Registrasi Akun SNPMB untuk Mendaftar SNBP dan SNBT 2024/2025 oleh Sekolah dan Siswa

Registrasi Akun SNPMB untuk SNBP dan UTBK SNBT 2024 -- Registrasi Akun SNPMB oleh Sekolah dan Siswa, Portal SNPMB, Registrasi Akun SNPMB untuk PDSS dan SNBP, Registrasi Akun SNPMB untuk UTBK SNBT, Cara Registrasi Akun SNPMB, Pembuatan Akun SNPMB, Pendaftaran Akun SNPMB Jadwal Registrasi Akun SNPMB, Peserta SNBP dan UTBK Wajib Buat Akun SNPMB, Laman Resmi Registrasi Akun SNPMB, Tata Cara Registrasi Akun SNPMB, Langkah Registrasi Akun SNPMB. 2026. 2027.

Kali ini admin akan berbagi informasi yang berjudul Registrasi Akun SNPMB untuk Mendaftar SNBP dan UTBK SNBT 2024/2025 oleh Sekolah dan Siswa. Informasi ini ditujukan bagi kalian yang ingin mendaftar SNBP dan UTBK SNBT. Langsung saja simak informasinya di bawah ini.


Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) adalah seleksi masuk ke PTN / Politeknik Negeri yang diadakan secara nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru.

Ada dua jalur seleksi yang bisa dipilih di jalur SNPMB, yaitu:
  • Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), yang menggantikan SNMPTN
  • Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), yang menggantikan SBMPTN. Jalur SNBT sering pula disebut dengan jalur UTBK-SNBT.

Layanan Call Center SNPMB :
  • Di Nomor 0804-1-450-450 , Jam layanan: 08.00 - 18.00 WIB

Untuk menggunakan layanan Helpdesk HALO SNPMB, Anda dapat langsung mengirim tiket melalui halaman berikut : https://halo-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/helpdesk/id/penanya/create-ticket/

Itulah sedikit tentang SNPMB. Mari kita lanjut ke pembahasan utama.

----------------------

Selain jalur SNBP dan SNBT, penerimaan calon mahasiswa baru masuk ke Perguruan Tinggi Negeri juga dibuka melalui jalur mandiri

Jalur SNBP dan jalur SNBT dilaksanakan secara nasional oleh Pemerintah, dalam hal ini Kemendikbud. Sedangkan jalur mandiri dilaksanakan masing-masing oleh perguruan tinggi negeri.

Pada sistem penerimaan calon mahasiswa baru jalur nasional, telah terjadi perubahan pada rangkaian proses pendaftaran atau registrasi. 

Contohnya : Di tahun sebelum-sebelumnyanya untuk bisa mendaftar SNMPTN, dimulai dari pengisian data di PDSS SNMPTN, lalu mendaftar SNMPTN. Saat ini nama SNMPTN diubah menjadi SNBP. Untuk pendaftaran SNBP diawali dengan membuat akun SNPMB di portal resminya, lalu pengisian data PDSS, dan diakhiri proses pendaftaran SNBP oleh siswa.

Nah, perubahan-perubahan seperti ini harus diketahui oleh calon mahasiswa agar tidak terjadi kesalahan atau kebingunan untuk mendaftar di jalur SNBP ataupun SNBT.

Sekolah sebagai tempat berkumpulnya siswa-siswi dapat membantu mereka dengan mensosialisasikan atau menjelaskan sejelas-jelasnya serangkaian proses pendaftaran calon mahasiswa baru pada jalur SNBP, dan SNBT mulai dari registrasi akun, pendaftaran, seleksi, hingga pengumuman.

Dengan begitu, kemungkinan besar calon mahasiswa akan mendapatkan pencerahan yang mendetail mengenai rangkaian proses penerimaan mahasiswa baru untuk jalur SNBP dan SNBT.

Terkait dengan judul artikel ini "Registrasi Akun SNPMB untuk Mendaftar SNBP dan UTBK SNBT", maka disini akan dijelaskan mengenai tahapan registrasi untuk SNPMB untuk pendaftaran SNBP dan SNBT, waktu registrasi, dan link portal registrasi.

Perlu diketahui bahwa, registrasi akun SNPMB harus dilakukan oleh pihak sekolah dan juga siswa sebagai calon pendaftar.

Bagaimana cara mendaftar / registrasi akun SNPMB?

Pendaftaran akun SNPMB dapat dilakukan melalui portal SNPMB di laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id dengan memasukkan NISN, NPSN, dan tanggal lahir yang telah sesuai pada data DAPODIK / EMIS.

Info :
  • NISN = Nomor Induk Siswa Nasional
  • NPSN = Nomor Pokok Sekolah Nasional

Nah, untuk mengecek NPSN, bisa dilakukan melalui cara sebagai berikut :
  1. Buka laman referensi.data.kemdikbud.go.id
  2. Klik menu Data Pendidikan Klik submenu Satuan Pendidikan lalu klik Pendidikan  Menengah (Kategori Satuan Pendidikan NPSN)
  3. Klik nama provinsi
  4. Klik nama kabupaten
  5. Klik nama kecamatan
  6. Data NPSN tercantum pada tabel sesuai nama sekolah. Angka pada kolom NPSN juga bisa diklik untuk mengetahui alamat detail sekolah

Sedangkan untuk mengecek NISN bisa dilakukan dengan cara berikut :
  1. Buka laman nisn.data.kemdikbud.go.id
  2. Lalu klik menu Data Siswa
  3. Klik menu Pencarian Berdasarkan Nama ; Isi dengan informasi yang benar pada kolom Nama Siswa, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, dan Nama Ibu

Setelah mendapatkan NISN, NPSN, dan tanggal lahir siswa maka dapat melakukan registrasi akun SNPMB.

Di bawah ini akan dijelaskan secara rinci mengenai registrasi akun SNPMB untuk pihak sekolah dan siswa agar bisa mendaftar SNBP, ataupun SNBT (UTBK SNBT).

A. Registrasi Akun SNPMB oleh Sekolah

Tahapan Registrasi Akun SNPMB oleh Sekolah :
  1. Tidak punya akun ? Buatlah akun di portal SNPMB : portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id dengan mengklik tombol Daftar lalu klik lagi Daftar pada menu Sekolah lalu masukkan NPSN, kode registrasi dapodik, alamat email, lalu submit.
  2. Membuka email verifikasi dan klik aktivasi akun
  3. Buka kembali laman portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id untuk login / masuk menggunakan akun yang telah dibuat di portal SNPMB
  4. Memilih menu verifikasi dan validasi
  5. Memvalidasi data
  6. Klik tombol perbarui data
  7. Memvalidasi data
    • Jika data valid, tahapan registrasi selesai
    • Jika data tidak valid, ikuti tahapan pada no 8 - 9 di bawah ini.
  8. Melakukan koreksi dan melaporkan hasilnya ke PUSDATIN / PENDES
  9. Ulangi langkah registrasi dari memilih menu verifikasi dan validasi (mulai dari langkah ke 4 di atas). Ikuti langkah-langkahnya hingga selesai (sampai data valid)

                              B. Registrasi Akun SNPMB Oleh Siswa 

                              Berikut tahapan registrasi akun SNPMB oleh siswa:
                              1. Tidak punya akun ? Buatlah akun di portal SNPMB : portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id dengan mengklik tombol Daftar lalu klik lagi Daftar pada menu Siswa lalu masukkan NISN, NPSN, tanggal lahir, dan email lalu submit. (Untuk siswa RI di luar negeri dari sekolah non-Sekolah Rakyat Indonesia (SRI) dapat menggunakan NPSN 69999999)
                              2. Membuka email verifikasi dan klik aktivasi akun
                              3. Buka kembali laman portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id untuk login / masuk menggunakan email dan pasword yang telah dibuat di portal SNPMB
                              4. Memilih menu verifikasi dan validasi data siswa
                              5. Memvalidasi data
                              6. Klik tombol perbarui data
                              7. Memvalidasi data
                                • Jika data valid, isilah biodata yang diminta, serta unggah pas foto terbaru
                                • Jika data tidak valid, laporkan ke pihak sekolah agar dilakukan koreksi data.
                              8. Jika data telah valid, dan biodata telah diisi serta pas foto telah diunggah, klik simpan permanen dan unduh bukti registrasi akun SNPMB
                              9. Registrasi selesai.

                              Setelah siswa melakukan registrasi akun SNPMB. Selanjutnya siswa dapat melakukan pendaftaran SNBP sesuai dengan jadwal pendaftaran.

                              Begitu juga dengan calon peserta yang ingin mendaftar SNBT (UTBK-SNBT) terlebih dahulu harus registrasi akun SNPMB. Setelah itu dapat melakukan pendaftar SNBT (UTBK-SNBT) sesuai jadwal.

                              Secara umum dan singkat, cara pendaftaran SNBP / SNBT yaitu :
                              1. Login ke laman portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id
                              2. Klik di salah satu menu Pendaftaran SNBP atau Pendaftaran UTBK SNBT
                              3. Mengisi / melengkapi biodata pendaftaran
                              4. Mencetak bukti Kartu Peserta 

                              Untuk lebih rinci silahkan baca di bawah ini :

                              C. Waktu Registrasi Akun SNPMB

                              Waktu Registrasi akun SNPMB untuk pendaftaran SNBP berbeda dengan waktu registrasi akun SNPMB untuk pendaftaran UTBK SNBT. Untuk lebih jelasnya mengenai waktu registrasi akun SNPMB tersebut, maka dapat dilihat pada artikel Jadwal Registrasi dan Pendaftaran SNBP dan UTBK SNBT.

                              Baca Juga :

                              Demikian penjelasan mengenai Registrasi Akun SNPMB untuk Mendaftar SNBP dan UTBK SNBT. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian semua. Terima kasih dan semoga lancar dalam melakukan registrasi akun SNPMB.