Pendaftaran Online ULM 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

www.ulm.ac.id 2024 -- Pendaftaran ULM Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran ULM Online, PMB ULM / UNLAM, Pendaftaran Mahasiswa Baru ULM, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ULM, Informasi Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana ULM, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, KIP Kuliah, Pendaftaran Kuliah ULM, Jalur Pendaftaran ULM, SNBP, SNBT, Bidikmisi, Mandiri, Universitas Lambung Mangkurat, Penerimaan Maba ULM. 2026. 2027.

Informasi yang akan diberikan pada kesempatan ini adalah tentang Pendaftaran Online ULM 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan terutama bagi para lulusan SMA / SMK sederajat yang ingin mendaftar kuliah di ULM pada tahun ini. Langsung saja simak informasinya.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekilas Tentang Universitas Lambung Mangkurat (ULM)

Universitas Lambung Mangkurat atau yang disebut dengan ULM atau yang dijuluki Universitas Perjuangan adalah Perguruan Tinggi Negeri tertua di Kalimantan, Indonesia, tepatnya di Jl. Brigjen. Hasan Basery Banjarmasin dan Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Universitas Lambung Mangkurat (ULM) didirikan pada 21 September 1958 dan  diresmikan pada 1 November 1960. Moto Universitas Lambung Mangkurat (ULM) adalah Waja Sampai Kaputing.

Fakultas dan Program Studi yang ada di Universitas Lambung Mangkurat (ULM) yaitu:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), terdiri dari program studi :
  • S1-Pendidikan Matematika, S1-Pendidikan Kimia, S1-Pendidikan Fisika, S1-Pendidikan Biologi, S1-Pendidikan Komputer, S1-Pendidikan IPA, S1-Pendidikan Sejarah, S1-Pendidikan PKn, S1-Pendidikan Ekonomi, S1-Pendidikan Sosiologi Antropologi, S1-Pendidikan Geografi, S1-Pendidikan IPS, S1-Pendidikan Bahasa Indonesia, S1-Pendidikan Bahasa Inggris, S1-Pendidikan Seni Pertunjukan, S1-Pendidikan Jasmani, S1-Bimbingan Konseling, S1-PG-SD, S1-PG-PAUD, S1-Pendidikan Khusus, S1-Teknologi Pendidikan, S2-Pendidikan IPS, S2-Pendidikan Biologi, S2-Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia, S2-Keguruan Olahraga, S2-Keguruan IPA, S2-Pendidikan Guru PAUD

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, terdiri dari program studi :
  • D3 Akuntansi, D3 Perpajakan, S1 Ekonomi Pembangunan, S1 Manajemen, S1 Akuntansi, Pendidikan Profesi Akuntan, S2 Akuntansi, S2 Manajemen, S2 Ekonomi, S3 Ilmu Ekonomi

Fakultas Ilmu Hukum, terdiri dari program studi :
  • S1 Ilmu Hukum, S2 Kenotariatan, S2 Ilmu Hukum

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, terdiri dari program studi :
  • S1 Ilmu Pemerintahan, S1 Administrasi Publik, S1 Ilmu Adm. Bisnis, S1 Ilmu Komunikasi, S1 Sosiologi, S2 Administrasi Publik, S2 Ilmu Pemerintahan, S2 Administrasi Bisnis

Fakultas MIPA, terdiri dari program studi :
  • S1 Matematika, S1 Kimia, S1 Biologi, S1 Fisika, S1 Farmasi, S1 Ilmu Komputer, D3 Anfarma, Profesi Apoteker

Fakultas Perikanan & Kelautan, terdiri dari program studi :
  • S1 Budidaya Perairan, S1 Manajemen Sumberdaya Perairan, S1 Teknologi Hasil Perikanan, S1 Pemanfaatan Hasil Perikanan, S1 Agrobisnis Perikanan, S1 Ilmu Kelautan

Fakultas Kehutanan, terdiri dari program studi :
  • S1 Kehutanan

Fakultas Pertanian, terdiri dari program studi :
  • S1 Agronomi, S1 Agroekoteknologi, S1 Proteksi Tanaman, S1 Ilmu Tanah, S1 Agribisnis, S1 Peternakan, S1 Teknologi Industri Pertanian, S2 Agronomi, S2 Ekonomi Pertanian, S3 Ilmu Pertanian

Fakultas Teknik, terdiri dari program studi :
  • S1 Teknik Sipil, S1 Arsitektur, S1 Teknik Pertambangan, S1 Teknik Kimia, S1 Teknik Lingkungan, S1 Teknik Mesin, S1 Teknologi Informasi, Program Profesi Insinyur (PPI), S2 Teknik Sipil, S2 Teknik Kimia

Fakultas Kedokteran, terdiri dari program studi :
  • S1 Pendidikan Dokter, S1 Kesehatan Masyarakat, S1 Ilmu Keperawatan, S1 Psikologi, S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat

Fakultas Kedokteran Gigi, terdiri dari program studi :
  • S1 Kedokteran Gigi, Profesi Dokter Gigi

Itulah sekilas tentang Universitas Lambung Mangkurat (ULM). Sekarang langsung saja kita akan membahas jalur-jalur pendaftaran penerimaan calon mahasiswa baru Universitas Lambung Mangkurat (ULM). Pahami penjelasannya dengan baik berikut ini.

1. Pendaftaran ULM Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi merupakan jalur seleksi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang didasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Jalur SNBP diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus di tahun ini dan ingin melanjutkan pendidikan ke PTN yang ada di Indonesia, salah satunya ULM.

Pendaftaran SNBP dimulai oleh pihak sekolah dengan mengisi data siswa dan sekolah di PDSS. Siswa yang telah diajukan oleh pihak sekolah dapat melanjutkan proses pendaftaran sampai selesai.

Biaya pendaftaran di jalur SNBP ini gratis.

Untuk informasi lengkap SNBP seperti syarat pendaftaran, link pendaftaran, biaya pendaftaran, proses pendaftaran, jadwal pendaftaran, ketentuan pendaftaran, proses seleksi, pilihan PTN dan program studi, dan lain-lain silahkan baca pada artikel Pendaftaran Online SNBP atau Panduan Pendaftaran Online SNBP

2. Pendaftaran ULM Jalur SNBT

Universitas Lambung Mangkurat adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang membuka jalur seleksi SNBT.

Seperti yang telah dijelaskan bawah SNBT atau Seleksi Nasional Berdasarkan Tes merupakan jalur seleksi yang seleksinya didasarkan pada hasil tes dan / atau hasil tes dengan kriteria lain yang ditentukan PTN.

Tes dilakukan melalui ujian tulis berbasis komputer (UTBK) sehingga jalur SNBT ini sering disebut juga jalur UTBK SNBT.

Bagi kalian siswa-siswi lulusan SMA / MA / SMK sederajat yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti jalur SNBP, maka dapat mengikuti seleksi jalur SNBT dengan mengikuti semua prosedur dan harus persyaratan yang ditentukan.

Lulusan SMA / MA / SMK sederajat yang bisa mendaftar di jalur SNBT ini adalah yang lulus maksimal 3 tahun terakhir.

Pendaftaran SNBT dilakukan secara online dengan mengakses laman resmi SNBT. Link pendaftaran dapat ditemukan pada artikel lainnya dibawah ini.

Untuk biaya pendaftaran SNBT dibayarkan melalui pihak bank yang telah bermitra dengan panitia SNBT.

Keterangan lain mengenai syarat pendaftaran, cara mendaftar, link pendaftaran, biaya pendaftaran SNBT, tanggal pendaftaran, jadwal seleksi, jumlah pilihan PTN dan program studi, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Panduan Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran Online SNBT 

3. Pendaftaran ULM Jalur Mandiri

Jalur Mandiri ULM adalah jalur seleksi yang diadakan oleh panitia lokal dari ULM untuk menjaring calon mahasiswa baru. Jalur Mandiri ULM disebut dengan jalur utama ULM.

Jalur ini dapat menjadi jalur alternatif bagi kalian yang mungkin sebelumnya telah mengikuti jalur seleksi nasional tetapi tidak lulus, maka dapat mendaftar jalur mandiri ULM.

Jalur mandiri ULM dapat diikuti oleh lulusan 3 tahun terakhir jenjang SMA / SMK sederajat dengan umur maksimal 25 tahun pada saat mendaftar seleksi, serta memenuhi persyaratan lainnya.

Pendaftaran Jalur Mandiri ULM dilakukan dengan Alur berikut ini :
  1. Mendaftar di laman admisi.ulm.ac.id
  2. Mengisi Formulir Pendaftaran.
  3. Memilih Program Studi, Nominal UKT dan melengkapi isian Biodata.
  4. Membayar biaya pendaftaran melalui Bank Mandiri, BNI, dan BTN.
    • Pendaftaran Tidak Berbayar, khusus untuk pendaftar yang memilih skema sebagai pendaftar KIP-Kuliah.
  5. Login kembali untuk Unduh dan Cetak Kartu Peserta Ujian (Wajib).
    • Mengunggah portofolio (Ujian Keterampilan) bagi peserta yang memilih program studi bidang Seni dan Olahraga.

              Informasi lainnya berkaitan dengan jalur Utama ULM bisa dibaca pada alamat website pmb.ulm.ac.id

              4. Pendaftaran Online KIP Kuliah

              KIP-Kuliah merupakan pengganti dari Bidikmisi yang merupakan bantuan biaya pendidikan bagi siswa SMA / MA / SMK / sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

              Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online di alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id

              Untuk informasi persyaratan pendaftaran KIP Kuliah, cakupan KIP Kuliah, besarnya biaya KIP Kuliah, cara mendaftar KIP Kuliah, jadwal atau tanggal pendaftaran KIP Kuliah, tanya jawab seputar KIP Kuliah, dan lain sebagainya dapat di baca pada artikel berikut : Pendaftaran KIP Kuliah

              5. Pendaftaran Online Pascasarjana ULM

              Selain menerima mahasiswa baru jenjang Diploma dan Sarjana, ULM juga menerima mahasiswa baru jenjang Pascasarjana. Bagi anda yang ingin kuliah jenjang Pascasarjana di ULM, silahkan daftarkan diri anda mengikuti jalur seleksi yang dibuka. Informasi lebih lanjut dapat anda baca di admisipasca.ulm.ac.id

              Itulah jalur-jalur seleksi masuk ULM yang bisa anda pilih ketika mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru ULM. Silahkan pilih dan ikuti sesuai minat dan bakat anda.

              Penting!!! Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi ULM

              Baca Juga Pendaftaran PTN Lainnya di Kalimantan :

              Demikianlah informasi penting yang bisa admin sampaikan kali ini tentang Pendaftaran Online ULM Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Semoga setelah membaca artikel ini, anda semua mendapatkan informasi yang anda butuhkan tersebut berkaitan dengan jalur-jalur pendaftaran penerimaan calon mahasiswa baru Universitas Lambung Mangkurat (ULM).

              Admin turut mendoakan semoga anda lulus ujian seleksi melalui jalur yang anda ikuti. Selain itu, admin juga mengucapkan terima kasih untuk yang pengunjung setia yang telah membaca disini.

              Ayo turut berbagi atau share informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan agar mereka juga bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat, dan sukai juga halaman web kami.