Pendaftaran Online Politala 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

sinema.politala.ac.id 2024 -- Pendaftaran Politala Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran Online Politala D3 / D4, PMB Politeknik Negeri Tanah Laut, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Politala, Pendaftaran Online Mahasiswa Baru Politala, Pendaftaran Politeknik Negeri Tanah Laut, Jalur SNBP, SNBT, Bidikmisi, KIP Kuliah, Mandiri. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online Politala 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini disampaikan dengan tujuan dapat memberikan gambaran awal untuk para lulusan SMA / SMK / sederajat yang ingin kuliah di Politeknik Negeri Tanah Laut. Mari simak informasinya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Politeknik Negeri Tanah Laut sering disingkat dengan nama Politala. Politeknik Negeri Tanah Laut merupakan Politeknik Negeri yang menyelenggarakan pendidikan tingkat vokasi.\

Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala) berlokasikan di Jl. Ahmad Yani km.6, Desa Panggung, Kecamatan Pelaihari, Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Indonesia.

Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala) telah memiliki beberapa progam studi yaitu sebagai berikut :
  • Teknologi Rekayasa Pemeliharaan Alat Berat - Diploma 4
  • Teknologi Otomotif - Diploma 3
  • Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan - Diploma 4
  • Agroindustri - Diploma 3
  • Teknologi Pakan Ternak - Diploma 4
  • Teknologi Informasi - Diploma 3
  • Akuntansi Perpajakan - Diploma 4
  • Akuntansi - Diploma 3
  • Pengembangan Produk Agroindustri - Diploma 4
  • Teknologi Rekayasa Komputer Jaringan - Diploma 4

Dari beberapa program studi yang ada tersebut, mungkin salah satunya ada yang diminati. Maka dari itu silahkan daftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru di Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala).

Disini admin akan menginformasikan jalur-jalur apa saja yang dibuka oleh Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala) untuk menyelesi calon mahasiswa barunya. Simak dengan baik penjelasannya berikut ini.

1. Pendaftaran Online Politala Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah jalur seleksi nasional masuk ke PTN / PTKIN / Politeknik yang seleksinya didasarkan pada prestasi siswa terutama dilihat dari nilai raport.

Jalur SNBP ini hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus dari sekolah pada tahun ini.

Proses pendaftaran SNBP diawali oleh Kepala Sekolah yang memberikan rekomendasinya untuk siswa-siswi berprestasinya. Setelah mendapatkan rekomendasi, selanjutnya siswa-siswi dapat melanjutkan proses pendaftaran.

Login ke alamat tersebut menggunakan username dan password dari Kepala Sekolah. Setelah login, lengkapi biodata pendaftaran hingga melakukan finalisasi pendaftaran dengan mencetak kartu peserta.

Terkait biaya pendaftaran bahwa biaya SNBP gratis karena telah ditanggung oleh pemerintah.

Untuk informasi lebih lanjut seperti persyaratan pendaftaran untuk sekolah dan siswa, cara pendaftaran, link pendaftaran, jadwal, daftar perguruan tinggi negeri, jumlah pilihan program studi, portofolio, dan hal lainnya, silahkan dibaca pada artikel yang telah admin buat secara khusus yang berjudul Pendaftaran Online SNBP atau Informasi Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran Online Politala Jalur SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi nasional masuk ke PTN / PTKIN / Politeknik Negeri se-Indonesia yang diselenggarakan untuk menyeleksi calon mahasiswa melalui ujian tulis berbasis komputer (UTBK).

Jalur SNBT diperuntukkan bagi lulusan SMA / SMK / MA / MAK / bentuk lain yang sederajat yang telah lulus 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Untuk kalian yang sebelumnya telah mengikuti seleksi jalur SNBP tetapi tidak lulus, atau untuk kalian yang sama sekali belum mengikuti seleksi manapun, silahkan mengikuti seleksi jalur SNBT ini.

Untuk bisa lulus dari jalur SNBT tentunya harus memiliki hasil UTBK yang tinggi karena hasil tes tersebut menjadi dasar utama kelulusan jalur SNBT.

Jika berminat mengikuti jalur SNBT, silahkan daftarkan diri secara online melalui laman SNBT. Link pendaftaran akan diberikan pada artikel lanjutan di bawah ini nanti.

Biaya pendaftaran SNBT perlu dikeluarkan oleh calon peserta karena biaya pendaftaran SNBT tidak gratis. Pembayaran melalui pihak bank yang telah bekerja sama dengan panitia SNBT.

Informasi lanjutan seperti persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, link pendaftaran, cara mendaftar, portofolio,jumlah pilihan program studi, daftar perguruan tinggi, dan lain sebagainya dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran Online SNBT atau Informasi Pendaftaran SNBT.

3. Pendaftaran Online Politala Jalur Mandiri

Selain jalur SNBT, Jalur tes tertulis yang dibuka lainnya yaitu jalur mandiri. Jalur mandiri ini dikelola secara langsung oleh Politala.

Jalur Mandiri ini diperuntukkan bagi calon peserta lulusan SMA / SMK / MA / MAK / bentuk lain yang sederajat yang telah lulus 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini.

Program studi yang dapat dipilih pada jalur mandiri yaitu program studi jenjang D3 dan D4. Masih sama seperti jalur SNBP dan SNBT.

Berkas Persyaratan yang Perlu Dipersiapkan antara lain :
  1. File Pas Foto berwarna
  2. Scan KTP dan Kartu Keluarga
  3. Scan slip gaji/surat keterangan penghasilan orang tua dari keluarahan/desa
  4. Scan bukti pembayaran listrik 1 bulan terakhir
  5. Scan Ijazah/SKHU/Surat Keterangan Lulus (Bisa Menyusul)
  6. Scan Sertifikat Prestasi Non-Akademik (Jika Ada)
  7. Scan Surat Keterangan Tidak Mampu (Jika Ada)
  8. Scan Kartu Indonesia Pintar (Jika Ada)

Pendaftaran biasanya dibuka untuk 2 gelombang pendaftaran yang dimulai dari Maret hingga Juli. Untuk lebih pasti silahkan cek di laman resmi Politala.

Jika anda berminat mengikuti seleksi jalur mandiri, silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru Politala dengan terlebih dahulu membaca informasinya di website resmi Politala di alamat sinema.politala.ac.id

4. Pendaftaran Online KIP Kuliah Politala

KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.

Politala turut menyalurkan KIP Kuliah kepada calon mahasiswa barunya. Calon mahasiswa yang ingin mendaftar KIP Kuliah harus terdaftar sebagai peserta jalur SNBP atau SNBT atau jalur mandiri.

Informasi Pendaftaran KIP Kuliah seperti persyaratan, jadwal, link pendaftaran, cara mendaftar, dan lain-laina dapat dibaca lengkap pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah


Itulah jalur-jalur seleksi masuk ke Politeknik Negeri Tanah Laut (Politala). Silahkan anda ikuti jalur mana saja yang anda minati tentunya disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi.

Demikian informasi tentang Pendaftaran Online Politala Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Semoga informasi yang telah admin sampaikan tersebut dapat menambah informasi yang telah kalian miliki sebelumnya.

Admin turut mendoakan semoga kalian bisa lulus seleksi melalui jalur yang diikuti. Terima kasih atas waktu yang diluangkan untuk membaca artikel ini. Cukup sekian info dari admin dan mari bantu bagikan informasi ini pada teman atau kerabat lainnya.