Pendaftaran Online PNUP 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

www.poliupg.ac.id 2024 -- Pendaftaran PNUP Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran PNUP / POLINUPG, Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP), Pendaftaran Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP), Panduan Pendaftaran Online Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP), Jalur SNBP, SNBT, Bidikmisi, KIP Kuliah. Pendaftaran Politeknik Negeri Ujung Pandang. 2026. 2027.

Pada kesempatan yang baik ini, admin akan memberikan informasi yang berjudul Pendaftaran Online PNUP 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan untuk para lulusan SMA / MA / SMK sederajat yang ingin kuliah di PNUP. Informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/2015/08/pendaftaran-online-pnup.html

Politeknik Negeri Ujung Pandang atau yang disingkat dengan PNUP merupakan Politeknik Negeri yang terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan KM.10 Tamalanrea , Makassar 90245, Sulawesi Selatan, Indonesia.

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) telah didirikan pada tahun 1987. Sebelumnya Politeknik Negeri Ujung Pandang merupakan bagian dari Universitas Hasanuddin (UNHAS), namun kini telah berdiri sendiri.

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) memiliki beberapa jurusan dan program studi yaitu :

Jurusan Teknik Sipil terdiri dari program studi :
  • D3 Teknik Kontruksi Sipil 
  • D3 Teknik Kontruksi Gedung 
  • D4 Jasa Konstruksi 
  • D4 Perancangan Bangunan Gedung 
  • D4 Teknologi Rekayasa Kontruksi Bangunan Air
  • S2 Rekayasa Perawatan dan Restorasi Jembatan

Jurusan Teknik Elektro terdiri dari program studi :
  • D3 Teknik Elektronika
  • D3 Teknik Telekomunikasi
  • D3 Teknik Listrik
  • D4 Teknik Listrik (tersedia kelas RPL/Alih Jenjang S1 Terapan)
  • D4 Teknik Komputer & Jaringan 
  • D4 Teknik Multimedia & Jaringan
  • D4 Teknologi Rekayasa Jaringan Telekomunikasi (tersedia kelas RPL/Alih Jenjang S1 Terapan) 

Jurusan Teknik Kimia terdiri dari program studi :
  • D3 Analisis Kimia
  • D4 Teknologi Kimia Industri (tersedia kelas RPL/Alih Jenjang S1 Terapan)
  • D4 Teknologi Rekayasa Kimia Berkelanjutan 
  • D4 Teknologi Rekayasa Kimia Berkelanjutan (Akselerasi)

Jurusan Teknik Mesin terdiri dari program studi :
  • D3 Teknik Konversi Energi
  • D3 Perawatan Alat Berat
  • D3 Teknologi Konversi Energi (Kampus PSDKU PNUP di Kabupaten Kolaka)
  • D3 Teknik Mesin
  • D3 Teknik Otomotif
  • D4 Teknik Mekatronika (tersedia kelas RPL/Alih Jenjang S1 Terapan)
  • D4 Teknik Pembangkit Listrik (tersedia kelas RPL/Alih Jenjang S1 Terapan)
  • D4 Teknik Manufaktur Berkelanjutan (tersedia kelas RPL/Alih Jenjang S1 Terapan)
  • D4 Teknologi Rekayasa Energi Terbarukan
  • S2 Rekayasa Teknologi Manufaktur

Jurusan Administrasi Niaga terdiri dari program studi :
  • D3 Administrasi Bisnis
  • D4 Administrasi Bisnis (tersedia kelas RPL/Alih Jenjang S1 Terapan)

Jurusan Akuntansi terdiri dari program studi :
  • D3 Akuntansi
  • D4 Akuntansi Manajerial
  • D4 Akuntansi Manajerial (Kampus PSDKU PNUP di Kabupaten Kolaka)
  • Double Degree Kerjasama MSU Univesity Malaysia

Selain itu, ada pula program studi yang diselenggarakan atas Kerja Sama dengan BUMN maupun BUMS Seperi : Kalla, Trakindo, dan PLN (mungkin saja bisa bertambah lagi ataubahkan tidak bekerjasama lagi)

Pada tahun ini, Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) kembali membuka jalur pendaftaran mahasiswa baru untuk jenjang Diploma 3 (D3) dan Sarjana Terapan (D4) untuk semua program studi melalui jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Pembahasan terperinci dari ketiga jalur tersebut adalah sebagai berikut.

A. Pendaftaran Online PNUP Jalur SNBP 

SNBP memiliki kepanjangan kata yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi. Jalur SNBP merupakan jalur seleksi nasional yang diadakan untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri, salah satunya PNUP ini.

Seleksi jalur SNBP dilakukan dengan berdasarkan pada prestasi siswa terutama dilihat dari nilai rapor.

Jalur SNBP dibuka hanya untuk lulusan SMA / MA / SMK sederajat yang akan lulus dari sekolah pada tahun ini. Untuk lulusan tahun-tahun sebelumnya dapat mengikuti jalur seleksi lainnya, misal jalur SNBT atau jalur mandiri.

Pendaftaran SNBP dilakukan secara online melalui website resminya. Proses pendaftarannya diawali oleh kepala sekolah yang merekomendasikan siswa-siswi yang berprestasi dengan mengisi data di PDSS. Setelah itu, masing-masing siswa akan mendapatjan username dan passwod yang dapat digunakan untuk login ke website resmi melengkapi data pendaftaran hingga mencetak kartu peserta.

Biaya pendaftaran jalur SNBP tidak perlu dikeluarkan oleh calon peserta kerana biayanya gratis.

Untuk keterangan lebih lengkap seperti persyaratan pendaftaran untuk sekolah dan siswa, cara mendaftar, link pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan program studi, daftar perguruan tinggi negeri lainnya, dan lain-lain dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran Online SNBP atau Informasi Pendaftaran SNBP.

B. Pendaftaran Online PNUP Jalur SNBT

SNBT memiliki kepanjangan kata yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Tes. Jalur SNBT merupakan jalur seleksi nasional masuk ke perguruan tinggi negeri yang seleksinya dilakukan melalui ujian tulis berbasis komputer (UTBK).

Melekatnya UTBK pada jalur SNBT ini sehingga sering pula disebut sebagai jalur UTBK SNBT.

Jalur SNBT dibuka untuk para lulusan SMA / MA / SMK sederajat yang telah lulus dari sekolah maksimal 3 tahun terakhir.

Pendaftaran SNBT dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengakses laman resmi SNBT. Namun apabila mengalami kendala, dapat meminta bantuan pada pihak sekolah atau kaka senior yang berpengalaman.

Biaya pendaftaran SNBT perlu dikeluarkan oleh calon peserta karena memang tidak gratis seperti pada jalur SNBP. Pembayaran melalui pihak bank yang telah bekerja sama dengan panitia SNBT.

Untuk informasi lebih rinci seperti persyaratan pendaftaran, link pendaftaran online, cara mendaftar, biaya pendaftaran, jadwal pendaftaran, jumlah pilihan program studi, daftar perguruan tinggi negeri lain, dan lain-lain dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran Online SNBT atau Informasi Pendaftaran SNBT.

C. Pendaftaran Online PNUP Jalur Mandiri

Selain membuka jalur seleksi nasional SNBP dan SNBT, PNUP juga membuka jalur seleksi mandiri untuk menyeleksi calon mahasiswa barunya melalui tes.

Persiapkan diri lebih baik dari sebelumnya agar bisa lulus dari jalur seleksi mandiri ini. Jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan ini bisa jadi ini adalah jalur seleksi terakhir yang dibuka oleh PNUP di tahun ini.

Jalur mandiri dibuka untuk lulusan jenjang SMA / MA / SMK , MAK dan Paket C maksimal lulus 3 tahun terakhir dengan usia maksimal 21 tahun pada akhir Mei.

Informasi pendaftaran dan link pendaftaran di https://pmb.poliupg.ac.id/ lalu pilih jalur mandiri.

D. Pendaftaran Online KIP Kuliah PNUP 

KIP Kuliah merupakan program pemberian bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup yang diberikan kepada calon mahasiswa baru yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan calon mahasiswa tersebut juga memiliki kemampuan akademik yang baik. 

Proses pengajuan KIP Kuliah dilakukan bersamaan dengan jalur seleksi yang diikuti oleh calon peserta. Misalkan mengikuti seleksi jalur SNBP, SNBT, atau jalur mandiri.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online melalui laman resminya menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Informasi selengkapnya mengenai KIP Kuliah telah admin rangkum secara khusus dalam artikel Pendaftaran KIP Kuliah. Silahkan kunjungi artikel tersebut untuk menemukan informasi seperti persyaratan, jadwal, cara mendaftar, dan lainnya.


Itulah jalur-jalur seleksi masuk ke PNUP yang bisa kalian ikuti sesuai persyaratan dan ketentuannya. Jika tidak lulus di satu jalur, maka ikuti jalur seleksi lainnya yang masih dibuka.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi

Demikianlah informasi yang bisa admin berikan pada kesempatan ini. Semoga informasi tentang Pendaftaran Online PNUP Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri yang telah dibahas bisa memberikan pencerahan untuk kalian dalam melakukan proses pendaftaran online.

Admin turut mendoakan semoga lulus seleksi. Terima kasih admin ucapkan atas waktu yang diluangkan untuk membaca artikel ini dan salam sukses untuk kita semua.

Ayo turut berbagi informasi ini atau share dengan yang lainnya. Sukai juga halaman web kami.