Pendaftaran Online POLSUB 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

www.polsub.ac.id 2024 -- Pendaftaran Polsub Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, PMB Politeknik Negeri Subang, Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Polsub, Pendaftaran Online Mahasiswa Baru Polsub, Pendaftaran D3 / D4 Polsub, Pendaftaran Politeknik Negeri Subang, Jalur SNBP, Jalur SNBT, Ujian Tetulis, Mandiri, KIP Kuliah. 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online POLSUB 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini disampaikan terutama untuk lulusan SLTA sederajat yang ingin kuliah di Politeknik Negeri Subang. Ayo ikuti pembahasan selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

Politeknik Negeri Subang atau yang dikenal juga dengan sebutan POLSUB merupakan salah satu Politeknik Negeri yang ada di Indonesia yang terletak di Jl. Ade Irma Suryani No.3 Karanganyar, Subang, Jawa Barat, Indonesia.

Jurusan dan Program studi yang ada di POLSUB yaitu :

Jurusan Manajemen Informatika terdiri dari program studi :
  • D-III Sistem Informasi
  • D-IV Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak

Jurusan Agroindustri terdiri dari program studi :
  • D-III Agroindustri
  • D-IV Teknologi Produksi Tanaman Pangan

Jurusan Teknik Perawatan dan Perbaikan Mesin terdiri dari program studi :
  • D3 Pemeliharaan Mesin
  • D4 Teknologi Rekayasa Manufaktur

Jurusan Kesehatan terdiri dari program studi :
  • D-III Keperawatan

Dari beberapa program studi yang ada di POLSUB, mungkin salah satunya ada yang kalian minati, untuk itu silahkan daftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru POLSUB.

POLSUB kembali membuka jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur seleksi nasional dan jalur mandiri seperti berikut ini :

A. Pendaftaran Online POLSUB Jalur SNBP

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) merupakan seleksi jalur nasional yang diperuntukkan bagi calon peserta yang akan melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang hanya dikhususkan untuk siswa berprestasi lulusan tahun ini.

Pendaftaran di jalur SNBP tidak dikenakan biaya apapun alias gratis. Hal tersebut dikarenakan semua biaya telah dibebankan pada anggaran pemerintah. 

Siswa-siswi yang ingin mendaftar SNBP terlebih dahulu harus mendapatkan rekomendasi dari pihak sekolah. Rekomenasi dilakukan dengan mengisi data sekolah dan data siswa di PDSS. Setelah itu dapat melanjutkan proses pendaftaran sampai selesai.

Informasi pendaftaran SNBP lebih lengkap telah admin siapkan pada artikel yang berjudul Pendaftaran Online SNBP atau Informasi Pendaftaran SNBP.

Silahkan kunjungi artikel tersebut untuk menemukan informasi lanjutan seperti persyaratan, link, jadwal, biaya, daftar perguruan tinggi, jumlah pilihan program studi, dan lain sebagainya.

B. Pendaftaran Online POLSUB Jalur SNBT (UTBK-SNBT)

Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) adalah jalur seleksi nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang mana seleksinya dilakukan melalui tes UTBK.

Jalur ini sering pula disebut dengan jalur UTBK-SNBT karena tes di jalur ini menggunakan bantuan komputer / ujian tulis berbasis komputer (UTBK).

Jalur SNBT terbuka untuk para lulusan jenjang SMA / SMK / MA  / sederajat dengan lulusan maksimal 3 tahun terakhir.

Ada biaya yang perlu dikeluarkan untuk mendaftar di jalur SNBT ini.

Pendaftaran SNBT dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengisi data online di laman resmi.

Informasi SNBT lebih lanjut telah admin siapkan pada artikel yang berjudul Pendaftaran Online SNBT atau Informasi Pendaftaran SNBT.

Silahkan kunjungi artikel tersebut untuk menemukan informasi lanjutan seperti persyaratan, laman resmi, jadwal, biaya, daftar perguruan tinggi, jumlah pilihan program studi, dan lain sebagainya.

C. Pendaftaran Online POLSUB Jalur Mandiri

Jalur Mandiri merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh POLSUB. Berikut ini informasinya.

1. Jalur Seleksi

Ada beberapa jalur seleksi mandiri yang dibuka oleh POLSUB, yaitu :

a.. Seleksi Mandiri melalui Tes

Seleksi di jalur ini dilakukan melalui tes. Pendaftaran terbagi menjadi 2 gelombang, yaitu gekombang 1 jalur mandiri bersama politeknik dan gelombang 2 jalur mandiri POLSUB.

b. Seleksi Mandiri Jalur Prestasi

Seleksi di jalur ini dilakukan melalui penelusuran prestasi.

2. Persyaratan

Persyaratan Umum :
  1. Warga Negara Republik Indonesia
  2. Pendaftar merupakan siswa tingkat akhir atau lulusan SMA / SMK / MA / MAK maksmal 3 tahun terakhir dengan umur maksimal 22 tahun pada tanggal 31 Juli
  3. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  4. Sehat jasmani dan rohani
  5. Berkelakuan baik, dan berbudi luhur
  6. Sanggup mematuhi peraturan akademik Politeknik Negeri Subang
  7. Tidak Buta Warna (Penuh maupun Parsial)
  8. Bagi yang memilih Program Studi D-III Keperawatan, tinggi badan minimal laki-laki 155 cm & perempuan 150 cm

Persyaratan Tambahan Jalur Prestasi :
  1. Melampirkan nilai raport
  2. Melampirkan nilai hasil UTBK-SNBT / Sertifikat Prestasi / Surat Keterangan Berprestasi

3. Pendaftaran Online

Pendaftaran untuk jalur mandiri dilakukan secara online di laman Pendaftaran online melalui laman https://siakad.polsub.ac.id/spmbfront

Buka laman tersebut lalu masukan data diri nama, no telepon, tanggal lahir, tempat lahir, jenis kelamin, dan email (yang masih aktif dan dapat diakses oleh pendaftar), isi asal sekolah, pilihan program studi, dan lain-lain. Ikutilah langkah-langkahnya sampai selesai.

D. Pendaftaran Online KIP Kuliah POLSUB

POLSUB juga salah satu politeknik negeri yang turut menyalurkan bantuan biaya pendidikan pada calon mahasiswa barunya yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Bantuan biaya pendidikan yang dimaksud adalah KIP Kuliah.

Calon peserta yang ingin mendaftar diri untuk mendapatkan KIP Kuliah harus terdaftar di salah satu jalur seleksi masuk yang dibuka oleh POLSUB, yaitu SNBP, SNBT, atau jalur mandiri.

Pendaftarannya dilakukan secara online di laman resmi KIP Kuliah Kemdikbud.

Infomasi lebih lanjut seperti persyaratan, cara mendaftar, jadwal, dan lainnya dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah


Itulah jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh Politeknik Negeri Subang (Polsub). Untuk informasi yang diperlukan dan belum disampaikan disini maka dapat dibaca secara langsung di laman resmi Polsub di alamat www.polsub.ac.id atau pmb.polsub.ac.id

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi tersebut.

Sumber : https://pmb.polsub.ac.id/

Baca juga :


Demikian informasi tentang Pendaftaran Online POLSUB Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Semoga informasi tersebut dapat memberikan pencerahan untuk kalian semua.

Mari bantu bagikan informasi ini pada teman-teman lainnya yang membutuhkan. Terima kasih atas kunjungannya.