Pendaftaran Online UNMUL 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

www.unmul.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNMUL Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, PMB UNMUL, Pendaftaran UNMUL Samarinda, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNMUL, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNMUL, Informasi Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UNMUL, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, KIP Kuliah, Pendaftaran Kuliah UNMUL, Jalur SNBP, SNBT, Jalur Mandiri, Jalur SMMPTN, Bidikmisi, Universitas Mulawarman, UNMUL, 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online UNMUL 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Seperti biasanya, admin akan memberikan penjelasan dari masing-masing jalur pendaftaran online penerimaan calon mahasiswa baru yang telah disebutkan. Namun sebelum itu, admin terlebih dahulu akan menjelaskan mengenai Universitas Mulawarman (UNMUL).

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekilas Tentang Universitas Mulawarman (UNMUL)

Universitas Mulawarman atau yang disingkat UNMUL adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang berada di kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia. Universitas Mulawarman (UNMUL) telah didirikan pada 27 September 1962.

Universitas Mulawarman (UNMUL) merupakan universitas tertua di Kalimantan Timur. Kampus utama dari Universitas Mulawarman (UNMUL) terletak di Gunung Kelua, sedangkan kampus lainnya terletak di Jalan Pahlawan, Jalan Banggeris dan Jalan Flores.

Moto dari Universitas Mulawarman (UNMUL) adalah "The First State University in East Kalimantan".

Fakultas dan program studi yang ada di Universitas Mulawarman (UNMUL) adalah :
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari program studi : S1 dan D3 Akuntansi, S1 Ekonomi Pembangunan, S1 Manajemen, S1 Manajemen Keuangan dan Pemasaran, S1 Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah, Pendidikan Profesi Akuntansi.
  • Fakultas Farmasi terdiri dari program studi : S1 Farmasi, D3 Farmasi, Program Profesi Apoteker
  • Fakultas Hukum  terdiri dari program studi : S1 Hukum: Konsentrasi Hukum Agraria, Hukum Bisnis, Hukum Lingkungan
  • Fakultas Ilmu Budaya  terdiri dari program studi : S1 Sastra Inggris, S1 Sastra Indonesia, S1 Etnomusikologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, D3 Administrasi Perkantoran, D3 Pariwisata, D3 Sekretari, S1 dan D3 Ilmu Administrasi Niaga/ Bisnis, S1 Ilmu Administrasi Negara, S1 Ilmu Hubungan Internasional, S1 Ilmu Komunikasi, S1 Ilmu Pemerintahan, S1 Ilmu Pemerintahan Integratif, S1 Ilmu Sosiatri, S1 Psikologi, S1 Sosiologi
  • Fakultas Kedokteran  terdiri dari program studi : S1 Pendidikan Dokter, S1 Pendidikan Dokter Gigi, Pendidikan Profesi Dokter, Pendidikan Spesialis Bedah Umum
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  terdiri dari program studi : S1 Bimbingan dan Konseling, S1 Pendidikan Akuntansi (Konsentrasi), S1 Pendidikan Anak Usia Dini, S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah, S1 Pendidikan Bahasa Inggris, S1 Pendidikan Biologi, S1 Pendidikan Ekonomi, S1 Pendidikan Fisika, S1 Pendidikan Geografi (Konsentrasi), S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, S1 Pendidikan Ilmu Komputer (Konsentrasi), S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, S1 Pendidikan Kimia, S1 Pendidikan Luar Sekolah, S1 Pendidikan Matematika, S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1 Pendidikan Sejarah (Konsentrasi), Pendidikan Profesi Guru
  • Fakultas Kehutanan  terdiri dari program studi : S1 Kehutanan
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat  terdiri dari program studi : S1 Kesehatan Masyarakat
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam  terdiri dari program studi : S1 Biologi, S1 Fisika, S1 Ilmu Komputer, S1 Kimia, S1 Statistika
  • Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan  terdiri dari program studi : S1 Budidaya Perairan: Teknologi Hasil Perikanan (Konsentrasi), S1 Manajemen Sumberdaya Perairan: Ilmu dan Teknologi Kelautan (Konsentrasi), S1 Sosial Ekonomi Perikanan, Fakultas Pertanian, D3 Budidaya Tanaman Perkebunan, S1 Agrobisnis (Sosial Ekonomi Pertanian), S1 Agroteknologi, S1 Peternakan, dan S1 Teknologi Hasil Pertanian
  • Fakultas Teknik  terdiri dari program studi : S1 dan D3 Teknik Pertambangan, S1 Teknik Industri, S1 Teknik Kimia, S1 Teknik Lingkungan, S1 Teknik Sipil
  • Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi  terdiri dari program studi : S1 Teknologi Informasi dan Komunikasi
  • Program Pascasarjana  terdiri dari program studi : S2 Administrasi Pendidikan, S2 Ilmu Hukum, S2 Ilmu Lingkungan, S2 Pendidikan Bahasa Inggris, S2 Pendidikan Luar Sekolah, S2 Pertanian Tropika Basah, S2 Teknologi Pendidikan, S2 dan S3 Ilmu Administrasi, S2 dan S3 Ilmu Ekonomi, S2 dan S3 Ilmu Kehutanan, S2 dan S3 Manajemen, S3 Manajemen Pendidikan

Itulah sekilas ulasan mengenai Universitas Mulawarman (UNMUL). Semoga bisa memberikan gambaran awal untuk kalian yang berminat untuk kuliah di sana. Baiklah kita kembali lagi akan lanjutkan pembahasan kita mengenai jalur-jalur pendaftaran online penerimaan calon mahasiswa baru Universitas Mulawarman (UNMUL).

Seperti pada tahun sebelumnya, pada tahun ini Universitas Mulawarman (UNMUL) kembali membuka beberapa jalur penerimaan mahasiwa baru melalui jalur nasional maupun jalur mandiri. Jalur-jalur yang dimaksud yaitu jalur SNBP, jalur SNBT, jalur mandiri, dan jalur masuk pascasarjana.

Melalui jalur-jalur penerimaan mahasiswa tersebut, tentunya kalian memiliki kesempatan yang besar untuk bisa diterima menjadi mahasiswa Universitas Mulawarman (UNMUL). Tetapi perlu diingat bahwa tidak mudah untuk bisa lulus seleksi dikarenakan banyaknya persaingan antar sesama calon mahasiswa yang ingin masuk ke Universitas Mulawarman (UNMUL).

Untuk itu, kalian harus mempersiapkan diri seoptimal mungkin agar bisa memenangkan persaingan tersebut. Semoga harapan untuk lulus seleksi masuk Universitas Mulawarman (UNMUL) tahun ini bisa terlaksana.

Sekarang kita akan membahas jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiwa baru Universitas Mulawarman (UNMUL). Simak penjelasannya berikut ini.

A. Pendaftaran UNMUL Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang mana seleksinya didasarkan pada prestasi akademik siswa terutama dilihat dari nilai raport dan portofolio akademik.

Jalur SNBP ini hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA / MA / SMK yang akan lulus dari sekolah pada tahun ini.

Untuk bisa mengikuti seleksi SNBP, maka harus bisa memenuhi persyaratan dan juga mengikuti tahapan pendaftaran sesuai ketentuan.

Pendaftaran SNBP dimulai dari pihak sekolah yang memberikan rekomendasikan untuk siswa-siwi berprestasi dengan mengisi data di PDSS. Setelah direkomendasikan, siswa dapat melanjutkan proses pendaftaran sampai selesai.

Biaya pendaftaran gratis karena ditanggung oleh pemerintah.

Untuk informasi lainnya seperti informasi persyaratan pendaftaran, link pendaftaran, jadwal atau tanggal pendaftaran, prinsip seleksi, tahapan seleksi, pilihan PTN dan program studi, biaya pendaftaran, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online SNBP atau Panduan Pendaftaran Online SNBP

B. Pendaftaran UNMUL Jalur SNBT 

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi yang diadakan secara nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang didasarkan pada hasil tes dan / atau hasil tes dengan kriteria lain yang ditentukan oleh PTN.

Siswa-siswa lulusan SMA sederajat 3 tahun terakhir bisa mendaftar dijalur ini, baik yang sudah pernah mendaftar dijalur lainnya ataupun yang belum pernah sama sekali.

Pendaftaran SNBT dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengakses laman resminya. Link pendaftaran akan ditemukan dengan mengunjungi artikel lanjutan di akhir pembahasan bagian ini.

Untuk biaya pendaftaran tidak gratis, artinya calon peserta harus membayar biaya pendaftaran di bank yang telah bermitra dengan panitia SNBT.

Mengenai informasi persyaratan pendaftaran, jadwal pendaftaran, biaya pendaftaran, pilihan PTN dan program studi, dan keterangan lainnya dapat di baca pada artikel Panduan Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran Online SNBT

C. Pendaftaran UNMUL Jalur SMMPTN

SMMPTN atau dengan kepanjangan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan jalur seleksi mandiri yang diselenggarakan oleh panitia Universitas Mulawarman (UNMUL).

Kalian yang telah mengikuti jalur SNBP atau SNBT tetapi tidak lulus, maka bisa mengikuti jalur seleksi mandiri SMMPTN ini. Persiapkan diri dengan sebaik mungkin agar bisa lulus seleksi.

Adapun calon peserta yang bisa mendaftar adalah lulusan tingkat SMA sederajat yang lulus 3 tahun terakhir (lulusan tahun ini, tahun kemaren, dan tahun kemarennya lagi.

Persyaratan :
  • Bagi lulusan tahun kemaren dan kemarennya lagi harus memiliki ijazah, sedangkan bagi lulusan tahun ini telah memiliki Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU), atau Surat Keterangan Lulus (SKL).
  • Jurusan di SMA / MA / SMK yang diperbolehkan mendaftar pada program studi tertentu yang sudah dipersyaratkan oleh Program Studi yang bersangkutan

Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman smmptn.unmul.ac.id Informasi lainnya dapat dibaca pada laman tersebut.

D. Pendaftaran Online KIP Kuliah

Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau disingkat KIP-Kuliah kini telah menggantikan Bidikmisi.

Sama seperti Bidikmisi bahwa KIP-Kuliah adalah pemberian bantuan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarag kurang mampu secara ekonomi yang memiliki kemampuan akademik baik.

Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan secara daring (online) melalui laman resminya di kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Untuk informasi lebih lanjut mengenai KIP Kuliah ini seperti syarat pendaftaran KIP Kuliah, tanggal pendaftaran KIP Kuliah,  tahapan pendaftaran KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, pertanyaan & solusi seputar KIP Kuliah, dan lainnya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah.

E. Pendaftaran Online Pascasarjana UNMUL

Selain menerima mahasiswa baru jenjang Sarjana, UNMUL juga menerima mahasiswa baru jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang ingin kuliah jenjang Pascasarjana di UNMUL, Silahkan daftarkan diri anda. Informasi lebih lanjut dapat dibaca di http://pasca.unmul.ac.id/


Itulah informasi mengenai pendaftaran mahasiswa baru UNMUL. Untuk informasi lain yang tidak disampaikan disini silahkan baca di web resmi UNMUL. 

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNMUL

Baca Juga Pendaftaran Masuk PTN lainnya di Kalimantan :

Demikian informasi yang bisa admin berikan mengenai Pendaftaran Online UNMUL Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi kalian semua.

Jangan lupa untuk mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian seleksi. Admin turut mendoakan semoga kalian lulus ujian seleksi. Terima kasih admin ucapkan untuk kalian yang telah membaca artikel ini.

Ayo turut berbagi atau share info ini pada teman lainnya. Sekian dari admin dan semoga kita bisa menjadi orang yang sukses semuda mungkin.