Pendaftaran Online POLIWANGI 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

www.poliwangi.ac.id 2024 -- Pendaftaran Poliwangi Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, PMB Poliwangi, Pendaftaran Mahasiswa Baru Poliwangi, Informasi Pendaftaran Online Poliwangi, Pendaftaran Maba Politeknik Negeri Banyuwangi, Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Negeri Banyuwangi, Pendftaran D3/D4/S1 Poliwangi, Jalur SNBP, UTBK SNBT, Mandiri, KIP Kuliah. 2026. 2027.

Pada kesempatan yang baik ini, Admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online POLIWANGI 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan untuk kalian yang ingin kuliah di Poliwangi. Ayo simak informasinya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/2015/08/pendaftaran-online-poliwangi.html

Poliwangi atau Politeknik Negeri Banyuwangi adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri yaitu Politeknik Negeri yang terletak di Jalan Raya Jember - Banyuwangi Km. 13, Labanasem, Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia.

Poliwangi didirikan pada tahun 2008 sebagai Politeknik Banyuwangi dan pada Februari 2013 berganti status sebagai Politeknik Negeri Banyuwangi.

Pada saat ini Poliwangi telah memiliki beberapa jurusan dan program studi untuk jenjang diploma tiga dan diploma empat / sarjana terapan seperti berikut ini :

Jurusan Bisnis dan Informatika, terdiri dari program studi :
  • S1 Terapan Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak
  • S1 Terapan Bisnis Digital
  • S1 Terapan Teknologi Rekayasa Komputer

Jurusan Teknik Sipil, terdiri dari program studi :
  • D3 Teknik Sipil
  • S1 Terapan Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan & Jembatan

Jurusan Teknik Mesin, terdiri dari program studi :
  • S1 Terapan Teknologi Rekayasa Manufaktur
  • S1 Terapan Teknik Manufaktur Kapal

Jurusan Pertanian, terdiri dari program studi :
  • S1 Terapan Agribisnis
  • S1 Terapan Teknologi Pengolahan Hasil Ternak

Jurusan Pariwisata, terdiri dari program studi :
  • S1 Terapan Manajemen Bisnis Pariwisata
  • S1 Terapan Destinasi Pariwisata

Melihat cukup banyak program studi yang ada di Poliwangi, mungkin salah satunya ada yang kalian minati, jika demikian silahkan daftarkan diri menjadi calon mahasiswa Poliwangi.

Sebelum mendaftar, perlu kalian ketahui terlebih dahulu bahwa di Poliwangi ada beberapa jalur seleksi yang dibuka.

Poliwangi membuka jalur pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur SNBP, jalur UTBK SNBT, dan jalur Mandiri. Admin akan menjelaskan masing-masing jalur seleksi tersebut di bawah ini.

1. Pendaftaran Online POLIWANGI Jalur SNBP

Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi atau disingkat SNBP merupakan jalur seleksi nasional yang seleksinya dilakukan tanpa tes.

Jalur SNBP ini diperuntukkan bagi siswa yang akan lulus tahun ini jenjang SMA / MA / sederajat yang memiliki prestasi akademik yang baik terutama dilihat dari nilai raport, serta memiliki prestasi-prestasi lain yang relevan.

Pendaftaran SNBP diawali dengan pemberian rekomendasi oleh pihak sekolah dengan melakukan pengisian data di PDSS. Siswa yang telah direkomendasikan dapat melengkapi data pendaftaran dengancara login terlebih dahulu ke laman pendaftaran SNBP.

Mengenai biaya pendaftaran bahwa biaya pendaftaran SNBP ini gratis karena ditanggung oleh pemerintah.

Semua informasi terkait SNBP seperti persyaratan pendaftaran untuk sekolah dan siswa, jadwal pelaksanaan, biaya, cara mendaftar, daftar program studi dan perguruan tinggi, dan lainnya telah terangkum dalam artikel kami yang berjudul Pendaftaran Online SNBP atau Informasi Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran Online POLIWANGI Jalur UTBK SNBT 

Seleksi Nasional Berdasarkan Tes atau disingkat SNBT merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru masuk ke perguruan tinggi negeri di Indonesia yang seleksinya dilakukan melalui tes berbasis komputer (UTBK).

Jalur SNBT dikenal pula dengan jalur UTBK SNBT karena seperti yang telah disebutkan bahwa tes pada jalur SNBT ini menggunakan bantuan komputer atau secara lengkapnya yaitu Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Jalur UTBK SNBT dibuka untuk para lulusan SMA sederajat lulusan 3 tahun terakhir (lulusan tahun ini, lulusan tahun kemaren, dan lulusan tahun kemarennya lagi).

Mengenai biaya pendaftaran bahwa biaya pendaftaran UTBK SNBT ditanggung oleh peserta yang biayanya dibayarkan melalui bank yang telah bermitra.

Pendaftaran UTBK SNBT dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengakses laman resminya. Namun apabila mengalami kesulitas, biasanya pihak sekolah akan membantu para lulusan sekolah tersebut untuk mendaftar UTBK SNBT.

Mengenai keterangan lebih lanjut seperti persyaratan pendaftaran, biaya, jadwal, cara mendaftar, daftar perguruan tinggi pilihan, dan lain sebagainya dapat ditemukan secara lengkap pada artikel Pendaftaran Online UTBK SNBT atau Informasi Pendaftaran UTBK SNBT.

3. Pendaftaran Online POLIWANGI Jalur Mandiri 

Jalur Mandiri Poliwangi dibuka untuk memberikan kesempatan pada calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di Politeknik Negeri Banyuwangi.

Mungkin sebelumnya kalian telah mengikuti seleksi jalur SNBP atau UTBK SNBT tetapi tidak lulus, maka bisa mengikuti seleksi jalur mandiri Poliwangi.

Untuk bisa lulus, tentunya harus mempersiapkan diri lebih baik dari sebelum-sebelumnya. Dengan persiapan yang maksimal, semoga kalian bisa lulus seleksi jalur mandiri ini.

Jalur seleksi mandiri yang dibuka oleh Poliwangi ada 3 jalur yaitu :
  • Seleksi Siswa Mandiri Prestasi
    • Jalur seleksi prestasi akademik atau non akademik, tanpa tes
  • Seleksi Mandiri UTBK Konsorsium Politeknik Negeri se-Indonesia
    • Jalur seleksi menggunakan tes
  • Seleksi Mandiri Poliwangi
    • Jalur seleksi menggunakan tes

Untuk keterangan lain terkait jalur mandiri Poliwangi dapat ditelusuri di laman www.poliwangi.ac.id

4. Pendaftaran Online KIP Kuliah POLIWANGI

KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan dan biaya hidup yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan memiliki prestasi akademik yang baik.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan hampir bersamaan dengan pendaftaran jalur seleksi masuk ke Poliwangi,baik itu melalui jalur SNBP, UTBK SNBT, ataupun jalur mandiri Poliwangi (jika ada).

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online mellaui laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Informasi penting terkait KIP Kuliah seperti persyaratan, besarnya dana bantuan, cara mendaftar, jadwal pelaksanaan, dan lainnya dapatditemukan pada artikel kami Pendaftaran KIP Kuliah


Dari beberapa jalur seleksi yang dibuka oleh Poliwangi, silahkan kalian ikuti jalur seleksi yang diprediksikan dapat memberikan peluang paling besar untuk bisa lulus seleksi.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan tentang Pendaftaran Online POLIWANGI Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Semoga informasi tersebut bisa memberikan pencerahan untuk kalian dalam melakukan persiapan pendaftaran.

Admin turut mendoakan semoga kalian lulus seleksi dan bisa diterima menjadi mahasiswa POLIWANGI. 

Admin juga mengucapkan terima kasih pada kalian yang telah membaca artikel di web ini. Sekian informasi dari admin dan ayo bagikan informasi ini Thanks.