Pendaftaran Online ITS 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

smits.its.ac.id 2024 -- Pendaftaran ITS Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran ITS Online, SMITS ITS, PMB ITS, Pendaftaran Mahasiswa Baru ITS, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru ITS, Informasi Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana ITS, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, KIP Kuliah, Pendaftaran Kuliah ITS, Jalur SNBP, SNBT, Jalur Mandiri, PKM, UMDESAIN, Bidikmisi, Lintas Jalur, Institut Teknologi Sepuluh November, ITS. 2024. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan membahas memberikan informasi tentang Pendaftaran Online ITS 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan terutama bagi kalian yang ingin menempuh pendidikan di kampus ITS. Langsung saja simak informasi pendaftarannya.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekilas Tentang Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang terletak di kota Surabaya, Jawa Timur, Indonesia.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) pada mulanya adalah sebuah Yayasan Perguruan Tinggi Teknik (YPTT) yang kemudian berkembang dan sekarang menjadi Institut.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berdiri pada 10 November 1957. Moto dari Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)  adalah ITS Cak! (Cerdas, Amanah, Kreatif).

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) memiliki beberapa Fakultas dan Program Studi, yaitu :
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) terdiri dari Jurusan Statistika, Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  • Fakultas Teknologi Industri (FTI) terdiri dari Jurusan Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Fisika, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Material dan Metalurgi, Teknik Multimedia dan Jaringan, dan Manajemen Bisnis.
  • Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) terdiri dari Jurusan Teknik Sipil, Arsitektur, Teknik Lingkungan, Teknik Geomatika, Desain Produk Industri, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Geofisika, dan Desain Interior.
  • Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) terdiri dari Jurusan Teknik Perkapalan, Teknik Sistem Perkapalan, Teknik Kelautan, dan Transportasi Laut.
  • Fakultas Teknologi Informasi (FTIF) terdiri dari Jurusan Teknik Informatika, dan Sistem Informasi

Itulah sekilas tentang Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Semoga bisa memberi tambahan informasi mengenai Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Baiklah kita kembali lagi kepembahasan awal membahas tentang jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Pada tahun ini, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) membuka beberapa jalur penerimaan mahasiswa melalui jalur SNBP, jalur SNBT, dan jalur Mandiri yang berupa jalur PKM, UMDESAIN, dan Lintas Jalur. Dalam pelaksanaannya, Program PKM-ITS terbagi menjadi 2 macam yaitu Program Kemitraan dan Program Mandiri.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja kita membahas masing-masing jalur penerimaan mahasiswa baru Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Simak pembahasannya dengan baik.

1. Pendaftaran ITS Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi adalah jalur seleksi nasional masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang diperuntukkan bagi siswa yang mempunyai prestasi akademik yang baik yang akan lulus sekolah pada tahun ini.

Pendaftaran SNBP diawali oleh kepala sekolah yang merekomendasikan siswa-siswinya dengan mengisi data di PDSS. Setelah itu siswa dapat melanjutkan pendaftaran hingga mencetak kartu peserta.

Biaya pendaftaran gratis karena telah ditanggung oleh pemerintah.

Lebih lanjut seperti tata cara pendaftaran, link pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, jumlah PTN pilihan, tahapan seleksi, nama-nama PTN, dan lainnya bisa dibaca pada artikel Panduan Pendaftaran SNBP atau Pendaftaran Online SNBP.

2. Pendaftaran ITS Jalur SNBT

ITS adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang membuka jalur seleksi SNBT. Seperti yang telah dijelaskan bawah SNBT merupakan jalur seleksi yang seleksinya didasarkan pada hasil tes dan / atau kriteria lain yang ditentukan PTN.

Bagi kalian siswa-siswi lulusan SMA / MA / SMK sederajat yang tidak mendapatkan kesempatan mengikuti jalur SNBP, maka dapat mengikuti seleksi jalur SNBT dengan mengikuti semua prosedur dan harus persyaratan yang ditentukan.

Jalur SNBT ini dibuka untuk para lulusan SMA / MA / SMK / sederajat yang telah lulus maksimal 3 tahun terakhir.

Pendaftaran dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengakses laman resminya.

Biaya pendaftaran perlu dikeluarkan untuk bisa mengikuti jalur SNBT ini.

Lebih lanjut seperti tata cara pendaftaran, alur pendaftaran, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, pilihan program studi, nama-nama PTN lain, dan lainnya bisa dibaca pada artikel Panduan Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran Online SNBT

3. Pendaftaran ITS Jalur UMDESAIN

UMDESAIN merupakan Ujian Masuk Sarjana (S1) Jurusan Desain Produk Industri ITS untuk menyeleksi calon mahasiswa baru ITS yang berpotensi dan memiliki kreatifitas untuk menempuh pendidikan akademik bidang Desain Produk, dan Desain Komunikasi Visual.

Peserta yang akan mendaftar jalur ini harus memenuhi beberapa persyaratan pendaftaran berikut ini :

Persyaratan Pendaftaran
  • Lulusan SMA / MA / SMK semua jurusan untuk lulusan 3 tahun terakhir
  • Sehat Jasmani dan Rohani,
  • Tidak buta warna dan bebas narkoba.

Informasi lainnya bisa dibaca di website resmi ITS http://smits.its.ac.id/sarjana/#umdesain 

4. Pendaftaran Jalur PKM ITS

PKM atau Program Kemitraan dan Mandiri merupakan jalur seleksi masuk ITS yang diadakan khusus oleh pihak panitia ITS untuk menyeleksi calon mahasiswa baru.

Seleksi PKM ITS untuk semua program studi akan didasarkan pada nilai/skor yang diperoleh dalam ujian SNBT Tahun ini kecuali program studi Desain Produk dan Industri. Khusus untuk pilihan program studi Desain Produk Industri, seleksi akan didasarkan pada nilai/skor yang diperoleh pada ujian UMDESAIN Tahun ini

Program Kemitraan diperuntukkan bagi siswa SMA/MA dan sederajat lainnya yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dan merupakan utusan instansi mitra (Perusahaan / Pemprov / Pemkab / Pemkot) yang mempunyai kerjasama dengan ITS yang ditunjukkan dengan adanya MoU dan MoA.

Informasi mengenai persyaratan, daftar mitra ITS, biaya pendidikan, tata cara dan lainnya bisa dibaca di situs resmi ITS yaitu http://smits.its.ac.id/sarjana/#pkm

5. Pendaftaran Online KIP Kuliah

Bidikmisi merupakan biaya bantuan pendidikan yang diberikan kepada siswa yang kurang mampu secara ekonomi dan memiliki prestasi akademik baik.

Namun kini Bidikmisi telah berubah menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah).

Sama seperti Bidikmisi, KIP-Kuliah juga merupakan program bantuan biaya pendidikan bagi mahasiswa dari keluarga kurang mampu dan memiliki prestasi akademik baik.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online di laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Informasi lebih lanjut mengenai KIP Kuliah seperti keunggulan KIP Kuliah, cakupan KIP Kuliah, syarat mendaftar KIP Kuliah, tahapan pendaftaran KIP Kuliah, tanggal pendaftaran, dan lain-lain dapat ditemukan pada artikel berikut Pendaftaran KIP Kuliah.

6. Pendaftaran Lintas Jalur S-1 ITS

Lintas jalur merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan dari jenjang D-III melanjutkan ke jenjang S-1 di ITS untuk program pendidikan yang linier. Program Lintas Jalur S-1 dilakukan melalui 2 (dua) macam seleksi yakni : Seleksi Program Lintas Jalur S-1-Reguler, dan Seleksi Program Lintas Jalur S-1 Mandiri.

Persyaratan Pendaftaran
  • Mempunyai IP > 2,76 dan lama studi pada perguruan tinggi asal maksimal 7 (tujuh) semester.
  • Program studi D-III asal lulusan harus terakreditasi sekurang-kurangnya B

Pendaftaran Program lintas jalur dilaksanakan di Sekretariat Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP) ITS, Plasa Dr. Angka Nitisastro, Kampus ITS, Sukolilo-Surabaya.

7. Pendaftaran Jenjang Diploma ITS

Selain menerima mahasiswa baru jenjang Sarjana. ITS juga menerima mahasiswa baru jenjang Diploma, baik Diploma III ataupun Diploma IV. Selain itu, ada pula program lanjut jenjang dari D-III ke D-IV untuk Bidang Teknik Sipil. Informasi lebih lanjut dapat anda lihat di http://smits.its.ac.id/diploma/

8. Pendaftaran Program Pendidikan Terapan ITS

Selain melaksanakan pendidikan reguler, ITS juga melaksanakan program pendidikan Terapan. Program pendidikan ITS terbagi menjadi 3 yaitu PIKTI, PAPSI, dan PRODES. Untuk itu, ITS membuka penerimaan mahasiswa baru untuk pendidikan terapan. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di http://smits.its.ac.id

9. Pendaftaran Program Pascasarjana ITS

Seperti tahun sebelumnya, ITS kembali membuka penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang Magister (S2) dan Doktor (S3). Tata cara pendaftaran, persyaratan, ketentuan pendaftaran dan keterangan lainnya bisa dibaca dengan mengakses laman http://pasca.its.ac.id . Untuk jadwal pelaksanaan dapat dilihat disini.

Itulah jalur-jalur seleksi masuk ITS yang bisa anda pilih ketika mendaftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru ITS. Silahkan pilih dan ikuti sesuai minat dan bakat anda.

Penting!!! Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi ITS

Silahkan Baca Juga Pendaftaran PTN Lainnya :

Demikianlah Informasi yang bisa admin berikan tentang Pendaftaran Online ITS Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Semoga informasi tersebut bisa memberi pencerahan untuk anda semua dalam mendapatkan informasi mengenai jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru ITS.

Admin turut mendoakan semoga anda lulus seleksi dan diterima menjadi mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Terima kasih admin ucapkan untuk anda pengunjung setia web ini yang setiap hari membaca artikel disini. 

Ayo turut berbagi atau share informasi ini pada teman lainnya yang membutuhkan agar mereka juga bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan tepat.