Pendaftaran Online UNUD 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

www.unud.ac.id 2024 -- Pendaftaran UNUD Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran UNUD Online, PMB UNUD, Pendaftaran Mahasiswa Baru UNUD, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UNUD, Informasi Pendaftaran Diploma / Sarjana / Pascasarjana UNUD, Pendaftaran D3 - S1 - S2 - S3, KIP Kuliah, Pendaftaran Kuliah UNUD, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri, Jalur Bidikmisi, Jalur Non Reguler, Universitas Udayana, UNUD, 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online UNUD 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan untuk kalian para lulusan Sekolah Menengah Atas dan Sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan di kampus UNUD. Langsung saja simak informasinya.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Sekilas Tentang Universitas Udayana (UNUD)

Universitas Udayana (UNUD) adalah perguruan tinggi tertua yang berada di Provinsi Bali, Indonesia. Namun sebelumnya sudah berdiri sebuah fakultas yang bernama Fakultas Sastra Udayana yang merupakan cabang dari Universitas Airlangga, Surabaya. Universitas Udayana (UNUD) telah didirikan pada 29 September 1962. Moto dari Universitas Udayana (UNUD) adalah Takitakining Sewaka Guna Widya.

Kampus Universitas Udayana (UNUD) terletak di empat lokasi yaitu kampus yaitu :
  • Kampus Bukit Jimbaran
  • Kampus Sudirman
  • Kampus Nias
  • Kampus Pusat Bukit Jimbaran

Universitas Udayana memiliki beberapa Fakultas dan Program Studi UNUD seperti berikut ini :
  • Fakultas Sastra dan Budaya terdiri dari Program Studi Antropologi Budaya, Arkeologi, Ilmu Sejarah, Sastra Bali, Sastra Daerah, Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Jawa Kuno, dan Sastra Jepang.
  • Fakultas Kedokteran Fisioterapi terdiri dari Program Studi Ilmu Keperawatan, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Kedokteran Gigi, Pendidikan Dokter, Psikologi, Sp1 Ilmu Anestesi dan Terapi Intensif, Sp1 Ilmu Bedah, Sp1 Ilmu Kandungan, Sp1 Ilmu Orthopaedi dan Traumatologi, Sp1 Kardiologi, Sp1 Kesehatan Anak, Sp1 Kesehatan Kulit & Kelamin, Sp1 Mata, Sp1 Pathologi Anatomi, Sp1 Penyakit Dalam, Sp1 Penyakit Syaraf, Sp1 Psikiatri, Sp1 THT
  • Fakultas Hukum terdiri dari Program Studi Ilmu Hukum
  • Fakultas Teknik terdiri dari Teknik Arsitektur, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Sipil, dan Teknologi Informasi
  • Fakultas Pertanian terdiri dari Program Studi Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Profesi AkuntanAkuntansi, Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Profesi Akuntan.
  • Fakultas Peternakan terdiri dari Program Studi Peternakan
  • Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam terdiri dari Program Studi Biologi, Farmasi, Fisika, Ilmu Kimia, Ilmu Komputer/Teknik Informatika, Matematika, dan Profesi Apoteker.
  • Fakultas Kedokteran Hewan terdiri dari Program Studi Kedokteran Hewan
  • Fakultas Teknologi Pertanian terdiri dari Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan, dan Teknik Pertanian
  • Fakultas Pariwisata terdiri dari Program Studi D4 Pariwisata, Destinasi Pariwisata, Industri Perjalanan Wisata.
  • Fakultas Kelautan dan Perikanan terdiri dari Program Studi Ilmu Kelautan terdiri dari Manajemen Sumberdaya Perairan

Program Pasca Sarjana UNUD
  • Program Pasca Sarjana UNUD terdiri dari S2 Agribisnis, S2 Agroteknologi, S2 Akuntansi, S2 Bioteknologi Pertanian, S2 Ergonomi Fisiologi Kerja, S2 Fisiologi Olahraga, S2 Ilmu Biologi, S2 Ilmu Biomedik, S2 Ilmu Ekonomi, S2 Ilmu Hukum, S2 Ilmu Kenotariatan, S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat, S2 Ilmu Lingkungan, S2 Ilmu Peternakan, S2 Kajian Budaya, S2 Kajian Pariwisata, S2 Kimia Terapan, S2 Lahan Kering, S2 Linguistik, S2 Manajemen, S2 Teknik Arsitektur, S2 Teknik Elektro, S2 Teknik Mesin, S2 Teknik Sipil, S2 Teknologi Pangan, S3 Ilmu Ekonomi, S3 Ilmu Hukum, S3 Ilmu Kedokteran, S3 Ilmu Manajemen, S3 Ilmu Pertanian, S3 Ilmu Peternakan, S3 Ilmu Teknik, S3 Kajian Budaya, S3 Linguistik, S3 Pariwisata, S3 Pertanian

Itulah sedikit gambaran mengenai mengenai Universitas Udayana (UNUD). Semoga bisa menambah wawasan kita tentang Universitas Udayana (UNUD). Baiklah kita kembali lagi ke pembahasan awal yang akan membahas tentang Jalur-jalur pendaftaran online masuk Universitas Udayana (UNUD).

Pada tahun ini Universitas Udayana (UNUD) membuka beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru. Jalur-jalur tersebut diantaranya adalah jalur SNBP, Jalur SNBT, Jalur Mandiri, dan Pascasarjana.

Dengan banyaknya jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru tersebut, tentunya membuka peluang yang besar untuk bisa diterima menjadi mahasiswa Universitas Udayana (UNUD). Kalian harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk menghadapi ujian seleksi untuk bisa bersaing dengan peserta lain.

Langsung saja kita akan membahas secara rinci masing-masing jalur penerimaan mahasiswa baru yang telas disebutkan di atas. Simak pembahasannya berikut ini.

1. Pendaftaran UNUD Jalur SNBP

SNBP atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi merupakan jalur seleksi yang seleksinya didasarkan pada hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Jalur ini hanya bisa diikuti oleh siswa yang akan lulus dari sekolah pada tahun ini. Untuk siswa yang telah lulus tahun lalu, maka bisa mengikuti seleksi jalur lainnya seperti jalur SNBT, atau jalur mandiri.

Pendaftaran SNBP diawali oleh kepala sekolah yang merekomendasikan siswa-siswinya dengan mengisi data di PDSS. Setelah itu siswa dapat melanjutkan pendaftaran hingga mencetak kartu peserta.

Biaya pendaftaran gratis karena telah ditanggung oleh pemerintah.

Keterangan lain mengenai tata cara pendaftaran, link pendaftaran, persyaratan pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, tahapan seleksi, jumlah PTN pilihan, nama-nama PTN dan lainnya bisa dibaca pada artikel Pendaftaran SNBP atau Panduan Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran UNUD Jalur SNBT

UNUD adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang membuka jalur seleksi SNBT. Seperti yang telah dijelaskan bawah SNBT merupakan jalur seleksi yang seleksinya didasarkan pada hasil tes dan / atau kriteria lain yang ditentukan PTN.

Kalau di SNBP hanya bisa diikuti oleh siswa lulusan tahun ini. Pada SNBT bisa diikuti oleh calon peserta yang merupakan lulusan dari sekolah paling lama 3 tahun terakhir.

Pendaftaran dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengakses laman resminya.

Biaya pendaftaran perlu dikeluarkan untuk bisa mengikuti jalur SNBT ini.

Penjelasan tentang tata cara pendaftaran, link pendaftaran, persyaratan pendaftaran, biaya pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal pelaksanaan, pilihan program studi, nama-nama PTN pilihan serta keterangan lainnya bisa dibaca pada artikel Panduan Pendaftaran SNBT atau Pendaftaran Online SNBT

3. Pendaftaran UNUD Jalur Seleksi Mandiri

Jalur Seleksi Mandiri diselenggarakan untuk memberikan kesempatan pada calon mahasiswa yang ingin kuliah di UNUD melalui seleksi tes.

Mungkin saja kalian telah mengikuti jalur seleksi SNBP atau SNBT tetapi tidak lulus, maka jalur seleksi mandiri ini bisa menjadi alternatifnya.

Jalur ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang ingin memilih program Diploma atau Sarjana di UNUD. Informasi lebih lanjut cek di website resmi UNUD di www.unud.ac.id

5. Pendaftaran Online KIP Kuliah

Bidikmisi adalah biaya bantuan pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan calon mahasiswa mempunyai prestasi akademik yang baik di sekolah.

Namun kini Bidikmisi telah berubah menjadi Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah). Perubahan tersebut tentu memberikan perubahan pula pada prosedur pendaftaran dan ketentuan lainnya.

Sama seperti Bidikmisi, KIP-Kuliah juga merupakan program bantuan biaya pendidikan bagi mahasiswa dari keluarga kurang mampu dan juga memiliki prestasi yang baik.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online melalui website resminya di kip-kuliah.kemdikbud.go.id

Informasi lebih lanjut mengenai KIP Kuliah seperti keunggulan KIP Kuliah, cakupan KIP Kuliah, syarat mendaftar KIP Kuliah, tahapan pendaftaran KIP Kuliah, tanggal pendaftaran, dan lain-lain dapat ditemukan pada artikel berikut Pendaftaran KIP Kuliah.

6. Pendaftaran Pascasarjana UNUD

Selain membuka penerimaan mahasiswa abru program Diploma dan Sarjana, Universitas Udayana (UNUD) juga membuka penerimaan mahasiswa baru program Pascasarjana (S2 dan S3)

Bagi anda yang berminat untuk kuliah jenjang Pascasarjana di UNUD, silahkan daftarkan diri mengikuti jalur seleksi yang dibuka. Informasi lebih lanjut silahkan kunjungi laman website UNUD di pps.unud.ac.id


Itulah berbagai jalur seleksi masuk yang dibuka oleh UNUD yang dapat anad pilih ketika ingin mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa baru di UNUD.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi UNUD

Ayo baca juga :

Demikianlah informasi yang bisa admin berikan kali ini tentang Pendaftaran Online UNUD Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Semoga bisa memberikan pencerahan kepada anda dalam mencari informasi mengenai pendaftaran online Universitas Udayana. Admin turut mendoakan semoga anda lulus Seleksi.

Terima kasih telah membaca artikel disini. Sekian dari admin, dan salam sukses untuk kita semua. Ayo turut berbagi informasi ini atau share pada teman lainnya yang membutuhkan.