Pendaftaran Online IAIN Datokarama Palu 2024/2025

pmb.iainpalu.ac.id 2024 -- PMB IAIN Palu, Pendaftaran IAIN Palu Online, Pendaftaran Online IAIN Datokarama Palu, Pendaftaran SPAN-PTKIN / UM-PTKIN / Jalur Mandiri / Bidikmisi IAIN Palu, Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Palu, KIP Kuliah, Informasi Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana IAIN Palu, Pendaftaran Kuliah IAIN Palu. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi tentang Pendaftaran Online IAIN Datokarama Palu 2024/2025. Informasi ini ditujukan terutama bagi siswa-siswi SMA / MA / sederajat yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi keagamaan islam negeri di IAIN Datokarama Palu. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

IAIN Datokarama Palu atau Institut Agama Islam Negeri Palu adalah Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTKIN) di Palu provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. 

Status sebelum menjadi IAIN adalah STAIN. STAIN Datokarama Palu didirikan berdasarkan pada Peraturan Presiden Nomor 51 Tanggal 6 Agustus 2013 bertepatan dengan Tanggal 28 Ramadhan 1434 H.

IAIN Datokarama Palu adalah kampus modern, terbuka dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas. IAIN Datokarama Palu saat ini selalu berusaha menjadi salah satu perguruan tinggi riset studi Islam terkemuka di Indonesia.

Fakultas dan Program Studi di IAIN Datokarama Palu :
  • Fakultas Ushuluddin, Adab & Dakwah terdiri dari program studi : Tafsir Hadis (S1), Akidah Filsafat (S1), Bimbingan Konseling Islam (S1), Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), dan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI)
  • Fakultas Tarbiyah & Ilmu Keguruan terdiri dari program studi : Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Guru Raudatul Athfal (PGRA), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Tadris Bahasa Inggris
  • Fakultas Syariah & Ekonomi Islam terdiri dari program studi : Muamalah, Ekonomi Syariah, Perbandingan Mazhab & Hukum, Perbankan Syariah, Ahwal Syaksiyah
  • Program Pascasarjana terdiri dari program studi : Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam (S2), Program Studi Magister Hukum Islam (AkhwalSyaksiah) (S2)

Itulah beberapa fakultas dan program studi yang ada di IAIN Datokarama Palu yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa baru ketika mendaftarkan diri di IAIN Datokarama Palu.

Selanjutnya calon mahasiswa harus mengetahui jalur-jalur apa saja yang dibuka oleh IAIN Datokarama Palu untuk menyeleksi calon mahasiswa baru.

Seperti informasi yang ada di website IAIN Datokarama Palu, ada beberapa jalur seleksi masuk ke IAIN Datokarama Palu. Berikut admin berikan informasinya :
  
Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Datokarama Palu

A. Pendaftaran IAIN Datokarama Palu Jalur SPAN-PTKIN

Jalur SPAN-PTKIN adalah jalur seleksi pertama yang dibuka oleh IAIN Datokarama Palu bersamaan dengan PTKIN lainnya karena jalur ini merupakan jalur seleksi undangan nasional.

Jalur SPAN-PTKIN hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi dan konsisten menunjukkan prestasinya tersebut di setiap semester. Seleksi dilakukan tanpa ujian tertulis, namun didasarkan pada prestasi siswa terutama dilihat dari nilai raport.

Proses pendaftaran dimulai oleh Kepala Sekolah yang mengikuti data-data siswa di PDSS SPAN-PTKIN di alamat www.span-ptkin.ac.id lalu pilih menu sekolah. Setelah didaftarkan, siswa-siswi akan mendapatkan kode akses pendafaran dari Kepala Sekolah.

Siswa-siswi menggunakan kode akses tersebut untuk login ke alamat di atas pada menu siswa untuk kemudian mengisi data pendaftaran secara lengkap hingga mencetak kartu peserta SPAN-PTKIN.

Informasi lengkap terkait pendaftaran SPAN-PTKIN dapat dibaca pada artikel yang telah admin sampaikan yang berjudul Pendaftaran Online SPAN-PTKIN atau Panduan Pendaftaran SPAN-PTKIN

B. Pendaftaran IAIN Datokarama Palu Jalur UM-PTKIN

Jalur berikutnya yang dibuka adalah jalur UM-PTKIN. Jalur ini dibuka untuk siswa lulusan 3 tahun terakhir termasuk lulusan tahun ini, baik yang berprestasi ataupun yang tidak berprestasi.

Pendaftaran UM-PTKIN dilakukan secara online melalui alamat www.um-ptkin.ac.id. Calon peserta terlebih dahulu datang ke Bank untuk membayar biaya pendaftaran dan kemudian mendapatkan kode akses pendaftaran.

Gunakan kode akses tersebut untuk login pendaftaran ke alamat di atas, lalu lengkapi data pendaftaran hingga finish dan mencetak kartu peserta UM-PTKIN.

Informasi lebih lanjut dan lengkap mengenai UM-PTKIN dapat dibaca pada artikel yang telah admin siapkan berikut ini : Pendaftaran Online UM-PTKIN atau Panduan Pendaftaran UM-PTKIN

C. Pendaftaran IAIN Datokarama Palu Jalur Mandiri Lokal

Jalur Mandiri adalah jalur seleksi terakhir yang dibuka oleh IAIN Datokarama Palu untuk menyeleksi calon mahasiswa baru melalui ujian tertulis.

Jadi, calon mahasiswa harus memnafaatkan kesempatan ini sebaik mungkin agar harapan untuk bisa lulus seleksi dan diterima sebagai mahasiswa di IAIN Datokarama Palu dapat terwujudkan.

Pendaftaran jalur mandiri dilakukan secara online melalui alamat iainpalu.ac.id kemudian pilih menu mahasiswa lalu pilih menu pendaftaran atau langsung ke alamat pmb.iainpalu.ac.id . Calon mahasiswa mengakses alamat tersebut lalu mengisi data pendaftaran online hingga mencetak kartu peserta.

Persyaratan Pendaftaran :
  1. Memiliki Ijazah Lulusan SMA, MA, SMK, MAK, Paket C atau yang setara;
  2. Bagi lulusan tahun terakhir yang belum memiliki Ijazah, memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pas photo yang bersangkutan dan dicap basah;
  3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses belajar mengajar.

Prosedur Pendaftaran :
  1. Membayar uang pendaftaran sebesar di Bank yang ditunjuk dengan menyebutkan "Pendaftaran IAIN Datokarama Palu" untuk mendapatkan PIN;
  2. Setelah melakukan pembayaran, calon Peserta dapat melakukan pendaftaran di pmb.iainpalu.ac.id dengan menggunakan PIN dari slip pendaftaran Bank;
  3. Atau menghubungi panitia pendaftaran untuk bantuan.
Baca juga : Pendaftaran Online Jalur Mandiri PTKIN
D. Pendaftaran KIP Kuliah IAIN Datokarama Palu

KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa berprestasi yang berasal dari keluarga kurang mampu. Untuk penjelasan lebih lanjut, silahkan baca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah Kemenag

E. Pendaftaran Pascasarjana IAIN Datokarama Palu

IAIN Datokarama Palu juga melakukan penerimaan mahasiswa baru jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang ingin mendaftar, silahkan baca terlebih dahulu informasinya di pps.iainpalu.ac.id atau iainpalu.ac.id


Itulah informasi mengenai jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru IAIN Datokarama Palu. Untuk informasi lain yang diperlukan dapat dibaca langsung di website resmi di alamat iainpalu.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi tersebut.

Info Tambahan : Beasiswa Kuliah di IAIN Datokarama Palu

IAIN Datokarama Palu menyediakan beberapa jenis beasiswa bagi mahasiswa sarjana, diantaranya :
  • Beasiswa Bidikmisi
  • Beasiswa tahfiz Quran
  • Beasiswa bagi mahsiswa berprestasi
  • Beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu
  • Beasiswa bagi mahasiswa lulusan madrasah
  • Beasiswa CSR dari mitra IAIN Datokarama Palu seperti dari Bank Indonesia, Bank Mandiri, Bank BRI dan lainnya

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran Online IAIN Datokarama Palu. Mudah-mudahan informasi yang telah admin sampaikan tersebut dapat memberikan gambaran bagi kamu yang akan mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa baru di IAIN Palu. Thanks very much.