Pendaftaran Online POLMAN Bandung 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

pmb.polman-bandung.ac.id 2024 -- Pendaftaran Polman Bandung Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (POLMAN Bandung), Pendaftaran Mahasiswa Baru POLMAN Bandung, Pendaftaran D3/D4 Polman Bandung, Penerimaan Mahasiswa Baru POLMAN Bandung, Informasi Pendaftaran Online POLMAN Bandung, Jalur PMB POLMAN Bandung, Jalur SNBP, Jalur UTBK SNBT, Jalur Mandiri, KIP Kuliah. 2026. 2027.

Pada kesempatan kali ini, admin akan membahas tentang Pendaftaran Online POLMAN Bandung 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan untuk kalian yang ingin mendaftar kuliah di POLMAN Bandung. Namun sebelum itu, admin akan mengawali pembahasan kita dengan memberikan ulasan singkat mengenai kampus ini.
http://www.pendaftaranonline.web.id/  

Sekilas Tentang Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (POLMAN Bandung)

Politeknik Manufaktur Negeri Bandung atau yang disingkat dengan POLMAN Bandung adalah Politernik yang terletak di Kota Bandung, Indonesia, tepatnya di Jl. Kanayakan 21, Dago.

Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (POLMAN Bandung) pada mulanya bernama Politeknik Mekanik Swiss (PMS-ITB). Nama tersebut diberikan dikarenakan politeknik ini adalah hasil kerjasama bilateral antara pemerintah Indonesia melalui Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Pemerintah Swiss melalui Swiss Contact.

Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (POLMAN Bandung) merupakan Politeknik pertama di Negara Indonesia yang memiliki kemampuan dalam mengimplementasikan atau menerapkan teknologi industri di bidang pembuatan perkakas presisi, perancangan mekanik, pengecoran logam, perawatan mesin produksi dan mekatronika & otomasi industri.

Politeknik Manufaktur Negeri Bandung (POLMAN Bandung) memiliki moto yaitu "Presisi Ciri Kami" Politerknik ini telah didirikan pada 24 Maret 1977.

Beberapa Fasilitas di POLMAN Bandung :
  • Rupantama
  • Ruang Seminar
  • Perpustakaan
  • Studio Multimedia
  • Auditorium Rinekamaya
  • Laboratorium Jurusan
  • Asrama Mahasiswa
  • Olah raga
  • Student Center
  • Kantin & Koperasi

Untuk Jurusan dan Program Studi yang ada di POLMAN Bandung yaitu sebagai berikut :

Jurusan Teknik Manufaktur terdiri dari program studi :
  • D3 Teknologi Pembuatan Perkakas Presisi
  • D3 Pemeliharaan Mesin
  • D3 Teknologi Manufaktur
  • D4 Teknologi Rekayasa Manufaktur
  • D4 Manajemen Teknologi Rekayasa

Jurusan Teknik Perancangan Manufaktur terdiri dari program studi :
  • D3 Teknologi Perancangan Perkakas Presisi
  • D4 Teknologi Rekayasa Perancangan Manufaktur
  • D4 Rekayasa Perancangan Mekanik

Jurusan Teknik Pengecoran Logam terdiri dari program studi :
  • D3 Teknologi Pengecoran Logam
  • D4 Teknologi Rekayasa Material Maju

Jurusan Teknik Otomasi Manufaktur dan Mekatronika terdiri dari program studi :
  • D4 Teknologi Rekayasa Mekatronika
  • D4 Teknologi Rekayasa Otomasi
  • D4 Teknologi Rekayasa Informatika Industri

Dari beberapa program studi yang ada di POLMAN Bandung, mungkin ada salah satu yang diminati. Untuk itu ayo daftarkan diri untuk menjadi calon mahasiswa POLMAN Bandung.

Pada tahun ini, POLMAN Bandung membuka beberapa jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNBP, SNBT, dan jalur mandiri, serta jalur untuk calon mahasiswa alih jenjang dan paralel. Langsung saja simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran Online POLMAN Bandung Jalur SNBP

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang ingin masuk ke PTN / PTKIN / Politeknik Negeri yang salah satunya adalah Polman Bandung ini. 

Seleksi jalur SNBP didasarkan pada nilai raport dan prestasi unggul siswa selama mengikuti pendidikan di SMA / SMK atau sederajat lainnya.

Jalur ini ditujukan untuk calon mahasiswa yang ingin memilih program studi jenjang D3 / D4 di Politeknik Negeri, salah satunya di Polman Bandung.

Biaya pendaftaran gratis karena telah ditanggung oleh pemerintah sehingga peserta tidak perlu lagi mengeluarkan biaya pendaftaran.

Pendaftaran SNBP diawali oleh pihak sekolah yang merekomendasikan siswa-siswi terbaiknya dengan mengisi data di PDSS. Kemudian calon peserta membuat akun SNPMB. Setelah itu login, lalu mengisi data diri dengan lengkap dan benar sampai mencetak kartu peserta.

Ingat : saat memilih Politeknik, politeknik pertama yang akan menjadi prioritas utama bisa diisi dengan POLMAN Bandung.

Informasi selengkapnya tentang SNBP seperti Tata Cara Mengikuti SNBP, Mekanisme Seleksi, Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNBP, Persyaratan Siswa Pelamar, Jadwal Pelaksanaan, Daftar Nama-nama Politeknik, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Informasi Pendaftaran SNBP atau Pendaftaran Online SNBP

2. Pendaftaran Online POLMAN Bandung Jalur SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi nasional yang seleksinya dilaksanakan melalui tes.

Jalur ini dibuka setelah jalur SNBP berakhir. Bagi yang belum beruntung di jalur SNBP, maka bisa mendaftar di jalur SNBT ini.

Lulusan 3 tahun terakhir jenjang SMA / MA / SMK / sederajat bisa mendaftar di jalur ini jika memenuhi persyaratan.

Pendaftaran SNBT dilakukan sendiri oleh calon peserta tanpa melalui pihak sekolah. Calon peserta juga harus membayar biaya pendaftaran tidak gratis seperti pada jalur SNBP.

Untuk informasi lebih lanjut seperti persyaratan, biaya pendaftaran, cara mendaftar, daftar PTN / Politeknik, dan lain sebagainya silahkan baca pada artikel berikut ini  : Informasi Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran Online SNBT.

3. Pendaftaran POLMAN Bandung Jalur Mandiri

Jalur selanjutnya yang dibuka oleh Polman Bandung adalah jalur mandiri. Jika kedua jalur di atas dikelola secara nasional, jalur mandiri ini dikelola sendiri oleh Polman Bandung. 

Jalur mandiri dibuka untuk memberikan kesempatan pada calon peserta yang ingin masuk ke Polman Bandung. Seleksi melalui jalur mandiri dilakukan melalui tes.

Oleh karena itu, persiapkan diri kalian dengan lebih matang lagi, karena ini merupakan jalur terakhir yang bisa diikuti untuk bisa masuk ke Polman Bandung.

Jalur mandiri ini dibuka untuk menerima calon mahasiswa untuk program D3 / D4 reguler, D4 alih jenjang, dan D4 paralel.

# Jalur Mandiri D3 & D4 Reguler

Memiliki Ijazah SLTA Jurusan IPA, SMK dengan   jurusan yang relevan (SMA/SMK/MA/MAK) dan pada saat diterima sebagai mahasiswa baru usia maksimum 21 tahun,

# Jalur Mandiri D4 Alih Jenjang

Yaitu bagi lulusan Diploma III (D3) yang ingin melanjutkan program Sarjana Terapan (S.TrT). 

Calon peserta :
  • Memiliki Ijazah D3 yang linear dengan pilihan program studi D4 yang akan dipilih.
  • Batas usia maksimal 25 tahun pada saat diterima sebagai mahasiswa baru
  • memenuhi persyaratan lain yang telah ditentukan

# Jalur Mandiri Paralel (Kelas Eksekutif )

Bagi lulusan diploma III (D3) yang sudah atau sedang bekerja untuk melanjutkan ke Sarjana Terapan (S.TrT). 

Calon peserta :
  • Memiliki Ijazah D3 yang linear dengan pilihan program studi D4 yang akan dipilih.
  • Batas usia maksimal 25 tahun pada saat diterima sebagai mahasiswa baru
  • memenuhi persyaratan lain yang telah ditentukan


Informasi mengenai persyaratan, biaya, cara mendaftar, kuota, dan lainnya cek di :
  • https://pmb.polman-bandung.ac.id/ lalu klik jalur mandiri

4. Pendaftaran Online KIP Kuliah

KIP Kuliah adalah biaya bantuan pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu yang memiliki keinginan untuk melanjutkan ke Pergurunan Tinggi.

Pendaftaran KIP Kuliah dimulai oleh sekolah yang merekomendasikan siswanya. Kemudian siswa melakukan pendaftaran melalui website resminya yaitu kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

Informasi selengkapnya mengenai jadwal, persyaratan, tata cara, kuota dan hal terkait lainnya bisa dibaca pada artikel kami yang berjudul Pendaftaran KIP Kuliah

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi.

Demikianlah informasi yang bisa admin berikan kali ini. Semoga informasi tentang Pendaftaran Online POLMAN Bandung Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri tersebut bisa memberikan pencerahan untuk kalian semua.

Admin turut mendoakan semoga lulus ujian seleksi. Terima kasih telah membaca artikel ini. Sekian dan salam sukses untuk kita semua.