Pendaftaran Online UNM 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

www.unm.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNM Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, PMB UNM, Pendaftaran UNM Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNM, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNM, Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UNM, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, KIP Kuliah, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri, Jalur Bidikmisi, Universitas Negeri Makassar, UNM, 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi kepada anda tentang Pendaftaran Online UNM 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan untuk kalian yang ingin mendaftarkan kuliah di UNM. Disini admin akan memberikan informasi tersebut. Namun sebelumnya, admin akan memberikan sedikit gambaran mengenai Universitas Negeri Makassar (UNM).

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekilas Tentang Universitas Negeri Makassar (UNM)

Universitas Negeri Makassar atau yang disingkat dengan UNM adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang berada di kota Makassar, Indonesia. Universitas Negeri Makassar (UNM) didirikan pada 1 Agustus 1961. Moto dari Universitas Negeri Makassar (UNM) adalah Tetap Jaya Dalam Tantangan.

Selain UNM, adapula Universitas Negeri lainya yang seperti UNHAS dan UIN Alauddin.

Universitas Negeri Makassar (UNM) memiliki beberapa kampus diantaranya adalah  Kampus I Gunung Sari (Kota Makassar), Kampus II Parang Tambung (Kota Makassar), Kampus III Banta - Bantaeng (Kota Makassar), Kampus IV Tidung (Kota Makassar), Kampus PGSD (Kabupaten Bone), dan Kampus PGSD (Kota Pare Pare).

Fakultas dan program studi yang ada di Universitas Negeri Makassar (UNM), yaitu :
  • Fakultas Psikologi : Psikologi Eksperimen, Psikologi Industri, Psikologi Klinis, Psikologi Pendidikan, Psikologi Perkembangan, dan Psikologi Sosial
  • Fakultas Ilmu Pendidikan : Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan (KTP), Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS), Jurusan Administrasi PEndidikan (AP), dan Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan, Pendidikan Luar Biasa (PLB), program D-II PGSD, program D-II PGTK
  • Fakultas MIPA : Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Geografi, Prodi IPA, Prodi Statistika.
  • Fakultas Teknik : Pendidikan Teknik Bangunan terdiri dari Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan (S1) dan Teknik Arsitekstur (D3) ; Pendidikan Teknik Mesin terdiri dari Pendidikan Teknik Mesin (S1) dan Teknik Mesin (D3) ; Pendidikan Teknik Elektro terdiri dari Pendidikan Teknik Elektro (S1) dan Teknik Elektro (D3) ; Pendidikan Teknik Otomotif terdiri dari Pendidikan Teknik Otomotif (S1) dan Teknik Otomotif (D3) ; Pendidikan Teknik Elektronika terdiri dari Pendidikan Teknik Elektronika (S1) dan Teknik Elektronika (D3) ; Pendidikan Kesejahteraan Keluarga terdiri dari Pendidikan Tata Busana (S1), Pendidikan Tata Boga (S1), Tata Busana (D3), dan Tata Boga (D3) ; Pendidikan Teknologi Pertanian (S1) ; Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (S1)
  • Fakultas Bahasa dan Sastra
  • Fakultas Ilmu Olahraga
  • Fakultas Ilmu Sosial : PPKn, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Administrasi Perkantoran, dan Sosiologi.
  • Fakultas Seni dan Desain
  • Fakultas Ekonomi : Manajemen (S1), Jurusan Pendidikan Ekonomi yang terdiriatas 3 (tiga) program studi, yaitu Pendidikan Ekonomi Koperasi (S1), Pendidikan Akuntansi (S1), dan Pendidikan Administrasi Perkantoran (S1 Passing Out)
  • Program Pasca Sarjana : Pendidikan Bahasa Inggris (S3 dan S2), Pendidikan Ekonomi (S3), Pendidikan Kependudukan Dan Lingkungan Hidup (S3 dan S2), Pendidikan Bahasa Indonesia (S3 dan S2), Ilmu Pendidikan (S3), Ilmu Administrasi Publik (S3), Sosiologi (S3), Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan (S2), Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (S2). Pendidikan Fisika (S2), Pendidikan Biologi (S2), Pendidikan Kimia (S2), Pendidikan Matematika (S2), Pendidikan Seni Rupa (S2), Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan (S2), Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2), Administrasi Pendidikan (S2), Bimbingan Dan Konseling (S2).

Itulah sekilas tentang Universitas Negeri Makassar (UNM). Semoga bisa memberikan gambaran awal mengenai Universitas tersebut terutama bagi anda yang akan kuliah di UNM. Baiklah kita kembali lagi ke pembahasan awal kita yang akan membahas tentang jalur-jalur pendaftaran online penerimaan calon mahasiswa baru Universitas Negeri Makassar (UNM).

Seperti tahun sebelumnya, pada tahun ini Universitas Negeri Makassar (UNM) membuka beberapa jalur pendaftaran online penerimaan calon mahasiswa baru baik secara nasional maupun secara mandiri. Jalur-jalur tersebut adalah Jalur  SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri, dan Penerimaan Mahasiswa Baru Program Pascasarjana UNM. 

Dengan banyaknya jalur penerimaan mahasiswa baru tersebut, maka anda memiliki kesempatan yang besar untuk bisa masuk diterima menjadi mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM).

Untuk bisa lulus tentu saja hal itu harus diiringi dengan doa dan usaha yang sungguh-sungguh. Usaha yang bisa anda lakukan misalnya belajar mengerjakan soal-soal SNBP atau SNBT dan sebagainya. Dengan usaha tersebut, mudah-mudahan anda bisa mewujudkan impian anda untuk kuliah di Universitas Negeri Makassar (UNM).

Langsung saja kita akan membahas tentang jalur-jalur penerimaan calon mahasiswa baru Universitas Negeri Makassar (UNM). Perhatikan dan pahami dengan baik pembahasannya berikut ini.

1. Pendaftaran UNM Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah jalur seleksi penerimaan calon mahasiswa baru masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang diperuntukkan bagi siswa berprestasi akademik unggul di sekolah yang seleksinya dilihat dari nilai raport dan portofolio akademik yang relevan.

Jalur SNBP ini hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA / MA / SMK yang akan lulus dari sekolah pada tahun ini.

Untuk bisa mengikuti seleksi SNBP, maka harus bisa memenuhi persyaratan dan juga mengikuti tahapan pendaftaran sesuai ketentuan.

Pendaftaran SNBP dimulai dari pihak sekolah yang memberikan rekomendasi untuk siswa-siswi terbaiknya. Setelah direkomendasikan, siswa dapat melanjutkan proses pendaftaran hingga selesai.

Biaya pendaftaran SNBP tidak perlu dikeluarkan karena gratis.

Untuk memahami informasi lainnya seperti persyaratan pendaftaran, link pendaftaran, jadwal atau tanggal pendaftaran, prinsip seleksi, tahapan seleksi, pilihan PTN dan program studi, biaya pendaftaran, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Panduan Pendaftaran Online SNBP atau Pendaftaran Online SNBP

2. Pendaftaran UNM Jalur SNBT

SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes adalah jalur seleksi yang diadakan secara nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang didasarkan pada hasil tes dan / atau hasil tes dengan kriteria lain yang ditentukan oleh PTN.

Bukan hanya lulusan tahun ini saja yang boleh mendaftar, tetapi juga lulusan tahun kemaren, dan kemarennya lagi juga boleh mendaftar, tentunya harus memenuhi persyaratan lainnya juga.

Serangkaian proses pendaftaran SNBT dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengakses laman resminya.

Biaya pendaftaran tidak gratis alias berbayar. Pembayaran dilakukan di bank yang telah bermitra dengan panitia SNBT.

Mengenai informasi persyaratan pendaftaran, jadwal pendaftaran, biaya pendaftaran, pilihan PTN dan program studi, dan keterangan lainnya dapat di baca pada artikel Panduan Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran Online SNBT

3. Pendaftaran Jalur Mandiri UNM

Jalur Mandiri adalah jalur yang diselenggarakan secara lokal oleh panitia Universitas Negeri Makassar (UNM) untuk menyeleksi calon mahasiswa baru.

Jalur ini dapat menjadi alternatif bagi anda yang telah mengikuti jalur sebelumnya tetapi dinyatakan tidak lulus, maka dapat mengikuti seleksi jalur mandiri.

Jalur ini bisa diikuti oleh calon peserta yang telah lulus dari SMA / sederajat 3 tahun terakhir (lulusan tahun ini, tahun kemaren, dan tahun kemarennya lagi).

Calon peserta harus mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan seleksi jalur mandiri agar saat ujian bisa berjalan lancar dan hasilnya sesuai harapan.

Informasi lebih lanjut mengenai tata cara pendaftaran, persyaratan, prosedur dan lain-lainnya bisa dilihat di website resmi Universitas Negeri Makassar (UNM) yaitu http://pmbm.unm.ac.id/

Untuk informasi lebih lanjut mengenai jalur mandiri UNM, silahkan baca pada artikel Pendaftaran Jalur Mandiri UNM.

4. Pendaftaran Online KIP Kuliah

KIP-Kuliah merupakan pengganti dari Bidikmisi yang merupakan bantuan biaya pendidikan bagi siswa SMA / MA / SMK / sederajat yang memiliki nilai potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Pendaftaran KIP Kuliah dapat dilakukan secara online di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Untuk informasi lanjutan yang sebaiknya diketahui seperti persyaratan pendaftaran KIP Kuliah, cakupan KIP Kuliah, besarnya biaya KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, jadwal atau tanggal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, dan lain sebagainya dapat dibaca pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah

5. Pendaftaran Pascasarjana UNM

Universitas Negeri Makassar (UNM) juga membuka jalur penerimaan mahasiswa baru program pascasarjana untuk Program Magister (S2) dan Program Doktor (S3). 

Informasi lebih lanjut mengenai tata cara pendaftaran, persyaratan, prosedur serta ketentuan lainnya bisa dilihat disitus resmi PPS UNM yaitu pps.unm.ac.id


Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNM

Baca Juga :

Demikianlah informasi yang bisa admin berikan tentang Pendaftaran Online UNM (Universitas Negeri Makassar). Semoga bisa memberikan pencerahan untuk anda dalam mendapatkan informasi jalur pendaftaran online Maba UNM.

Admin turut mendoakan mudah-mudahan anda diterima menjadi mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) tahun ini. Terima kasih telah membaca artikel ini. Sekian dari admin, dan salam sukses untuk semuanya.

Ayo turut berbagi informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan.