S1, Teknik Sipil S2, Teknik Elektro S2
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Politik terdiri dari Program Studi Sosiatri, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Politik, Ilmu Sosiologi, Administrasi Perkantoran, Antropologi Sosial, Hubungan internasional, Komunikasi.
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terdiri dari Program Studi Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Sosiologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan PGSD, Pendidikan Bahasa Indonesia, Sastra Indonesia dan Daerah, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Pendidikan Seni Tari dan Musik, Pendidikan Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Bahasa Mandarin, Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, Pendidikan PG-PAUD, Pendidikan Biologi.
  • Fakultas Kehutanan terdiri dari Program Studi Kehutanan
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam terdiri dari Program Studi Matematika, Statistik, Fisika, Geofisika, Ilmu Kelautan, Kimia, Biologi, Sistem Komputer, Sistem Informasi
  • Fakultas Kedokteran terdiri dari Program Studi Kedokteran, Farmasi, Keperawatan

Itulah sekilas tentang Universitas Tanjungpura (UNTAN). Semoga informasi tersebut bisa menambah wawasan kita tentang Universitas Tanjungpura (UNTAN).

Baiklah, kita lanjutkan kembali pembahasan kita tentang jalur-jalur pendaftaran online penerimaan calon mahasiswa baru Universitas Tanjungpura (UNTAN).

Pada tahun ini, Universitas Tanjungpura (UNTAN) membuka beberapa jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang pendaftarannya dilakukan secara online. Jalur-jalur penerimaan calon mahasiswa baru Universitas Tanjungpura (UNTAN) diantaranya adalah jalur SNBP, jalur SNBT, jalur SCMB, jalur Kerjasama, dan jalur Pascasarjana.

Dengan banyaknya jalur penerimaan calon mahasiswa baru tersebut, maka membuka peluang yang besar bagi anda yang ingin bisa diterima menjadi mahasiswa Universitas Tanjungpura (UNTAN).

Tentu saja hal tersebut tidak karena harus bersaing dengan peserta lain yang sama-sama mempunyai keinginan untuk bisa diterima menjadi mahasiswa Universitas Tanjungpura (UNTAN). Untuk itu, anda harus mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin agar keinginan anda bisa tercapai.

Langsung saja kita akan membahas tentang jalur-jalur pendaftaran online penerimaan calon mahasiswa baru Universitas Tanjungpura (UNTAN). Simak pembahasannya berikut ini.

1. Pendaftaran UNTAN Jalur SNBP

SNBP merupakan jalur seleksi nasioanl yang diperuntukkan bagi siswa yang berprestasi di sekolahnya dengan didasarkan pada nilai raport dan prestasi lain yang relevan.

Jalur SNBP hanya bisa diikuti oleh siswa berprestasi lulusan tahun ini.

UNTAN adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang mengadakan seleksi jalur SNBP. Jadi kalian bisa memilih jalur ini untuk masuk UNTAN, tentunya harus bisa memenuhi semua persyaratan dan ketentuan yang berlaku.

Proses pendaftaran SNBP diawali oleh rekomendasi yang diberikan oleh kepala sekolah untuk siswa-siswi terbaiknya. Setelah siswa mendapatkan rekomendasi, dapat melanjutkan proses pendaftaran hingga mencetak kartu peserta.

Untuk biaya pendaftaran SNBP telah ditanggung oleh pemerintah sehingga calon peserta tidak perlu mengeluarkannya lagi.

Penjelasan mengenai tata cara pendaftaran, link pendaftaran, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, jumlah PTN pilihan, tahapan seleksi, nama-nama PTN pilihan, dan lain-lain bisa dibaca pada artikel Panduan Pendaftaran SNBP atau Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran UNTAN Jalur SNBT

Seperti perguruan tinggi negeri lainnya, UNTAN juga menerima mahasiswa baru melalui jalur SNBT.

SNBT adalah jalur seleksi yang diadakan secara nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang didasarkan pada hasil tes dan / atau kriteria lain yang ditentukan oleh PTN.

Jalur ini dibuka untuk para lulusan SMA / sederajat paling lama 3 tahun terakhir. 

Pendaftaran jalur SNBT dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengakses laman resminya.

Biaya pendaftaran perlu dikeluarkan untuk bisa mengikuti jalur SNBT ini.

Mengenai informasi persyaratan pendaftaran, link pendaftaran, jadwal pendaftaran, biaya pendaftaran, pilihan PTN dan program studi, dan keterangan lainnya dapat di baca pada artikel Panduan Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran Online SNBT

3. Pendaftaran UNTAN Jalur SMM PTN Barat

Jika  tidak diterima melalui jalur - jalur di atas, maka bisa juga mengikuti jalur SMM PTN Barat. Seleksi  jalur ini dilakukan melalui tes.

Informasinya telah dirangkum pada artikel tersendiri. Silahkan kunjungi Pendaftaran SMM PTN Barat.

4. Pendaftaran UNTAN Jalur UTM

UTM atau Ujian Tulis Mandiri merupakan jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru yang diadakan oleh panitia Universitas Tanjungpura (UNTAN) yang mana seleksinya dilakukan melalui ujian tulis.

Persyaratan :
  • Bagi yang memilih Kelas Reguler :
    • diperuntukkan bagi lulusan SMA / SMK / MA atau yang setara/paket C yang memiliki rapor sampai kelas XII yang merupakan lulusan 3 tahun terakhir.
  • Bagi yang memilih Kelas Mandiri :
    • syarat tahun kelulusan tidak dibatasi.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses belajar mengajar di perguruan tinggi.

Untuk program studi yang mensyaratkan tidak buta warna dapat dilihat pada pengumuman di scmb.untan.ac.id. Infiormasi lebih lanjut juga dapat dilihat di laman tersebut.
4. Pendaftaran Online KIP Kuliah

Bidikmisi merupakan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan calon mahasiswa tersebut mempunyai prestasi yang unggul di sekolahnya.

Namun Bidikmisi kini telah berubah menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau disingkat KIP-Kuliah.

KIP-kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari Pemerintah untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi tetapi memiliki potensi akademik baik.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan melalui website resminya di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Keterangan lain seperti persyaratan pendaftaran KIP Kuliah, cara pendaftaran KIP-Kuliah, tanggal pendaftaran KIP-Kuliah, tanya jawab tentang KIP-Kuliah, ketentuan pengajuan KIP-Kuliah, dan hal penting lainnya dapat ditemukan pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah

5. Pendaftaran Pascasarjana UNTAN

Selain menerima mahasiswa baru jenjang Sarjana, UNTAN juga menerima mahasiswa baru jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang ingin kuliah jenjang pascasarjana di UNTAN, silahkan daftarkan diri anda. Informasi pendaftaran dapat diakses melalui alamat scmb.untan.ac.id


Itulah beberapa jalur seleksi masuk ke UNTAN. Silahkan ikuti jalur mana saja yang anda inginkan. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNTAN.

Ayo baca juga :

Demikianlah Informasi yang bisa admin berikan tantang Pendaftaran Online UNTAN (Universitas Tanjungpura). Semoga bisa memberi pencerahan kepada anda dalam melakukan pendaftaran online UNTAN. Admin turut mendoakan semoga anda lulus seleksi dan diterima menjadi mahasiswa baru UNTAN.

Terima kasih telah membaca disini. Sekian dari admin dan salam sukses untuk kita semua. Ayo turut berbagi informasi ini atau share pada teman lainnya yang membutuhkan.