Selamat datang di web pendaftaranonline.web.id . Temukan dan baca informasi yang anda butuhkan di web ini. Temukan informasi anda dengan mengetik kata kunci pada kolom search yang tersedia. Sebagai contoh ketik saja "SNMPTN, SBMPTN, Bidikmisi, Dikti, PMDK-PN, SPMB, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, TNI-POLRI, Siswa Baru, dll". Jangan lupa untuk share informasi yang ada pada teman-teman yang membutuhkan dan sukai juga halaman web kami yang ada di sebelah kanan. Terima kasih atas kunjungan anda.

Pendaftaran Online UIN-Alauddin 2017/2018

www.uin-alauddin.ac.id 2017 -- Pendaftaran UIN Alauddin Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN-Alauddin, Penerimaan Mahasiswa Baru UIN-Alauddin, Informasi Pendaftaran UIN-Alauddin, Pendaftaran Kuliah UIN-Alauddin, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri, Jalur UMM, Jalur UMK, Jalur SPAN PTKIN, Jalur UM PTKIN, Jalur Bidikmisi, Universitas Islam Negeri Alauddin, UIN-Alauddin. 2019. 2020.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pandaftaran Online UIN Alauddin 2017/2018. Disini admin akan memberikan semua informasi tersebut kepada anda. Namun terlebih dahulu admin akan memberikan gambaran singkat mengenai Universitas Islam Negeri Alauddin (UIN-Alauddin).
http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekilas Tentang Universitas Islam Negeri Alauddin (UIN-Alauddin)

Universitas Islam Negeri Alauddin atau yang disingkat dengan UIN-Alauddin adalah Salah satu Perguruan Tinggi Islam Negeri yang berada di Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia. Moto dari Universitas Islam Negeri Alauddin (UIN-Alauddin) adalah Pencerdasan, Pencerahan & Prestasi.

Selain UIN-Alauddin, di kota Makassar terdapat pula Perguruan Tinggi Negeri ternama seperti UNM, UNHAS, dan lainnya.

Sebelum menjadi Universitas, pada mulanya Universitas Islam Negeri Alauddin (UIN-Alauddin) adalah sebuah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Alauddin Makassar.

Beberapa fakultas dan program studi yang ada di UIN Alauddin yaitu sebagai berikut :

Fakultas dan Program Studi pada Program Sarjana (S1) UIN Alauddin
  • Fakultas Ushuluddin dan Filsafat terdiri dari program studi Filsafat Agama, Ilmu Aqidah, Sosiologi Agama, Perbandingan Agama, Ilmu Hadis, Ilmu al-Qur'an dan Tafsir, dan Ilmu Politik
  • Fakultas Sains dan Teknologi terdiri dari program studi Teknik Arsitektur, Teknik Informatika, Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, Fisika, Biologi, Kimia, Matematika, Ilmu Peternakan, dan Sistem Informasi.
  • Fakultas Ilmu Kesehatan terdiri dari program studi Kesehatan Masyarakat, Keperawatan, Farmasi, Kebidanan (D3)
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam terdiri dari program studi Ekonomi Islam, Manajemen, Akuntansi, dan Ilmu Ekonomi.
  • Fakultas Syari'ah dan Hukum terdiri dari program studi Hukum Acara Perdata dan Ketatanegaraan, Pidana dan ketatanegaraan, Perbandingan Hukum, Ilmu Hukum.
  • Fakultas Adab dan Humaniora terdiri dari program studi Bahasa dan Sastra Arab, Sejarah dan Kebudayaan Islam, Bahasa dan Sastra Inggris, Ilmu Perpustakaan.
  • Fakultas Dakwah dan Komunikasi terdiri dari program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Bimbingan dan Penyuluhan Islam, Pengembangan Masyarakat Islam, dan Kesejahteraan Sosial, Manajmen Dakwah, Jurnalistik, Ilmu Komunikasi.
  • Fakultas Tarbiyah dan Keguruan terdiri dari program studi Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Manajmen Pendidikan Islam, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pend. Guru Madrasah Ibtidaiyah.

Fakultas dan Program Studi pada Program Magister (S2) UIN Alauddin
  • Pendidikan Agama Islam, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Tafsir Hadis, Ekonomi Syariah, Dirasah Islamiyah terdiri dari konsentrasi Syariah/Hukum Islam, Pemikiran Islam, Dakwah dan Komunikasi, Bahasa dan Sastra Arab, Sejarah dan Peradaban Islam, Perpustakaan dan Informasi Islam.

Fakultas dan Program Studi pada Program Doktor (S3) UIN Alauddin
  • Program Studi Dirasah Islamiyah (Islamic Studies) dengan konsentrasi sebagai berikut : Pendidikan dan Keguruan, Syariah/Hukum Islam, Tafsir, Hadis, Pemikiran Islam, Dakwah dan Komunikasi, Sejarah Peradaban Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Bahasa dan Sastra Arab, Ekonomi Islam, dan Masyarakat Islam.

Itulah gambaran singkat mengenai Universitas Islam Negeri Alauddin (UIN-Alauddin). Semoga bisa memberikan tambahan pengetahuan kepada anda, terutama yang akan masuk kuliah di universitas tersebut. Baiklah kita lanjutkan lagi pembahasan awal kita tentang jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Universitas Islam Negeri Alauddin (UIN-Alauddin).

Pada tahun ini, Universitas Islam Negeri Alauddin (UIN-Alauddin) membuka banyak jalur penerimaan mahasiswa baru, baik jalur nasional ataupun jalur mandiri.Jalur-jalur yang dimaksud adalah jalur SNMPTN, jalur SBMPTN, jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, jalur UMM, jalur UMK, dan Bidikmisi.

Silahkan anda mengikuti jalur seleksi yang anda minati untuk bisa masuk menjadi mahasiswa  baru Universitas Islam Negeri Alauddin (UIN-Alauddin).

Dengan banyaknya jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh Universitas Islam Negeri Alauddin (UIN-Alauddin) tersebut, maka anda memiliki peluang yang besar untuk bisa diterima menjadi mahasiswa disana.

Untuk bisa lulus seleksi, tentunya anda harus menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk bisa memenangkan persaingan yang cukup ketat antara sesama peserta. Melihat jumlah peserta tahun lalu bahwa cukup banyak peserta yang mendaftar disini. Semoga dengan persiapan yang anda lakukan bisa membantu mewujudkan keinginan anda untuk lulus seleksi.

Sekarang admin akan menjelaskan jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Universitas Islam Negeri Alauddin (UIN-Alauddin). Simak penjelasannya dengan baik berikut ini.

A. Pendaftaran Online SNMPTN UIN-Alauddin

SNMPTN adalah jalur seleksi undangan untuk masuk ke perguruan tinggi negeri yang didasarkan pada prestasi akademik siswa selama di sekolah yang dilihat dari nilai raport siswa dan prestasi lainnya yang relevan.

Ada 3 tahapan mengikuti seleksi jalur SNMPTN yaitu: (1) pengisian PDSS oleh sekolah dan verifikasi oleh siswa, (2) pemeringkatan oleh panitia, (3) pendaftaran SNMPTN oleh siswa.

Pengisian PDSS oleh Kepala Sekolah dan verifikasi oleh siswa dilakukan melalui laman pdss.snmptn.ac.id. Calon mahasiswa yang telah mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah akan mendapatkan NISN dan Password untuk login verifikasi di PDSS dan kemudian pendaftaran SNMPTN melalui laman web.snmptn.ac.id

Calon mahasiswa mendaftaran dengan menggunakan NISN dan Password yang telah diberikan oleh kepala sekolah. Calon mahasiswa harus mengisi data dengan lengkap dan benar.

Informasi lengkap mengenai SNMPTN tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia dan keterangan terkait lainnya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SNMPTN atau Panduan Pendaftaran SNMPTN

B. Pendaftaran Online SBMPTN UIN-Alauddin

SBMPTN merupakan jalur seleksi nasional untuk menjaring calon mahasiswa baru yang seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis yang diikuti oleh semua peserta dan untuk peserta yang memilih program studi seni atau olahraga harus mengikuti ujian tambahan berupa ujian keterampilan.

Calon peserta yang tidak lulus seleksi SNMPTN, atau yang memang tidak ikut SNMPTN, maka bisa mendaftarkan diri mengikuti SBMPTN karena memang pelaksanaaan SBMPTN dilakukan setelah SNMPTN.

Alur pendaftaran online jalur SBMPTN yaitu:
  • Buka alamat pendaftaran SBMPTN di pendaftaran.sbmptn.ac.id
  • Lakukan pengisian data awal dan cetak kartu pengisian data awal jika telah mengisinya
  • Bawa kartu tersebut saat membayar biaya pendaftaran di Bank
  • Setelah membayar, akan mendapatkan KAP dan PIN.
  • Gunakan KAP dan PIN untuk login kembali ke alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id
  • Lengkapi formulir pendaftaran SBMPTN yang tersedia
  • Setelah selesai, cetaklah kartu tanda peserta SBMPTN
  • Bawalah kartu tersebut saat ujian berlangsung serta persyaratan lainnya yang diperlukan.

Informasi mengenai alur pendaftaran lengkap, tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah pilihan PTN dan Program Studi, kriteria penerimaan, daftar PTN se-Indonesia, dan lainnya dapat anda baca pada artikel Panduan Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran Online SBMPTN

C. Pendaftaran SPAN-PTKIN UIN-Alauddin

SPAN-PTKIN atau Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri merupakan jalur seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri  seperti UIN, IAIN, atau STAIN yang seleksinya didasarkan pada prestasi akademik siswa yang dilihat dari nilai rapor dan prestasi lainnya yang relevan.

Calon peserta yang akan mendaftar SPAN-PTKIN terlebih dahulu harus memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah. Setelah memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah, kemudian dapat melakukan proses pendaftaran SPAN-PTKIN secara online melalui alamat www.span-ptkin.ac.id

Informasi mengenai tata cara pendaftaran, persyaratan, kriteria penerimaan, jumlah PTKIN pilihan, daftar PTKIN se-Indonesia serta ketentuan lainnya bisa dibaca pada artikel Panduan Pendaftaran SPAN-PTKIN atau Pendaftaran Online SBMPTN

D. Pendaftaran UM-PTKIN UIN-Alauddin

UM-PTKIN atau Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri  merupakan jalur seleksi masuk yang dilakukan secara bersama-sama oleh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Indonesia yang ujiannya dilakukan melalui ujian tertulis.

Peserta terlebih dahulu membayar biaya pendaftaran melalui Bank Mandiri dan selanjutnya akan mendapatkan username atau Used ID dan password yang dapat digunakan untuk mendaftar secara online melalui laman www.um-ptkin.ac.id.

Informasi lainnya seperti tata cara pendaftaran, persyaratan, kriteria penerimaan, jumlah PTKIN pilihan, biaya pendaftaran, daftar PTKIN se-Indonesia, dan lain-lain dapat anda baca pada artikle Panduan Pendaftaran UM-PTKIN atau Pendaftaran Online UM-PTKIN

E. Pendaftaran Bidikmisi UIN-Alauddin

Bidikmisi adalah bantuan pendidikan yang diberikan kepada siswa yang kurang mampu secara ekonomi dan mempunyai prestasi yang unggul selama menempuh pendidikan di sekolah.

Salah satu tujuan diselenggarakannya Bidikmisi adalah memberi bantuan biaya pendidikan kepada calon/mahasiswa yang memenuhi kriteria untuk menempuh pendidikan program Diploma/Sarjana sampai selesai dan tepat waktu.

UIN Alauddin merupakan slah satu Perguruan Tinggi Keagamaan yang menyalurkan bantuan Bidikmisi kepada calon mahasiswa baru. Beberapa persyaratan pendaftaran yang harus dipenuhi ketika akan mendaftar Bidikmisi UIN Alauddin yaitu :

Persyaratan Pendaftaran Bidikmisi UIN Alauddin
  1. Siswa lulusan SMA/SMK/MA/MAK/ sederajat yang lulus pada tahun ini
  2. Usia pendaftar maksimal pada saat mendaftar adalah 21 tahun
  3. Pertimbangan khusus diberikan kepada pendaftar yang memenuhi persyaratan 1 s/d 2, serta mempunyai prestasi ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler paling rendah peringkat 3 ditingkat Kabupaten/Kota atau prestasi non konpetitif lain yang tidak ada pemeringkatan (minimal ketua Organisasi Siswa Sekolah/OSIS)
  4. Potensi akademik dan prestasi yang dimaksud pada butir 3 dinyatakan dengan rekomendasi Kepala Sekolah/ Madrasah Aliyah atau Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
  5. Foto warna Rumah Orang Tua (Depan, Samping, dan Belakang)
  6. Foto copy rapor yang dilegalisir mulai semester 4, 5 dan 6
  7. Foto warna ukuran 3×4 sebanyak 3 lembar
  8. Foto copy rekening listrik Orang Tua pembayaran terakhir, jika tidak memiliki buktikan dengan surat keterangan minimal dari RT
  9. Foto copy pembayaran Pajak dan Bumi dan Bangunan (PBB) Orang tua
  10. Foto copy Kartu Keluarga (KK)
  11. Menunjukkan kartu pendaftaran/peserta asli
  12. Foto copy Ijazah dan Hasil Ujian Nasional tahun 2016 (SMA, SMK, MA, MAK) yang dilegalisir 1 (satu) lembar
  13. Surat Keterangan Kesehatan/Narkoba/buta warna dari Poliklinik UIN Alauddin Makassar

Peserta yang dapat memenuhi persyaratan di atas kemudian dapat mengisi formulir Bidikmisi yang dapat diperoleh pada bagian Kemahasiswaan & Alumni Gedung Rektorat Lt.1 Kampus II UIN Alauddin Makassar di Samata-Gowa.

Pengembalian formulir Bidikmisi / berkas persyaratan tersebut di atas disetor pada Bagian Kemahasiswaan & Alumni saat pendaftaran ulang / pemasukan berkas setiap jalur. Untuk keterangan lain silahkan ditanyakan pada Bagian Kemahasiswaan & Alumni.

Website resmi Bidikmisi yang perlu anda ketahui yaitu bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Peserta juga dapat membaca informasi Bidikmisi pada artikel yang berjudul Panduan Pendaftaran Bidikmisi.

F. Pendaftaran Jalur Mandiri UIN-Alauddin

Jalur Mandiri marupakan jalur penerimaan mahasiswa baru UIN-Alauddin yang dilakukan secara mandiri yang terdiri dari jalur UMM dan jalur UMK. Berikut ini akan dijelaskan masing-masing dari jalur di atas.

1. Jalur UMM UIN-Alauddin


Jalur UMM atau Ujian Masuk Mandiri adalah jalur mandiri yang diadakan secara mandiri oleh Universitas Islam Negeri Alauddin (UIN-ALAUDDIN) untuk menjaring calon mahasiswa baru.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui website resmi jalur UMM UIN-Alauddin yaitu http://umm.uin-alauddin.ac.id/ . Informasi lebih lanjut dapat dilihat pada alamat website UMM di atas. Untuk jadwal silahkan lihat disini.

2. Jalur UMK UIN-Alauddin

Jalur UMK atau Ujian Masuk Khusus adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang secara khusus diselenggarakan oleh Universitas Islam Negeri Alauddin (UIN-ALAUDDIN) untuk menjaring calon mahasiswa baru.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui website resmi jalur UMK UIN-Alauddin yaitu http://umk.uin-alauddin.ac.id/ . Informasi lebih lanjut dapat dilihat pada alamat website UMM di atas. Untuk jadwal silahkan lihat disini.

G. Pendaftaran Profesi Ners UIN Alauddin

UIN Alauddin membuka jalur khusus untuk penerimaan mahasiswa baru Profesi Ners. Calon peserta yang akan mendaftar harus memenuhi persyaratan berikut ini.

Persyaratan Pendaftaran
  1. Foto Copy Ijazah Sarjana Keperawatan dan transkrip yang telah dilegalisir
  2. Lulusan yang berasal dari institusi yang telah terakreditasi
  3. Rekomendasi dari pimpinan institusi asal ( bila dari luar UIN Alauddin)
  4. Bagi alumni UIN alauddin yang belum diwisuda dan memperoleh ijazah, maka diperkenankan menggunakan surat keterangan lulus
  5. Tinggi badan minmal wanita 150 cm dan Pria 155 cm
  6. Wajib mengisi Formulir permohonan pendaftaran
  7. Mempersiapkan pasfoto ukuran 3 x 4 berwarna latar biru sebanyak 5 lembar (1 lembar ditempel pada formulir pendaftaran).
  8. Membayar biaya pendaftaran
  9. Memiliki Surat Keterangan berbadan sehat, tidak buta warna dan tidak narkoba, yang dikeluarkan oleh poliklinik UIN Alauddin Makassar di Kampus 2 Samata Gowa.

Semua berkas persyaratan tersebut dimasukkan ke dalam stofmap lubang berwarna hijau dan diserahkan langsung di bagian akademik Lt.1 Rektorat UIN Alauddin Kampus II Samata – Gowa.

Untuk informasi lainnya dapat anda baca di web UIN Alauddin. Untuk jadwal pelaksanaan dapat anda lihat disini.

H. Pendaftaran Program Pascasarjana UIN Alauddin

UIN Alauddin kembali membuka penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang Magister dan Doktor. Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang tersebut, silahkan daftarkan diri anda mengikuti jalur seleksi yang dibuka serta harus memenuhi ketentuan pendaftaran yang berlaku.

Informasi lebih lanjut mengenai penerimaan mahasiswa baru UIN Alauddin jenjang pascasarjana dapat anda lihat langsung di web UIN Alauddin yaitu http://pps.uin-alauddin.ac.id/ . Untuk jadwal pelaksanaan dapat anda lihat disini.

Itulah jalur-jalur seleksi masuk UIN-Alauddin yang bisa anda pilih ketika mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru UIN-Alauddin. Silahkan pilih dan ikuti sesuai minat dan bakat anda.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UIN-Alauddin

Baca juga :

Demikianlah informasi yang bisa admin berikan tentang Pendaftaran Online UIN-Alauddin. Semoga informasi tersebut bisa memberi pencerahan untuk anda smua. Admin turut mendoakan semoga anda lulus ujian seleksi.

Terima kasih telah membaca disini dan salam sukses untuk kita semua. Amin. Ayo turut berbagi (G+1) atau share (fb) info ini pada teman lainnya dan ayo sukai juga halaman web kami.