Selamat datang di web pendaftaranonline.web.id . Temukan dan baca informasi yang anda butuhkan di web ini. Temukan informasi anda dengan mengetik kata kunci pada kolom search yang tersedia. Sebagai contoh ketik saja "SNMPTN, SBMPTN, Bidikmisi, Dikti, PMDK-PN, SPMB, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, TNI-POLRI, Siswa Baru, dll". Jangan lupa untuk share informasi yang ada pada teman-teman yang membutuhkan dan sukai juga halaman web kami yang ada di sebelah kanan. Terima kasih atas kunjungan anda.

Pendaftaran Online ITB 2017/2018

Pendaftaran Maba ITB 2017/2018

usm.itb.ac.id 2017 -- PMB ITB, USM ITB, Pendaftaran ITB Online, Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ITB, Informasi Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana ITB, Pendaftaran Kuliah ITB, Jalur SNMPTN, Jalur SBMPTN, Jalur Mandiri, Jalur Bidikmisi, Institut Teknologi Bandung, ITB, 2019. 2020.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online ITB 2017/2018. Admin akan membahas secara lengkap tentang jalur-jalur masuk ke ITB. Namun sebelum membahas tentang hal tersebut, admin akan memberikan informasi mengenai Institut Teknologi Bandung (ITB).

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekilas Tentang Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung (ITB) adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang berada di Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Institut Teknologi Bandung (ITB) resmi didirikan pada 2 Maret 1959.

Kampus ITB beralamatkan di Jl. Ganesha No. 10 Bandung, Jawa Barat 40132, dan juga ada yang beralamat di Jl. Winaya Mukti no. 1, Jatinangor. Moto dari Institut Teknologi Bandung (ITB) adalah Kemajuan dalam keselarasan.

Berikut ini akan diinformasikan beberapa Fakultas/Sekolah dan Program Studi yang ada di Institut Teknologi Bandung (ITB).
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) terdiri dari Matematika (MA) (S1, S2, S2 Pengajaran, dan S3), Fisika (FI) (S1, S2, S2 Pengajaran, dan S3), Kimia (KI) (S1, S2, S2 Pengajaran, dan S3), Astronomi (AS) (S1, S2, S2 Pengajaran, dan S3), Aktuaria (S2), Sains Komputasi (S2).
  • Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB) terdiri dari Teknik Geologi (GL) (S1, S2, dan S3), Teknik Geodesi dan Geomatika (GD) - (S1, S2, dan S3), Meteorologi (ME) (S1), Oseanografi (OS) (S1), Teknik Air Tanah (S2), Sains Kebumian (S2 dan S3).
  • Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) terdiri dari Teknik Pertambangan (TA) (S1, S2, dan S3), Teknik Perminyakan (TM) (S1, S2, dan S3), Teknik Geofisika (TG) (S1, S2, dan S3), Teknik Metalurgi (MG) (S1, S2, dan S3), Teknik Geothermal (S2).
  • Fakultas Teknologi Industri (FTI) terdiri dari Teknik Kimia (TK) (S1, S2, dan S3), Teknik Fisika (TF) (S1, S2, S2 Instrumentasi dan Kontrol, dan S3), Teknik Industri (TI) (S1, S2, dan S3), Manajemen Rekayasa Industri (MRI) (S1).
  • Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) terdiri dari Teknik Mesin (MS) (S1, S2, dan S3), Aeronotika dan Astronotika (AE) (S1, S2, dan S3), Teknik Material (MT) (S1, S2, dan S3).
  • Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) terdiri dari Seni Rupa (SR) (S1), Kriya (KR) (S1), Desain Komunikasi Visual (DKV) (S1), Desain Interior (DI) (S1), Desain Produk (DP) (S1), Program Magister Seni Rupa (S2), Program Magister Desain (S2), Program Doktor Ilmu Seni Rupa dan Desain (S3).
  • Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) terdiri dari Teknik Sipil (SI) (S1, S2, dan S3), Teknik Lingkungan (TL) (S1, S2, dan S3), Teknik Kelautan (KL) (S1, S2, dan S3).
  • Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) terdiri dari Teknik Elektro (EL) (S1, S2, dan S3), Informatika (IF) (S1, S2, dan S3), Teknik Tenaga Listrik (EP) (S1, S2, dan S3), Teknik Telekomunikasi (ET) (S1, S2, dan S3)3, Sistem dan Teknologi Informasi (II) (S1, S2, dan S3).
  • Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) tediri dari Arsitektur (AR) (S1, S2, dan S3), Perencanaan Wilayah dan Kota (PL) (S1, S2, dan S3), Program Magister Studi Pembangunan (S2), Program Magister & Doktor Transportasi (S2, dan S3), Program Magister Studi Pertahanan (S2), Program Magister Rancang Kota (S2), Program Magister Perencanaan Kepariwisataan (S2).
  • Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) terdiri dari Manajemen (MB) (S1), Program Magister Sains Manajemen (S2), Program Magister Administrasi Bisnis (S2), Program Doktor Sains Manajemen (S3).
  • Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) terdiri dari Biologi (BI) (S1, S2, dan S3), Mikrobiologi (BM) (S1), Rekayasa Hayati (BE) (S1), Rekayasa Pertanian (S1), Rekayasa Kehutanan (S1), Biomanajemen (S2), Bioteknologi (S2).
  • Sekolah Farmasi (SF) terdiri dari Sains dan Teknologi Farmasi (FA) (S1), Farmasi Klinis dan Komunitas (FK) (S1), Program Studi Profesi Apoteker, Program Pasca Sarjana Farmasi (S2 dan S3)

Itulah sedikit tentang Institut Teknologi Bandung (ITB). Dari banyaknya fakultas dan program studi yang disebutkan di atas, mungkin ada yang anda minati. Untuk itu, silahkan daftarkan diri anda menjadi calon mahasiswa baru ITB.

Pada tahun ini, ITB kembali membuka beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang Diploma, Sarjana, ataupun jenjang Pascasarjana. Jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka terdiri dari jalur nasional dan jalur mandiri.

Melihat data tahun-tahun sebelumnya bahwa pesert yang mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi masuk  ITB begitu banyak, maka persaingan akan semakin banyak pula. Untuk bisa lulus seleksi, anda harus mempersiapkan diri semaksimal mungkin untuk menghadapi seleksi agar keinginan yang diharapkan bisa tercapai.

Sebelum mendaftar, anda perlu memperhatikan beberapa persyaratan pendaftaran berikut ini.

Persyaratan Pendaftaran Masuk ke Institut Teknologi Bandung (ITB)
  • Tidak boleh buta warna total dan parsial untuk : Fakultas/Sekolah/Prodi SITH, SF, FTTM, FSRD, Kimia-MIPA (Saat Penjurusan), Teknik Geologi-FITB (Saat Penjurusan), Teknik Lingkungan FTSL (Saat Penjurusan), Rekayasa Infrastruktur Lingkungan-FTSL (Saat Penjurusan), Teknik Kimia FTI  (Saat Penjurusan).
  • Tidak boleh buta warna total untuk FITB.
  • Calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus seleksi SNMPTN/SBMPTN diwajibkan hadir sendiri untuk melakukan daftar ulang di ITB. Apabila calon mahasiswa tidak hadir pada jadwal yang telah ditentukan, maka dianggap membatalkan kelulusan SNMPTN/SBMPTN di ITB.

Itulah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi jika anda ingin mendaftar menjadi mahasiswa baru di ITB. Langsung saja admin akan membahas jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru Institut Teknologi Bandung (ITB). Simak pembahasan selengkapnya berikut ini.

1. Pendaftaran SNMPTN ITB

ITB adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang berpartisipasi dalam seleksi SNMPTN. SNMPTN merupakan salah satu jalur seleksi undangan untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri melalui penelusuran prestasi akademik siswa serta prestasi lainnya yang relevan.

Dengan kata lain bahwa SNMPTN adalah jalur seleksi masuk PTN untuk siswa-siswi yang berprestasi unggul di Sekolah.

Akhir-akhir ini SNMPTN menjadi jalur favorit untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri. Mungkin dikarenakan adanya suatu kelebihan yang dimilik oleh jalur SNMPTN, diantaranya biaya pendaftaran gratis seleksi dilakukan tanpa ujian tertulis, dan kuota penerimaan mahasiswa baru yang paling besar.

Tata cara mengikuti seleksi SNMPTN ada tiga cara yaitu: (1) pengisian PDSS oleh Kepala Sekolah dan verifikasi oleh siswa, pengisian data tersebut dilakukan melalui alamat pdss.snmptn.ac.id. (2) pemeringkatan. (3) pendaftaran SNMPTN oleh siswa di www.snmptn.ac.id

Calon peserta SNMPTN dapat memilih ITB sebagai Perguruan Tinggi pilihan pertama pada saat mengisi data pendaftaran pada pilihan PTN.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai SNMPTN seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, tahapan seleksi, nama-nama PTN lain, jumlah PTN pilihan, jadwal pelaksanaan, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Panduan Pendaftaran SNMPTN atau Pendaftaran SNMPTN.

2. Pendaftaran SBMPTN ITB

Selain SNMPTN, Institut Teknologi Bandung (ITB) membuka jalur nasional lainnya yaitu jalur SBMPTN. SBMPTN adalah jalur seleksi ujian tertulis masuk ke Perguruan Tinggi Negeri, salah satunya masuk ke ITB.

Ujian tertulis SBMPTN diikuti oleh semua calon peserta SBMPTN, sedangkan untuk calon mahasiswa yang memilih program studi bidang seni atau olahraga harus mengikuti ujian tambahan berupa ujian keterampilan.

Calon mahasiswa harus mempersiapkan berkas-berkas yang harus dipenuhi untuk mendaftar diri mengikuti SBMPTN. Selain itu juga, calon mahasiswa harus mempersiapkan diri untuk menghadapi seleksi yang sudah tentu persaingannya sangat berat antar sesama calon mahasiswa. Persiapan yang matang akan membawa diri sendiri yakin untuk bisa lulus seleksi.

Pendaftaran Online SBMPTN dilakukan dengan tahapan berikut ini.
  • Silahkan buka alamat pendaftaran SBMPTN di pendaftaran.sbmptn.ac.id
  • Lakukan pengisian data awal dan cetak kartu pengisian data awal jika telah mengisinya
  • Bawa kartu tersebut saat membayar biaya pendaftaran di Bank
  • Setelah membayar, akan mendapatkan KAP dan PIN.
  • Gunakan KAP dan PIN untuk login kembali ke alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id
  • Lengkapi formulir pendaftaran SBMPTN yang tersedia
  • Setelah selesai, cetak kartu peserta ujian SBMPTN
  • Kemudian membawa kartu peserta ujian dan berkas yang diperlukan ketika ujian berlangsung.

Seleksi SBMPTN bisa dilaksanakan di Perguruan Tinggi Negeri yang berada terdekat dengan rumah anda dengan persyaratan bahwa Perguruan Tinggi Negeri tersebut memiliki program studi sesuai yang anda pilih.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai SBMPTN seperti jadwal pendaftaran, persyaratan pendaftaran, serta kelompok ujian dan materi ujian, jumlah pilihan PTN dan program studi, daftar nama-nama PTN pada SBMPTN, dan lain-lain dapat anda baca pada artikel Panduan Pendaftaran SBMPTN atau Pendaftaran Online SBMPTN

3. Pendaftaran Bidikmisi ITB

Seperti kebanyakan pada Perguruan Tinggi Negeri lainnya, ITB juga merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang menyalurkan program Bantuan kepada calon mahasiswa baru yang disebut dengan program Bidikmisi.

Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada siswa yang ingin melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi negeri tetapi terkendala karena masalah ekonomi. untuk itu, maka calon mahasiwa tersebut bisa mengusukan bantuan biaya pendidikan yang disebut bidikmisi.

Calon mahasiswa yang mendaftar Bidikmisi harus mendaftarkan diri ke laman resmi Bidikmisi yaitu bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id. Kemudian selanjutnya tetap harus mendaftarkan diri juga sebagai peserta SNMPTN atau SBMPTN di ITB. Jika lulus melalui salah satu jalur tersebut serta memenuhi persyaratan lainnya, maka bidikmisi bisa diperoleh.

Informasi lengkap mengenai Bidikmisi bisa seperti tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan dan ketentuan lainnya dapat dibaca pada artikel Panduan Pendaftaran Bidikmisi.

4. Pendaftaran Mahasiswa Tukaran (Student Exchange) ITB

ITB menawarkan program pertukaran mahasiswa (student exchange program) bagi para mahasiswa dari perguruan mitra ITB di luar negeri untuk mengikuti pendidikan di ITB sebagai mahasiswa pertukaran.


Program ini ditawarkan bagi mahasiswa dari perguruan mitra ITB di luar negeri yang ingin mengambil kredit di ITB (Credit Earning Program) maupun bagi mahasiswa dari perguruan mitra ITB di luar negeri yang hanya ingin mengikuti proses pembelajaran di ITB tanpa melakukan pengambilan kredit.

Informasi lebih lanjut dapat anda baca di website ITB. Untuk jadwal pelaksanaan klik disini.

5. Pendaftaran Mahasiswa Baru WNI Luar Negeri (PMBLN) ITB


Penerimaan Mahasiswa Baru WNI Luar Negeri (PMBLN) diperuntukkan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang menempuh Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di sekolah luar negeri (bukan merupakan Sekolah Republik Indonesia (SRI) yang diselenggarakan oleh Perwakilan Republik Indonesia di luar negeri).


Dokumen yang harus diunggah pada laman pendaftaran online adalah sebagai berikut :
  1. Akta kelahiran atau surat keterangan lahir dari Kedutaan Besar RI/Konsulat Jenderal RI yang dilegalisasi oleh instansi yang berwenang.
  2. Ijazah SMA dan Transkrip Nilai SMA. Bila ijazah SMA belum diperoleh, dapat digunakan surat keterangan lulus sementara yang diterbitkan oleh sekolah asal calon peserta.
  3. Surat Keterangan Penyetaraan Ijazah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
  4. Pasfoto terbaru ukuran 4 x 6 cm hitam putih dengan berpakaian sopan dan rapi.
  5. Surat Keterangan Tidak Buta Warna asli dari dokter spesialis mata (bagi siswa yang memilih fakultas/sekolah yang mensyaratkan tidak buta warna). Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari dokter umum/non spesialis mata, tidak dapat dipergunakan. Ketentuan tidak buta warna adalah sebagai berikut:
    • SITH (tidak boleh buta warna total maupun buta warna parsial)
    • FITB (tidak boleh buta warna total)
    • FTTM (tidak boleh buta warna total maupun buta warna parsial)
    • SF (tidak boleh buta warna total maupun buta warna parsial)
    • FSRD (tidak boleh buta warna total maupun buta warna parsial)
  6. Untuk Program Studi Teknik Kimia, Teknik Lingkungan, Teknik Geologi, Rekayasa Infrastruktur Lingkungan, dan Kimia, surat keterangan tidak buta warna total maupun buta warna parsial akan dibutuhkan pada saat mahasiswa masuk program studi (pada tahun ke-2).
  7. Bukti transfer pelunasan biaya Pendaftaran PMBLN-ITB. Nama calon peserta harus dicantumkan pada bukti transfer tersebut.
Informasi lebih lanjut dapat dilihat di website ITB. Untuk jadwal pelaksanaan klik disini.

6. Pendaftaran Pascasarjana ITB

ITB kembali membuka penerimaan mahasiswa baru jejang pascasarjana, baik jenjang Magister ataupun Doktor. Bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Masgister ataupun Doktor, ITB adalah pilihan yang tepat.

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki, ITB memiliki daya tarik tersendiri. Bagi yang berminat, silahkan daftarkan diri anda. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di website ITB. Untuk jadwal pelaksanaan klik disini.

Itulah informasi mengenai jalur-jalur penerimaan calon mahasiswa baru ITB. Silahkan anda ikuti jalur seleksi yang anda inginkan. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi ITB.

Silahkan Baca Juga :

Demikianlah informasi yang bisa admin berikan tentang Pendaftaran Online ITB. Semoga informasi yang telah anda baca bermanfaat dan memudahkan anda untuk melakukan pendaftaran online masuk Institut Teknologi Bandung (ITB).

Admin turut mendoakan semoga anda lulus ujian seleksi mellaui jalur yang anda ikuti. Terima kasih telah membaca artikel di web ini. Semoga kita semua bisa menjadi orang yang sukses semuda mungkin. Amin.

Ayo turut berbagi  (G+1) atau share (fb) informasi ini pada teman lainnya yang membuuthkan dan ayo sukai juga halaman web kami.