Pendaftaran Online Polimarin 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

pmb.polimarin.ac.id 2024 --  Pendaftaran Polimarin Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran Online Polimarin, PMB Polimarin, Pendaftaran Mahasiswa Baru Politeknik Maritim Negeri Indonesia, Penerimaan Taruna / Maba Polimarin, Pendaftaran D3/D4 Polimarin, Jalur Prestasi, Jalur Tes, Jalur Mandiri, Bidikmisi, KIP Kuliah, Politeknik Maritim Negeri Indonesia. 2026. 2027.

Informasi yang akan admin sampaikan kali ini berjudul Pendaftaran Online Polimarin 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan bagi lulusan SMA / SMK / sederajat yang ingin kuliah di POLIMARIN. Langsung saja simak informasinya.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Politeknik Maritim Negeri Indonesia sering disingkat dengan nama Polimarin. Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Polimarin) merupakan Politeknik Negeri yang menyelenggarakan pendidikan di bidang kemaritiman Indonesia.

Dengan adanya Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Polimarin), diharapkan para lulusannya dapat mengelola kekayaan maritim Indonesia dan dimanfaatkan untuk kemakmuran rakyat Indonesia.

Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Polimarin) ini berlokasikan di Jl. Pawiyatan Luhur I/1, Bendan Duwur, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.

Polimarin telah memiliki beberapa jurusan dan program studi seperti berikut ini :

Jurusan Bisnis Maritim terdiri dari :
  • Prodi D4 Transportasi Laut

Jurusan Teknika terdiri dari :
  • Prodi D4 Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal
  • Prodi D3 Teknika

Jurusan Nautika terdiri dari :
  • Prodi D3 Nautika
  • Prodi D4 Nautika Reguler
  • Prodi D4 Nautika Kelas Join Degree
  • Prodi D4 Nautika Program Alih Jenjang

Itulah sekilas informasi mengenai Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Polimarin). Dari informasi yang ada tersebut, mudah-mudahan dapat menambah wawasan untuk kita semua.

Selanjutnya kalian perlu mengetahui dan memahami jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Polimarin). Simak informasinya berikut ini

A. Pendaftaran Online Taruna Polimarin Jalur SNBP

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) adalah jalur seleksi nasional untuk siswa SMA / SMK/ sederajat yang berprestasi dan akan lulus tahun ini dan ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri di Indonesia, salah satunya Polimarin.

Seleksi jalur SNB didasarkan pada prestasi siswa terutama dilihat dari nilai raport selama 5 semester pada beberapa mata pelajaran tertentu.

Proses pendaftaran SNBP harus diawali oleh Kepala Sekolah yang memberikan rekomendasi dengan mengisi data-data pendaftaran di PDSS SNBP. Setelah itu siswa akan diberikan username dan password untuk digunakan login lalu mengisi melengkapi data pendaftaran hingga mencetak kartu peserta.

Biaya pendaftaran SNBP gratis sehingga calon peserta tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tersebut. Untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang berprestasi dapat mengajukan untuk mendapatkan KIP Kuliah di jalur SNBP ini.

Untuk informasi lebih lanjut seperi persyaratan, cara pendaftaran, kriteria penerimaan, jadwal, jumlah pilihan program studi, daftar perguruan tinggi, dan lain sebagainya dapat dibaca secara lengkap pada artikel Pendaftaran Online SNBP atau Informasi Pendaftaran SNBP.

B. Pendaftaran Online Taruna Polimarin Jalur SNBT

Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) adalah jalur seleksi nasional masuk ke perguruan tinggi negeri di Indonesia yang seleksinya dilakukan melalui ujian tulis berbasis komputer (UTBK).

Jalur SNBT dibuka untuk lulusan SMA / MA / SMK / sederajat yang lulus maksimal 3 tahun terakhir.

Pendaftaran SNBT dilakukan sendiri oleh calon peserta secara online melalui laman resminya. Namun apabila mengalami kesulitan, dapat meminta bantuan pada pihak sekolah atau kakak senior yang telah berpengalaman.

Biaya pendaftaran SNBT tidak gratis seperti SNBP. Jadi calon peserta harus membayar biaya pendaftaran SNBT melalui bank.

Bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu, dapat mengajukan diri untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan KIP Kuliah di jalur SNBT ini.

Informasi lainnya seperti persyaratan pendaftaran, cara mendaftar, jadwal pelaksaan, pilihan program studi, daftar perguruan tinggi, dan lain sebagainya dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran Online SNBT atau Informasi Pendaftaran SNBT.

C. Pendaftaran Online Taruna Polimarin Jalur Mandiri

Selain membuka jalur seleksi nasional SNBP dan SNBT, Polimarin juga akan membuka jalur seleksi mandiri yang dikelola secara lokal oleh Polimarin.

Jalur mandiri yang dibuka oleh Polimarin dibedakan menjadi 3 yaitu :

1. Seleksi Jalur Prestasi (SJP)

Seleksi Jalur Prestasi merupakan jalur seleksi tanpa tes tertulis bagi calon mahasiswa baru melalui bidang akademik atau minat bakat tertentu.

Seleksi berdasarkan pencapaian prestasi akademik (nilai rapor) semester 1 sampai dengan 5. Selain itu jalur ini juga ditujukan bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi (pernah menjadi juara atau finalis di berbagai lomba di tingkat nasional atau provinsi atau kabupaten dalam kurun waktu 3 tahun terakhir) di berbagai bidang seperti olahraga, seni, budaya, dan penalaran (misal olimpiade, karya ilmiah, debat, dan lain-lain).

Jalur ini hanya bisa diikuti oleh siswa lulusan tahun ini tingkat SMA / MA / SMK / sederajat.

Untuk informasi pendaftaran kunjungi laman https://pmb.polimarin.ac.id/

2. Seleksi Jalur Tes (SJT)

Seleksi Jalur Tes (SJT) merupakan jalur seleksi melalui tes akademik bagi calon mahasiswa baru yang dapat diikuti oleh lulusan SMA / SMK / MA yang lulus maksimal 3 tahun terakhir.

Untuk informasi pendaftaran kunjungi laman https://pmb.polimarin.ac.id/

3. Seleksi Jalur Mandiri

seperti jalur tes, Seleksi Jalur Mandiri merupakan jalur seleksi melalui tes akademik bagi calon mahasiswa baru yang dapat diikuti oleh lulusan SMA / SMK / MA yang lulus maksimal 3 tahun terakhir.

Yang membedakan dengan jalur STJ adalah jadwal pelaksanaannya. Jalur STJ dilaksanakan lebih dulus setelah itu baru jalur mandiri ini.

Untuk informasi pendaftaran kunjungi laman https://pmb.polimarin.ac.id/

D. Pendaftaran Online KIP Kuliah Polimarin

KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan kepada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu secara ekonomi. Bagi calon mahasiswa yang demikian itu silahkan daftarkan diri untuk mendapatkan KIP Kuliah di Polimarin.

Proses pengajuan KIP Kuliah dilakukan bersamaan dengan jalur seleksi yang akan diikuti misalnya jalur SNBP, jalur SNBT, atau jalur mandiri.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online melalui alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id 

Untuk informasi lebih lanjut sepeti persyaratan, jadwal, cara mendaftar, dan lain-lain silahkan baca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah

Info : Istilah KIP Kuliah dulunya bernama Bidikmisi. Informasi selengkapnya mengenai Bidikmisi dapat ditemukan pada artikel  Pendaftaran Online Bidikmisi atau Panduan Pnedaftaran Bidikmisi


Itulah jalur-jalur seleksi yang dibuka oleh Polimarin untuk menyeleksi calon mahasiswa barunya. Silahkan kalian ikuti jalur tersebut.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi

Sumber : https://pmb.polimarin.ac.id/
Demikianlah informasi tentang Pendaftaran Online Polimarin Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Untuk informasi yang belum disampaikan disini silahkan lihat langsung di web resminya seperi yang telah diberikan di atas. Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku adalah yang ada di web resmi tersebut.

Admin selaku pengurus web turut mendoakan agar kalian bisa diterima di Polimarin. Mari bantu bagikan informasi ini pada teman lainnya. Sukai juga halaman web kami. Terima kasih.