Pendaftaran Online POLTEKBA 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

pmb.poltekba.ac.id 2024 -- Pendaftaran POLTEKBA Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, SPMB POLTEKBA, Pendaftaran POLTEKBA Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru POLTEKBA, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru POLTEKBA, Informasi Pendaftaran Diploma POLTEKBA, Pendaftaran D3/D4 POLTEKBA, Jalur SNBP, SNBT, Mandiri, KIP Kuliah, Pendaftaran Maba Politeknik Negeri Balikpapan. 2026. 2027.

Pada kesempatan yang baik ini akan dibahas tentang Pendaftaran Online POLTEKBA 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan untuk lulusan SMA sederajat yang ingin kuliah di POLTEKBA. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

POLTEKBA atau Polteknik Negeri Balikpapan adalah Politeknik Negeri yang berada di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia.

Polteknik Negeri Balikpapan (POLTEKBA) sebelumnya adalah Politeknik Swasta yang setelah keluarnya SK Permendiknas No 41 Tahun 2011, pada 9 September 2011, yang ditandatangani Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Muhammad Nuh, maka status POLTEKBA berubah menjadi Polteknik Negeri.

Pada saat ini, POLTEKBA telah memiliki beberapa jurusan dan program studi yaitu :

Jurusan Teknik Mesin terdiri dari Program Studi :
  • D3 Alat Berat

Jurusan Teknik Sipil terdiri dari Program Studi :
  • D3 Teknik Sipil
  • D4 Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan

Jurusan Rekayasa Elektro terdiri dari Program Studi :
  • D3 Teknik Elektronika
  • D3 Teknologi Listrik

Jurusan Pariwisata terdiri dari Program Studi :
  • D3 Tata Boga
  • D4 Pengelolaan Perhotelan

Jurusan Akuntansi terdiri dari Program Studi :
  • D4 Perbankan dan Keuangan Digital
  • D4 Akuntansi Perpajakan

Dari beberapa jurusan dan program studi tersebut mungkin ada salah satu yang diminati. Untuk itu, silahkan daftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru POLTEKBA.

Untuk bisa mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru POLTEKBA tentunya kalian harus mengetahui jalur-jalur apa saja yang dibuka oleh POLTEKBA untuk menerima calon mahasiswa baru.

POLTEKBA kembali membuka jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri.

Melalui jalur-jalur tersebut calon mahasiswa dapat masuk ke POLTEKBA, tentunya harus mengikuti serangkaian proses seleksi terlebih dahulu. Jika lulus maka dapat diterima sebagai mahasiswa baru POLTEKBA.

Untuk memahami tentang jalur-jalur masuk POLTEKBA yang telah disebutkan di atas, mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran Online POLTEKBA Jalur SNBP

POLTEKBA adalah salah satu Politeknik Negeri yang membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP.

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah jalur seleksi nasional masuk ke perguruan tinggi negeri di Indonesia yang salah satunya masuk ke POLTEKBA.

Jalur SNBP ini hanya diperuntukkan bagi siswa-siswa berprestasi yang akan lulus dari sekolah pada tahun ini. Seleksi dilakukan berdasarkan nilai rapor siswa dan prestasi lain yang relevan.

Untuk bisa mendaftar, siswa-siswi berprestasi tersebut terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah yaitu dengan cara mengisi data di PDSS. Setelah mendapatkan rekomendasi, maka akan mendapatkan Username dan password yang dapat melanjutkan pendaftaran hingga mencetak kartu peserta.

Terkait biaya pendaftaran bahwa biaya pendaftaran SNBP gratis karena ditanggung oleh pemerintah.

Informasi lebih lanjut seperti persyaratan pendaftaran, cara pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan Politeknik dan Program Studi, daftar nama-nama Politeknik pada SNBP, dan informasi lainnya dapat dibaca pada Pendaftaran Online SNBP atau Informasi Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran Online POLTEKBA Jalur SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur penerimaan mahasiswa baru untuk masuk ke Politeknik Negeri di Indonesia yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis berbasis komputer (UTBK). 

Calon peserta yang sebelumnya telah mengikuti seleksi SNBP tetapi dinyatakan tidak lulus atau yang belum sama sekali mengikuti seleksi, maka dapat mendaftarkan diri mengikuti seleksi jalur SNBT.

Jalur SNBT ini dibuka untuk para lulusan SMA / MA / SMK / sederajat yang lulus maksimal 3 tahun terakhir, yaitu lulusan tahun ini, lulusan tahun kemaren, dan lulusan tahun kemarennya lagi.

Pendaftaran SNBT dilakukan secara mandiri oleh calon peserta dengan mengakses situs resmi SNBT. Atau bagi yang mengalami kesulitas bisa minta bantuan ke pihak sekolah untuk mendaftarkan.

Mengenai biaya pendaftaran bahwa biaya SNBT ditanggung oleh calon peserta yang dibayarkan melalui bank.

Informasi lebih lanjut mengenai SNBT seperti persyaratan pendaftaran, cara mendaftar, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, pilihan perguruan tinggi, dan lain sebagainya dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran Online SNBT atau Informasi Pendaftaran SNBT.

3. Pendaftaran Online POLTEKBA Jalur Mandiri

Jalur mandiri adalah jalur seleksi yang dibuka oleh POLTEKBA untuk menerima calon mahasiswa baru yang umumnya seleksinya dilakukan melalui tes tertulis.

Dengan adanya jalur mandiri ini, maka dapat menjadi alternatif untuk kalian yang telah dinyatakan tidak lulus seleksi jalur sebelumnya. Maka dari itu, kalian harus mempersiapkan diri jauh lebih baik dari sebelumnya agar bisa lulus seleksi jalur mandiri.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman http://siao.poltekba.ac.id/pmb atau secara langsung di Kampus Politeknik Negeri Balikpapan di Jl. Soekarno Hatta KM. 8 Telp (0542) 860895, 862305, Fax. 861107, email spmb@poltekba.ac.id.

Biasanya jalur mandiri Poltekba dibuka melalui 2 jalur yaitu masing-masing di bulan Juni dan Juli.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai jalur mandiri POLTEKBA dapat dibaca di laman resmi PMB POLTEKBA : https://pmb.poltekba.ac.id/

4. Pendaftaran Online KIP Kuliah POLTEKBA

POLTEKBA merupakan salah satu Politeknik Negeri yang turut menyalurkan dana pendidikan kepada calon mahasiswa baru yang berasal dari keluarga kurang mampu yang disebut dengan KIP Kuliah.

Calon peserta yang ingin mendaftar KIP Kuliah terlebih dahulu harus mendaftar dan mengikuti jalur seleksi masuk ke POLTEKBA, entah itu melalui jalur SNBP atau SNBT, atau bahkan jalur mandiri.

Setelah dinyatakan lulus melalui jalur seleksi masuk tersebut, selanjutnya akan ditentukan kelayakan untuk mendapatkan KIP Kuliah.

Informasi penting lainnya seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, dan ketentuan lainnya dapat dibaca pada Pendaftaran KIP Kuliah


Itulah beberapa jalur seleksi masuk ke POLTEKBA yang bisa diikuti. Silahkan pilih salah satu yang dapat memberikan peluang besar untuk kelulusanmu.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi POLTEKBA.

Sumber : https://pmb.poltekba.ac.id/
Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Online POLTEKBA Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Semoga informasi yang telah diberikan tersebut dapat menjadi sedikit arahan dalam mendaftar ke POLTEKBA.

Admin turut mendoakan semoga kalian bisa lulus seleksi melalui jalur seleksi yang diikuti. Admin juga mengucapkan terima kasih pada kalian yang setiap hari selalu berkunjung untuk membaca informasi yang ada di web ini.

Sekian dari admin dan salam sukses untuk kita semua. Ayo bagikan atau share pada yang lainnya.