Pendaftaran Online POLTERA 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri

pmb.poltera.ac.id 2024 -- Pendaftaran POLTERA Jalur SNBP - SNBT - Mandiri, Pendaftaran POLTERA Online, PMB POLTERA, Pendaftaran Mahasiswa Baru POLTERA, Cara Pendaftaran Online POLTERA, Penerimaan Maba Online POLTERA, Jalur Masuk POLTERA, Jalur SNBP, UTBK SNBT, PMDK POLTERA, KIP Kuliah, Ujian Mandiri POLTERA, 2026. 2027.

Pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi tentang Pendaftaran Online POLTERA 2024/2025 Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Informasi ini ditujukan untuk kalian yang ingin mendaftar kuliah di POLTERA.

Dengan adanya informasi ini, semoga bisa menjadi panduan untuk kalian dalam persiapan pendaftaran mahasiswa baru POLTERA. Mari simak informasi selengkapnya berikut ini.

http://www.pendaftaranonline.web.id/

POLTERA atau yang memiliki ke panjangan Politeknik Negeri Madura adalah sebuah Politeknik Negeri yang terletak di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, Indonesia.

Berdirinya Politeknik Madura, proses awalnya diprakarsai oleh Yayasan Bina Sampang Mandiri (BSM), yang diketuai oleh Ir. Mohammad Syaifurrahman Noer atau yang lebih dikenal dengan sebutan Cipung, beliau adalah putra dari H. Mohammad Noer (alm) mantan Gubernur Jawa Timur. 

Hal tersebut disambut dengan antusias oleh Bupati Sampang saat itu. Selanjutnya, Yayasan BSM bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Sampang merealisasikan gagasan tersebut, dan sepakat memberi nama Politeknik Madura (POLTERA).

Adapun jurusan dan program studi yang ada di POLTERA yaitu :

Jurusan Teknik Listrik Industri terdiri dari :
  • Prodi D4 Teknologi Rekayasa Otomasi
  • Prodi D3 Teknik Listrik Industri
  • Prodi D2JC Tata Operasi Dan Perawatan Mesin Listrik

Jurusan Teknik Mesin Alat Berat terdiri dari :
  • Prodi D3 Teknik Mesin Alat Berat

Jurusan Teknik Bangunan Kapal terdiri dari :
  • Prodi D4 Teknologi Rekayasa Keselamatan
  • Prodi D3 Teknik Bangunan Kapal
  • Prodi D2JC Teknik Pengelasan Dan Fabrikasi

Jurusan Kesehatan terdiri dari :
  • Prodi D3 Keperawatan

Dari program studi yang ada tersebut, mungkin ada salah satu yang diminati. Untuk itu, silahkan daftarkan diri menjadi calon mahasiswa baru POLTERA.

Untuk bisa menjadi mahasiswa baru di POLTERA, terlebih dahulu mendaftar menjadi calon mahasiswa dengan mengikuti jalur seleksi yang dibuka.

Jalur-jalur penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh POLTERA diantaranya adalah jalur SNBP, SNBT, dan jalur mandiri, serta KIP Kuliah.

Untuk mengetahui informasi selengkanya tentang jalur-jalur tersebut, mari simak pembahasannya berikut ini.

1. Pendaftaran Online POLTERA Jalur SNBP

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) adalah jalur seleksi undangan nasional masuk ke Politeknik Negeri se-Indonesia yang salah satunya yaitu POLTERA.

Jalur SNBP ini diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus dari sekolah pada tahun ini.

Calon peserta yang ingin mendaftar di jalur SNBP terlebih dahulu harus mendapatkan rekomedasi dari Kepala Sekolah. Setelah mendapatkan rekomendasi selanjutnya dapat melengkapi data pendaftaran SNBP secara mendiri hingga mencetak kartu tanda peserta.

Keterangan lain seperti tata cara pendaftaran, laman pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, biaya seleksi, daftar Politeknik Negeri se-Indonesia, dan lain sebagainya dapat dibaca pada artikel Pendaftaran Online SNBP atau Informasi Pendaftaran SNBP.

2. Pendaftaran Online POLTERA Jalur SNBT

Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) adalah jalur seleksi ujian tulis nasional yang seleksinya dilakukan dengan berbantu komputer (UTBK).

Jalur SNBT ini dapat diikuti oleh lulusan 3 tahun terakhir jenjang SLTA sederajat.

Pendaftarannya dilakukan sendiri oleh calon peserta dengan mengakses situs resmi SNBT untuk mengisi data pendaftaran secara online.

Untuk pendaftarannya ada biaya yang dibayarkan melalui bank.

Keterangan lebih lanjut seperti persyaratan, cara mendaftar, situs resmi, biaya pendaftaran, daftar perguruan tinggi, dan lain sebagainya dapat ditemukan pada artikel Pendaftaran Online SNBT atau Informasi Pendaftaran SNBT.

4. Pendaftaran Online POLTERA  Jalur Mandiri

Selain menerima mahasiswa baru melalui jalur-jalur di atas, POLTERA juga menerima mahasiswa baru melalui jalur mandiri.

Jalur ujian mandiri ini biasanya dibuka paling akhir setelah jalur lain ditutup. Biasanya jalur mandiri ini dibuka untuk 2 gelombang. 

Jadi bagi yang belum lulus seleksi gelombang I, maka bisa mengikuti seleksi gelombang II. Informasi lebih lanjut silahkan baca di web Poltera di alamat pmb.poltera.ac.id

5. Pendaftaran Online KIP Kuliah POLTERA

POLTERA merupakan salah satu Polteknik Negeri yang menyalurkan bantuan dana pendidikan pada calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu. Bantuan tersebut disebut dengan KIP Kuliah.

Proses pengajuan KIP Kuliah dilakukan bersamaan dengan proses pendaftaran jalur SNBP / SNBT / mandiri yang akan diikuti.

Pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara online melalui alamat kip-kuliah.kemdikbud.go.id 

Informasi lebih lanjut mengenai KIP Kuliah seperti peryaratan, jadwal, biaya, cara mendaftar, dan lain-lain dapat dibaca pada artikel Pendaftaran KIP Kuliah


Itulah jalur-jalur seleksi masuk ke POLTERA. Silahkan kalian ikuti salah satunya.

Catatan : Apabila ada perubahan atau perbedaan informasi maka yang berlaku adalah yang ada di website resmi

Baca juga :

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan pada kesempatan ini tentang Pendaftaran Online POLTERA Jalur SNBP, SNBT, dan Mandiri. Semoga informasi yang telah admin sampaikan tersebut bisa memberikan pencerahan untuk kalian semua calon mahasiswa POLTERA.

Admin turut mendoakan semoga kalian bisa lulus ujian seleksi masuk POLTERA melalui jalur masuk yang diikuti. Admin juga mengucapkan terima kasih kepada pengunjung setia web ini yang setiap hari selalu berkunjung. Sekian informasi dari admin dan salam sukses untuk kita semua. Ayo sukai halaman web kami.