Pendaftaran Online UNSULBAR 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

unsulbar.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNSULBAR Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran UNSULBAR Online, PMB UNSULBAR / UNIV. SULBAR, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNSULBAR, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNSULBAR, Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UNSULBAR, Pendaftaran Kuliah UNSULBAR, Jalur SNBT, SNBP, Bidikmisi, Mandiri, Universitas Sulawesi Barat, UNSULBAR. 2026. 2027.

Disini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online UNSULBAR 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan untuk kalian yang ingin kuliah di UNSULBAR. Namun sebelum itu, admin akan mengulas sedikit tentang UNSULBAR. Mari simak pembahasan selengkapnya berikut ini.
http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekilas Tentang Universitas Sulawesi Barat (UNSULBAR)

Universitas Sulawesi Barat atau yang disingkat UNSULBAR merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang berada di Majene, Sulawesi Barat, Indonesia.

Fakultas dan Program Studi yang telah ada di Universitas Sulawesi Barat (UNSULBAR) yaitu :
  • Fakultas Pertanian terdiri dari : Program Studi Manajemen Hutan, dan Program Studi Agrobisnis.
  • Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik terdiri dari : Program Studi Ilmu Politik, Program Studi Ilmu Hubungan Internasional, Program Studi Ilmu Hukum, dan Program Studi Pend. Bahasa Inggris.
  • Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam terdiri dari : Program Studi Matematika, Program Studi Pend. Matematika, Program Studi Pend. Biologi, Program Studi Pend. Fisika.
  • Fakultas Ekonomi terdiri dari : Program Studi Manajemen, dan Program Studi Akuntansi.
  • Fakultas Perikanan & Peternakan terdiri dari : Program Studi Produksi Ternak, Program Studi Budidaya Perairan.
  • Fakultas Teknik terdiri dari : Program Studi Teknik Sipil, Program Studi Teknik Informatika.
  • Fakultas Kesehatan terdiri dari : Program Studi DIII Keperawatan.

Itulah sekilas tentang Universitas Sulawesi Barat (UNIV SULBAR / UNSULBAR). Selanjutnya admin akan memberi penjelasan tentang jalur-jalur pendaftaran online penerimaan mahasiswa baru Universitas Sulawesi Barat (UNIV SULBAR / UNSULBAR). Perhatikan dengan baik ulasannya.

1. Pendaftaran UNSULBAR Jalur SNBP

UNSULBAR adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung dalam SNBP. Calon mahasiswa yang ingin kuliah ke UNSULBAR bisa mengikuti seleksi jalur SNBP sebagai jalur seleksi masuknya.

Namun tidak semua siswa bisa mendatar di jalur ini karena jalur ini hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun ini.

Seleksinya didasarkan pada nilai rapor dan juga portofolio akademik yang relevan.

Pengisian data yang dilakukan pihak sekolah menjadi langkah awal dari proses pendaftaran SNBP ini. Siswa akan dibedi kode akses setelah direkomendasikan. Gunakan kode akses tersebut untuk login ke laman SNBP untuk melengkapi data pendaftaran sampai selesai.

Untuk informasi lainnya seperti informasi persyaratan pendaftaran, link pendaftaran, jadwal atau tanggal pendaftaran, prinsip seleksi, tahapan seleksi, pilihan PTN dan program studi, biaya pendaftaran, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online SNBP atau Informasi Pendaftaran SNBP

2. Pendaftaran UNSULBAR Jalur SNBT 

Selajutnya da jalur SNBT yang dibuka oleh UNSULBAR. SNBT merupakan salah satu jalur seleksi nasional yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri. 

Seleksi SNBT didasarkan pada hasil tes dan / atau kriteria lain yang ditentukan oleh PTN.

Jalur SNBT ini diperuntukkan bagi siswa-siswi SMA / MA / SMK / sederajat yang merupakan lulusan 3 tahun terakhir.

Pendaftaran dilakukan sendiri oleh calon peserta tanpa melalui pihak sekolah. Calon peserta mengakses laman resmi SNBT lalu melakukan pengisian data dan juga pembayaran biaya pendaftaran.

Keterangan lain mengenai syarat pendaftaran, jadwal seleksi, biaya pendaftaran SNBT, tanggal pendaftaran, jumlah pilihan PTN dan program studi, pengumuman hasil seleksi, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Informasi Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran Online SNBT.

3. Pendaftaran UNSULBAR Jalur Mandiri

Jalur Mandiri UNSULBAR merupakan jalur seleksi calon penerimaan calon mahasiswa baru yang dibuka oleh UNSULBAR untuk calon peserta lulusan SMA / SMK  sederjat 3 tahun terakhir.

Jalur ini bisa menjadi jalur alternatif bagi calon mahasiswa yang telah dinyatakan tidak lulus SNBP atau SNBT atau jalur seleksi lainnya.

Untuk pendaftarannya diperkirakan dibuka setelah pengumuman SNBT. Maka dari itu silahkan lihat terlebih dahulu informasi pengumuman SNBT.

Pendaftaran jalur mandiri dilakukan secara online melalui website resmi Universitas Sulawesi Barat (UNSULBAR) yaitu mandiri.unsulbar.ac.id. Semua informasi tentang jadwal pelaksanaan, persyaratan lengkap, serta ketentuan lainnya bisa dilihat pada website tersebut.

4. Pendaftaran KIP Kuliah

KIP Kuliah bukanlah beasiswa, tetapi merupakan bantuan biaya pendidikan. Salah satu tujuannya adalah memberi bantuan biaya pendidikan kepada calon mahasiswa yang memenuhi kriteria untuk menempuh pendidikan program Diploma / Sarjana sampai selesai dan tepat waktu.

Pendaftaran KIP-Kuliah dilakukan secara online di kip-kuliah.kemdikbud.go.id menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Untuk informasi lebih lanjut mengenai KIP Kuliah ini seperti syarat pendaftaran, tahapan pendaftaran, cara mendaftar, tanggal pendaftaran, pertanyaan dan solusi seputar KIP Kuliah, dan lain-lain dapat ditemukan pada artikel : Pendaftaran KIP Kuliah.


Itulah jalur-jalur seleksi masuk ke UNSULBAR yang bisa dipilih. Silahkan ikuti jalur seleksi yang diperkirakan bisa memberikan peluang besar untuk kelulusan.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNSULBAR

Silahkan Baca Juga Pendaftaran PTN di Sulawesi :

Demikianlah informasi yang bisa admin sampaikan kali ini mengenai Pendaftaran Online UNSULBAR Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Semoga artikel ini bisa memberi penjelasan untuk kalian.

Admin turut mendoakan semoga kalian bisa lulus ujian seleksi. Terima kasih telah membaca artikel disini. Sekian dari admin dan salam sukses untuk kita semua.

Mari bantu berbagi informasi ini pada rekan atau kerabat lainnya yang membutuhkan.